Pengaruh Kolonialisasi di Indonesia

Oleh : Gabriel Pirade Imanuela Yoel Biring

XI Cambridge SMA KATOLIK RAJAWALI Oktober 2012

dan Portugis memperoleh keuntungan yang sangat besar. Banyak orang Ambon yang akhirnya memeluk agama Katolik dan terlihat dari nama-namanya yang meniru nama-nama bangsa Portugis. Kerajaan Malaka jatuh ke tangan Portugis sehingga Portugis dapat mengadakan perdagangan langsung dengan daerah-daerah yang ada di Indonesia. seperti kata gereja. C. Segi Politik Pada tahun 1511. Untuk menyelesaikan pertikaian antara Portugis dan Spanyol. yang berisi : . sedangkan Kerajaan Tidore bersekutu dengan Spanyol. petani sangat dirugikan. seorang misionaris. dan sebagainya. diantaranya yaitu sistem monopoli perdangan cengkeh dan pala di Ternate. bangsa Portugis bermaksud melebarkan kekuasaannya ke Pulau Sumatra yang kaya akan lada. mona. Blambangan. telah menyebarluaskan agama Katolik di Ambon. Diaz. Pengaruh lainnya adalah bahasa Portugis yang turut memperkaya jumlah katakata dalam bahasa Indonesia. Segi Sosial-Budaya Semboyan dari penjelajahan bangsa Portugis yaitu berusaha untuk menyebarkan agama Katolik pada daerah-daerah yang dikuasainya. Fransiscus Xaverius. mentega. Disamping itu. petani Ternate tidak lagi memiliki kebebasan untuk menjual atau menentukan harga hasil panennya. De Fretes. bangsa Portugis juga mengembangkan seni musik keroncong. seperti De Pereira. Akibatnya. Bangsa Portugis juga memberlakukan beberapa kebijakan-kebijakan. Bangsa Portugis melanjutkan perjalanan ke Ternate yang dimaksudkan untuk menguasai daerah-daerah utama penghasil rempah-rempah di Indonesia.Pengaruh Kolonialisasi Bangsa Portugis (1511-1641) A. Mereka harus menjual hasil panennya hanya kepada Portugis dengan harga yang ditentukan oleh Portugis. usaha tersebut kurang berhasil karena terdapat Kerajaan Aceh yang mendominasi perdagangan lada di Pulau Sumatra. Kerajaan Ternate bersekutu dengan Portugis. Namun. Keroncong Portugis yang pernah terkenal di Indonesia adalah keroncong Morisco. dan sebagainya. Da Costa. Dengan kebijakan ini. Malaka berhasil direbut oleh Portugis di bawah pimpinan Alfonso d’Akbuquerque. Dan sejak saat itu. B. Segi Ekonomi Setelah menguasai Malaka dan Maluku. Paus turun tangan dan pada tahun 1521 dilakukan Perjanjian Saragossa. Bangsa Portugis juga meluaskan perdagangannya ke Pulau Jawa dan menjalin hubungan perdagangan dengan Pasuruan. Saat itu Kerajaan Ternate seadng berperang melawan Kerajaan Tidore. dan daerah sekitarnya.

Para pedagang Cina merintis pengembangan gudang kopi (kini seputar Pasar 45) yang kemudian menjadi daerah pecinan dan pemukiman. Bumi ini dibagi atas 2 pengaruh. Namun akibat praktik monopoli yang dilakukan Portugis.bangun Manado sebagai menjadi pusat niaga bagi pedagang Cina yang memasarkan kopi kedaratan Cina. Mereka membeli rempah-rempah dan membawanya ke Spanyol dengan kapal Victoria. yaitu pengaruh bangsa Spanyol dan Portugis 2. Akibatnya hingga 1534 kapal-kapal Spanyol berduyun-duyun datang ke Kepulauan Maluku. Sebelum menguasai kepulauan Filipina pada 1543. Perdagangan barter berupa beras. Hubungan musafir Spanyol dengan penduduk pedalaman terjalin melalui barter ekonomi bermula di Uwuran (sekarang kota Amurang) ditepi sungai Rano I Apo. madu dan hasil hutan lainnya dengan ikan dan garam.1. Gudang Kopi Manado dan Minahasa menjadi penting bagi Spanyol. Manado juga menjadi daya tarik masyarakat Cina oleh kopi sebagai komoditi ekspor masyarakat pedalaman Manado dan Minahasa. Para pendatang dari daratan Cina berbaur dan berasimilasi dengan masyarakat pedalaman hingga terbentuk . Untuk itu di. dan wilayah kekuasaan Portugis membentang dari Brazilia ke arah timur sampai ke kepulauan Maluku. Dari pulau tersebut kapal-kapal Spanyol memasuki daratan Sulawesi-Utara melalui sungai Tondano. dibunuh oleh Portugis. Nama Manado dicantumkan dalam peta dunia oleh ahli peta dunia. Raja Ternate. karena kesuburan tanahnya dan digunakan Spanyol untuk penanaman kofi yang berasal dari Amerika-Selatan untuk dipasarkan ke daratan Cina. Nicolas Desliens‚ pada 1541. pada akhirnya para penguasa Ternate pun menolak kehadiran Portugis. Spanyol menjadikan pulau Manado Tua sebagai tempat persinggahan untuk memperoleh air tawar. Segi Ekonomi Kedatangan bangsa Spanyol awalnya untuk mencari rempah-rempah. 1521 Spanyol memdarat di Kepulauan Maluku dipimpin oleh Sebastioan Del Cano. damar. Puncak dari penolakan terjadi ketika Sultan Hairun. Wilayah kekuasaan Spanyol membentang dari Mexico ke arah barat sampai ke kepulauan Filipina. Pengaruh Kolonialisasi Bangsa Spanyol (1521-1692) A.

Spanyol juga membawa para misionaris yang menyebarkan agama Katolik di Indonesia. Portugis dan Belanda. tahun 1909 mendirikan pos di Sukadana Kalimantan.masyarakat pluralistik di Manado dan Minahasa bersama turunan Spanyol. Setelah terjadi tragedi Ambon Massacre. Selama lima tahun (1811 – 1816). Inggris menunjuk Thomas Stanford Raffles sebagai Letnan Gubernur jenderal di Indonesia. Selanjutnya ekspedisi lainnya dikirim pada akhir abad ke-16 melalui kongsi dagang yang diberi nama East Indies Company (EIC). Inggris kembali memperoleh kekuasaan di Indonesia melalui keberhasilannya memenangkan perjanjian Tuntang pada tahun 1811. dan Brunei Darussalam sampai memperoleh kesuksesan. B. Pada tahun 1602. sebenarnya Inggris telah datang ke Indonesia jauh sebelumnya. seperti Singapura. EIC mengundurkan diri dari Indonesia dan mengarahkan perhatiannya ke daerah lainnya di Asia tenggara. Drake singgah di Ternate pada tahun 1579. Perhatian terhadap Indonesia dimulai sewaktu penjelajah F. Inggris mengadakan perdagangan dengan Ambon dan Banda. Namun sebelum perjanjian Tuntang ini. Indonesia mulai tahun 1811 berada dibawah kekuasaan Inggris. . tahun 1613 berdagang dengan Makassar (kerajaan Gowa). Inggris memegang kendali pemerintahan dan kekuasaanya di Indonesia. 2. Jenis penyerahan wajib pajak dan rodi harus dihapuskan. EIC mengemban misi untuk hubungan dagang dengan Indonesia. Belanda tidak segan-segan menggunakan kekerasan untuk mengusir orang Inggris dari Indonesia. Segi Sosial Selain membawa misi ekonomi. Malaysia. Beberapa kebijakan Raffles yang dilakukan di Indonesia antara lain: 1. dan pada tahun 1614 mendirikan loji di Batavia (jakarta). Pengaruh Kolonialisasi Bangsa Inggris (1579-1816) Inggris secara resmi menjajah Indonesia lewat perjanjian Tuntang (1811) dimana perjanjian Tuntang memuat tentang kekuasaan belanda atas Indonesia diserahkan oleh Janssens (gubernur Jenderal Hindia Belanda) kepada Inggris. Inggris mendapat perlawanan kuat dari Belanda. Rakyat diberi kebebasan untuk menentukan tanaman yang ditanam. Dalam usaha perdagangan itu. Pada tahun 1904. armada Inggris sampai di Banten dan berhasil mendirikan Loji disana.

Pada tahun itu juga terjadi perundingan perdamaian antara Inggris dan Belanda. 2. Penyerahan daerah kekuasaan di antara kedua negeri itu dilaksanakan pada tahun 1816. Akibat dari kebijakan diatas. Sistem landrent ini diberlakukan terhadap daerah-daerah di Pulau jawa. Pada tahun 1813. Sistem tersebut disebut Lnadrent atau sewa tanah. kecuali daerah-daerah sekitar Batavia dan parahyangan. 3. Pembayaran sewa tanah dilakukan dengan uang tunai. Perundingan itu menghasilkan Konvensi London atau Perjanjian London (1814). Petani harusmenyewa tanah meskipun dia adalah pemilik tanah tersebut. Selama sistem tersebut dijalankan.3. Sistem tersebut memiliki ketentuan. Dengan demikian mulai tahun 1816. Sebab sejak tahun 1816 kerajaan Belanda kembali berkuasa di Indonesia. Tanah merupakan milik pemerintah dan petani dianggap sebagai penggarap tanah tersebut. Raffles berkuasa dalam waktu yang cukup singkat. Belitung dan Bengkulu yang diterima Inggris dari Sultan Najamuddin. terjadi prang Lipzig antar Inggris melawan Prancis. Hal itu disebabkan daerah-daerah Batavia pada umumnya telah menjadi milik swasta dan daerah-daerah sekitar Parahyangan merupakan daerah wajib tanam kopi yang memberikan keuntungan yang besar kepada pemerintah. . Bagi yang tidak memiliki tanah dikenakan pajak kepala. Perang itu dimenangkan oleh Inggris dan kekaisaran Napoleon di Prancis jatuh pada tahun 1814. kekuasaan Bupati sebagai pejabat tradisional semakin tersisihkan karena trgantikan oleh pejabat berbangsa Eropa yang semakin banyak berdatangan. yang isinya antara lain menyepakati bahwa semua daerah di Indonesia yang pernah dikuasai Belanda harus dikembalikan lagi oleh Inggris kepada Belanda. Kekalahan Prancis itu membawa dampak pada pemerintahan di negeri Belanda yaitu dengan berakhirnya pemerintahan Louis Napoleon di negeri Belanda. antara lain: 1. 4. kecuali daerah Bangka. 4. Harga sewa tanah tergantung kepada kondisi tanah. Pemerintah Hindia-Belanda dapat kembali berkuasa di Indonesia. maka penggarap tanah harus membayar pajak kepada pemerintah sebagai ganti uang sewa. Bupati diangkat sebagai pegawai pemerintah.

kekuasaan ini bisa berarti mengeruk kekayaan alam dan juga pengaruh di tanah jajahan. Meskipun sebenarnya VOC merupakan sebuah badan dagang saja.Pengaruh Kolonialisasi Bangsa Belanda (1602-1941) Vereenigde Oostindische Compagnie (Perserikatan Perusahaan Hindia Timur atau Perusahaan Hindia Timur Belanda) atau VOC adalah perusahaan Belanda yang memiliki monopoli untuk aktivitas perdagangan di Asia. Hoorn dan Rotterdam. o memaklumkan perang dan mengadakan perdamaian. o merebut dan menduduki daerah-daerah asing di luar Negeri Belanda. Kalau kita melihat budaya korupsi yang saat ini masih berakar kuat di Indonesia. 2. seperti pegawai yang melakukan tindakan indisipliner dan juga pejabat yang korup.secara perlahan politik drainage mulai di jalankan oleh Belanda. Delft. Hak monopoli untuk berdagang dan berlayar di wilayah sebelah timur Tanjung Harapan dan sebelah barat Selat Magelhaens serta menguasai perdagangan untuk kepentingan sendiri. tetapi badan dagang ini istimewa karena didukung oleh negara dan diberi fasilitas-fasilitas sendiri yang istimewa. dan o memungut pajak. Hak-hak istimewa VOC yang tercantum dalam Oktrooi (Piagam/Charta) tanggal 20 Maret 1602 meliputi: 1. itu merupakan buah yang di tanam Belanda sejak memulai kolonialisasi di Indonesia. o menetapkan/mengeluarkan mata-uang sendiri. Misalkan VOC boleh memiliki tentara dan boleh bernegosiasi dengan negara-negara lain. Hak kedaulatan (soevereiniteit) sehingga dapat bertindak layaknya suatu negara untuk: o memelihara angkatan perang. Kamers menyumbangkan delegasi ke dalam tujuh belas sesuai dengan proporsi modal yang mereka bayarkan. Selama kurun waktu 197 tahun (1602-1799)VOC mulai menancapkan kuku kekuaasaan di Indonesia. Delegasi dari ruang ini berkumpul sebagai Heeren XVII (XVII Tuan-Tuan). VOC terdiri 6 Bagian (Kamers) di Amsterdam. Middelburg (untuk Zeeland). Enkhuizen. delegasi Amsterdam berjumlah delapan. o memerintah daerah-daerah tersebut. Bisa dikatakan VOC adalah negara dalam negara. Sejak kolonialisme dimulai pada saat pembentukan VOC tahun 1602. Contohnya Belanda mengirim pejabat-pejabat VOC adalah pegawai pemerintahan yang bermasalah di negeri Belanda. . Perusahaan ini dianggap sebagai perusahaan pertama yang mengeluarkan pembagian saham. Di Indonesia VOC biasanya disebut Kompeni.

Kegiatan ekonomi diarahkan untuk kepentingan perang maka seluruh potensi sumber daya alam dan bahan mentah digunakan untuk industri yang mendukung mesin perang. Kondisi tersebut menyebabkan produksi pangan menurun dan kelaparan serta kemiskinan meningkat drastis.selain itu pula Raffles melihat kekayaan Indonesia yang melimpah merupakan tempat yang potensial bagi pemenuhan bahan mentah dan bahan baku untuk industri serta tempat pemasaran produk-produk Industri. tetapi karena sikapnya yang otoriter dan khawatir merusak citra Perancis di Eropa maka Napoleon yang pada saat melakukan ekspansi ke Eropa menyebarkan faham-faham yang muncul pada revolusi Perancis menarik pulang Daendels. Pelaksanaan Cultuur stelsel selama 40 tahun 1830-1870 berhasil menyelamatkan Belanda dari kebangkrutan Ekonomi akibat defisit keuangan yang parah tetapi disisi lain bangsa pribumi mengalami penurunan kualitas hidup yang parah pula akibat tanam paksa.Ketika Herman Willem Daendels mulai berkuasa penyakit korupsi yang sudah kronis yang menjadi salah satu penyebab bangkrutnya VOC mulai dikikis. Segi Ekonomi dan Sosial Hal-hal yang diberlakukan dalam sistem pengaturan ekonomi pemerintah Jepang adalah sebagai berikut: 1. Bank dan perusahaan penting. Raffles kecewa sebab menurut dia tanah pulau Jaea adalah salah satu asset yang berharga bagi Britania raya. karena defisit keuangan yang parah memaksa Belanda menjalankan kebijakan yang tidak manusiawi hasil gagasan dari Johannes Van Den Bosh yaitu Cultuur Stelsel. Karena dianggap tidak manusiawi usulan penghapusan tanam paksa tidak hanya dilakukan oleh bangsa pribumi tetapi tokoh Belanda seperti Baron Van Hoevel dengan gencar mengkritik pelaksanaan tanam paksa Pengaruh Kolonialisasi Bangsa Jepang (1941-1945) A. . Banyak lahan pertanian yang terbengkelai akibat titik berat kebijakan difokuskan pada ekonomi dan industri perang. Penciptaan pemerintahan yang bersih dan berwibawa mulai dilakukan oleh Wakil Gubernur Jendral Thomas Stamford Raffles yang berkuasa di Indonesia tahun 1811-1816 . Raffles membangun tanah jajahan dengan tujuan masyarakat tanah jajahan memiliki daya beli. Jepang menyita seluruh hasil perkebunan. Setelah Hindia Belanda kembali di bawah kekuasaan Belanda. pabrik. Tapi upaya raffles tersebut terhenti tahun 1816 ketika konvensi London di tanadatangani yang mengharuskan Raffles meski meninggalkan Indonesia.

B. Jepang menerapkan sistem pengawasan ekonomi secara ketat dengan sanksi pelanggaran yang sangat berat. Kondisi tersebut diperparah dengan jatuhnya Guadalacanal yang merupakan basis kekuatan Jepang di Pasifik (Agustus 1943). kopi dan tembakau. Jepang semakin intensif mendidik dan melatih pemuda-pemuda Indonesia di bidang militer. Hal ini disebabkan karena situasi di medan pertempuran (Asia – Pasifik) semakin menyulitkan Jepang. Pembatasan teh. Pengawasan perkebunan teh.2. Menarik simpati organisasi Islam MIAI. karet. Melancarkan politik dumping . Segi Kehidupan Militer Memasuki tahun kedua pendudukannya (1943). Menganggap Jepang sebagai saudara tua bangsa Asia (Hakko Ichiu) 2. Situasi tersebut membuat Jepang melakukan konsolidasi kekuatan dengan menghimpun kekuatan dari kalangan pemuda dan pelajar Indonesia sebagai tenaga potensial yang akan diikutsertakn dalam pertempuran menghadapi Sekutu. kopi. Melancarkan semboyan 3A (Jepang pemimpin. pemaksaan menanam pohon jarak dan kapas pada lahan pertanian dan perkebunan merusak tanah. Pada tanggal20 Maret 1942. Segi Politik Kebijakan pertama yang dilakukan Dai Nippon (pemerintah militer Jepang) adalah melarang semua rapat dan kegiatan politik. Pengawasan tersebut diterapkan pada penggunaan dan peredaran sisa-sisa persediaan barang. Hal ini jelas amat menyengsarakan rakyat baik fisik maupun material. Pada tanggal 8 September 1942 dikeluarkan UU no. karena tidak langsung berkaitan dengan kebutuhan perang. Monopoli tebu dan gula. Pengendalian harga untuk mencegah meningkatnya harga barang. Selain itu. Jepang cahaya dan Jepang pelindung Asia) 3. 6. Jepangpun melakukan propaganda untuk menarik simpati bangsa Indonesia dengan cara: 1. Menerapkan sistem ekonomi perang dan sistem autarki (memenuhi kebutuhan daerah sendiri dan menunjang kegiatan perang). 4. Menarik simpati umat Islam untuk pergi Haji 5. 2 Jepang mengendalikan seluruh organisasi nasional. Melancarkan simpati lewat pendidikan berbentuk beasiswa pelajar. 3. C. dikeluarkan peraturan yang membubarkan semua organisasi politik dan semua bentuk perkumpulan. tebu dan sekaligus memonopoli penjualannya. Konsekuensinya tugas rakyat beserta semua kekayaan dikorbankan untuk kepentingan perang. Mulai dari pukulan Sekutu pada pertempuran laut di Midway (Juni 1942) dan sekitar Laut Karang (Agustus ’42 – Februari 1943).

7. Sumatera 3 daerah. dengan cara membebaskan tokoh tersebut dari penahanan Belanda. . Hatta serta Sutan Syahrir. Daerah bagian tengan meliputi Jawa dan Madura dikuasai oleh tentara keenambelas denagn kantor pusat di Batavia (Jakarta). Sistem ini diterapkan di setiap wilayah ekonomi. Selain propaganda. 3. 2. Contoh Jawa menjadi 17 daerah. M. yang membawahi Kalimantan. Mengajak untuk bergabung tokoh-tokoh perjuangan Nasional seperti: Ir. Daerah bagian Timur meliputi Kalimantan. pemerintah Militer Jepang juga melakukan perubahan dalam birokrasi pemerintahan. Penerapan sistem Autarki (daerah yang harus memenuhi kebutuhan sendiri dan kebutuhan perang). Setelah penyerahan kekuasaan dari Belanda kepada Jepang di Kalijati maka seluruh daerah Hindia Belanda menjadi 3 daerah pemerintahan militer: i. Maluku dan Irian dengan pusatnya Ujung Pandang (Makasar) yang dikenal dengan Armada Selatan ke dua dengan nama Minseifu dipimpin Laksamana Maeda. Jepang juga melakukan berbagai tindakan nyata berupa pembentukan badan-badan kerjasama seperti berikut: 1. pendidik. Drs. Daerah bagian Barat meliputi Sumatera dengan kantor pusat di Bukittinggi dikuasai oleh tentara keduapuluhlima. Nusantara. yang membawahi Sumatera dengan pusat Bukit Tinggi (Sumatera Barat) yang dikenal dengan tentara ke dua puluh lima dipimpin oleh Jendral Tanabe. Sulawesi. 3. dan Meinsefu (daerah yang diperintah Angkatan Laut) 3 daerah. Jawa Hokokai (Himpunan kebaktian Jawa) merupakan organisasi sentral dan terdiri dari berbagai macam profesi (dokter. ii. 2. Nusa Tenggara. Maluku dan Irian Jaya dibawah kekuasaan armada selatan kedua dengan pusatnya di Makassar. Pembentukan Angkatan Laut/Kaigun. kebaktian wanita pusat dan perusahaan). Pembentukan Angkatan Darat/Rikuyun. diantaranya adalah pembentukan organisasi pemerintahan di tingkat pusat dengan membentuk Departemen dan pembentukan Cou Sang In/dewan penasehat. membawahi Jawa dan Madura dengan Batavia sebagai pusat dan dikenal dengan tentara ke enam belas dipimpin oleh Hitoshi Imamura. Untuk mempermudah pengawasan dibentuk tiga pemerintahan militer yakni: 1. Sulawesi. Pembentukan Angkatan Darat/Gunseibu. Selain kebijakan politik tadi. Putera (Pusat Tenaga Rakyat) dengan tujuan membujuk kaum Nasionalis sekuler dan intelektual agar menyerahkan tenaga dan pikirannya untuk mengabdi kepada Jepang. Soekarno. iii.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful