 Macam-macam     jaringan Jaringan Epitel Jaringan Otot Jaringan Saraf Jaringan penyambung/Ikat/konektif .

jaringan ikat mengikat/menghubungkan jaringan satu dengan jaringan lainnya (misalnya otot dengan tulang) dan berindak sebagai pembungkus diantara jaringan.  Di  . Sesuai namanya. temukan pada sendi dan daerah yang berdekatan terutama adalah jaringan penyambung yang tersusun dari sel-sel dan substansi dasar.

.  Fungsi lain :  Membentuk kerangka kerja mekanik untuk bergerak. atau cairan (mis darah). Misalnya: Sistem rangka  Merupakan substansi intersel terbesar (disebut substansi matrik atau dasar)  Matriks dapat berbentuk padat (mis: pd tulang). lunak (sbg jaringan ikat longgar). Fungsi utamanya adalah menyokong tubuh dan mengikat atau menghubungan beberapa jarigan berbeda.

.

limfosit. . dan leukosit polimoronuklear. Berperan penting pada reaksi imunitas dan peradangan seperti pada penyakit reumatik.1. Sel yang tidak di buat dan tetap berada pada jaringan penyambung. Misal: sel mast. monosit. sel plasma.

2. Berfungsi mensintesa berbagai macam serat dan proteoglikan dari substansi dasar dan membuat tiap jaringan penyambung memiliki susunan sel yang tersendiri. . Sel yang tetap berada dalam jaringan. dan osteoblas. Misal: fibroblas. kondrosit.

 Macam     jaringan ikat Jaringan ikat longgar Serat kolagen Serat elasatin Serat retikuler  Jaringan ikat fibrosa. Sebagian besar terusun atau serat kolagen yang rapat  Ligamen dan tendon Jaringan adiposa-lemak Tulang rawan / kartilago – serat kolagen dalam susbtansi gel Tulang .serat kolagen dan mineral (kalsium fosfat) Darah  Jaringan ikat khusus     .