RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP

)

Sekolah Kelas Mata Pelajaran Alokasi waktu

: SMP Negeri 2 Toroh : VIII : IPA : 2 X 40’ ( 1 X Pertemuan )

Standar Kompetensi Memahami Berbagai Sistem Kehidupan pada Tumbuhan Kompetensi Dasar 3.1 Mendiskripsikan struktur dan fungsi jaringan pada tumbuhan

A. Tujuan Pembelajaran  Peserta Didik dapat : 1. Mengidentifikasi struktur tumbuhan. 2. Menunjukkan letak bagian-bagian dari struktur tumbuhan. 3. Menjelaskan fungsi masing-masing bagian tumbuhan. 4. Menggambarkan struktur tumbuhan.  Karakter Siswa yang di harapkan : Disiplin, Jujur, Kerjasama,Teliti, Tekun.

B. Materi Pembelajaran Stuktur dan fungsi jaringan tumbuhan

C. Metode Pembelajaran 1. Model : Direct Instruction(DI) Cooperative Learning

diskusi. Melengkapi percakapan. dan sumber belajar lain Memfasilitasi terjadinya interaksi antar peserta didik serta antara peserta didik dengan guru. dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis.2. media pembelajaran. Kegiatan Inti  Eksplorasi Dalam kegiatan Eksplorasi. Langkah-langkah Kegiatan a. guru : Membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna. lingkungan. dan sumber belajar lainnya  Melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran Elaborasi Dalam kegiatan elaborasi. b. Memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas. Metode : Diskusi kelompok Eksperimen Ceramah D. kalimat berdasarkan pemahaman akan suatu . guru : Melibatkan siswa untuk menggali informasi mengenai bagian-bagian dari tumbuhan Siswa dapat mengidentifikasi struktur tumbuhan Siswa dapat memahami fungsi masing-masing bagian tumbuhan Menggunakan beragam pendekatan pembelajaran. Kegiatan Pendahuluan  Motivasi dan Apersepsi Mengapa kita dapat melihat struktur pada bagian benda yang berukuran sangat kecil?  Mengapa mikroskop dapat menampilkan stuktur benda yang kecil? Prasyarat Pengetahuan Siswa telah mengetahui struktur tumbuhan dan fungsi masingmasing bagian.

program pengayaan. Buku IPA Terpadu 3. Kegiatan Penutup     Bersama-sama dengan peserta didik atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran. Buku siswa 2. Merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi. E. Media Pembelajaran 1. Sumber Pembelajaran 1. guru: Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman. Modul atau gambar-gambar struktur tumbuhan F. Penilaian . dan bertindak tanpa rasa takut. Melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram. Guru dan siswa G.  Memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar Konfirmasi Dalam kegiatan konfirmasi. Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran. menyelesaikan masalah. layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik. memberikan penguatan dan penyimpulan c.- Memberi kesempatan untuk berpikir. menganalisis.

.. batang dan daun  Menunjukkan letak epidermis....... Lenti sel Berdasarkan carta struktur akar berikut ini..... Floem d. dan stele pada tumbuhan  Menjelaskan funsi jaringan tertentu yang dijumpai pada tubuh tumbuhan  Memahami bagian-bagian tumbuhan Teknik Penilaian Bentuk Instrumen Instrumen / Soal Tes Tertulis PG Tes Unjuk Kerja Tes identifikasi Yang berfungsi mengangkut hasil fotosintesis adalah … a....tunjukkan letak sel polisade dan mesofil Mengetahui..…………………… 20 ……. tunjukkanlah letak kortek dan letak epidermis Deskripsikan fungsi jaringan meristem pada bagian ujung akar Tes Tertulis Tes Uraian Tes Unjuk Kerja Tes Identifikasi Berdasarkan gambar struktur daun ini. korteks.. Xilem c.... (_______________________) NIP/NIK :.................Indikator Pencapaian  Mengamati struktur dan fungsi jaringan di akar............. ... Guru Mapel Ilmu Pengetahuan Alam (__________________________) NIP/NIK :.... Kepala SMP Negeri 2 Toroh Semarang.... Stomata b.

informasi dan percobaan : Kooperatif dan langsung D.Bertanggung jawab. Model Pembelajaran : Kontekstual : Diskusi.Teliti. Materi Pembelajaran Hama dan penyakit pada tumbuhan C. Langkah-langkah Pembelajaran 1.Apa sajakah macam-macam hama pada tumbuhan? . Kegiatan Pendahuluan a. Mendata contoh hama dan penyakit pada organ tumbuhan yang dijumpai dalam kehidupan sehari-hari 4.Kerja sama. Motivasi dan Apersepsi . Menjelaskan perbedaan hama dan penyakit 2. Pendekatan 2. Menjelaskan macam-macam penyakit pada tumbuhan 3. B. Metode Pembelajaran 1. Metode 3.RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Sekolah Kelas Mata Pelajaran Alokasi waktu : SMP Negeri 2 Toroh : VIII : IPA : 2 X 40’ ( 1 X Pertemuan ) Standar Kompetensi Memahami Berbagai Sistem Kehidupan pada Tumbuhan Kompetensi Dasar 3. Prasyarat Pengetahuan .Bagaimanakah bentuk tumbuhan yang terkena hama? b. Mengelompokkan hama dan penyakit  Karakter siswa yang diharapkan Jujur. Tujuan Pembelajaran Peserta didik dapat: 1.4 Mengidentifikasi hama dan penyakit pada organ tumbuhan yang dijumpai dalam kehidupan sehari-hari A.

Peserta didik mendiskusikan dengan kelompoknya mengenai pengelompokkan contoh hama dan penyakit tumbuhan. layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik.Peserta didik memperhatikan penjelasan tentang macam-macam penyakit tumbuhan. .Melibatkan siswa secara aktif .Peserta didik memperhatikan penjelasan guru mengenai perbedaan hama dan penyakit tumbuhan. Kegiatan Penutup Dalam kegiatan penutup. program pengayaan.Memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik. menganalisis. .  Merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi. dan bertindak tanpa rasa takut. guru: . menyelesaikan masalah. . Kegiatan Inti o Eksplorasi Dalam kegiatan eksplorasi.Memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas.- Bagaimana wujud hama pada tumbuhan? Apa saja penyakit yang ada pada tumbuhan? 2. .Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa .Memberikan fasilitas untuk siswa berinteraksi langsung kepada guru dan teman lainnya o Elaborasi Dalam kegiatan elaborasi. memberikan penguatan dan penyimpulan 3.Perwakilan peserta didik diminta untuk menjelaskan perbedaan hama dan penyakti pada tumbuhan . guru dapat : .guru dapat: .Siswa mampu menjelaskan ciri-ciri dari hama dan penyakit tumbuhan . diskusi. . dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis.  Melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram. .Memberi kesempatan untuk berpikir.Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman. guru:  Bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran.Melibatkan siswa untuk mencari informasi mengenai jenis-jenis penyakit pada tumbuhan . o Konfirmasi Dalam kegiatan konfirmasi.  Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran.

Guru Mapel Ilmu Pengetahuan Alam (__________________________) NIP/NIK : (_______________________) NIP/NIK : . Kepala SMP/MTs …………… ….E. Buku siswa 2. Carta 3. Penilaian Hasil Belajar Indikator Pencapaian Kompetensi Teknik Penilaian Bentuk Instrumen penyakit Instrumen/ Soal perbedaan hama dan  Menjelaskan perbedaan hama dan penyakit  Menjelaskan macammacam penyakit pada tumbuhan  Mendata contoh hama dan penyakit pada organ tumbuhan yang dijumpai dalam kehidupan sehari-hari Tes Tertulis Tes Tertulis Tes Uraian Deskripsikan Tes Uraian Sebutkan macam-macam penyakit yang menyerang tumbuhan ! Penugasan Tugas Proyek Lakukan wawancara dengan narasumber (petani) tentang hama penyakit tanaman dan membuat laporannya.…………………… 20 ……. Mengetahui.. Video F.. Sumber Belajar 1.