Programing Code PABX Panasonic

KX-TA 308 / 616 / 624
PROG + *# Password ( Default 1234 ) 000 Data and time setting 001 System speed dialing enry 002 System password 003 DSS Console port assignment 004 Paired telephone assignment for DSS CONSOLE 005 One touch transfer using a DSS BUTTON 006 Time service ( Day / Night / Lunch ) changing mode 007 Time service start time 008 Operator assigment 009 Extension number assignment 100 Hunting group set 101 Hunting type 102 Voice mail port 103 DTFM Integration 104 Hold mode selection 105 Conference tone 106 External paging acces tone 107 DTMF Receiver check 108 Flash mode for a station locked extention 109 CO Indictor assignment 110 Flash key mode 111 Hold music selection 112 DSS Console indication mode 113 Automatic redial reapet 114 Automatic redial interval time 115 extention ringing pattern selection

116 Conference pattern selection 117 Call pickup tone 118 Pulse restriction 119 Redialing after pulse to tone conversion 120 Bell frequency 121 Automatic outside co line acces number 122 Automatic rotation for CO LINE 123 Break ratio 124 SLT ringing mode selection 125 Tool restriction check for * and # 200 Hold recall time 201 Transfer recall time 202 Call forwarding start time 203 Pickup dial delay time 204 Call duration count start time 205 Outside to outside ( CO to CO ) line duration time limit 206 Dialing start time 207 Hook switch flash timing range selection 208 Inter digit time 211 No dial disconection 212 CO Line duration time limit 213 Bell off detection 300 Carrier code detection 301 Toll restriction – SSD 302 – 305 Toll restriction class 2 trought 5 denied codes 306 Toll restriction – exeption codes 309 Toll emergency dial number set 310 Account codes 311 Automatic pause insertion codes

312 Toll restriction – station lock bondry class 400 CO Line conection 401 Dial mode 402 Pulse speed selection 403 Host PBX acces codes 404 Outside ( co ) line group assignment 405 – 407 Flexible outward dialing assignment – D / N / L 408 – 410 Flexible ringing assignment – D / N / L 411 – 413 Delayed ringing assignment – D / N / L 414 – 416 Outside ( CO ) line mode – D / N / L 417 Pause time 418 Flash time 419 Automatic designated outside ( CO ) line acces 420 Calling party control ( CPC ) signal 421 CPC detection for outgoing calls 422 Disconection time 423 Outside ( CO ) line ringing pattern select 424 Reverse ( polarity ) circuit assignment 500 DISA incoming dialing mode selection 501 DISA built in Auto attendant 502 OGM Mode selection 503 FAX Conection 504 DISA Delayed answer time 505 DISA Waiting time after OGM 506 DISA Busy mode 507 DISA Intercept mode 508 DISA ringing time before intercept 509 DISA ringing time after intercept 510 DISA No dial mode

511 DISA Security type 512 DISA Security codes 513 Cyclic tone detection 514 Fax tone detection 515 Intercept time for for internal DISA 516 DISA incoming assignment 517 DISA AA wait time 518 DISA Tone selection after the security codes 519 DISA OGM Mute time 520 UCD Group 521 UCD Busy waiting time 522 UCD OGM Message internal time 523 UCD Busy mode 524 UCD Intercept mode 525 UCD ringing time before intercept 526 UCD ringing time after intercpt 600 Extension group assignment 601 – 603 TRS – COS ( Class Of Service ) Assignment 604 Ext name setting 605 Account codes entry mode 606 Call transfer to an outside ( CO ) line 607 Call forwarding to an outside ( CO ) line 608 Executive busy overide 609 DND Overide 610 Pararelled telf conection 611 TAM ( Telp Answering Machine ) Ext 612 Room monitoring assignment 613 Outside ( CO ) line detection time limit selection 614 Internal pulse detection .

Line ext di meja saya cuma bisa local outgoing call – gak bisa telpon nomor awal 0 (nol). dll. Terima kasih kang. Tlg bagaimana cara utak-atik spy saya bs pakai telp ke hp. Panasonic KX-TA 308 Ext yang mau di setting ext berapa ? Di cek dulu di program no 009 ext yang mo di rubah ada di jack berapa. ( The power indicator will flash for about 10 second ) kang. Setelah tau ntar masuk program no 601. Press the “ RESET “ button 3. Return the system “ CLEAR “ switch to the “ NORMAL “ position before the power indicator stop flashing.pilih ext yang mo di rubah trus ganti COS nya ke 1. di kntr saya pake KX-TA 308. Oh ya cara masuk program nya.. Tekan tombol program + * + # Password.615 LCD Language 700 – 702 Doorphone ringing assignment 703 – 705 Door opener assignment 706 Doorphone ringing / tone pattern selection 707 Doorphone acces tone selection 708 Doorphone ringing assignment 709 Door opener time 800 SMDR RS – 232 C Com parameter 801 SMDR Parameter 802 Incoming / outgoing call selection for printing 803 Secret speed dialing / one touch dialing printing 805 SMDR Account code selection 806 SMDR Language assignment 999 System data clear INITIAL SET 1. Slide the system clear switch to the “ CLEAR “ position 2. .

buat buyu : itu class of servicenya diblok selain local. Tlg bagaimana cara utak-atik spy saya bs pakai telp ke hp. Perhatiin tuh buyu berkata Terima kasih kang and setingannya bisa gak dari meja saya buyu: hanya ext1 operator) yang bisa melakukan setting. setting pabx LG GHX-46. Nut berkata Nggak mau nya gimana ? Instalasinya dan penomeran ext dah bener ? abunufus berkata buat mas iwan. “telpon dari JACK lain?”. apa itu salah settingan nya atau pemasangan yang kurang betul ya??? mohon bantuan nya……. izur berkata minta tolong dong para suhu PABX. di kntr saya pake KX-TS3MXW 2CCFCA77908.buyu berkata kang. dll. tapi umumnya seri KX sama kok. setiap jack ext. memiliki setting parameter untuk outgoing. Coba dicek jack (ext) yg dimaksud..xixixix) ope berkata kang. bagaimana klo membuka dan menutup passwordnya untuk dapat outgoing call ?? trims .. punya akses buat outgoing apa ndak? cos gimana tuh? dibatesin level berapa?… kalo pengen lebih jelas. logikanya kan gini mas iwan. Line ext di meja saya cuma bisa local outgoing call – gak bisa telpon nomor awal 0 (nol). he he he Nut berkata Tinggal naikin aja COS nya jadi 1. Pasti bisa telp ke mana mana. tanya Mas Nut ajah… dia jagonya… (kabuuuuur…. terima kasih sebelumnya…. minta tolong aja sama teknisi/it kantor anda. cara program biar CO 8 & 9 masuk ke voip ( tekan tombol 9 untuk dial ke voip) iwan berkata ku mau tanya ku dah pasang PABX tapi ku coba telpon dari jack lain ko dia ga mau nyambung ya….

abunufus berkata buat mas ope. apakah incoming sajah. abunufus berkata buat mas ope. tekan 002 (system password).. lihat program 002 Tekan tombol program + * + # Password (password login administrator). NEXT. pilih ext yang mo di rubah trus ganti COS nya atau bila perlu samain dengan cos nya ext 1 . atau kalau outgoing (telp keluar). dan seterusnya.. end! Nut berkata Account Code Mungkin itu yang di maksud dengan PIN Program nya di no 310 dan 605 ope berkata aku dah coba tekan 002 dari telpon client. masukan password (’2323′). tapi pas aku tekan 00. tekan tombol store. sljj sajah. dan meloud speaker apa yg dilakuin ama telpon client saya. setiap extention bisa diatur hak aksesnya. lokal sajah. langsung terhubung ke telpon utama. prubahan hak akss dilakukan dari operator (ext1) Setelah tau ntar masuk program Tekan tombol program + * + # Password. harus dari jack 1 (operator) ope berkata jadi harus ngasih akses dulu ya bwt telp client agar bisa telp keluar dari telp operator ? aku kasih gambaran deh : operator —-> client1 (bs telp keluar tp pke password) | | \|/ client2 (tidak bisa telp keluar kecuali dlm jaringan pabx) aku pingin client2 dapet hak yang sama seperti client1. itu kita bise sebut Class Of service (COS). pilih program 601. apa harus diset client2 di dioperator ? thx abunufus berkata hmm…. 1234.

Bisa juga kabel spiral nya putus ngga ? kabel ke gagang telp gozali berkata numpang nanya…klo pabx.Nut berkata Bingung nya di mana tho bapak bapak ibu ibu ? suit suit… sebenernya telp ext bisa keluar ato nggak itu bisa dari setting ext tersebut ? setting yang mempengaruhi : .tinggal tacepin mesin fax ke ext nya..Tagihan telp udah di bayar lom ? mana bisa kalo lom di bayar .Ext tersebut di lock nda ? pake lock station ( fitur pabx ) . bisa buat ngfax ga???dri extention keluar atau sbaliknya????panasonic kx tem 824…bisa gk??thx… Nut berkata FAX – Panasonic KX-TEM 824 Bisa om. tri berkata Mo tanya2 setting mesin pabx Panasonic TEM 824 dan kalau pesawat tlpnya Panasonic KXT7730X.trimakasih Tarmo berkata Aku lg bingung disuruh bos tuk aktfin TAM pd Panasonic KX-TA624 tapi kok kayaknya ribet banget Tolong dong Kang kasih tau langkah2nya cara memprogramnya Makasih banyak sebelumnya Wassalammualaikum Nut berkata Panasonic KX-TA624 Yang di maksud dengan TAM itu gimana ? Tarmo berkata TAM Telephone Answering Machine pd PABX Sudah terpasang modul DISA .Ext tersebut dapet jatah line buat keluar nda ? Reveren nya prog no 405-408 .Juga line telkom nya ada nggak yang masuk ke pabx Kalo nggak ada bisa telp keluar ngga yah ? ..Trus pas telp ada bos nya nda ? ...Ato bisa jadi telp na di gembok nggak yah ? .mohon pencerahannya..Ext tersebut dapet COS berapa ? revertensi nya prog no 302-305 .

com Ita berkata mas. jd di t4 saya user dibatasi telpon setiap 10 menit mati sendiri… brapa programnya boz unt masalah ini? . Yudi berkata Aku sedang setting pabx kx-teb308.Yang aku tanyakan gimana bikin extension yg bisa interlokal di password?Dan gimana cara pake passwordnya? Nut berkata Panasonic KX-TEB308 Account Code Program no : 310 Account Code 605 Account Code Mode Cara Pakai : 9 + ** + ACC + No Tujuan erik berkata mas aku habis seting pabx teb308 tapi kok pesawat telpun central ki ndak mau hidup ya padahal line saya cek jalan semua mohon di sent ke email saya di ery_bedor@yahoo..dan sudah di set ada yg bisa telp lokal aja dan bisa interlokal. abunufus berkata Ndak mau hidup maksudnya gak bisa incoming/outgoing? atau apa? itu pesawat central terhubung di jack berapa? hari berkata Mo tanya nih sama nggak cara program KXT-TDN 12/32 dengan KX-TA6/24 oyrain berkata Mkasi infonya…. klo untuk call timer.Muhardin berkata tolongin dong gimana cara setting telephone di kantor gua. untuk setting DISA nya biar nelpon auto answer.telp ktrku panasonic KX-T7330...trims. mo rubah answering machine nya gmn ya??mhn pencerahannya.

^^ Nut berkata TDN 1232 > Timer Di program no 205 isi nya di ganti 30 Buat timer dari 10 menjadi 30 Menit. Nut berkata Panasonic KX-T7230X Itu type key telp om…Bukan PABX. Auto answer (fax only) Saya sudah coba set UCD ke group 1 tapi fax selalu langsung jawab. Call Timer ? PABX nya apa ? oyrain berkata ooo tau gak boz programnya? disini pake pnasonic KX-T7230X… coz disini defaultnya 10 menit telpon keluar mati sendiri… jd gmana unt setting ubah jd 30 menit ato unlimited… ada info gak boz. oyrain berkata tipe pabx nya : 1232 begituu sih kata vendornya. Setting timer itu di pabx.. Indiart berkata Mas minta tolong dong.Nut berkata TDN 1232 & TA 624 Beda dong om program nya.. oyrain berkata namun disini dimintanya untuk ext2 tertentu yang disable timernya… apakah ada settingannya boz. Lah PABX nya panasonic type yang mana ? Tiap type beda cara nya.…. Nut berkata TDN 1232 > Timer Ato kalo mo tanpa timer di prog no 502 di bikin disable. cara program KX-TES824 biar bisa group pick-up/ring semua ext group tapi fax tidak langsung hidup. Group 1 (Jack 01-04) Group 2 (Jack 05-06) Fax (Jack 07). ..

hanya pada tombol CO nya bisa akan berkedip (hijau) Contoh : 603 : #01 – 1 : CO01 Immdt – Auto Store ( Jack 01 pada ext kesatu bisa terima bell masuk dari CO-01) . Panasonic TDN 1232 Ext tanpa timer COS nya aja di naikkan.Nut berkata Panasonic KX-TES824 Ext Group di 600 Buat Fax bisa di atur dari 408. Nut berkata Panasonic KX-TA616 Initial set bos. pada keempat baru berdering -6 RNG ( delay ring ) .. Seperti hdd yang di format dan di install ulang. pada kedua ring baru berdering -3 RNG ( delay ring ) jeda 3 ring . Indiart berkata Terima kasih. ari berkata mas tolong dong kalo kita lupa password untuk pabx KX-TA616. gmana caranya ya?? password standar uda di coba tapi gk bisa. sudah berhasil. yaitu sbb : -Disab -tidak berdering -Immdt (langsung berdering jika ada bell masuk ) -1 RNG ( delay ring ) jeda 1 ring . hari berkata mas aku udah tambah CO di type tdn 1232 tapi kok nggak ada ring masuk ya nyuwun tulung apa yang harus di program Wahyu berkata Mengatur dering masuk ( DIL 1 : N Extension and Delayed Ringing ) Prog No : 603 ( Day ) dan 604 ( Night ) Ada 6 pilihan jenis pengaturan dering masuk . Ma timer COS nya di Disable. pada ketujuh baru berdering -No RNG ( bisa terima bell masuk tapi tidak ada suara ringer.

Gimana setting agar bisa telpon keluar? (program no berapa?) Terimakasih Nut berkata PABX type TEX824 Tuh program no 405 Mastra berkata Makasih ya… dah bisa sekarang… blog ini sangat bermanfaat. .. berikut: tone disconnect frequency ? ? cadence ? ? hari berkata Mas Wahyu lan Mas Nut matur nuwun ya CO Line saya wis muni kriiiing mastra berkata Mau tanya donk. ninot berkata numpang tanya mengenai frekuensi di pabx.com Nut berkata Panasonic TDN 1232 Cek : 400 CO Line Conection Assignment 401 Co Line Groups Sekalian ganti DTMF 402 Dial Mode Selection. Sekalian aja ngumpul ngumpul rujakan. YM : es_selun email : info@sentra-vm. Wkwkwkwkwk. PABX type TEX824 untuk jack#01 ditampilan:”CO Not Assigned” jd gak bisa telpon keluar..#01 – 2 : CO01 Disab – Auto Store ( Jack 01 pada ext kedua tidak bisa terima bell masuk dari CO-01 ) Nut berkata Salah om…aku Yusuf ( Nut ) Dari Malang bukan Semarang.

dari mulai durasi. apakah bisa pbx di setting pembatasan telpon. hak akses berdasarkan zona. Ada sebuah perangkat bernama Smartphone yang memiliki fungsi sebagai Budgeting. danikoecing berkata serinya KX-TA 308 udah saya coba simpan no telponnya di speed dial di prog no 001 saya simpan dengan code speed dialnya 11 dan nomoenya 0857XXXXXXX ketika saya coba telpon melalui ext.id Oh ya sekedar tambahan. klo bisa bagaimana caranya? 2. He he… Kalau berminat. Kalo TA Series / HT Series Bisa di coba melalui SSD Prog no 001 Atau 0857XXXXXX di masukin prog no 306. sehingga berani merekomendasikan.danikoecing berkata saya menggunakan pbx hybrid 308. mudah-mudahan ini bisa jadi solusi yang paling tepat. penulis sangat akrab dan tahu kualitas perangkat ini. boleh langsung ke contact personnya. PABX nya HB 308 Ato TA 308 Atau type lain nya ? 2. apakah bisa di program no telpon tertentu (whitelist) bisa di akses keluar oleh salah satu line. Untuk memperoleh informasi lebih jelas silahkan berkunjung ke web-nya http://rekapancatama. 1.co. Billing dan Monitoring telp. tidak bisa langsung telpon ke nomor yang tadi saya simpan? itu kenapa ya pak . dll Pokoknya lengkap deh. 101 (operator) saya tekan line 1 + lalu 11. misalnya. jadi panggilan keluar dari line hanya bisa mengakses no telpon yang di daftarkan tersebut saja? asepsajah berkata ada banyak pertanyaan tentang pembatasan akses outgoing (call restriction). Bisa. atau jenis sambungan. no tujuan. time. Setiap user dapat dikontrol akses outgoingnya secara real. atau pengen harga khusus? lewat saya boleh…he he he… danikoecing berkata artinya untuk pabx seri 308 tidak mendukung program untuk di setting whitlist ya kang? Nut berkata danikoecing berkata pbx hybrid 308 1. no handphone 0857XXXXXX saya daftarkan di program.

Ismail Ajah berkata saya sudha cb Call Forward Set >> *71029+081 XXXX XXX + # Cancel >> *7100 + Tutup gagang telp tapi kok engga bisa ke transfer ke nomer tujuan koecingoptek berkata terima kasih. terminal pesawat telepon saya seri KX T7730. Ismail ajah berkata Saya punya TDA200 dan saya mau menggunakan call forwading..Nut berkata Panasonic KX-TA 308 1. pak mau tanya lagi. setiap mau nelpon local. Cara isi nya salah. hanya bisa lewat tombol co. Cara pakainya salah. terus klo gagangnya di angkat tidak ada nada. itu kenapa ya?? tekan angka lain pun tidak bisa. ada solusi kang?? diko berkata Bos gmana cara seting ID Caller PABX TEM 824 Line telkom dah oke dah dicoba pake psw dan berhasil tapi setelah masuk PABX kog g mau muncul… . mesti tekan tombol SP-Phone dulu baru no yang dituju. bagaimana cara settingnya agar bisa menghubungi line tlp masuk apabila orang yang ada di extesnion tersebut tidak ada ditempat dan menghubungi tlpnya diluar Nut berkata TDA 100 Call Forward Set >> *71029+081 XXXX XXX + # Cancel >> *7100 + Tutup gagang telp Ismail ajah berkata dengan call forwading itu bisa di deteksi dengan system billing yang kita punya tidak boss. pas tekan angka 1 bunyi suara lagu.angkat gagang / sp phone tekan *11. udah bisa nih saya coba. di isi 9/81/82/83 + 0857 XXXX XXXX 2.

xtrapower berkata pak mau tanya klo mau matiin dering di CO lines untuk TA616 gimana ya..mohon pencerahannya Nut berkata Panasonic KX-TA616 Incoming Call di Prog no 408 om. Coba lagi deh baca baca di atas... Asyik kan ada hiburan nya ? Jarang jarang laho yang seperti itu.xtrapower berkata cara lebih gampang jam makan siang bawa telpon ke deket pabxnya trus colok di CO1 langsut setting deh….net 1. 2010 pada 7:41 am Panasonic KX-TEB308 Incoming Call di Prog no 408 om. Rico berkata Panasonic KX-TEB308 punya masalah pada saat ada tlp masuk semua extension berdering.hmmmm.huhuuuhu… Nut berkata KX T7730 Bunyi lagu…. nut@telkom. Coba pas bunyi tekan angka 1 pasti diem deh tuh key telp nda berisik. 2010 pada 4:06 pm mas nut… . gimana carax biar hanya di meja operator aja yg berdering.. Coba lagi deh baca baca di atas.. Nut berkata Nut berkata Maret 25. Freddy berkata April 3.

net ym – es_selun 405 – 407 Flexible outward dialing assignment – D / N / L 4. ext saya seting cos-3. PABX type KX-T7730 KX – T 7730 itu KEY Telp…Bukan PABX !!! Cek program no 405 – 407. Nut berkata April 22. 2010 pada 4:15 pm KX-TEB308 Bisa telp SLJJ / HP Kalo ngisinya bener tak rasa nda mungkin deh. Apakah cara saya memasukan code salah? 2. tapi kok masih bisa tembus nelp le luar kota dan HP(GSM). arif berkata April 26. Gimana setting agar bisa telpon keluar? (programnya no berapa ya?) Terimakasih 3. 2010 pada 5:21 am Mau tanya. PABX type KX-T7730 untuk jack#01 ditampilan:”CO Not Assigned” jd gak bisa telpon keluar. .. Mohon infonya… telp saya dikantor sering tidak bisa untuk keluar (semua telp). tekan 0 terus langsung tulalit.bisa jadi .Kemungkinan dia menggunakan Account Code .306 nya di kosongin. nut@telkom. Semoga membantu.Saya pakai KX-TEB308 saya sudah seting code di cos-3 table untuk blok tlp keluar secara interlokal (code : 0xxxxxxxx). 2010 pada 3:22 am Pak Nut. Yusuf berkata April 22.

Programming code untuk TEM-824 apa sama dengan KX-TA 308 / 616 / 624? 2. Budi berkata Mei 6. aaninyong berkata Mei 11. Saya sudah bisa rekam outgoing message “Terima kasih. 2010 pada 2:31 am tok tok assalamualaikum muantepppp 7. 2010 pada 2:08 am Salam kenal juga 1. Display PT nya pakai KX-7730. Irfan berkata Mei 12. terima kasih 6.net . 5. 502. 1. Ada beberapa pertanyaan sbb : PABX TEM824. anda telah menghubungi PT……”. Program nya 90 % sama 2. nut@telkom. Tanyain ke vendor anda. 506 3.PBX PANASONIC KX TDA 100 HYBRID.Saya kalo pasang musti saya kasihkan seh. Sy waktu beli TEM 824 tidak dapat CD softwarenya. 2010 pada 12:48 am Salam kenal mas Nut. Terima kasih ya Pak Nut….Apa bisa didownload? Matur suwun sebelumnya 8. Nut berkata Mei 12.Supaya aktif di PABX nya bagaimana caranya? 3. Prog no 414 – 416. 2010 pada 12:31 pm mohon info manual book panasonic VB-5250 atau contekannya.

yang saya tahu untuk KXTA308 belum ada exp. selama anda belum keluar. 2010 pada 10:06 am mas gimana cara setting notelp*extention langsung dari luar (telp lain) punya ku KX-TA616 trim’s 13. e_ncrypted berkata Mei 20. 2010 pada 6:17 am apakah semua input program harus dimulai dengan: PROG + *# Password ( Default 1234 )? terima kasih sebelumnya 10. ditunggu tanggapannya. atau kalau maksa. VoIP Gateway Card. Irfan berkata Mei 12. juned berkata Mei 18. atau kalau seneng experiment dengan biaya hemat coba cari voice modem untuk koneksi PBX dengan PC nya. Tinggal ngakalin kok…agak ribet emang he he… 12. PROG + *# Password ( Default 1234 ) itu merupakan step awal untuk bisa mengakses program (user login). 11. 2010 pada 5:04 am Kang gmn caranya agar VOIP bisa masuk ke PABX KX TA308? Apa ajah yg perlu disetting? Jika perlu hardware tambahan apa ajah? Makasih kang.9. anda tinggal memilih kode yang akan disetting buat mas Juned. Cari VoIP Gateway Card. baru connect ke PBX nya. 2010 pada 3:40 am buat mas Irpan. asepsajah berkata Mei 20. upgrade PBX nya aja mas. bisa diakalin pake PC. ..

asepsajah berkata Mei 21. jika mas ada akses ke serial portnya. 2010 pada 6:54 am Tenan an iki mas. Nah lek TA Series serial sering tak gawe SMDR ( Billing System ) 17. 2010 pada 4:21 am halah sampeyan iki mas… kui master ne koh. ndak bisa mas. 2010 pada 3:44 am E_ncrypted . Lewat selial po USB pancen iso. alternatif lain.asepsajah berkata Mei 21. Lek seng TES / TEM iso. bisa kirim command (setting) lewat pc. kunyang berkata Mei 22. 2010 pada 1:36 am . 2010 pada 4:15 am Mas Asep… Aku kok malahan belum pernah coba setting TA 616 lewat pc Ajarin dong… 15.. 14. sering nyoba. peace!!! 16. Nut berkata Mei 21. Nut berkata Mei 21.

untuk hub sih dah bisa cuma settingan di PABXnya agar bisa tau bahwa misalkan CO 3 itu VOIP itu gmn yah? Makasih atas tanggapannya. dapet COS1 dan yg lainnya ndak bisa dial prefix 0. 2010 pada 4:00 am kang asepsajah.si panji udh belajar vb blm.? saya mau tanya gimana cara prog KXTA 308 untuk membuat service class pada ext yang ingin dibuat agar hanya bisa menghubungi nomor2 tertentu misal polisi. yudi cell berkata Mei 28. 19. juned berkata Mei 22. ada permintaan menejemen agar sebelum pake extension. user harus masukin PIN. kang? hehehe Saya pake TEM824. pemadam kebakaran dan tidak bisa menghubungi nomor2 lain trims 21. Apakah memang bisa diterapkan pada mesin ini? Kondisi saat ini beberapa ext.? . saya sudah coba eksperimen masukann kabel ke PABX Via Voip Adpater. 2010 pada 3:46 am TEM824 Kalo mau pakai PIN Tinggal aktifin Account Code 20. yudi cell berkata Mei 28.Punteun. Hatur tengkyu.. 2010 pada 3:55 am hallo kang abu nufus. 18. daramang yeuh. 2010 pada 6:44 am Kang AsepAjah makasih atas tanggapannya. Nut berkata Mei 26... Saya dah punya VOIP Analog Adaptor. ambulan. kang.

Nut berkata Juni 4. 2010 pada 8:06 am KX-T7730 Kabel nya pakai yang isi 4. 23. di no ext:117 ketika di coba dengan Phone KX-TS505MX sama sekali tidak ada masalah bisa terima maupun keluar. 2010 pada 12:10 pm KXTA 308 Emergency Call ? Prog no 309 bisa di pakai. . Buat temen-temen. ada mas Wahyu. asepsajah berkata Mei 29.. Nut berkata Mei 28. kumpul disini.saya coba di ext:105 dengan Phone KX-T7730 bisa mas…karena di ext:117 akan digunakan dengan Phone KX-T7730.terima kasih 25. mohon pencerahannya…. yang mau saya tanyakan saya pasang extension baru. Ada mas Nut. Silahkan mas yudhi. saya pakai PABX KX-TEM824 dan Phonenya KX-T7730. selamat datang den mas yudhi! Gitu donk. Tuh di atas dah tak tebelin tulisan nya.22. share knowledge disini. beliau pemain ‘pbx’ di jakarta. sanji_2709 berkata Juni 4. 2010 pada 2:30 am Numpang tanya mas Nut. 26. 2010 pada 2:20 am akhirnya. kenalin tuh mas yudhi. dan temen-temen lain juga! GBU all ! 24. tetapi waktu memakai Phonenya KX-T7730 tidak ada nada sambung sama sekali dan di display pun tidak muncul apa2….

Tapi anehnya dari ext[103] dapat menggunakan PIN “0202″. Tiap ext sdh saya pasang PIN (melalui Account Code). 28.sanji_2709 berkata Juni 7. Terimakasih 29. atau salah satu dari kabel itu putus. itu kebalik tuh mas. asepsajah berkata Juni 7. 2010 pada 9:53 am mas sanji : KX-TS505MX itu kan single line phone (2 kabel). Yahya berkata Juni 16. bagaimana caranya agar hanya pin yang di ext tsb saja yang berlaku. Coba dicek. Nut berkata Juni 17. bisa apa ndak?! terusssss…kalo masih mandel juga. Kalo yang sering saya alami. coba bikin koneksi di ext-177 dengan jarak pendek dulu (1-2 meter). misal ext[102] “0202″ – ext[103] “0303″ dst (“”=PIN). coba deh di reset (ram clear). 2010 pada 11:56 pm Salam kenal mas Nut. sedangkan KX-T7730 merupakan KTS (Key Telp System) harus ada koneksi 4 kabel spt kata om Nut diatas. deni berkata . 2010 pada 3:31 am Panasonic KX-TEM824ND – Account Code Set juga program no 605 – Account Code Entry nut@telkom. mohon petunjuk lebih lanjut 27.saya pakai PABX KX-TEM824 dan Phonenya KX-T7730. kabelnya udah bener apa ndak? terbalik apa ndak? Tip& Ring (urutan kabel no 2 & 3) bener apa ndak. 2010 pada 9:41 am udah itu mas nut.net 30. nge-hang kali PBX nya.

Nut berkata Juni 18.ayolah pak nut saya minta tolong 34.TA 616 kok belum dijawab. 2010 pada 12:24 pm terimakasih pak nut tp saya masih bingung saya kan sudah tekan passwordnya terus accaunt code lalu saya tekan Se phone lalu muncul code no seterusnya gimana pak saya minta tolong pencerahannya pak 33. no code nya yang sering saya pake untuk menelpon ke hp atau interlocal *83+no tujuan tapi tidak diawali dengan 0 dan kode itu gak bisa di pake untuk local. 2010 pada 2:09 am pak nut bagaiman yang KX. 2010 pada 2:55 am Mas deni… Aku masih lom ngerti yang sampean maksud. 2010 pada 4:37 am KX – TA 616 Tinggal ganti aja di Progam no 310 > Account Codes 32. Nut berkata Juni 19.Juni 18. deni berkata Juni 18. 2010 pada 4:21 am PABX perusahan kami type KX_TA616 saya tau kode untuk telpon kehp atau interlocal di semua extansion dan saya minta tolong bagaimana cara untuk merubah code itu ? terimakasih 31. deni berkata Juni 19. by mail / ym wae 35. .

deni berkata Juni 19. 2010 pada 4:16 am begini pak diperusahaan kami kan memekai pabx kx-ta 616 dan terbagi 10 extasion dan hanya 4 yang bisa telpon keluar lokal maupun interlocal salah satunya di ext1 oparatornya nah saya bisa telpon keluar. 2010 pada 8:57 am pak nut saya sangat berterima kasih sekali kerna sudah bisa merubah code nya 38.ke hp dan interlocaldengan memakai code *83lalu no tujuan seperti kalau hp kan 0813xxxx tapi ini langsung 813xxx gak ada nol nya didepan nah saya mau ganti code *83 nya bagaimana cara nya. 37. Nut berkata Juni 19. yang saya tanyakan program berapa untuk code buka dan kode tutup terima kasih pak nut 39. 2010 pada 7:47 pm . 2010 pada 5:03 am Panasonic TA 616 Kemungkinan itu pakai SSD > System Speed Dial Gantinya di program no 001. Nut berkata Juni 19. maksud nya kalau telpon oprator nya di buka kuncinya telpon bisa menelpon ke hp atau local dan kalau di dikunci telpon itu gak telpon ke hp atau ke local.deni berkata Juni 19. deni berkata Juni 19.tolong saya pak karna code itu sudah banyak yang tau dan diperusahaan kami tidak ada IT nya dan mudah2 bapak mengerti dengan penjelasan saya 36. 2010 pada 4:22 pm pak nut saya mau tanya lagi jack 1 kan oprator nya kalau untuk merubah code buka dan code tutup di telpon oprator pakai program berapa.

2010 pada 1:45 pm mas Nut. Settingnya ya mas. deni berkata Juni 20. Lock > 77 abcd abcd # Unlock > 77 abcd # 40.Telp Operator Ra usah gawe program. 2010 pada 11:11 pm Ext Lock Dari pesawat Ext angkat gagang / Spphone Tekan 77 abcd abcd # untuk lock Tekan 77 abcd # untuk unlock abcd ganti dengan pass 2345 misal. saya pakai PABX KX-TEM824 dan Phonenya KX-T7730. masih bingung ? Panasonic KX-TEM824 ARS > Automatic Route Selection Bukan milih sendiri COS nya tapi merouting panggilan keluar sesuai awalan no telp. 2010 pada 5:39 am KX-TA 616 telpon oprator maaf pak nut saya masih kurang paham cara nya terimakasih 41. bisa tidak agar ext bisa pilih sendiri COS-nya. Nut berkata Juni 20.. dan kalo mau local terhubung dgn CO2. Thank’s 42. Bener nda yah ? lupa lupa inget. misalnya ext-105 mau interlokal/HP terhubung dengan CO1. . Minta sarannya. oj berkata Juni 20.

. 2010 pada 1:29 am pan nut saya udah coba seperti ini Tekan 77 abcd abcd # untuk lock Tekan 77 abcd # untuk unlock. ramses tobing berkata Juli 3. 2010 pada 3:55 am . YM : es_selun 45. deni berkata Juni 21.out going call…thanx 47.43. 2010 pada 2:53 am Mas Deni… By ym wae…persepsi sampean ma aku mengeani telp masih beda. 2010 pada 3:47 am salam saya mau tanya kenapa line extension tidak bisa telpn keluar.com 46. 2010 pada 7:10 am maaf pak nut ym nya di perusahan kami gak bisa di akses tapi kalau lewat email gi mana deni_mahrum@hotmail. deni berkata Juni 21. Nut berkata Juni 21. Reza berkata Juli 11. tapi masih tetap aja bisa telpon begini pak selama ini saya pake code buka nya 784# dan dilayar nya muncul night mode dan code tutup nya 781# dilayar nya muncul day mode. 44.

Saya sudah memasukkan nomer-nomer penting ke dalam speed dial. Reza berkata Juli 12. mau nyoba setting telpon extension cuma bisa menghubungi nomer yang ada di speed dial(nyoba code 302 ada tampilan COS-2 TABLE? kemudian CODE NO?) Masih bingung 51. Nut berkata Juli 12. saya mau tanya.Mas. Di tempat saya memakai PABX KX-T7730. Terima kasih 48. 2010 pada 2:52 pm .out going call >> Berarti ext tersebut tidak dapet hak akses buat telp keluar. Beda PABX beda cara nya om… PABX nya apa ? 49. PABX KX-T7730 Itu pesawat key telp om…bukan PABX. 2010 pada 9:17 am Mas Nut. 2010 pada 8:40 am pabx panasonic KX-TA308 Terima kasih salut. Reza berkata Juli 12.. Saya dah bisa telpon speed dial dari telepon ext. 2010 pada 4:38 pm line extension tidak bisa telpn keluar. responnya cepet dah 50. Nut berkata Juli 11. Bagaimana caranya agar telpon extension cuma bisa menghubungi nomer yang ada di speed dial dan cara dialnya dari telpon extension.

2010 pada 1:29 am Mas Nut.dah dipasang. 2010 pada 2:18 am SSD – System Speed Dial 1.kalau iya untuk memprogram extnya mesti teken brapa ya?mohon bantuannya ya suhu2 skalian. 55. Buka akses speed dial sesuai COS ( 301 ) Cara pakainya > angkat gagang tekan * + no SSD ( sesuai 001 ) Semoga membantu..nah trus mau nambah extensi lagi. Nomernya sudah saya masukkan ke dalam speed dial (001). Terima kasih 53.extnya. unDREal berkata Juli 27.KX-TA308 >> Speed Dial Setting di speed dial bukan di 302 om… tapi di 001.dikantor saya pake PABX TDN 1232.jadi kemaren mesen ext card.. Setting COS Ext tersebut untuk internel only ( 601 -603 ) 3. Settingan supaya line telp extension cuma bisa menghubungi nomer yang ada di speed dial dan menolak nomer telepon lain. saya newbie nih.thanks.Aneh… kalo 001 belum di isi harus nya telp keluar pake SSD BELUM BISA. 302 tuh buat Tool restriction. Entr no tujuan di 001 di kasih akses telp keluar. Nut berkata Juli 13. 54. .tapi kok ngga keluar tone nya?cuma suara desis angin gituh. 2010 pada 2:54 am Selamat siang para suhu2 dan master2 PABX.. Misal 9 + 081 2330 xxxx 2.mau nanya.apakh itu belum dimasukan no. Reza berkata Juli 13. 52.

. 2010 pada 9:03 am mas mw tanya cara pake nguping untuk ht/ta cara pakey gmn y? 59. Thanx. Yanuar berkata Juli 28. 2010 pada 6:55 am mau tanya gmana cara setting ARS yg detail pada PABX KX-TES824. 58. gimana ya nyettingnya mas?oia nyettingnya pake psawat KX-T7450… matur suwun before. ozi berkata Juli 28. Card yang mana ? Pesawat telp yang mo di pasang ? Key telp pa SLT ? Pengalaman seh pasang. sedikit setting langsung jalan tuh. 2010 pada 5:33 am Mas Nut. kenapa ya jika ada yang call ke no kantor kemudian call nya putus tetapi di telepon tetap aja masih bunyi. 2010 pada 2:12 am Mas. Yang dipasang expansion card model KX-TD174X 16 SLT line circuit unit. kadang juga jika kita sehabis nelpon kemudian kita tutup telponnya beberapa saat kemudian telpon tersebut bunyi lagi. 57.Nut berkata Juli 27. 56. . di tempat ku bekerja menggunakan PABX Tes824. mau tanya.. tapi nggak ada suaranya. 2010 pada 4:31 pm TDN 1232 Card Ext kalo nda salah ada 2 type. zul berkata Juli 31. unDREal berkata Juli 28.

Semoga membantu. untuk tlp ext lainnya tidak bisa melakukan panggilan keluar. 2010 pada 5:03 pm Zulfikar Cek program no 405. jadi klo saya mau melakukan panggilan keluar dari pesawat slt harus melalui operator/ key telp. apa ada yg salah pada instalasi kabel nya mas?? 63. padahal saya sudah setting “cos 1″ untuk semua tlp ext 61. Zulfikar berkata Agustus 14.itu kenapa ya. terima aksih ya sebelum dan sesudahnya 60. kemudian dia tekan extension yang di tuju. abis nggak ngerti.net 62. aku mau tanya nih mohon di bantu ya saya baru pasang pabx Kx-teb308.. setelah di tekan ext tersebut untuk masukkan OGM yang berbunyi “Silahkan Tunggu” itu program no berapa ya mas. jika ingin misalnya ada yang call. kenapa cuma telp key saja yg bisa melakukan panggilan keluar. Itu yang sering di pakai. settingan program no berapa. Tuh di list atas dah aku tandai warna merah ma tulisan tebal. Nut berkata Agustus 14. tapi ga ada perubahan mas…. Ada lagi mas mau tanya. Zulfikar berkata Agustus 14. di kantorku menggunakan OGM. atau ada settinggan yang salah ya. 2010 pada 11:48 pm . 2010 pada 10:09 pm saya udah cek prog no 405-407 dan untuk semua ext enable semua. nut@telkom. 2010 pada 2:22 pm permisi mas…. Zulfikar berkata Agustus 14.

sedangkan yg 3 telepon hanya dapat menerima panggilan dari luar. . marketing yang ingin di program ulang. di kantor saya menggunakan PABX PANASONIC KX-TDA100. ternyata kesalahannya ada di pengaturan DTMF reciever nya terimakasih udah mau share ilmu nya mas. kalo mas Nut punya manual Book untuk PANASONIC KX-TDA100 dengan senang hati saya mau menerimanya untuk mempelajarinya. yasin berkata Agustus 18. mas Nut. saya yasin. dan ada 4 buah telepon di bag. beberapa hari yg lalu saya di suruh untuk mempelajari bagaimana cara mengatur jaringan telepon dikantor saya.. jadi 1 telepon memiliki akses untuk melakukan panggilan keluar atau menerima telepon tanpa ada batasan waktu.com” atau ke YM “si_yasin@yahoo. 2010 pada 2:14 am wah hebat hebat euy pada pintar semua .. 2010 pada 3:18 am assalamualaikum.. yasin berkata Agustus 19. tolong kirim jawaba ke email saya di “si_yasin@yahoo. 65. saya mau tanya cara reprogram PABX gmana ya? saya orang awam tentang telepon dan saya mau belajar. 2010 pada 8:21 am assalamualaikum.. banyak banget pengetahuan yg saya dapet dari sini 64.com” saya sangat mengharapkan bantuaanya… terimakasih… wassalamualaikum..Sudah bisa Mas Nut….salut salut 66. kang ozone berkata Agustus 19. gimana cara settingnya yaa. mohon bantuannya mas… oiia.

sariful berkata Agustus 31.istimewa. Untuk panggilan keluar dibatasi hanya 4 ext saja yg dapat melakukan panggilan keluar. Hamdan berkata Agustus 28. saya yasin... thanks semoga dapat pahala berlipat ganda 68. saya seorang IT abal2.he3 Oia. 2010 pada 4:24 am Siang mas Nut. mohon bantuannya mas… trima kasih. 2010 pada 6:11 am Buat para master pabx.he3 Klo ga salah dulu pake 4 line 20 ext. gimana cara ngisi/ngganti desa nada pada pabx? mohon bantuan caranya dengan detail. tapi mau memprogram ulangnya ga tau caranya. di tempat saya kerja saya juga suka pindah2in jalur telepon. Ada yg punya manualnya ga? mau diprogram ulang. Ext yg lain hanya dapat menerima panggilan dari luar... 2010 pada 5:16 am Wahh. . stratus berkata Agustus 20. Mohon bantuannya. dan sekarang mau di aktifkan kembali. sedangkan yg 3 telepon hanya dapat menerima panggilan dari luar.akhirnya dapet juga tempat share pabx panasonic. gimana cara settingnya yaa. dikantor saya menggunakan PABX kx-tda100. Soalnya pabx ini sudah lama tidak digunakan.. 69. .. jadi 1 telepon memiliki akses untuk melakukan panggilan keluar atau menerima telepon tanpa ada batasan waktu. 67.mas yusuf... Mohon bantuannya. tapi saya gak ngarti sama sekali programnya. Terima kasih. sekarang mau dirubah jadi 1 line 15 ext termasuk 1 mesin fax..rekan2 di tempat saya bekerja ada panasonic A series tipe VB5450-XF. Sudah di test semuanya masih berfungsi. saya ingin program ulang 4 buah tlp.

sebelumnya saya ucapkan terimakasih Salam. 2010 pada 8:37 am Saya punya PABX KX -TA 308 dimana saat ini di set dengan timer 5 menit bagaimana cara mematikan time tersebut.karena extention terbatas. saya bongkar teleponnya dan saya ambil keypad nya jadi gak bisa telepon. TETAPI SETELAH TAK TEKAN NO PROGRAM 009 TERNYATA KELUARNYA KOK PLANING NUMBER BUKAN JACK NUMBER YA???? tERIMA KASIH hANIS OH YA. mohon maaf merepotkan. Nut berkata September 14.. Saiful 70. 71.. tapi karena sebelumnya bisa keluar. 73. Jauhar berkata September 14. 2010 pada 6:03 am OM NUT. Arief berkata September 2. SAYA COBA NGESET NO EKSTENS BARU. jauhar berkata . saya memindahkan salah satu ext nomor 127 ke gudang. bagaimana langkah demi langkah untuk blokir telepon keluar hanya bisa lokal saja dan jika ada telepon masuk ext 127 tersebut tidak berdering (diatas sudah ada sedikit penjelasan “Incoming Call di Prog no 408″ tolong langkah2nya dari awal masuk program). 2010 pada 8:02 am 150 > Tekan tombol store om. KANTOR SAYA PAKE tem 824 72. hal itu saya lakukan karena saya tidak ngarti sama sekali tentang telepon (PABX Panasonic type TA616) yang mau saya tanyakan. hanya bisa nerima.

77.. Nut berkata September 15. makasiiiiih ya ini aku dadi rada pinter. 2010 pada 12:31 pm 152 Yah di program no 408 Ext 202 nya tinggal di enable. Semoga rejekinya lancar. 2010 pada 3:10 am mas nut. mw tanya om nut. 2010 pada 8:21 am Makasih om…moga ilmunya berkah. lalu yang puny hak akses tlp keluar hany operator sj tnp pengecualian. 76. nih mau nanya lagi untuk menambah/mengganti extension yang berdering saat telp masuk gimana ya? Info : pabx disat day ext 101 dan 102 night ext 301 dan 302 pinginnya ditambah ext 202 saat day mode Matur nuwun sakderenge 74. 75. bukan operator. gmn cara agar bila ada tlp masuk ext pd jack no 2 yang berdering. firman berkata September 15.September 15. 2010 pada 5:16 pm PABX saya KX -TA 308.jd ext yg lain hny trima tlp aja bila dtransfer dari operator…trims sblmnya atas ilmunya…. jauhar berkata September 16. hery jankovic berkata Oktober 8. 2010 pada 2:48 am .. Mr.

Tlong Krim via Email. jauhar berkata Oktober 12. tp klo antara ext. Onald23 berkata Oktober 8.lokal atau 9 + ** + 1111 + no. Nut berkata Oktober 12. Thank’s… 78. 2010 pada 7:14 am Permisi.-nya ga bermasalah. 2010 pada 8:25 am Mas. 2010 pada 4:01 pm Onald23 Komunikasi intern nda ada masalah kan ? Telp masuk kemungkinan putus juga kan ? Masalah nya ada di CO nya > CO bisa berupa : .. Nut berkata Oktober 12.interlokal) seusai tekan digit 9 tidak ada nada sambung. 80. d ktr saya pke PABX KX-TEM824.Mau Nanya’ Tentang Cara Program Penambahan Expand Card Extension TDN 1232. Kalau ‘mengecualikan” satu extension bisa gak ya? Matur suwun sak derenge.. nanya lagi nih. 79. need help bgt nih.. makasih sebelumnya. 2010 pada 3:56 pm 158 Setting timer telp keluar di program no 212 dan 613 Coba di cek. Tingga disable ma enable aja kok 81. Mohon bantuannya untuk solusinya. skrg ni rada bermasalah utk outgoing calls-nya ( tekan 9 + no. utk out going kan saya batasi 5 mnit.

Line telkom . 83. 3…. Nut berkata Oktober 12.. 4…. fadli berkata Oktober 15. 2010 pada 4:13 pm firman – KX -TA 308 408 – Setting telp masuk 601 – Setting pembatasan telp keluar Reveren prog no 009. 2010 pada 9:06 pm mas… mo nanyak klw mau buat ext baru gemana ya mas tolong dong langkah2 nya 1…. hery jankovic Cara Program Penambahan Expand Card Extension TDN 1232 Yang pertama seh menyesuaikian type card nya di PABX baru program program lain sesuai kebutuhan.Voip Coba di cek. 2…. 2010 pada 4:08 pm Mr.FWT . 82. 301 – 305 84. Nut berkata Oktober 12.... dst trims .

THANK YOU 87. Yuliarsyah berkata Oktober 22. Tolong klo bisa dijelaskan secara rinci program apa sajah yang harus saya setting. 2010 pada 9:30 am Mas saya Mau tanya. Mohon pencerahannya. Telepon yang bisa keluar hanya telepon operator sajah. Program sesuai kebutuhan. 2. 2010 pada 5:27 am Buat ext baru 1. Nut berkata Oktober 22. Bagaimana caranya agar beberapa line bisa telepon keluar. jujur berkata Oktober 20. 2010 pada 4:21 am . Tks… 88. adi berkata Oktober 23. Saya pake pabx panasonic teb-308. Gimana caranya merubah extension dan nama yg sudah terekam karna untuk extension dan nama ybs sudah banyak perubahan. 2010 pada 2:27 am PABX Panasonic KX-T7630 Itu bukan type PABX om… Itu type pesawat telp. 2010 pada 2:13 am Pak Nut. Nut berkata Oktober 16. saya udah coba berbagai cara. 3. Pasang instalasi dulu. Di kantor saya pake PABX Panasonic KX-T7630.85. 89. bahkan programnya sudah dicoba satusatu tapi tetep gak bisa. Testing 86.

mau nanya2 ama para master….salam kenal. 2010 pada 4:51 am adi TEM-824 Tinggal setting aja 405 Ext bya di Disable semua 408 Ext ring sesuai kebutuhan Tuh di atas udah ada tanda tulisan tebel warna merah. kamsia yak 90. adi berkata Oktober 26. 2010 pada 9:35 am salam kenal. 91. dimana settingnya?. tp ga bsa dipake telpon keluar.sy punya pabx TEM-824 ada 4 CO line yg digunakan. kamsia . 2010 pada 4:43 am mangtabs bang nut. 93. saya pengen 3 CO saja yg bisa keluar co 4 nya khusus terima aja. rusman berkata Oktober 25. Nut berkata Oktober 23.jadi tekan 9** langsung ke CO3 bukan CO 4…. 2010 pada 2:54 pm KX-TA616 timer Tuh di program no 212 ma 613 Tinggal disable ma enable doang kok. mau nanya kalo pabx type KX-TA616 timer telponnya mau dihilangkan caranya gimana yah ? tks 92. Nut berkata Oktober 25.

di kantor pakai PABX Panasonic KX-TA308. 2010 pada 4:14 am Mas. abis nggak ngerti. Tedi Wijaya Pratama berkata Oktober 28. kenapa ya jika ada yang call ke no kantor kemudian call nya putus tetapi di telepon tetap aja masih bunyi. mau tanya. settingan program no berapa.. itu kenapa ya. atau ada settinggan yang salah ya. .tapi nggak ada suaranya atau linenya kedip2 kayak lupa tutup telepon. kadang juga jika kita sehabis nelpon kemudian kita tutup telponnya beberapa saat kemudian telpon tersebut bunyi lagi.94.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful