Laporan Tahunan Promkes 2011

1

BAB I PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang

Kesehatan merupakan hak azasi (UUD 1945, pasal 28 H ayat 1 dan UU No. 23 Tahun 1992) dan sekaligus sebagai investasi, sehingga perlu diupayakan, diperjuangkan dan ditingkatkan oleh setiap individu dan oleh seluruh komponen bangsa, agar masyarakat dapat menikmati hidup sehat, dan pada akhirnya dapat mewujudkan derajat kesehatan masyarakat yang optimal. Sehubungan dengan hal tersebut, pelayanan kesehatan di masyarakat perlu di tingkatkan baik yang bersifat promotif, preventive, curative dan rehabilitative. Sesuai dengan keputusan menteri kesehatan No 128/Menkes/SK/2004 tentang kebijakan dasar pusat kesehatan masyarakat yang menjelaskan bahwa puskesmas mempunyai 3 fungsi yaitu 1) sebagai pusat penggerak pembangunan yang berwawasan kesehatan, 2) pusat pemberdayaan keluarga dan masyarakat, dan 3) pusat pelayanan kesehatan strata 1.Namun dalam pelaksanaannya

puskesmas masih menghadapi berbagai masalah yaitu kegiatan yang di laksanakan puskesmas kurang berorientasi pada pelayanan kuratif bagi pasien yang datang ke puskesmas dan keterlibatan masyarakat yang merupakan andalan penyelenggaraan pelayanan kesehatan tingkat pertama belum di kembangkan secara optimal.

Puskesmas Ambacang

Page

Laporan Tahunan Promkes 2011

2

Di sadari bahwa untuk mengatasi masalah tersebut sesuai dengan salah satu asas penyelenggaraan puskesmas yaitu pemberdayaan masyarakat artinya puskesmas wajib menggerakan dan memberdayakan masyarakat agar berperan aktif dalam penyelenggaraan setiap upaya kesehatan. Oleh sebab itu, upaya promosi kesehatan puskesmas perlu di laksanakan secara totalitas untuk memperbaiki derajat kesehatan masyarakat. Secara operasional upaya promosi kesehatan di puskesmas di lakukan agar masyarakat mampu berprilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) sebagai bentuk pemecahan masalah-masalah kesehatan yang di hadapinya. Baik masalah kesehatan yang di derita maupun yang berpotensi mengancam secara mandiri. Di samping itu, petugas kesehatan puskesmas di harapkan mampu menjadi teladan bagi pasien, keluarga, dan masyarakat. 1.1 Tujuan penulisan 1.1.1 Tujuan Umum Untuk meningkatkan mutu pelayanan kesehatan yang bersumber daya masyarakat sehingga tercapai Indonesia sehat 2015 1.1.2 Tujuan Khusus   Mengidentifikasi masalah promosi kesehatan di puskesmas Ambacang. Menetapkan prioritas masalah promosi kesehatan di puskesmas Ambacang.  Penentukan Plan of Action dari masalah yang menjadi prioritas di Puskesmas Ambacang. 1.2 Manfaat Penulisan
Puskesmas Ambacang Page

Laporan Tahunan Promkes 2011 

3

Dengan penulisan laporan ini, diharapkan dapat memberikan masukan kepada pihak puskesmas dalam memecahkan permasalahan pada program promosi kesehatan.

Bahan pembelajaran dan menambah pengetahuan penulis dalam menganalisa dan memberikan solusi pada permasalahan yang ditemui puskesmas.

BAB II GAMBARAN UMUM PUSKESMAS

2.1 Sejarah Puskesmas Puskesmas Ambacang diresmikan pada hari rabu tanggal 5 juli 2006. pada saat awal berdiri Puskesmas Ambacang hanya mempunyai 5 orang staf dengan kepala puskesmas dr. Dewi Susanti Febri. Dalam perkembanganya sampai

Puskesmas Ambacang

Page

Laporan Tahunan Promkes 2011

4

sekarang telah memiliki 45 orang staf. Pada awal tahun berdiri Puskesmas Ambacang sebelumnya merupakan wilayah kerja puskesmas. 2.2 Kondisi Geografis Wilayah kerja puskesmas Ambacang meliputi empat kelurahan dari sembilan kelurahan yang berada di kecamatan kuranji yaitu: 1. Kelurahan Pasar Ambacang 2. Kelurahan Anduring 3. Kelurahan Ampang 4. Kelurahan Lubuk Lintah 2.3 Kondisi Demografis Jumlah penduduk di wilayah kerja puskesmas Ambacang adalah 46.900 jiwa, dengan kepadatan penduduk rata-rata dengan rincian sebagai berikut 1. Kelurahan Pasar Ambacang 2. Kelurahan Anduring 3. Kelurahan Ampang 4. Kelurahan Lubuk Lintah : 16.818 jiwa : 13.412 jiwa : 6.933 jiwa : 9.737 jiwa

PETA WILAYAH KERJA PUSKESMAS AMBACANG

Puskesmas Ambacang

Page

Laporan Tahunan Promkes 2011

5

2.4.

Sarana dan Prasarana Data sarana dan prasarana kesehatan a. Bangunan puskesmas induk b. Bangunan puskesmas pembantu c. Rumah paramedis d. Kendaraan roda empat e. Kendaraan roda dua f. Rumah sakit g. Rumah sakit bersalin h. Klinik kesehatan i. Praktek dokter swasta j. Bidan praktek swasta Data UKBM : 1 unit : 1 unit : 2 unit : 1 unit : 3 unit : 1 buah : 2 buah : 2 buah : 4 orang : 7 orang

Puskesmas Ambacang

Page

Tenaga kesehatan Puskesmas Ambacang : 28 buah : 6 buah : 31 buah : 1 buah : 70 buah : 46. SMA/SMK j. Pos yandu balita b. Pemduduk b. Sarana air bersih 2. Bayi e. Restoran/rumah makan n. Pos yandu lansia c. Ibu hamil c.5 Ketenagaan 1. Toga Data Dasar/sasaran a. Panti asuhan m.803 orang : 8 : 22 : 5 : 3 : 1 : 65 : 2 : 19 : 6726 buah buah buah buah buah buah buah buah buah Puskesmas Ambacang Page . BATRA d. SD h. Poskestren e. Ibu bersalin d. SMP/MTSN i.Laporan Tahunan Promkes 2011 6 a.900 jiwa : 1074 orang : 1022 orang : 976 orang : 4. Rumah ibadah l. PT k. TK g. Balita f.

SKM d.6 kondisi sosial. Tenaga foluntir o. Sopir m.Laporan Tahunan Promkes 2011 7 a. Analis j. Perawat gigi k. Cleaning service 2. budaya dan ekonomi : 4 orang : 3 orang : 3 orang : 5 orang : 0 orang : 15 orang : 5 orang : 4 orang : 1 orang : 1 orang : 2 orang : 1 orang :112 orang : 3 orang : 1 orang Penduduk wilayah kerja puskesmas ambacang sebagian besar beragama islam. Kesling (AKL) i. Bidan (Akbid) g. Dokter umum b. Kader posyandu n. Asisten apoteker l. Dokter gigi c. Perawat (Akper) e. Bidan (DI) h. dengan mata pencaharian :      Tani Pegawai negri ABRI Buruh Lain-lain : 45 % : 20 % :2% : 15 % : 18 % Puskesmas Ambacang Page . Perawat (SPK) f.

1 Pengertian Promosi kesehatan di Puskesmas Sebagaiman yang tercantum dalam keputusan menteri kesehatan No 1114/Menkes/SK/VII/2005 tentang pedoman pelaksanaan promosi kesehatan Puskesmas Ambacang Page .Laporan Tahunan Promkes 2011 8 BAB III TINJAUAN PUSTAKA 2.

dan lingkungannya secara mandiri.Laporan Tahunan Promkes 2011 9 daerah. c. departemen kesehatan dan fungsi puskesmas khususnya dalam penggerakan dan pemberdayaan masyarakat dapat di rumuskan bahwa promosi kesehatan puskesmas adalah upaya puskesmas melaksanakan pemberdayaan kepada masyarakat untuk mencegah penyakit dan meningkatkan kesehatan setiap individu. d. Mencegah timbulnya penyakit dengan menyelenggarakan pelayanan kesehatan secara promotif dan preventif b. Meningkatkan pengetahuan dan pendidikan kesehatan masyarakat tentang masalah kesehatan. keluarga. Mengembangkan upaya kesehatan bersumber pada masyarakat Puskesmas Ambacang Page . keluarga. 2.2 Tujuan Promosi Keshatan Tujuan promosi kesehatan adalah : a. Berdasarkan definisi tersebut sejalan dengan visi.misi. serta lingkungannya secara mandiri dan mengembangkan upaya kesehatan bersumber pada masyarakat. oleh untuk dan bersama masyarakat agar mereka dapat menolong diri mereka sendiri serta mengembangkan kegiatan yang bersumber daya masyarakat sesuai dengan kondisi sosial budaya setempat dan di dukung oleh kebijakan publik yang berwawasan kesehatan. Meningkatkan perilaku hidup bersih dan sehat individu. Promosi kesehatan adalah upaya untuk meningkatkan kemampuan masyarakat melalui pembelajaran dari.

halaman (tempat parkir. b. ruang pelayanan KIA. taman. Advokasi Bina suasana Gerakan masyarakat atau pemberdayaan masyarakat Kemitraan 2. tempat pembayaran.Laporan Tahunan Promkes 2011 10 2. d. kamar obat. kantin. 2) Pemberdayaan berjenjang Puskesmas Ambacang Page . Terutama pasien dan keluarga yang memiliki masalah kesehatan cukup berat atau mereka yang sepakat untuk melaksanakan langkah-langkah tindak lanjut di rumah tangganya. ruang rawat inap. Kegiatan promosi kesehatan di luar gedung puskesmas 1) Kunjungan rumah Di lakukan oleh petugas kesehatan puskesmas sebagai tindak lanjut dari upaya promosi kesehatan di dalam gedung puskesmas yang telah di lakukan kepada pasien dan keluarga. b. selebaran). poliklinik. antara lain : di tempat pendaftaran.Pemberian penyuluhan kesehatan secara langsung dan tidak lansung (melalui poster. c.4 Kegiatan Promosi Kesehatan di Puskesmas a. dll). Kegiatan promosi kesehatan di dalam gedung puskesmas Promosi kesehatan yang di laksanakan di lingkungan dan gedung puskesmas.. laboratorium. leafleat. dan KB.3 Strategi Promosi kesehatan di Puskesmas a.

terutama berkaitan dengan penurunan AKI dan AKB. 2006:11)  Tujuan Posyandu Tujuan Umum Menunjang percepatan penurunan Angka Kematian Ibu (AKI) dan Angka Kematian Bayi (AKB) di Indonesia melalui upaya pemberdayaan masyarakat. 2006:12-13)  Sasaran Posyandu Puskesmas Ambacang Page . Oleh karena itu untuk menjangkaunya puskesmas lebih baik bekerja sama dengan mitra-mitranya yaitu para pemuka masyarakat. oleh. guna memberdayakan masyarakat dalam memperoleh pelayanan kesehatan dasar untuk mempercepat penurunan angka kematian ibu dan bayi (Depkes RI. terutama yang berkaitan dengan penurunan AKI dan AKB (Depkes RI. b. 3) Pengorganisasian Masyarakat a.Laporan Tahunan Promkes 2011 11 Masyarakat begitu luas dan terdiri dari beberapa tatanan. Meningkatnya peran masyarakat dalam penyelenggaraan upaya kesehatan dasar. dan kader-kader. Posyandu  Pengertian Posyandu Posyandu adalah salah satu bentuk Upaya Kesehatan Bersumber Daya Masyarakat (UKBM) yang dikelola dan diselenggarakan dari. untuk dan bersama masyarakat dalam penyelenggaraan pembangunan kesehatan. Meningkatnya cakupan dan jangkauan pelayanan kesehatan dasar. terutama yang berkaitan dengan penurunan AKI dan AKB. c. Meningkatnya peran lintas sektor dalam penyelenggaraan Posyandu. Tujuan Khusus: a.

Bayi b.  Klasifikasi Posyandu Posyandu diklafikasikan menjadi empat tingkatan. kegiatan belum bias rutin tiap bulan dan kader aktifnya terbatas. PUS). Adanya kerjasama lintas program yang baik (KIA. Depdagri / Bangdes. pos imunisasi. pos kesehatan.  Prinsip Dasar Posyandu a. ibu melahirkan. 1998:271). Kelembagaan masyarakat (pos desa. utamanya: a. ibu hamil. penangulangan diare) maupun lintas sektoral (Dep. RI. Pos pelayanan terpadu merupakan usaha masyarakat dimana terdapat perpaduan antara pelayanan professional dan non professional (oleh masyarakat). Posyandu Pratama (Warna Merah) Pelaksanaan masih belum mantap.Laporan Tahunan Promkes 2011 12 Sasaran Posyandu adalah seluruh masyarakat. gizi. Anak balita c. Mempunyai sasaran penduduk yang sama (bayi 0-1 tahun. dan BKKBN). e. Pasangan Usia Subur (Depkes RI. Frekuensi penimbangan masih kurang dari delapan kali Puskesmas Ambacang Page . Ibu hamil. anak balita 1-5 tahun. 2006:13). Imunisasi. KB. yaitu: a. b. dan lain-lain). ibu nifas dan ibu menyusui d. d. Pendekatan yang dibutuhkan adalah pengembangan dan PKMD/PHC (Nasrul Effendy. kelompok tumbang/pos tumbang. Kes. c.

Puskesmas Ambacang Page . Untuk melaksanankan hal ini dengan baik dapat di gunakan acuan buku pedoman “pendekatan kemasyarakatan” yang di terbitkan oleh Dit Bina Peran Serta Masyarakat Depkes. Intervensi nya antara lain:pelatihan kader. Sudah ada program tambahan. cakupan program utama yaitu KB. penyegaran kader. Gizi. jumlah kader kurang lebih 5 orang.  Penggarapan dengan pendekatan PKMD (SDM dan MMD) untuk menentukan masalah dan mencari penyelesaiannya termasuk menentukan program tambahan yang sesuai dengan situasi dan kondisi setempat. KIA. Intervensinya yaitu:  Pelatihan toma dengan model eksklasi posyandu yang sekarang sudah di lengkaapi dengan metode simulasi. untuk itu perlu di lakukan penggerakan masyarakat secara intensif. Posyandu pratama dinilai gawat. Posyandu Purnama (Warna Hijau) Dapat melaksankan kegiatan lebih dari delapan kali setiap tahun. Posyandu Madya (Warna Kuning) Dapat melaksanakan kegiatan lebih dari delapan kali setiap tahun. bahkan mungkin sudah ada dana sehat yang masih sederhana. jumlah kader lima orang atau lebih. cakupan lima program utamanya lebih dari 50%. dan penambahan jumlah kader. Imunisasi masih rendah yaitu kurang dari 50%. c.Laporan Tahunan Promkes 2011 13 dalam satu tahun. b. serta penambahan program yang sesuai dengan situasi dan kondisi setempat. Ini berarti kelestarian kegiatan posyandu sudah lebih baik tetapi masih rendah cakupan nya.

ditetapkan seperangkat indikator yang digunakan sebagai penyaring atau penentu tingkat perkembangan Posyandu. untuk mengarahkan masyarakat menetukan sendiri pengembangan program posyandu. Secara sederhana indikator untuk tiap peringkat Posyandu dapat diuraikan sebagai berikut : Tingkat Perkembangan Posyandu No 1 2 3 4 5 6 7 8 Indikator Frekuensi penimbangan Rerata Kader Tugas Rerata Cakupan D/S Cakupan Kumulatif KIA Cakupan Kumulatif KB Cakupan Kum. Dana sehat menggunakan prinsip Jaminan Pemeliharaan Kesehatan Masyarakat (JPKM) serta mampu berswasembada (Depkes RI. 1997:53-54)  Indikator tingkat perkembangan posyandu Untuk mengetahui tingkat perkembangan Posyandu.  Pelatihan dana sehat agar di desa tersebut dapat tumbuh dana sehat yang kuat dengan cakupan anggota minimal 50% KK atau lebih. dan dana sehat telah menjangkau lebih dari 50% KK. Imunisasi Program Tambahan Cakupan dana Sehat Pratama <8 <5 <50% <50% <50% <50% <50% Madya >8 ≥5 <50% <50% <50% <50% <50% Purnama >8 ≥5 ≥50% ≥50% ≥50% ≥50% + <50% Mandiri >8 ≥5 ≥50% ≥50% ≥50% ≥50% + ≥50% Puskesmas Ambacang Page . Posyandu Mandiri (Warna Biru) Kegiatan teratur.Laporan Tahunan Promkes 2011 14 Intervensinya :  Penggarapan dengan metode PKMD. d. cakupan lima program utama sudah baik. ada program tambahan.

Laporan Tahunan Promkes 2011 15 b. perubahan sikap dan perilaku serta kemandirian perorangan. keluarga dan masyarakat dalam mengatasi masalah kesehatan agar dapat hidup bersih dan sehat Tujuan Khusus Meningkatkan pengetahuan. PHBS  Definisi PHBS PHBS adalah semua perilaku kesehatan yang dilakukan atas kesadaran sehingga anggota keluarga atau keluarga dapat menolong dirinya sendiri dibidang kesehatan dan berperan aktif dalam kegiatan-kegiatan di masyarakat (Depkes. Page Puskesmas Ambacang . perubahan sikap dan perilaku masyarakat khususnya terhadap program kesehatan lingkungan gaya hidup  Manfaat PHBS Bagi Masyarakat   Masyarakat mampu mengupayakan lingkungan sehat.  Tujuan Tujuan Umum Meningkatnya pengetahuan. Masyarakat mampu mencegah dan menanggulangi masalah-masalah kesehatan. 2007 : 2).  Masyarakat memanfaatkan pelayanan kesehatan yang ada.

tetapi juga mau dan bisa melakukan suatu anjuran yang ada hubungannya dengan kesehatan. Tujuan: Menurut WHO tujuan penyuluhan kesehatan adalah untuk merubah perilaku perseorangan dan atau masyarakat dalam bidang kesehatan. 2) Menetapkan masalah kesehatan masyarakat. maka penyuluh yang baik harus melakukan penyuluhan sesuai dengan langkah – langkah dalam penyuluhan kesehatan masyarakat sebagai berikut (Effendy. Faktor . 2007 : 23). tahu dan mengerti.faktor yang perlu diperhatikan terhadap sasaran dalam keberhasilan penyuluhan kesehatan adalah: 1) Tingkat Pendidikan. sehingga masyarakat tidak saja sadar.Laporan Tahunan Promkes 2011  16 Masyarakat mampu mengembangkan Upaya Kesehatan Bersumber Masyarakat (UKBM) (Depkes. Puskesmas Ambacang Page . Penyuluhan Kesehatan Defenisi : Penyuluhan kesehatan adalah kegiatan pendidikan yang dilakukan dengan cara menyebarkan pesan. menanamkan keyakinan. c. 1998) : 1) Mengkaji kebutuhan kesehatan masyarakat. 2) Tingkat Sosial Ekonomi 3) Adat Istiadat 4) Kepercayaan Masyarakat 5) Ketersediaan Waktu di Masyarakat Dalam melakukan penyuluhan kesehatan.

Adanya pelayanan dasar kesehatan kerja Puskesmas Ambacang Page . Adanya kerja sama lintas sektor 2. UKK (Upaya Kesehatan Kerja) Upaya Kesehatan Kerja adalah bentuk operasionil PHC di lingkungan pekerja. 4) Menyusun perencanaan penyuluhan       Menetapkan tujuan Penentuan sasaran Menyusun materi / isi penyuluhan Memilih metoda yang tepat Menentukan jenis alat peraga yang akan digunakan Penentuan kriteria evaluasi. merupakan wadah dari serangkaian upaya pemeliharaan kesehatan pekerja yang terencana. Dalam imlementasinya selalu mencakup 3 pilar PHC yaitu : 1. 5) Pelaksanaan penyuluhan 6) Penilaian hasil penyuluhan 7) Tindak lanjut dari penyuluhan d. teratur dan berkesinambungan yang di selenggarakan oleh masyarakat pekerja atau kelompok kerja yang memiliki jenis kegiatan usaha yang sama dan bertujuan untuk meningkatkan produktivitas kerja.Laporan Tahunan Promkes 2011 17 3) Memprioritaskan masalah yang terlebih dahulu ditangani melalui penyuluhan kesehatan masyarakat.

Tingkat perkembangan TOGA: INDIKATOR Jumlah KK ada TOGA Jenis tanaman per desa Jumlah KK memanfaatkan TOGA PRATAMA < 30% <10% <10% MADYA 30% .25% 10% .60% 10% .Laporan Tahunan Promkes 2011 18 3. Tanaman Obat Keluarga (TOGA) Tanaman obat keluarga adalah sebidang tanah di halaman atau ladang yang di manfaatkan untuk menanam tanaman yang berkasiat sebagai obat.50% PURNAMA >60% >25% >50% Adapun jenis intervensi untuk tingkat perkembangan TOGA adalah sebagai berikut: Puskesmas Ambacang Page . Adanya peran serta masyarakat Bentuk aktifitas Pos UKK dan frekwensinya adalah : KEGIATAN Pemeriksaan awal kesehatan pekerja dan lingkungan kerja Pemeriksaan berkala bagi bekerja SIMASKER PelayananP3K/P3/rujukan dan penyehatan lingkungan Pencatatan /pelaporan dana sehat FREKWENSI 1X 1X 1 X / 3 bulan Tiap hari 1 X /bulan PELAKSANA Petugas dan kader Petugas dan kader Petugas dan kader Petugas dan Kader Kader e.

Peran serta pondok pesantren pada pembangunan kesehatan di wujudkan antara lain dalam bentuk “posyandu Asta”( posyandu asuhan tokoh agama). poskestren. berupa perpustakaan kerohanian dan ceramah kesehatan secara berkala. bekerja sama dengan puskesmas setempat. g. TOGA tingkat purnama. f. intervensinya adalah peningkatan KIE tentang budidaya TOGA kepada masyarakat.  Upaya kesehatan lingkungan di sector pondok pesantren. 2. Pos Kesehatan Pesantren (poskestren) Pondok pesantren adalah lembaga islam yang memiliki warga belajar yang di sebut santri. TOGA tingkat Madya. ketrampilan. pengalaman.Kegiatan dari poskestren adalah. 3. Page Puskesmas Ambacang .    Pos obat pondok pesantren Santri husada (kader kesehatan di kalangan santri) Pusat informasi kesehatan. Satuan Karya Bakti Husada (SBH) Karya Bakti Husada adalah wadah pramuka untuk Satuan mengembangkan pengetahuan. dan kesempatan dalam membaktikan dirinya kepada masyarakat dalam pembangunan kesehatan. intervensinya adalah peningkatan KIE tentang perluasan pengembangan dan pemanfaatan TOGA kepada masyarakat. intervensinya adalah peningkatan KIE tentang perluasan dari pemanfaatan TOGA untuk petugas kesehatan lintas sektoral terkait dan kader kesehatan.Laporan Tahunan Promkes 2011 19 1. Poskestren merupakan wujud partisipasi masyarakat pondok pesantren dalam bidang kesehatan secara berkala. TOGA tingkat pratama.

Laporan Tahunan Promkes 2011 20 h. Penyakit gigi dan mulut yang banyak di derita masyarakat adalah karies (gigi berlobang) dan periodontis (peradangan jaringan ikat gigi) j. Karang taruna husada Karang taruna adalah wadah kegiatan remaja dan pemuda di tingkat rukun warga /RW yang besar peranannya pada pembinaan remaja dan pemuda dalam menyalurkan aspirasi dan kreasinya. 2. dengan kerja sama lintas program dan lintas sektor. Poskeskel melayani kesehatan masyarakat secara umum sebagai perpanjangan dari Puskesmas. kemauan. i.5. Upaya Kesehatan gigi masyarakat desa (UKGMD) UKGMD adalah upaya pembinaan kesadaran. Dikepalai oleh bidan/dokter/perawat setempat (berdomisili di lokasi Poskeskel). Sasarannya adalah keluarga masyarakat yang telah mempunyai ato aktifitas dengan prioritas kelompok masyarakat yang rawan terhadap penyakit gigi dan mulut. kemampuan dan peran serta masyarakat dalam pemeriksaan kesehatan gigi dan mulut dengan pendekatan PKMD. Evaluasi dan Indikator Keberhasilan Promosi Kesehatan Evaluasi di lakukan di setiap tahapan mulai dari perencanaan. Poskeskel akan membawahi beberapa Posyandu di lingkungannya. pelaksanaan. di laksanakan terintegrasi dengan upaya kesehatan lainnya. dan hasil evaluasi di lakukan pada setiap pertengahan dan akhir tahun untuk Puskesmas Ambacang Page . Pos Kesehatan Kelurahan (poskeskel) Poskeskel merupakan unit kesehatan dibawah Puskesmas yang dibangun berdasarkan swadaya masyarakat.

dan dampak. proses. Lurah. Evaluasi di lakukan dengan menilai indikator keberhasilan yang terdiri dari indikator masukan.Laporan Tahunan Promkes 2011 21 menilai proses dan hasil pelaksanaan promosi kesehatan di puskesmas. keluaran. BAB III PELAKSANAAN KEGIATAN PROMOSI KESEHATAN 3.1 Advokasi Advokasi di lakukan kepada pimpinan Puskesmas. Camat. Ka UPTD. Ka KUA. Puskesmas Ambacang Page . Kapolsek. dan Danramil yang tujuannya untuk memudahkan petugas dalam bekerja untuk mendapatkan dorongan dan semangat dalam melakukan setiap aktifitas dalam gedung maupun luar gedung.

3.2 Bina suasana Bina suasana di artikan dapat memudahkan petugas dalam melakukan pendekatan kepada masyarakat sehingga apapun program atau pekerjaan yang akan di lakukan mudah di terima oleh masyarakat.Laporan Tahunan Promkes 2011 22 3. 3.3 Gerakan masyarakat 3.1 Penyuluhan Dalam Gedung No Topik Penyuluhan Frekwensi Penyuluhan Jlh Yang di Suluh Media Yang di gunakan Puskesmas Ambacang Page .

LCD. Leafleat Laptop. LCD. LCD. Leafleat Laptop. LCD. Leafleat Laptop. LCD. Leafleat Laptop. Leafleat Laptop. LCD. LCD. Leafleat Laptop. Leafleat Laptop. Leafleat Laptop. Leafleat Laptop.Laporan Tahunan Promkes 2011 23 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 21 22 Imunisasi TB Paru ISPA DBD Malaria Gizi Filariasi Jiwa Rabies Mata KB Hipertensi ASI Eksklusif Diare Gigi Napza DM Rhematik PHBS HIV/AIDS Bahaya merokok ASMA 5 6 9 6 2 5 3 2 3 1 1 8 6 4 4 4 1 1 10 4 3 2 80 176 295 235 54 296 79 55 81 31 28 205 187 134 69 107 28 31 312 104 81 52 Laptop. LCD. LCD. Leafleat Laptop. LCD. LCD. LCD. LCD. Leafleat Puskesmas Ambacang Page . Leafleat Laptop. Leafleat Laptop. LCD. Leafleat Laptop. LCD. Leafleat Laptop. LCD. Leafleat Laptop. LCD. LCD. LCD. Leafleat Laptop. Leafleat Laptop. Leafleat Laptop. Leafleat Laptop. Leafleat Laptop. LCD. LCD. LCD. Leafleat Laptop.

hepatitis. LCD. Leafleat Dari data di atas terlihat dari 112 kali frekwensi penyuluhan dalam gedung selama satu tahun untuk masyarakat yang terbanyak di suluh adalah flu burung yaitu 11 kali dan yang terendah adalah materi tentang mata. LCD. LCD. LCD. Leafleat Laptop. Leafleat Laptop. Dalam penyuluhan dalam gedung ini juga di lakukan secara individu yang di lakukan di pojok gizi dan pojok kesling yang merupakan hasil kerja sama dengan petugas BP dan KIA seperti yang terlihat pada diagram di bawah ini: Konsultasi Pojok Gizi tahun 2011 Puskesmas Ambacang Page . Leafleat Laptop. Leafleat Laptop. kusta. LCD. Leafleat Laptop. KB. LCD. kespro masing-masing 1 kali. LCD. Pencapaian penyuluhan dalam gedung ini sudah melebihi dari target yaitu 96 kali per tahun. Leafleat Laptop. Leafleat Laptop. LCD. Untuk selanjutnya di harapkan penyuluhan ini akan berlanjut terus dengan materi yang lebih beragam dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat.Laporan Tahunan Promkes 2011 24 23 24 25 26 27 28 29 30 Hepatitis Kespro Flu burung Kusta IMS Kekurangan Yodium Penyakit Mata Pemanfaatan TOGA Jumlah 1 1 11 1 3 2 1 2 112 27 29 277 26 79 55 26 56 3295 Laptop.

Konsultasi Pojok Kesling tahun 2011 Puskesmas Ambacang Page .Laporan Tahunan Promkes 2011 25 Jumlah Kasus Konsultasi Pojok Gizi Puskesmas Ambacang Tahun 2011 Hipertensi DM 193 239 Gastritis Kolesterol obesitas gizi kurang 34 1 1 6 4 total Dari data di atas dapat di lihat konsultasi terbanyak pada pojok gizi adalah penyakit hipertensi dan yang paling sedikit penyakit gastritis dan obesitas. Untuk kedepan nya perlu peningkatan lagi kunjungan pojok gizi ini dengan membuat jadwal kunjungan pasien untuk dokter yang ada di BP agar merujuk pasien ke bagian pojok gizi.

Laporan Tahunan Promkes 2011 26 Jumlah Kasus Pojok Kesling Puskesmas Ambacang Tahun 2011 700 600 500 400 300 200 100 0 652 269 213 162 5 2 1 jumlah kasus TH 2011 Untuk ke depannya di harapkan konsultasi kesling ini akan menangani berbagai macam penyakit lainnya berbasis lingkungan sesuai dengan rujukan dari dokter BP puskesmas Ambacang. 10 Penyakit Terbanyak di Puskesmas Ambacang tahun 2011 Jumlah 10 Penyakit Terbanyak Puskesmas Ambacang Tahun 2011 total Diare Peny.Kulit alergi peny kulit infeksi peny pulpa Cacingan Gastritis Rhematik Hipertensi ISPA 0 20088 413 982 1245 1322 1361 2391 2572 2922 6880 5000 10000 15000 20000 25000 jumlah 10 penyakit terbanyak Puskesmas Ambacang Page .

3.Laporan Tahunan Promkes 2011 27 Dari data diatas dapat di lihat bahwa penyakit ISPA adalah penyakit terbanyak dan yang sedikit adalah penyakit diare pada wilayah kerja puskesmas Ambacang.2 Penyuluhan Luar Gedung Target pencapaian : sebanyak munkin 80 70 60 50 40 30 20 10 0 Tempat penyuluhan di posyandu 56 total f : 448 75 67 28 28 28 28 10 1 15 1 8 6 8 28 28 5 28 Dari data di atas dapat di ketahui dari 448 kali frekwensi penyuluhan di posyandu yang terbanyak adalah materi tentang flu burung yaitu 75 kali. dan yang paling sedikit tentang malaria.3. Puskesmas Ambacang Page . dan rabies masing-masing 1 kali..

Puskesmas Ambacang Page . rabies masing-masing sati kali. TB paru.Laporan Tahunan Promkes 2011 28 10 8 6 4 2 0 2 2 Tempat penyuluhan di mesjid 10 total f : 46 5 2 1 1 1 1 5 5 4 3 2 2 Dari data di atas dapat di ketahui dari 46 kali frekwensi penyuluhan di mesjid. malaria. materi paling banyak di berikan adalah tentang flu burung yaitu 10 kali. dan paling sedikit materi tentang gizi.

Laporan Tahunan Promkes 2011 29 Tempat penyuluhan di kantor lurah total f : 32 4 4 3 2 1 0 4 2 2 2 2 1 2 2 2 1 1 1 2 2 2 Dari data diatas dapat di ketahui dari 32 kali frekwensi penyuluhan materi terbanyak yang di berikan PHBS dan flu burung masing-masing 4 kali dan paling sedikit materi tentang ASI. dan rabies masing-masing satu kali.malaria. Penyuluhan di tempat lainnya seperti : Penyuluhan di poskeskel = 76 Penyuluhan di Sekolah = 4 Penyuluhan di pesantren = 30 Puskesmas Ambacang Page . TB paru.

dan ispa yaitu masing 10 kali dan yang paling sedikit adalah penyuluhan di pesantren dengan materi DBD. dan gizi masing-masing satu kali.Laporan Tahunan Promkes 2011 30 14 12 10 8 6 4 2 0 12 10 10 12 10 5 11 4 2 1 5 2 5 2 2 4 1 1 4 4 5 2 1 Dari data di atas dapat di ketahui bahwa dari 76 kali frekwensi penyuluhan di poskeskel materi paling banyak yang di berikan adalah imunisasi.1 Posyandu (Pos Pelayanan Terpadu) Puskesmas Ambacang Page .4. 3.4 UKBM (Upaya Kesehatan Bersumber Daya Masyarakat) 3. PHBS. Sedangkan di sekolah dari 30 frekwensi penyuluhan materi yang banyak di berikan adalah tentang PHBS dan gigi.

Laporan Tahunan Promkes 2011 31 Puskesmas Ambacang Page .

Laporan Tahunan Promkes 2011 32 JUMLAH POSYANDU DAN KADER YANG AKTIF PUSKESMAS AMBACANG TAHUN 2011 Puskesmas Ambacang Page .

Laporan Tahunan Promkes 2011 33 40 35 30 25 20 15 10 5 0 36 28 28 20 9 jlh posy aktif 7 7 jlh kader aktif 5 jlh kader aktif jlh posy aktif pasar anduring ambacang lubuk lintah ampang Semua posyandu di wilayah kerja puskesmas Ambacang yaitu 28 buah aktif. TEMPAT KEGIATAN POSYANDU DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS AMBACANG TAHUN 2011 10 9 8 7 6 5 4 3 2 1 0 9 7 7 5 sendiri pinjam 0 pasar ambacang 0 anduring 0 lubuk lintah 0 ampang Puskesmas Ambacang Page . dengan jumlah kader yang aktif adalah 112 orang.

hal ini perlu menjadi perhatian lintas sektor seperti Lurah. Strata posyandu Puskesmas Ambacang Tahun 2011 Puskesmas Ambacang Page . dan tokoh masyarakat. DANA SEHAT POSYANDU DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS AMBACANG TAHUN 2011 7 6 5 4 3 2 1 0 pasar ambacang anduring lubuk lintah ampang 6 5 4 3 2 3 3 2 ada tidak Dari semua posyandu yaitu 28 buah yang sudah memiliki dana sehat adalah 18 posyandu dan di dapat dari donator yang ada di sekitar posyandu tersebut dan juga dana dari PNPM kelurahan Pasar Ambacang. RT. RW.Laporan Tahunan Promkes 2011 34 Tempat kegiatan posyandu semuanya masih meminjam dari rumah penduduk ataupun kantor-kantor kelurahan bahkan ada beberapa tempat posyandu tersebut tidak layak pakai.

4.5 0 5 4 3 2 2 3 4 5 pratama=0 madya=15 purnama=10 0 pasar ambacang 0 mandiri=3 0 0 0 0 00 anduring lubuk lintah ampang Dari data tersebut di ketahui bahwa puskesmas Ambacang kebanyakan memiliki strata posyandu madya yaitu 15. 3.5 4 3.5 2 1.2 Data rekapan D/S dan N/D posyandu wilayah kerja puskesmas Ambacang Tahun 2011 % D/S WILAYAH KERJA PUSKESMAS AMBACANG TAHUN 2011 target 65% 64 62 60 58 56 54 52 50 48 pasar aambacang anduring lubuk lintah ampang puskesmas % D/S 2011 Puskesmas Ambacang Page .5 3 2.Laporan Tahunan Promkes 2011 35 5 4.5 1 0. dan paling sedikit posyandu mandiri yaitu 3.

50% sedangkan target N/D yaitu 89% dan sudah tercapai untuk pencapaian puskesmas Ambacang adalah 88.15%. Hal ini perlu menjadi perhatian dan kerja sama semua pihak baik lintas program maupun lintas sektor dalam rangka meningkatkan kunjungan posyandu.76%.99%. Ampang D/S=61. namun pada wilayah kerja Anduring dan Lubuk lintah masih belum tercapai untuk itu perlu peningkatan Puskesmas Ambacang Page .22%. kelurahan Lubuk lintah N/D=80.85%.17%.86% dan masih mempunyai ketimpangannya yaitu 5. kelurahan Anduring D/S= 59.83%. pada semua wilayah kerja puskesmas Ambacang belum tercapai di mana pencapaian puskesmas sendiri hanya 59. Lubuk Lintah D/S =53. kelurahan Ampang N/D=90.2%. % N/D WILAYAH KERJA PUSKESMAS AMBACANG TAHUN 2011 target 89% 100 95 90 85 80 75 70 pasar ambacang anduring lubk lintah ampang PUSKSMAS % N/D 2011 Untuk kelurahan Pasar ambacang N/D=95.Laporan Tahunan Promkes 2011 36 Untuk kelurahan Pasar ambacang pencapaian D/S=63. sedangkan target D/S yaitu 65%. kelurahan Anduring N/D=84.72%.

4. 3.Laporan Tahunan Promkes 2011 37 pengetahuan masyarakat melalui penyuluhan tentang gizi sehingga status gizi pada balita menjadi naik.3 Kelurahan Siaga (poskeskel) di Wilayah Kerja Puskesmas Ambacang Tahun 2011 100 100 90 80 70 60 50 40 30 20 10 0 pasar ambacang 12 15 1 100 100 100 100 % pencapaian 52 jlh bidan jlh kader jlh donor 19 12 12 1 12 1 12 6 1 4 8 4 jlh ambulance anduring lubuk lintah ampang puskesmas Kelurahan Jumlah Sarana Poskeskel Puskesmas Ambacang Page .

4.5%) 201 (95.4%) 207 (98.1%) 207 (98.4%) 187 (89%) 208 (99%) 207 (98.7%) Jumlah 804 (95.Laporan Tahunan Promkes 2011 38 Bangunan Ada Pasar Ambacang Anduring Lubuk Lintah Ampang V _ V _ Belum _ V _ V Ada V _ V _ Alat Belum _ V _ V Dari data diatas untuk pencapaian kegiatan di poskeskel sudah 100%. serta jumlah ambulan desa ada 4 buah.4%) 142 (67.7%) 742 (88.6%) 818 (97.6%) 160 (76.4 PHBS No Indikator Pasar Ambacang 192 (91.5%) 779 (92.8%) 643 (76.3%) Ampang 199(94.5%) 204 (97.7%) 1 2 3 4 5 Linakes ASI E ksklusif Timbang bayi& balita Air bersih CPTS 195 (92.2%) 200 (95%) 161 (76.6%) 173 (82. dan 2 lainnya masih menompang di kantor lurah.3%) Kelurahan Lubuk lintah 203 (96. semua bidan dan kader sudah di latih dan untuk pendonor darah sudah ada 52 orang.3%) 203 (96.6%) Anduring 210 (100%) 133(63. 3.5) Puskesmas Ambacang Page .7%) 194 (92. Sedangkan untuk sarana poskeskel 2 kelurahan sudah mempunyai gedung dan kelengkapan alat. Untuk itu perlu kerja sama dengan lintas sektor dan lintas program dalam rangka pengadaan gedung dan alat poskeskel tersebut sehingga pelayanan kepada masyarakat lebih optimal.

5 TOGA Di Wilayah Kerja Puskesmas Ambacang Tahun 2011 80 60 67 73 70 57 64 pratama madya purnama 0 0 40 20 0 33 27 0 30 0 43 36 0 Puskesmas Ambacang Page .5%) 182 (86.8%) 717 (85.8%) 198 (94.9%) 208 (99%) 56 (26.9%) 115 (54.6%) 181 (86.35%.8%) 118 (56. 3.3%) 207 (98.7%) 194 (92. Adapun target PHBS ini adalah 840 KK.35%) Data di atas merupakan hasil pendataan awal pada bulan februari tahun 2011. dan tidak sehat 665 KK dan permasalahan kesehatan terbanyak adalah indikator tidak merokok di rumah yaitu hanya 40.6%) 200 (95.Laporan Tahunan Promkes 2011 39 6 7 8 9 10 Jamban sehat Pemb jentik Makan buah sayur Aktifitas fisik Tdk merokok di rumah 169 (80.5%) 50 (23. Pada akhir Desember 2011 semua target indikator pada PHBS ini untuk wilayah kerja puskesmas Ambacang sudah tercapai 100%.2%) 149 (70.5%) 789 (93.2%) 203 (96.4.1%) 775 (92.7%) 180 (85.3%) 204 (97. di mana RT yang sehat adalah 175 KK.2%) 165 (78.6%) 722 (85.9%) 339(40.4%) 197 (93.2%) 174 (82.3%) 192 (91.

4.6 60 50 40 30 UKK Di Wilayah Kerja Puskesmas Ambacang Tahun 2011 54 45 20 20 10 0 24 pasar abcg anduring lbk lintah ampang 20 15 10 66 15 65 4 68 7 2 4 34 2 2 32 1 1 11 1 1 34 Puskesmas Ambacang Page . 3.Laporan Tahunan Promkes 2011 40 Dari data di atas terlihat masih banyak toga yang strata pratama yaitu 64% dan belum ada satu pun yang mencapai strata purnama. Untuk meningkatkan pencapaian TOGA perlu di lakukan penyuluhan tentang pentingnya pemanfaatan pekarangan kepada masyarakat sehingga masyarakat mengerti dan memiliki kesadaran untuk menanam TOGA.

Sedangkan pos UKK baru dua yang terdapat di kelurahan Lubuk Lintah yaitu pos UKK pabrik roti Z B dan pos UKK CV cahaya mulya. Ini di harapkan untuk tahun 2012 akan ada di laksanakan pelatihan UKK tersebut yang berguna untuk para pekerja itu sendiri.4.7 POSKESTREN Puskesmas Ambacang hanya memiliki satu pesantren. sementara kelurahan lainnya belum di bentuk dan belum di lakukan pelatihan UKK. dan hal ini perlu adanya kerjasama dengan lintas program dan lintas sektoral. Page Puskesmas Ambacang . Poskestren sudah terbentuk di pesantren Thawalib tersebut dan sudah di lakukan pelatihan selama 4 hari dari tanggal 16 s/d 19 November 2011 oleh team puskesmas Ambacang. 3.Laporan Tahunan Promkes 2011 41 Tingkat Kemandirian UKK di Wilayah Kerja Puskesmas Ambacang Tahun 2011 160 140 120 100 80 60 40 20 0 36 17 1 25 11 7 4 1 2 pratama 41 madya 141 Dari data di atas terlihat UKK yang terbanyak adalah dari kelurahan Pasar Ambacang yaitu 54 buah UKK dan yang sedikit adalah kelurahan Ampang.

4.Laporan Tahunan Promkes 2011 42 Jumlah guru laki-laki 15 orang dan guru perempuan 25 orang.8 No BATRA Di Wilayah Kerja Puskesmas Ambacang Tahun 2011 Kelurahan Psr abcg Anduring 1 2 1 1 2 0 1 Lbk Lintah 0 2 0 1 2 0 0 Ampang 0 1 0 0 2 1 0 3x di ampang 2x di abcg psr Frekwesi Pembinaan Jenis Batra 1 2 3 4 5 6 7 Tabib Batra tulang 0 1 Tukang panggur 0 gigi Jamu gendong 1 Batra urut pijat Batra becam Batra ramuan 2 0 1 Puskesmas Ambacang Page . 3. Jumlah murid lakilaki 65 orang dan jumlah murid perempuan 58 orang. jumlah guru yang di latih 1 orang dan sudah memiliki gedung dan sarana serta sudah memiliki 21 orang santri husada.

Laporan Tahunan Promkes 2011 43 8 9 Batradg pendekatan 2 agama Batra paranormal 0 Jumlah 7 2 1 11 2 0 7 2 0 6 Puskesmas Ambacang Page .

9 SBH Untuk Saka Bakti Husada di wilayah kerja Puskesmas Ambacang di ambil alih oleh kecamatan. Puskesmas Ambacang Page . keterbukaan.4. berdasarkan kesetaraan.Laporan Tahunan Promkes 2011 44 Data di atas menunjukan bahwa umumnya di tiap kelurahan yang berada di wilayah kerja puskesmas Ambacang ada berbagai macam batra yang terletak di sekitar masyarakat. 3.5 Kemitraan Kemitraan adalah hubungan kerja sama antara dua pihak atau lebih. Untuk frekwensi pembinaan ada sebagian yang sudah di lakukan oleh petugas kesling dan promkes akan tetapi masih banyak batra yang belum mempunyai izin dari Dinas Kesehatan Kota Padang. dan saling menguntungkan (memberikan manfaat). untuk itu perlu lebih di iintensifkan lagi pembinaannya. 3.

Pelatihan Tukang Ojek : 25 org 3. Pelatihan dokter kecil Puskesmas Ambacang Page . Penyuluhan pada Majelis Taklim 5. Terbentuknya forum komunikasi kader posyandu dan wirid bulanan kader 4.Laporan Tahunan Promkes 2011 45 Kemitraan yang telah di lakukan adalah :        Unit program internal kesehatan Sektor-sektor pemerintahan Lembaga swadaya masyarakat Organisasi berbasis agama Organisasi berbasis masyarakat Organisasi pemuda Sektor swasta KEGIATAN YANG MENONJOL / INOVASI PADA TAHUN 2011 1. Pembentukan kader Poskestren 2.

Laporan Tahunan Promkes 2011 46 6. Senam Lansia 7. Untuk meningkatkan kunjungan posyandu ini perlu diadakannya pemberian makanan tambahan pada balita dan ibu hamil yang dananya bisa diambilkan dari dana sehat posyandu tersebut. 2. Kelurahan ber PHBS BAB IV ALTERNATIF PEMECAHAN MASALAH 1. harus di lakukan lagi kerjasama dengan lintas sektoral terutama pada bapak RT/RW yang kunjungan posyandunya masih di bawah target. dan juga adanya pembentukan arisan anggota posyandu sehingga para ibu tidak hanya datang untuk menimbang saja tapi ada hal lain yang membuat ibu tertarik secara rutin datang ke posyandu. Bagi posyandu yang pencapaian D/S dan N/D yang masih rendah. dan mencarikan solusi bagi tempat posyandu tidak layak pakai dengan membuat tempat posyandu dengan bantuan swadaya masyarakat dan pemerintah. Adanya kerjasama dengan lintas program dan lintas sektor dalam menghimbau masyarakat agar membuat TOGA di pekarangan rumahnya Puskesmas Ambacang Page . Lomba Posyandu percontohan 8.

Dan bila tidak ada pekarangan bisa mempergunakan plastic folliback untuk menanam TOGA. Untuk itu perlu kerja sama dengan lintas sektor dan lintas program dalam rangka pengadaan gedung dan alat poskeskel tersebut sehingga pelayanan kepada masyarakat lebih optimal. 3. 6. Puskesmas Ambacang Page . Pada tahun 2012 ini di harapkan adanya kerja sama antara lintas program dan lintas sektoral dalam meningkatkan program SBH.Laporan Tahunan Promkes 2011 47 minimal 10 macam jenis tanaman obat. Di lakukan pendataan dan pembinaan bagi batra yang belum mempunyai izin usaha untuk melapor pada instansi terkait agar ada pegangan/legalitas dalam usaha batra. 5. 4. dari 3 target pos UKK baru 2 yang terbentuk dan di harapkan pada tahun 2012 ini ada penambahan pos UKK dengan bantuan lintas program dan lintas sektor untuk memberikan pelatihan. Pelatihan tentang UKK sangat di perlukan bagi pekerja dan juga pimpinannya. Pada tahun 2012 ini di harapkan untuk sarana poskeskel 2 kelurahan yang belum mempunyai gedung dan kelengkapan alat yang pada saat ini masih menompang di kantor lurah.

Laporan Tahunan Promkes 2011 48 BAB V KESIMPULAN DAN SARAN 4.1 KESIMPULAN Puskesmas Ambacang Page .

2 SARAN  Di harapkan puskesmas lebih mengoptimalkan peran promosi kesehatan di lingkungan kerja puskesmas. Puskesmas Ambacang Page .Laporan Tahunan Promkes 2011 49 Promosi kesehatan baik penyuluhan kesehatan masyarakat (PKM) atau peran serta masyarakat sangat di perlukan agar masyarakat itu dapat memiliki kesadaran untuk berprilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) sehingga pemecahan masalah kesehatan di lingkungan puskesmas dapat optimal.  Di harapkan kerja sama lintas sektoral untuk dapat aktif dalam membina dan memberikan dukungan di setiap program yang di laksanakan sehingga di harapkan dari tahun ke tahun program yang ada dapat mencapai target sesuai dengan yang telah di tetapkan. termasuk mengaktifkan kader.  Pemberian reward sebagai bentuk apresiasi pada kader yang terlibat dalam promosi kesehatan. 4. Peranserta masyarakat di puskesmas Ambacang tentang PHBS cukup antusias hal ini terlihat dari indikator keberhasilannya yang sudah mencapai target. dan adanya dana sehat yang dapat membantu berjalannya posyandu. Untuk meningkatkan D/S di posyandu di perlukan kerja sama lintas program dan lintas sektoral dalam peningkatan kunjungan posyandu.

Laporan Tahunan Promkes 2011 50 Puskesmas Ambacang Page .

Laporan Tahunan Promkes 2011 51 Puskesmas Ambacang Page .

Laporan Tahunan Promkes 2011 52 Puskesmas Ambacang Page .

Laporan Tahunan Promkes 2011 53 Puskesmas Ambacang Page .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful