http://kambing.ui.ac.id/bebas/v12/sponsor/SponsorPendamping/Praweda/Fisika/0258%20Fis-1-1b.

htm Gerak Lurus Berubah Beraturan (GLBB) adalah gerak lurus pada arah mendatar dengan kecepatan v yang berubah setiap saat karena adanya percepatan yang tetap. Dengan kata lain benda yang melakukan gerak dari keadaan diam atau mulai dengan kecepatan awal akan berubah kecepatannya karena ada percepatan (a= +) atau perlambatan (a= -). Pada umumnya GLBB didasari oleh Hukum Newton II ( Σ F = m . a ).

vt = v0 + a.t vt2 = v02 + 2 a S S = v0 t + 1/2 a t2

vt = kecepatan sesaat benda v0 = kecepatan awal benda S = jarak yang ditempuh benda f(t) = fungsi dari waktu t v = ds/dt = f (t) a = dv/dt = tetap Syarat : Jika dua benda bergerak dan saling bertemu maka jarak yang ditempuh kedua benda adalah sama.

Bisa ya ? ingat bahwa percepatan benda tersebut tetap setiap saat. Pahami saja konsepnya. . Dalam fisika. he2…. Jika sudah paham. maka kita bisa mengatakan bahwa percepatan sesaat dan percepatan rata-ratanya sama. percepatan benda tetap atau konstan alias tidak berubah. bukan kecepatan tetap. Dalam kehidupan sehari-hari sangat sulit ditemukan benda yang melakukan gerak lurus berubah beraturan. yaitu jika percepatan tidak berubah terhadap waktu (ingat bahwa yang dimaksudkan di sini adalah percepatan tetap. (kalau di GLB. maka anda akan mengetahui dan memahami cara penurunan rumus tersebut. hanya nilainya negatif. baik ketika hendak bergerak dari keadaan diam maupun ketika hendak berhenti. anda tidak boleh menghafal rumus. Kita tetap menamakannya percepatan. di mana perubahan kecepatannya terjadi secara teratur. banyak situasi praktis terjadi ketika percepatan konstan/tetap atau mendekati konstan. yang tetap adalah kecepatan). di mana selisih antara percepatan awal dan akhir sama dengan nol. Percepatan rata-rata sama dengan percepatan sesaat karena baik percepatan awal maupun percepatan akhirnya sama. Perubahan kecepatan bisa berarti tejadi pertambahan kecepatan atau pengurangan kecepatan. Pada pembahasan ini kita tidak menggunakan istilah perlambatan untuk benda yang mengalami pengurangan kecepatan secara teratur.wordpress. Sekarang kita coba menurunkan rumus-rumus dalam Gerak Lurus Berubah Beraturan (GLBB). Penurunan Rumus Gerak Lurus Berubah Beraturan (GLBB) Rumus dalam fisika sangat membantu kita dalam menjelaskan konsep fisika secara singkat dan praktis. Pengurangan kecepatan terjadi apabila benda akan berhenti. Pahami perlahan-lahan ya…. semakin lama semakin cepat dan kecepatan gerak benda tersebut berubah secara teratur. sekarang kita mulai menurunkan rumus-rumus alias persamaanpersamaan. Mula-mula dari keadaan diam. Beda lho…. kalau percepatan benda tersebut tetap sejak awal benda tersebut bergerak. Jadi cobalah untuk mencintai rumus. benda mulai bergerak. dengan demikian percepatan sesaatnya tetap. Nah. Yang dimaksudkan dengan percepatan tetap adalah perubahan kecepatan gerak benda yang berlangsung secara tetap dari waktu ke waktu. walaupun demikian. telah disebutkan bahwa dalam GLBB. Hafal rumus akan membuat kita cepat lupa dan sulit menyelesaikan soal yang bervariasi….http://grandmall10. Jadi perlambatan sama dengan percepatan yang bernilai negatif.).com/2010/02/07/geraklurus-berubah-beraturan/ Gerak Lurus Berubah Beraturan Gerak lurus berubah beraturan (GLBB) diartikan sebagai gerak benda dalam lintasan lurus dengan percepatan tetap. Pada penjelasan di atas. dalam hal ini benda mengalami perlambatan tetap.

Dalam artikel ini. semakin lama semakin cepat/lambat.blogspot.html 1. Konsepsi Gerak Lurus Berubah Beraturan (GLBB) Gerak lurus berubah beraturan (GLBB) adalah gerak benda dalam lintasan garis lurus dengan percepatan tetap. Kita tetap saja menamakannya percepatan. Semakin lama benda bergerak semakin cepat. Kini. kita telah menurunkan persamaan/rumus percepatan rata-rata. vo = kecepatan awal (m/s) vt = kecepatan akhir (m/s) a = percepatan t = selang waktu (s) Perhatikan bahwa selama selang waktu t . di mana http://mediabelajaronline.. Jadi perlambatan sama dengan percepatan negatif. hanya saja nilainya negatif.Pada pembahasan mengenai percepatan. Jadi. Benda jatuh dari ketinggian tertentu di atas permukaan tanah. kita tidak menggunakan istilah perlambatan untuk gerak benda diperlambat..sehingga gerakan benda dari waktu ke waktu mengalami percepatan/perlambatan. Contoh sehari-hari GLBB adalah peristiwa jatuh bebas. perhatikanlah gambar di bawah yang menyatakan hubungan antara kecepatan (v) dan waktu (t) sebuah benda yang bergerak lurus berubah beraturan dipercepat. kecepatan benda berubah dari vo menjadi vt sehingga kecepatan rata-rata benda dapat dituliskan: .com/2010/03/gerak-lurus-berubah-beraturan-glbb. ciri utama GLBB adalah bahwa dari waktu ke waktu kecepatan benda berubah.

maka kita akan dapatkan persamaan GLBB yang ketiga.t Bila dua persamaan GLBB di atas kita gabungkan..Kita tahu bahwa kecepatan rata-rata : dan dapat disederhanakan menjadi : S = jarak yang ditempuh seperti halnya dalam GLB (gerak lurus beraturan) besarnya jaraktempuh juga dapat dihitung dengan mencari luasnya daerah dibawah grafik v .... 2. Contoh-Contoh GLBB a. Gerak Jatuh Bebas .

40 = 80 m t=4s 2. coba kalian perhatikan rumus yang kedua. Semakin ke bawah gerak benda semakin cepat. Gerak Vertikal ke Atas .. namun ingat jarak dihitung dari titik asal benda jatuh bukan diukur dari permukaan tanah sebagai contoh : Balok jatuh dari ketinggian 120 m berapakah waktu saat benda berada 40 m dari permukaan tanah? jawab : h = 120 ..dari ketinggian benda dari atas tanah (h) dapat digunakan untuk mencari waktu yang diperlukan benda untuk mencapai permukaan tahah atau mencapai ketinggian tertentu.Percepatan yang dialami oleh setiap benda jatuh bebas selalu sama.8 m/s2 dan sering dibulatkan menjadi 10 m/s2) Rumus gerak jatuh bebas ini merupakan pengembangan dari ketiga rumus utama dalam GLBB seperti yang telah diterangkan di atas dengan modifikasi : s (jarak) menjadi h (ketinggian) dan vo = 0 serta percepatan (a) menjadi percepatan grafitasi (g).. yakni sama dengan percepatan gravitasi bumi (a = g) (besar g = 9.Ciri khasnya adalah benda jatuh tanpa kecepatan awal (vo = nol)...

Selama bola bergerak vertikal ke atas. kecuali . Gerak Vertikal ke Bawah Berbeda dengan jatuh bebas. menyebabkan bola bergerak turun.. Pada saat benda bergerak naik berlaku persamaan : vo = kecepatan awal (m/s) g = percepatan gravitasi t = waktu (s) vt = kecepatan akhir (m/s) h = ketinggian (m) 3. gerak vertikal ke bawah yang dimaksudkan adalah gerak benda-benda yang dilemparkan vertikal ke bawah dengan kecepatan awal tertentu.g) dengan kecepatan awal tertentu lalu setelah mencapai tinggi maksimum bola jatuh bebas yang merupakan GLBB dipercepat dengan kecepatan awal nol. Jadi bola mengalami dua fase gerakan.. bola tak dapat naik lagi.. Sehingga persamaanpersamaannya sama dengan persamaan-persamaan pada gerak vertikal ke atas. gerakan bola melawan gaya gravitasi yang menariknya ke bumi. Pada saat ini kecepatan bola nol (Vt = 0). Akhirnya setelah mencapai ketinggian tertentu yang disebut tinggi maksimum (h max). Pada saat ini bola mengalami jatuh bebas. Akhirnya bola bergerak diperlambat. Oleh karena tarikan gaya gravitasi bumi tak pernah berhenti bekerja pada bola. Saat bergerak ke atas bola bergerak GLBB diperlambat (a = . Jadi seperti gerak vertikal ke atas hanya saja arahnya ke bawah.

Rangkuman GLB dan GLBB .tanda negatif pada persamaan-persamaan gerak vertikal ke atas diganti dengan tanda positif. 3.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful