P. 1
Pengertian Dan Perbedaan Grafis Vektor Dan Bitmap Alia

Pengertian Dan Perbedaan Grafis Vektor Dan Bitmap Alia

|Views: 59|Likes:
Published by Kurnia Pradita

More info:

Published by: Kurnia Pradita on Nov 28, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

10/21/2013

pdf

text

original

PENGERTIAN DAN PERBEDAAN GRAFIS

1. Grafis Vektor

Grafis Vektor adalah grafis yang dibentuk dengan menggunakan garis – garis dan kurva berdasarkan rumus matematika. Grafis dengan tipe vektor ini banyak digunakan dalam penbuatan desain teks dan logo. Kualitas hasil tampilan vector tidak tergantung pada tinggi rendahnya resolusi grafis, artinya gambar vector bisa diubah – ubah ke dalam ukuran sebesar apapun tanpa menambah resolusi, dan tampilan grafik tetap tajam dan halus ( tidak pecah ). Di samping itu, grafis vektor juga tidak membutuhkan ruang penyimpanan (kapasitas) yang tinggi sehingga media penyimpanan ( storage device) tetap rendah. Contohnya pada gambar dibawah ini.

Gambar grafis vektor tersimpan dalam bentuk data geometri yang terdiri dari sejumlah titik dan garis yang menghubungkannya. Data vektor sangan fleksibel dan dapat dimanipulasi dengan mudah dan akurat. Grafis vektor juga memiliki bentuk file dengan format yang sesuai dengan aplikasi program yang digunakan diantaranya : EPS : format file yang paling popular untuk menyimpan gambar vektor walaupun format EPS juga dapat berisi data bitmap. PDF : format file yang cukup serbaguna, yang dapat berisi data apa saja termasuk halaman – halaman lengkap. PICT : format file yang dapat berisi data bitmap maupun vektor, tetapi biasanya hanya dapat digunakan oleh komputer macintosh. Dalam program aplikasi grafis vektor menjadi dasar aplikasi pada program Macromedia Freehand, Corel Draw, Adobe Illustrator,Adobe Pagemaker. selain program grafis di atas, program Ms. Office juga berbasis vektor. grafik vektor bisa diadaptasi ke grafik bitmap.

. Grafis Bitmap Grafis bitmap dikenal juga denga istilah grafis raster (sederhana) adalah kumpulan titik – titik yang disebut dengan pixel ( picture element ). Pixel – pixel tersebut ditempatkan pada lokasi tertentu dengan nilai – nilai warna tersendiri dan secara keseluruhan membaentuk tampilan gambar. Biasanya gambar jenis ini dijadikan gambar bitmap karena komputer hanya menggunakan 1 bit ( diamana warna hitam digunakan untuk membentuk gambar. Dibawah ini merupakan contoh gambar dari line – art. Grayscale Images Merupakan gambar yang terdiri dari bermacam warna abu – abu dalam menghasilkan warna hitam dan putih. sedangkan warna putih digunakan sebagai latar ) untuk mendefinisikan masing – masing pixelnya.2. Contoh gambar dari bitmap. Bitmap juga memiliki berbagai macam jenis gambar. yaitu hitam dan putih. yaitu : Line – art Merupakan gambar yang hanya terdiri dari dua warna.

Grafis bitmap memiliki bentuk file yang dapat disimpan dengan berbagai macam format. Full Colour Images Merupakan gambar yang memiliki warna yang tampak realistis. antara lain BMP : format file yang terbatas. Warna yang digunakan pada gambar diatas adalah paduan dari warna hitam dengan Pantone Warm Red.Multitones Merupakan gambar yang terdiri dari dua warna atau lebih. tetapi biasanya file ini hanya digunakan oleh computer Macintosh dan tidak terlalu cocok untuk di cetak. yang dapat berisi gambar bitmap maupun vektor. PICT : format file yang dapat berisi gambar bitmap maupun vektor. Adapun perbedaan grafik vektor dan grafik bitmap dengan jelas bila dilihat pada table dibawah ini : . Informasi warna dijelaskan menggunakan jenis – jenis standar warna seperti RGB. Gambar multitones yang biasa digunakan adalah duotones. tidak cocok digunakan untuk mencetak EPS : format file yang fleksibel. TIFF : merupakan format file bitmap yang paling popular untik dicetak. yang biasanya terdiri dari paduan warna hitam dengan warna khusus ( Pantone Colour ). biasa digunakan sebagai grafik atau gambar di internet karena memiliki tingkat ketajaman gambar yang dapat mempengaruhi bobot file. GIF : biasanya digunakan untuk grafis – grafis di internet. CMYK atau Lab. JPEG : atau juga format file JFIF. Dan program yang paling cocok dan banyak digunakan untuk mengedit tipe grafik ini adalah program Photoshop. Semua gambar yang dihasilkan melalui camera digital dan scanner memiliki format file dengan standar resolusi ( pixel ) hanya 72 dpi.

Cocok untuk logo dan jenis desain yang mengandalkan kesederhanaan bentuk. Format penyimpanan bisa berupa AI. JPEG.Perbedaan vektor dan Bitmap Vektor Disusun oleh objek geometris yang dibuat berdasarkan perhitungan matematis Bitmap Disusun oleh objek yang disebut pixel Sifatnya resolution independent Sifatnya resolution dependent atau dipengaruhi resolusi Pengaruh perbesaran tidak pecah. TIF. Adobe Illustrator. BMP Program yang digunakan adalah CorelDraw. blur atau rusak Pengaruh perbesaran pecah. Corel Photopaint. Macromedia Freehand Software yang digunakan adalah AdobePhotoshop. seperti foto dari hasil bidikan kamera. MS Paint . CDR. berupa ragam warna dan bentuk yang beraneka. Digunakan untuk gambar kompleks. FH. GIF. blur dan rusak jika melewati batas toleransi tampilan Ukuran penympanan relatif kecil Ukuran penympanan relatif besar Digunakan untuk ilustrasi dengan bentuk geometris sederhana. warna solid atau gradasi tanpa terlalu banyak variasi warna. EPS Format penyimpanan PSD.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->