P. 1
PPT Sistem peredaran darah belalang

PPT Sistem peredaran darah belalang

|Views: 966|Likes:
Published by Ahmad Kosasih
sman 1 rangkasbitung
sman 1 rangkasbitung

More info:

Categories:Types, School Work
Published by: Ahmad Kosasih on Nov 27, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPTX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/16/2014

pdf

text

original

Di susun oleh : • Ahmad Kosasih • Delvi Selviani L. • M. Adi Firmansyah • Rizki A. K. P. • Sahara A. • Tia Mutiara S.

PEREDARAN DARAH PADA BELALANG
KELOMPOK 3 XI IPA 1

Pembahasan
Peredaran Darah Pada Belalang
Peredaran Darah Pada Insekta Peredaran Darah Terbuka Arteri Pd Proses Peredaran Darah Belalang Sistem Peredaran Darah Belalang Contoh Gambar Kesimpulan

End

Peredaran Darah Pada Insekta
Peredaran darah pada insekta dapat dengan mudah diamati pada belalang. Peredaran darah yang terjadi pada belalang adalah peredaran darah terbuka, yaitu selama peredarannya, darah tidak terdapat di dalam pembuluh darah.

1

Menu

Peredaran Darah Terbuka
 

Peredaran darah terbuka adalah peredaran atau distribusi darah ke seluruh tubuh (jaringan) yang tidak selalu melewati pembuluh darah. Sistem peredaran darah terbuka terdiri atas jantung sebagai pusat peredaran darah, sejumlah rongga yang disebut sinus dan beberapa arteri. Jantung berbentuk sadel atau tabung terbungkus oleh membran (perikardium). Jantung terletak dibagian tengah belakang dada dengan dinding otot yang tebal. Saluran arteri yang berasal dari jantung memiliki katup – katup (valvula) untuk mencegah darah masuk kembali ke jantung.
Menu

2

Lanjutan...

mempunyai alat transportasi berupa jantung pembuluh. Pada bagian jantung pembuluh terdapat lubang-lubang kecil (ostium) yang mempunyai katup. Pada waktu jantung pembuluh berdenyut ostium tertutup, darah mengalir ke depan melalui aorta Peredaran darah belalang hanya mengedarkan sari makanan dan mengambil sisa metabolisme. Sedangkan pengedaran oksigen ke seluruh tubuh dan pengambilan karbon dioksida dilakukan melalui sistem trakea.
Menu

3

Arteri Pada Proses Peredaran Darah Belalang
 Arteri

optalmik (mata)  Dua arteri antena  Dua saluran arteri hati  Saluran arteri dorso abdominalis

4

Menu

Sistem Peredaran Darah Pada Belalang

• •

Sistem peredaran darah pada belalang terdiri atas pembuluh yang memanjang di atas saluran pencernaan. Pembuluh ini terdiri atas bagian paling depan berupa aorta dan tengah terdapat jantung pembuluh yang berupa gelembung-gelembung yang memiliki lubang-lubang halus. Hanya terdapat pembuluh dorsal (rongga ostia) Darah belalang yang beredar ke seluruhtubuh tidak membawa oksigen, tetapi hanya membawa sarimakanan karena oksigendibawa oleh sistem trakea.
Menu

5

Lanjutan...
• • •

Peredaran darah pada belalang diatur oleh sistem pompa otot-otot melalui rongga-rongga dalam tubuh yang dipisahkan oleh septa. Pada sebagian besar belalang, hemosel terbagi menjadi beberapa rongga (sinus) oleh septa. Aorta adalah tabung ramping yang mengantarkan darah ke kepala, bermuara di belakang atau di bawah otak. Organ denyut juga ditemui di toraks, yang memelihara peredaran darah di pembuluh sayap.

6

Menu

7

Menu

8

Menu

9

Menu

10

Menu

Kesimpulan
Sistem peredaran darah pada insekta khususnya pada belalang, mengunakan sistem peredaran darah terbuka. Sistem peredaran darah terbuka terdiri atas jantung sebagai pusat peredaran, sejumlah rongga yang disebut sinus, dan beberapa arteri.

11

Menu

 Terima Kasih Atas Perhatiannya 
Salam Kami, Kelompok 3 XI IPA 1

Menu

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->