DAMPAK URBANISASI TERHADAP KEHIDUPAN DI PERKOTAAN

Proses Urbanisasi Saat Ini di Indonesia

I.

Pendahuluan
Pembahasan tentang Urbanisasi dan hubungannya dengan kehidupan di perkotaan

tidak akan habis-habisnya dibahas, karena kota dan proses urbanisasi ini sendiri akan terus berlangsung, tanpa mengenal zaman. Urbanisasi akan terus berlangsung dan terus menyebabkan permasalahan-permasalahan di lingkungan perkotaan dan berdampak pada perkembangan kota itu sendiri. Menurut Rustiadi dkk (2009 : 223) urbanisasi yang memperlemah perkembangan kota dapat dilihat dari perkembangan kota-kota besar yang mengalami “over-urbanization.” Pada saat ini, banyak masyarakat Indonesia melakukan proses ini, dengan tujuan awal mencari pekerjaan dan kehidupan yang layak tetapi tujuan tersebut tidak didukung oleh kemampuan atau skill masing-masing individu. Hal ini bisa menyebabkan terhambatnya perkembangan kota itu untuk berkembang. Maka dari itu, kita sebagai mahasiswa perlu peka terhadap apa yang terjadi di lingkungan sekitar, bagaimana permasalahan urbanisasi yang terjadi setiap tahun bisa segera diselesaikan, agar perkembangan kota tersebut bisa terus berjalan sebagaimana mestinya.

Pengertian Urbanisasi. yang paling menonjol di Indonesia diartikan sebagai perpindahan penduduk dari desa ke kota. Cities are places that are intimately engaged with their country side . Cities that must really on written record .1 Pengertian Urbanisasi Urbanisasi berasal dari kata Urban yang artinya sifat kekotaan. sosial dan mentalitas masyarakatnya. Dikatakan oleh Doxiadis (dalam Soetomo. merupakan pengertian yang sangat komprehensif dan menarik yang menjabarkan kedua aspek (bangunan dan manusia). A. Constantinos. vii. Pengertian Kota Kota adalah tempat bermukimnya manusia dengan segala kehidupannya.II. Paul Knox mendefinisikan urbanisasi sebagai suatu proses yang dimotori oleh perubahan ekonomi yang mendorong dan didorong oleh faktor-faktor manusia. Cities are places that have some physical circumscription . Arti urbanisasi sangat luas. 2. dapat diambil kesimpulan bahwa urbanisasi adalah suatu proses terbentuknya kehidupan perkotaan yang berbeda dengan kehidupan pedesaan. dari definisi yang ada. Cities are places where there is a specialized differentiation of work . Urbanisasi ditinjau dari sejarahnya yang sangat tua adalah suatu proses perubahan yang diinginkan manusia untuk mempertahankan hidupnya dan atau menuju perbaikan nasib kehidupannya. iii. maka kota adalah bagian dari Human Settlement. sosial dan fisik serta masalah-masalah yang menjadi bahan yang harus diatasi dalam penentuan kebijakan pembangunan kota. viii. Maka. v. 2. by definition. dalam konteks ekonomi. and . 2009 : 44). Cities are places where a certain energized crowding of people takes place . Cities come in cluster. 2010 : 35) bahwa : “Human settlement are. (Ekistics. Selanjutnya.Doxiadis. dan Dampak yang Ditimbulkan oleh Proses Urbanisasi Terhadap Kehidupan di Lingkungan Perkotaan. Pengertian Kota. settlement inhabited by Man”. Kesembilan karakter kota oleh Kostof. Cities are places distinguished by some kind of monumental definition . hal tersebut telah berlangsung sejak manusia itu ada didunia (Soetomo. Kota sebagai tempat yang dibentuk tidak hanya oleh bangunan saja namun juga oleh manusia. sumber daya alam dan teknologi (sumber daya alam buatan) dan menghasilkan keluaran keadaan ekonomi. 1968).2. Cities are places favored by a source of income . vi. iv. Faktor Penyebab Terjadinya Urbanisasi. A town never exists unaccompanied by other towns . ii. Kesembilan karakter kota tersebut adalah : i.

b.  Banyaknya lapangan pekerjaan di kota . dan menghilangkan tingkat kenyamanan bagi penduduk sekitar .4. masyarakat melakukan urbanisasi karena adanya pengaruh yang kuat dalam bentuk ajakan. Faktor Penyebab Terjadinya Urbanisasi Pada umumnya. masyarakat. cities are made up of building and people . Tingkat kriminalitas meninggi.com) 2. informasi media massa. dan  Memiliki impian kuat menjadi orang kaya (dalam http://galihwe. 1991 : 37-40) Kesembilan karakter diatas menjelaskan pemahaman kota yang dapat melingkup pada seluruh generasi kejamanan kota-kota didunia. maupun keadaan sekitarnya. baik dari segi tata kota. Dampak yang Ditimbulkan oleh Proses Urbanisasi Terhadap Kehidupan di Lingkungan Perkotaan Akibat dari meningkatnya proses urbanisasi.  Terbatasnya sarana dan prasarana yang ada didesa .3. Dampak urbanisasi terhadap kehidupan di perkotaan adalah : a.  Merasa kurang cocok dengan budaya tempat asalnya . Pengaruh-pengaruh tersebut bisa berasal dari daerah asal (faktor pendorong) maupun daerah tujuan (faktor penarik). Munculnya kawasan kumuh (slum area) yang bisa menghambat perkembangan kota dan menurunkan nilai estetika dari kota itu sendiri . terdesak kebutuhan ekonomi.blogspot. hal ini menimbulkan dampak-dampak terhadap lingkungan kota. Pemahaman yang komprehensif dari berbagai aspek menjelaskan pengertian peranan manusia dan karyanya dalam ruang yang disebut kota. i. (Kostof. Faktor penarik terjadinya urbanisasi :  Kehidupan kota yang lebih modern dan mewah . 2. dan d. dan  Pendidikan yang jauh lebih baik dari yang ada di pedesaan. impian pribadi. .  Menganggur karena tidak banyak lapangan pekerjaan didesa . c.ix. Faktor pendorong terjadinya urbanisasi :  Lahan pertanian yang semakin sempit . Menaikkan tingkat polusi udara di daerah perkotaan . Angka penggangguran semakin tinggi.  Sarana dan prasarana kota yang lebih lengkap . ii. Finally. dan lainsebagaimya.

orang yang melakukan urbanisasi. Urbanisasi dan Morfologi. Jakarta : Crestpent Press Soetomo. Perencanaan dan Pengembangan Wilayah. Urbanisasi yang dilakukan tanpa perencanaan yang sempurna akan terus menimbulkan permasalahan yang berdampak pada pembangunan dan kehidupan di kota itu sendiri.com. Masalah yang timbul umumnya berasal dari tiap-tiap individu. Sugiono. Daftar Pustaka http://galihwe.com . proses urbanisasi akan berdampak baik apabila di lakukan dengan sebuah perencanaan yang baik. sehingga dampak-dampak buruk yang dapat menghambat perkembangan dan kehidupan di perkotaan dapat di minimalisir. Kesimpulan Proses urbanisasi yang telah menjadi sebuah proses rutin yang dilakukan tiap masyarakat Indonesia akhir-akhir ini menimbulkan suatu permasalahan yang cukup serius. dan akan menimbulkan dampak lainnya. 26 Mei 2012 Rustiadi. 2009 : 223) III. 2010 . tetapi karena tidak memiliki skill atau kemampuan yang cukup untuk bersaing. Maka dari itu. 2009. maka orang itu tidak mampu bersaing.(Rustiadi dkk. 2009. Diunduh Sabtu.” dalam Blogspot. yang memiliki tujuan awal datang kekota untuk mencari penghidupan yang layak. Ernan dkk.blogspot. Yogyakarta : Graha Ilmu . “Urbanisasi dan Dampak Negatifnya. dan kemudian menjadi penggangguran dan menimbulkan kemiskinan.