P. 1
Macam Diagram

Macam Diagram

|Views: 410|Likes:
Published by Aldo Pain

More info:

Published by: Aldo Pain on Nov 29, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

09/14/2015

pdf

text

original

DIAGRAM ARUS PENGERTIAN: Diagram Arus Data (DAD) (Data Flow Diagram) atau DFD adalah “Suatu gambaran

grafis dari suatu sistem yang menggunakan sejumlah bentuk simbol-simbol untuk menggambarkan bagaimana data mengalir melalui suatu proses yang saling berkaitan”. Walau nama diagram ini menekankan pada data, situasinya justru sebaliknya penekanannya ada pada proses. DAD menggambarkan arus dari data sistem, yang penggunaannya sangat membantu untuk memahami sistem secara logika, terstruktur dan jelas.

DIAGRAM BATANG

Penyajian dalam bentuk gambar grafik atau diagram dapat lebih menjelaskan lagi persoalan secara visual. Diagram batang (histogram) adalah gambaran mengenai suatu distribusi frekuensi, dimana untuk setiap kelas dinyatakan dalam skala horizontal (datar) dan frekuensinya dalam skala vertical (tegak); atau sebaliknya. Data yang variabelnya berbentuk kategori atau atribut sangat tepat disajikan dengan diagram batang. Jika diagram dibuat tegak, maka sumbu datar dipakai untuk menyatakan atribut. Kuantumatau nilai data digambar pada sumbu tegak. Perhatikan contoh berikut.

Gambar

DIAGRAM LINGKARAN Ø Diagram lingkaran adalah diagram untuk menggambarkan atau mereprentasikan data sebagai gambar lingkaran. Karena representasinya sebagai lingkaran maka data harus membentuk penjumlahan dan tiap datum ( item data ) dapat dinyatakan sebagai persen ( memiliki porsi tertentu antara 0 hingga 100 ) terhadap data.

Ø Metode Pembuatan Diagram Lingkaran 1. Dari data yang sudah didapat, ubah kedalam bentuk persen (%) dan atau ubah data dalam bentuk derajat. 2. 3. 4. Buat sebuah gambar lingkaran. Buat batasan-batasan sesuai dengan besar derajat data. Lalu representasikan data tersebut dalam bentuk diagram.

Diagram Garis
Diagram Garis merupakan salah satu sarana untuk menyajikan data yang berkelanjutan atau berhubungan dengan waktu/ periode tertentu. Untuk melihat apakah ada kenaikan atau penurunan data dari waktu ke waktu Contoh:

Diagram Percabangan

Diagram yg alurnya terjadi / terdapat alih kontrol berupa percabangan. Flowchart dengan stuktur percabangan digunakan untuk meyeleksi kondisi dan menentukan pilihan proses selanjutnya.

A. Diagram Peta
Diagram ini juga dinamakan kartogram. Dalam pembuatannya digunakan peta geografis tempat data terjadi. Diagram ini melukiskan keadaan dihubungan dengan tempat kejadian. Salah satu contoh ketika kita melihatbuku peta bumi yang terdapat peta daerah/pulau dengan mencantumkan gambar-gambar kelapa, jagung, kuda, sapi ,dan lain-lain. Contoh I:

DIAGRAM PIAS diagram yang menggambarkan peristiwa dengan bidang atau kolom

Diagram pohon
Diagram pohon merupakan cara yang mudah untuk menggambarkan hasil-hasil yang mungkindari sederetan percobaan jika dari setiappercobaan hasil yang mungkin berhingga.(dalam teori peluang disebut proses stokastik).Diagram pohon bila diperhatikan menurut suatuarah tertentu, mulai dengan satu titik, bercabangdan cabang-cabang itu mungkin bercabang-cabang lagi dan cabang-cabang baru itubercabang lagi dan seterusnya. Jadi menurutsuatu arah tertentu, dan banyaknya cabangyang meninggalkan titik itu paling sedikit satu.

Diagram tali
Gambar yang disusun dengan menggunakan tali untuk mengikuti dan mengukur jalan yang dilalui

Diagram silsilah
adalah suatu yang menampilkan hubungan (silsilah) dalam suatu Data genealogi ini dapat ditampilkan dalam berbagai format. Salah satu format yang sering digunakan dalam menampilkan silsilah adalah dengan generasi yang lebih tua di bagian atas dan generasi yang lebih muda di bagian bawah. keturunan yang menampilkan semua keturunan dari satu individu memiliki bagian yang paling sempit di bagian atas.

D i a g r a m g a mb ar
D i a g r a m g a m b a r b i a s a d i g u n a k a n u n t u k m e n ya j i k a n d a t a p o p u l a s i dalam suatu periode tertentu. Misalnya, jumlah penduduk selama 5 tahunterakhir, jumlah hewan ternak yang terjual di pasar hewan selama sebulanterakhir, jumlah siswa suatu sekolah dalam 5 tahun terakhir, dan sebagainya.Diagram ini disebut diagram gambar karena data populasi disajikan d a l a m b e n t u k g a m b a r . M i s a l n ya , g a m b a r o r a n g u n t u k m e n g g a m b a r k a n populasi penduduk, gambar bayi untuk populasi kelahiran bayi, gambar ayam untuk menggambarkan populasi ayam, dan sebagainya. Contoh

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->