Proses Terjadinya Anak Kembar Kembar Monozygotik (Identik) Kembar identik yang disebut juga sebagai kembar Monozygotik

, yaitu kembar yang berasal dari satu telur. Mempunyai gen yang sama, jenis kelamin yang sama, dan muka yang serupa.

.

Jenis kembar Perbedaan kembar dizigotik (kanan) dan monozigotik (kiri). obat penyubur yang dikonsumsi dengan tujuan agar sel telur matang secara sempurna. proses ovulasi kadang-kadang melepaskan lebih dari satu sel telur matang ke tuba fallopi yang apabila mereka terbuahi akan memunculkan lebih dari satu zigot. Kembar dizigotik secara genetik tidak berbeda dari saudara biasa dan berkembang dalam amnion dan plasenta yang terpisah. [sunting] Kembar monozigotik atau identik (MZ) Kembar monozigotik terjadi ketika sel telur tunggal terbuahi dan membentuk satu zigot (monozigotik). Dalam perkembangannya. Alasannya. maka . [sunting] Kembar dizigotik atau fraternal (DZ) Kembar dizigotik (dikenal sebagai "kembar non-identik") terjadi karena zigotzigot yang terbentuk berasal dari sel telur yang berbeda. Banyak faktor diduga sebagai penyebab kehamilan kembar. Selain faktor genetik. Kedua embrio berkembang menjadi janin yang berbagi rahim yang sama. jika indung telur bisa memproduksi sel telur dan diberi obat penyubur. Pada manusia. Terdapat lebih dari satu sel telur yang melekat pada dinding rahim yang terbuahi oleh sel-sel sperma pada saat yang bersamaan. Mereka dapat memiliki jenis kelamin yang berbeda atau sama. zigot tersebut membelah menjadi embrio yang berbeda. juga diduga ikut memicu terjadinya bayi kembar. Istilah kembar dampit diberikan bagi anak kembar dengan kelamin berbeda.

artinya bayi berasal dari dua sel telur.sel telur yang matang pada saat bersamaan bisa banyak. masing-masing kembar fraternal memiliki kantung ketuban dan plasenta masing-masing. Anggapan bahwa kelahiran anak kembar selalu muncul pada generasi berikutnya dan kembar berasal dari pihak ayah adalah anggapan yang salah. Masa pembelahan inilah yang akan berpengaruh pada kondisi bayi kelak. kembar dibagi menjadi dua. Dari seluruh jumlah kelahiran kembar. Peluang untuk hamil kembar meningkat dengan bertambahnya umur. lalu membelah dua. lalu dibuahi oleh sperma. Sedangkan kembar monozigot berarti satu telur yang dibuahi sperma. . sepertiganya adalah monozigot. Secara garis besar. meskipun latar belakang genetik ayah tidak ada pengaruhnya. Kedua bayi berbagi hubungan genetik yang sama seperti halnya kakak laki-laki atau perempuannya. Akibatnya. kembar yang berasal dari satu telur dan dizigot kembar yang berasal dari dua telur. Dan. Monozigot. Karena kedua bayi diawali dari dua embrio yang berbeda. masing-masing generasi dari keluarga tertentu memiliki peluang yang sama untuk melahirkan bayi kembar. Proses. Keduanya bisa sama atau berbeda satu sama lain dan mungkin tidak sama kelaminnya. kedua sel telur itu mengalami pembuahan dalam waktu bersamaan. maka peluangnya untuk memperoleh bayi kembar fraternal lagi adalah empat kali. Kembar dizigot berarti dua telur matang dalam waktu bersamaan. berat. Karena. bahkan sampai lima dan enam. Jika seseorang sudah pernah melahirkan kembar fraternal. Kira-kira dua pertiga bayi kembar adalah fraternal. Peluang seseorang akan bertambah jika dalam silsilah keluarga ada bayi kembar. dan tinggi serta lebih besar dengan setiap kehamilan yang berturutan. masing-masing dibuahi oleh sperma yang berbeda.

Kembar lainnya yang lebih banyak seperti kembar empat dan kembar lima dapat terbentuk dengan cara yang sama. lebih sering kembar tiga berasal dari sel-sel telur yang terpisah atau sebagai dua sel telur. Kehamilan Kembar 16 July . tetapi berbagi plasenta yang sama. yang segera sesudah pembuahan terpisah jadi dua. Jika hal ini terjadi. Kedua bayi kembar ini mempunyai cirri-ciri dan jenis kelamin yang sama. Kembar identik berasal dari bersatunya satu sel telur dan satu sel sperma. salah satunya terpisah membentuk embrio ketiga. dua bayi kembar identik dan yang ketiga bayi fraternal. karena plasenta dapat tercampur bersama selama kehamilan. Kembar identik biasanya memiliki kantung ketuban yang terpisah. namun jarang sekali kembar yang hanya mempunyai satu ketuban dan satu plasenta. Namun. Sekitar 25% adalah mirror twins.Fakta ini kadang-kadang digunakan pada saat persalinan untuk menentukan apakah kembar fraternal atau identik. dengan satu sel telur terpisah menjadi tiga embrio. Namun tidak selalu dapat ditentukan. Meskipun kadang-kadang ada 2 plasenta. Kembar tiga juga dapat identik. sehingga masing-masing anak merupakan cerminan dari kembarannya. artinya beberapa cirri identik mereka ada pada tempat kebalikannya. membuat keduanya nampak seperti satu.

Kehamilan kembar terjadi bila 2 atau lebih ovum mengalami pembuahan ( dizygotic) atau bila satu ovum yang sudah dibuahi mengalami pembelahan terlalu dini sehingga membentuk 2 embrio yang identik (monozygotic). .