P. 1
Apa Yang Menjadi Dasar Pemisahan Komponen Campuran Melalui Proses Kromatografi Kertas

Apa Yang Menjadi Dasar Pemisahan Komponen Campuran Melalui Proses Kromatografi Kertas

|Views: 91|Likes:

More info:

Published by: Mardiansyah Chikema Uzulla on Nov 26, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/15/2013

pdf

text

original

1.

Apa yang menjadi dasar pemisahan komponen campuran melalui proses kromatografi kertas dan Mengapa pada kromatografi kertas warna cuplikannya bisa berubah? Jawaban: kromatografi memisahkan dua benda padat berdasarkan solubilitasnyasehingga zat yg
solubilitasnya lebih tinggi akan berjalan lebih cepat di kertas dan menempati tempat paling atas sedangkan warna cuplikan bisa berubah disebabkan karena setiap warna-warna yang larut pada solvent(warna awal) mempunyai kelarutan yang berbeda-beda terhadap larutan awalnya. Misalnya, warna solventnya ungu, jika dikromatografi terurai menjadi warna merah dan biru. Lalu warna merah dan biru ini terlihat di kertas, warna merah di bawah, warna biru di atas, berarti warna biru lebih larut dengan larutan solventnya sehingga warna biru lebih naik ke atas (mengikuti solvent lebih jauh). Jadi, alasan warnanya dapat terpisah adalah karena warna-warnanya mempunyai kelarutan yang berbeda dengan larutan awal.

2.

Pada pencampuran asam amino dan kita ingin memisahkan asam amino itu dalam suatau campuran. Jika salah satu komponen dari campuran bergerak 15 cm dari garis dasar, sedangkan pelarut bergerak sejauh 24.8 cm. tentukan berapa nilai Rf nya untuk komponen asam amino ter 3. Salah satu komponen dari campuran pada kromatografi kertas bergerak 9.6 cm dari garis dasar, sedangkan pelarut bergerak sejauh 12.0 cm. Hitunglah jarak relatif pada pelarut tersebut?
sublimasi, yaitu pemisahan campuran padatan dimana salah satu padatan dapat berubah wujud menjadi uap/gas ketika dipanaskan. kristalisasi (penguapan) yaitu cara memisahkan zat terlarut dari pelarutnya menggunakan pemanasan atau penyerapan kalor.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->