PENGARUH SAINS DAN TEKNOLOGI DALAM PERADABAN MANUSIA

MAKALAH UNTUK MEMENUHI TUGAS MATAKULIAH Dasar-Dasar Sains (DDS) yang dibina oleh Drs Kadim Masjkur, M.Pd

oleh AMALIA DINY 110321419522 Offering/Kelas : A-A

JURUSAN FISIKA FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM UNIVERSITAS NEGERI MALANG Mei 2012

Ilmu pengetahuan akan memberikan wawasan keilmuan. Semakin modern kehidupan manusia. Sains dan teknologi saling berhubungan karena sains merupakan dasar dari perkembangan teknologi. Teknologi meliputi teknik menyusun objek. Manusia tidak dapat melakukan seleksi informasi dengan baik apabila tidak dibarengi dengan motivasi yang tepat. serta membutuhkan alat dan sarana. . Apa pengertian sains. 2. arus informasi menjadi semakin majemuk dan global. dan perubahan objek.3 Tujuan 1. disinilah peran teknologi. sosial dan budaya yang dapat membentuk peradaban manusia.BAB I PENDAHULUAN 1. sedangkan sains mengenai properti (kondisi. teknologi dan peradaban.2 Rumusan Masalah 1. begitu juga sains tidak akan berkembang jika tanpa alat dan prasarana yang canggih yang merupakan hasil perkembangan teknologi. kandungan dan sifat objek). Sains meliputi ilmu pengetahuan yang membutuhkan bukti. Bagaimana pengaruh perkembangan sains dan teknologi terhadap peradaban manusia? 3.1 Latar Belakang Sains dan teknologi saat ini telah mengalami perkembangan yang sangat pesat. teknologi dan peradaban? 2. interaksi. Dengan demikian perkembangan sains selalu diikuti dengan perkembangan teknologi. 1. Mengetahui pengaruh positif dan negatif sains dan teknologi terhadap peradaban manusia. Mengetahui pengaruh perkembangan sains dan teknologi terhadap peradaban manusia. Rekayasa peradaban manusia tidak dapat dipisahkan dengan perkembangan dan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi. 3. penjelasan ilmiah untuk menjelaskan gejala alam . Mengetahui pengertian sains. sehingga pada gilirannya akan merubah peradaban manusia yang dibentuk oleh wawasan keilmuannya serta wawasan sosial dan budayanya. serta membuat konstruksi alam dan alat. Apa saja pengaruh positif dan negatif sains dan teknologi terhadap peradaban manusia? 1. karena kemajuan teknologi akan berjalan sesuai dengan kemajuan ilmu pengetahuan. Kemajuan teknologi adalah sesuatu yang tidak bisa kita hindari dalam kehidupan ini.

Apa dan oleh siapa dari seluruh muka bumi (bahkan sebagian jagat raya) dapat menembus ke seluruh lapisan masyarakat dengan bebas tanpa mengenal batas jarak dan waktu. Tujuan tertentu ini antara lain untuk pemecahan suatu masalah (problem solving). Maksudnya. seringkali kita merasa tidak bisa menerimanya tanpa menerima nilai-nilai peradaban barat di dalamnya. Seakan-akan teknologi yang berasal dari Barat tidak bisa dipsiahkan dengan peradaban Barat itu sendiri.BAB II PEMBAHASAN 2. teknologi merupakan aplikasi dari sains sebagai respons atas tuntutan manusia akan kehidupan yang lebih baik. Padahal teknologi dan peradaban adalah dua hal yang terpisah. untuk menghasilkan suatu produk. Tanpa sains. juga mempengaruhi pola kemasyarakatan yang selanjutnya berdampak terhadap peradaban manusia. Sains secara umum didefinisikan sebagai pengetahuan (knowledge) yang didapatkan dengan cara sistematis tentang struktur dan perilaku dari segala fenomena yang ada di jagad raya dan isinya. . 2. Teknologi dan Peradaban Definisi mengenai sains menurut Sardar adalah sarana pemecahan masalah mendasar dari setiap peradaban. Pengertian Sains. Pengaruh perkembangan Sains dan Teknologi terhadap Peradaban Manusia Kemajuan sains dan teknologi yang terjadi selama ini. Dengan kemajuan pesat sains dan teknologi terutama di bidang teknologi informasi dan teknologi transportasi yang dicapai manusia pada unjung pertengahan kedua abad ke XX.1. Kita perlu membedakan antara teknologi yang diciptakan oleh para ahlinya dengan peradaban barat itu sendiri.2. Sementara itu. Sedangkan teknologi merupakan penerapan atau implementasi dari ilmu pengetahuan dan rekayasa untuk tujuan tertentu. Teknologi dan peradaban seringkali dijadikan satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan. kelas ekonomi. memungkinkan arus informasi menjadi serba cepat. negara. baik fenomena alam maupun sosial. ideologi atau faktor lainnya yang dapat menghambat bertukar pikiran. ketika kita menerima sebuah teknologi. suatu peradaban tidak dapat mempertahankan struktur-struktur politik dan sosialnya atau memenuhi kebutuhankebutuhan dasar rakyat dan budayanya. ras.

semisal kesukaan. Contoh heteronomi : Anak merasa bahwa yang benar adalah patuh pada peraturan dan harus menaati kekuasaan. Pengaruh perkembangan IPTEK terhadap pola kemasyarakatan heteronomi Heteronomi adalah prinsip pembiaran sesuatu selain hukum moral untuk menentukan apa yang mesti dilakukan. sehingga ide-ide yang didiktekan oleh kelompok dominan terhadap kelompok yang didominasi diterima sebagai sesuatu yang wajar atau common sense. Beberapa perilaku menyimpang itu bisa berwujud pelarian untuk menghindar dari pengaruh budaya baru. 3. Kaum muda tidak lagi at home dengan kebudayaan yang telah membentuk identitas sosialnya. dan dirinya sendiri sebagai individu serta komunitas.Berikut pengaruh sains dan teknologi terhadap pola pikir masyarakat. 1. 2. Jika dilihat sebagai strategi. bahkan bersifat ekstrem yang bisa berakibat pertentangan antar-lapisan dan antar-golongan dalam masyarakat. maka konsep hegemoni bukanlah strategi eksklusif milik penguasa. keberadaan. Hegemoni juga terjadi di dunia satra Indonesia dimana media massa seperti koran sangat membatasi dan hanya memuat karya-karya ataupun tulisan dari . metafisik). Pengaruh perkembangan IPTEK terhadap pola kemasyarakatan alienasi Alienasi (keterasingan manusia) adalah suatu kondisi psikologis seorang individu yang dinafasi oleh kesadaran semu (tentang misteri keabadian termasuk Tuhan). Pengaruh perkembangan IPTEK terhadap pola kemasyarakatan hegemoni Hegemoni adalah dominasi oleh suatu kelompok terhadap kelompok lainnya dengan atau tanpa ancaman kekerasan. Perubahan gayahidup yang ditiru dan budaya asing bisa berkelanjutan dengan timbulnya gejala keterasingan dan kebudayaan sendiri (cultural alienation). Ini mengganti kebebasan dengan sesuatu di luar akal praktis. mungkin berupa pencemoohan sambil memperkenalkan sumber nilai lain sebagai alternatif (misalnya mistik. Perkembangan IPTEK yang semakin pesat dan cenderung meniru budaya barat bisa jadi menciptakan sebuah alienasi budaya. Tindakan ini sendiri nonmoral (bukan bermoral ataupun immoral) namun bisa immoral jika itu membuat orang tidak melakukan kewajibannya. Dalam masyarakat dengan teknologi maju cukup banyak contoh yang menunjukkan betapa heteronomi bisa mengakibatkan munculnya berbagai perwujudan perilaku menyimpang. Orang merasa asing dengan budayanya sendiri.

Sebuah lompatan perubahan zaman yang tak bisa dihentikan.pengirim yang dianggap ‘layak’ dimuat dan sesuai dengan panduan kesusastraan Indonesia. Dan salah satu sisi gelap gelombang perubahan zaman adalah sikap dan perilaku manusia yang semakin mendewakan materi dan terperangkap dalam pusaran kehidupan bendawi. bersenang-senang. maka itu akan menjadi rahmat bagi seluruh semesta alam. Inilah yang disebut budaya hedonisme di mana kesenangan dan kenikmatan materi menjadi tujuan utama. Mereka beranggapan hidup ini hanya satu kali sehingga mereka merasa ingin menikmati hidup senikmat-nikmatnya. pesta pora dan rekreasi merupakan tujuan utama hidup. Ia menerjang laksana gelombang pasang dan menarik siapa saja ke dalam pusarannya. entah itu menyenangkan bagi orang lain atau tidak. Pandangan mereka terangkum dalam pandangan epikuris yang menyatakan “Bergembiralah engkau hari ini. akankah ini membawa umat manusia kepada sebuah peradaban baru. 4. Persoalannya.3. Muatan atau nilai yang terkandung di dalamnya tergantung dari siapa yang ada di balik teknologi tersebut. Perlahan namun pasti. Bahkan tidak mungkin. yaitu berupa: . puaskanlah nafsumu karena besok engkau akan mati “ Globalisasi yang didorong oleh kemajuan di bidang iptek. Tapi manakala teknologi itu dikendalikan oleh al hag (kebenaran). di dalam lingkungan penganut paham ini. ia hanyalah alat sebagai media. maka tidak heran jika sering menjadi suatu hal yang merusak dan menghancurkan. Dampak Positif dan Negatif Sains dan Teknologi terhadap Peradaban Manusia Teknologi adalah suatu hal yang bebas nilai. perubahan radikal tatanan budaya lokal. hidup dijalani dengan sebebas-bebasnya demi memenuhi hawa nafsu yang tanpa batas. Pengaruh perkembangan IPTEK terhadap pola kemasyarakatan hedonisme Hedonisme adalah pandangan hidup yang menganggap bahwa kesenangan dan kenikmatan materi adalah tujuan utama hidup. teknologi itu akan meruntuhkan suatu peradaban atau sebaliknya. atau malah sebaliknya mendorong pada titik nadir peradaban. Manakala teknologi dipegang oleh kebathilan. 2. maupun tata nilai sosial yang dianut tengah terjadi. telah memberi pengaruh amat besar pada setiap sendi-sendi kehidupan umat manusia di penjuru jagat raya. Perkembangan sains dan teknologi di era globalisasi ini memiliki pengaruh positif maupun negatif terhadap perkembangan peradaban manusia. Bagi para penganut paham ini.

teknologi dan seni dapat memberikan pengaruh yang positif bagi manusia dan budaya. d. 2. . maka sains dan teknologi seharusnya mampu mengkolaborasikan antara nilai-nilai empiris dengan nilai-nilai moral dan menyesuaikan dengan nilai-nilai religius. khususnya yang ada di Indonesia. Pengaruh positif a. b. Dapat memudahkan pekerjaan manusia dalam menjalankan usaha atau kreativitas dan aktivitas. Sains dan teknologi dapat memberikan suatu inspirasi tentang perkembangan suatu kebudayaan. b. c. Pengaruh negatif a.1. mental dan budaya bangsa. Sains dan teknologi dapat melunturkan nilai-nilai luhur kepribadian bangsa dan tata krama sosial yang selama ini menjadi ciri khas dan kebanggaan. air dan tanah Terjadi pemanasan global Rusaknya ekosistem laut Pergaulan dan seks bebas dan penyakit moral. dan dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab. dan seni secara tepat dapat lebih mempermudah proses pemecahan berbagai masalah yang dihadapi oleh manusia. Pemanfaatan dari sains dan teknologi tidak jarang menimbulkan masalah baru dalam kehidupan manusia terutama dalam hal kerusakan lingkungan. Oleh karena itu agar sains. dan pemikiranpemikiran dalam bidang sosial budaya. teknologi. Pemanfaatan sains. keagamaan. politik. militer. Meningkatkan kesejahteraan hidup manusia (secara individu maupun kelompok) terhadap perkembangan ekonomi. seperti:       Menipisnya lapisan ozon Terjadi polusi udara.

3. 2. Pemanfaatan sains dan teknologi haruslah di dasari dengan sikap tanggung jawab dan moral yang tinggi supaya dapat menetralkan pengaruh negatif dan meningkatkan pengaruh positif dari dampak sains dan teknologi itu sendiri. Kaitan yang erat antara sains dan teknologi yang berkembang membawa pengaruh positif dan negatif terhadap kehidupan masyarakat. Sebaiknya manusia tidak hanya mendalami pengetahuannya tentang sains dan teknologi saja. Perkembangan sains dan teknologi berpengaruh pada pola kemasyarakatan yang mempengaruhi proses sudut pandang.BAB III PENUTUP 3. Sementara itu. Padahal teknologi dan peradaban adalah dua hal yang terpisah.Teknologi dan peradaban seringkali dijadikan satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan. Sains secara umum didefinisikan sebagai pengetahuan (knowledge) yang didapatkan dengan cara sistematis tentang struktur dan perilaku dari segala fenomena yang ada di jagad raya dan isinya.2 Saran 1. teknologi merupakan aplikasi dari sains sebagai respons atas tuntutan manusia akan kehidupan yang lebih baik. baik fenomena alam maupun sosial.Akibatnya sedikit atau banyak mempengaruhi peradaban dan kebudayaan asli. 2.1 Kesimpulan 1. 3. sehingga peradaban manusia bisa berubah menjadi lebih baik atau sebaliknya. tetapi juga harus mendalami nilai-nilai religius untuk menetralisir pengaruh buruk dari sains dan teknologi untuk mendapatkan kesejahteraan hidup yang hakiki. .

blogdetik.com).id/2009/06/30/manusiasainsdanteknologi/).(Online).ac.wordpress.(Online).2008. -------------.( http://roslintoportofolio. Sains dan Teknologi untuk Pembangunan yang Berkelanjutan.2011.2010.diakses 29 April 2012.(Online).Teknologi dan Peradaban Manusia.uns.blogspot.DAFTAR RUJUKAN Ajidedhim. http://dedhykurniawan. (http://wahyuobold. (Online).2010. Sains dan Teknologi. . Kurniawan.com). (http://shafiyyah.(http://dedhykurniawan.com/2011/05/07/teknologi-dan-peradabanmanusia/).diakses 29 April 2012.diakses 29 April 2012. Roslinto.Manusia.2009.blogdetik. Pengertian Sains dan Teknologi.( http://tady09.. Tea.blog. diakses 22 April 2012. Dedhy.shafiyah.com).2009.com).(Online).PengertianTeknologi. Pengertian Sains.wordpress.Teknologi dan Masyarakat.diakses 29 April 2012.diakses 22 April 2012 Wahyu.(Online).

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful