VOLUME BALOK

Sufyani Prabawanto

6/3/2010

PMRI UPI

1

2. 1 C: 2. 5. 2 B: 3. 1. 1)  Empat balok-balok kertas atau kardus dengan kukuran sebagai berikut: A: 3. 8. 1 D: 2. 2 Masalah  Balok mana yang paling besar?  Balok mana yang paling kecil?  Berapa banyak kubus kayu satuan mengisi secara tepat untuk setiap balok? 6/3/2010 PMRI UPI 2 . 4.Aktivitas Pertama Bahan yang diperlukan  Kubus-kubus kayu satuan (1.

Masalah  Balok mana yang paling besar?  Balok mana yang paling kecil?  Berapa banyak kubus kayu satuan mengisi secara tepat untuk setiap balok? 6/3/2010 PMRI UPI 3 .  Empat bolok-balok kertas atau kardus (sama seperti pada aktivitas pertama tetapi dengan permukaan diberi gambar-gambar persegi satuan).Aktivitas ke dua Bahan yang diperlukan  Kubus-kubus kayu satuan.

 Gunting. 1 Masalah  Perhatikan pola-pola untuk balok itu dan berapa banyak kubus kayu satuan itu mengisi secara tepat untuk setiap balok. Gb.Aktivitas ke tiga Bahan yang diperlukan  Kubus-kubus kayu satuan.  Kertas grafik (persegi-perseginya kongruen dengan permukaan kubus kayu satuan). 6/3/2010 PMRI UPI 4 .  Pola-pola balok (lihat gambar 1).

 Gunting.  Cellotape.Aktivitas ke empat Bahan yang diperlukan  Kubus-kubus kayu satuan. Masalah  Dapatkah kalian membuat beberapa balok. menggunakan kertas berpetak.  Kertas berpetak. yang dapat memuat tepat 6 kubus satuan? Berapa banyak balok yang dapat kalian buat? Apa yang berbeda dari balok-balok itu? Apa yang sama dari balok-balok itu?  Dapatkah kalian membuat beberapa balok yang dapat memuat 8 kubus satuan? 18 kubus satuan? 24 kubus satuan?  Kelompokkan balok-balok yang dapat kalian buat yang dapat memuat banyak kubus satuan yang sama. Apa yang berbeda dari balok-balok itu? Apa yang sama dari balok-balok itu? 6/3/2010 PMRI UPI 5 .

 Isilah bagian jawaban dengan membuat baloknya dan mengisi balok itu dengan kubus-kubus kayu satuan.  Gunting.  Kertas berpetak.Aktivitas ke lima Bahan yang diperlukan  Kubus-kubus kayu satuan.  Cellotape Masalah  Isilah bagian terkaan pada tabel di bawah ini. Panjang 2 4 9 5 Lebar 2 2 2 2 PMRI UPI Balok A Balok B Balok C Balok D 6/3/2010 Tinggi 3 3 1 2 Terkaan …… …… …… …… Jawaban …… …… …… …… 6 .

Aktivitas ke enam Bahan yang diperlukan  Kubus-kubus kayu satuan.  Kertas berpetak.  Gunting. Masalah  Berapa banyak kubus satuan diperlukan untuk mengisi balok-balok berikut ini? Panjang 5 6 7 12 PMRI UPI Balok E Balok F Balok G Balok H 6/3/2010 Lebar 12 3 3 10 Tinggi 3 4 6 3 Terkaan …… …… …… …… 7 .

Aktivitas ke tujuh Bahan yang diperlukan Gambar beberapa balok yang memuat gambar persegi-persegi pada permukaannya (gambar 2) Gunting. Masalah Berapa banyak kubus satuan diperlukan untuk mengisi secara tepat balokbalok seperti pada gambar-gambar itu? Gb. 2 6/3/2010 PMRI UPI 8 .

Jika volume suatu balok disingtat v.. panjang disingkat p. maka v = ………. dan tinggi 2 cm. lebar disingkat l. Lengkapilah tabel berikut ini! Balok A Balok B Balok C Balok D Panjang 50 cm 40 cm 7 dm ……. dan tinggi disingkat t.200 cm3 1 m3 6/3/2010 PMRI UPI 9 . Banyak kubus satuan yang diperlukan mengisi secara tepat suatu balok berikut adalah volume balok itu. maka volumenya adalah ………. Jika suatu balok 5 cm. Lebar 30 cm 20 cm …… 5 dm Tinggi 40 cm ……. 2. 4. 20 cm 8 dm Volume …… 40 dm3 4. 3. lebar 3 cm.Aktivitas ke delapan 1..

PMRI UPI 10 6/3/2010 . Apakah mereka menggunakan kayu-kayu itu sebagai pembeda? Mereka dapat memeriksa jawaban-jawabannya dengan mengisi balok-balok itu dengan kubus-kubus satuan.Diskusi a-1  Pertanyaan di atas mungkin bagi anak membingungkan. kita dapat mengembangkan gagasan balok terbesar itu sebagai balok yang dapat memuat paling banyak kubus-kubus satuan dan dengan demikian menghubungkan terbesar dengan volum. Apa yang dimaksud dengan terbesar? Apakah balok terpanjang adalah terbesar? Apakah balok tertinggi adalah terbesar? SEtelah berbicara tentang yang dimaksud terbesar. Kita dapat mengamati bagaimana anak-anak merumuskan tebakantebakan mereka. Catatan: Balok C dan D adalah balok terbesar.

PMRI UPI 11 6/3/2010 . Apakah anak menemukan persegi-persegi ini membantu dalam mencapai estimasi banyaknya kubus satuan yang dibutuhkan untuk mengisi setiap balok itu? Apakah mereka hanya menghitung kubus-kubus itu (mengacaukan luas permukaan dengan volum)? Sekali lagi.Diskusi a-2  Sekarang permukaan-permukaan balok diberi gambar-gambar persegi. mereka dapat memeriksa estimasinya dengan mengisi balok-balok itu dengan kubus-kubus satuan.

mereka dapat memeriksa estimasinya dengan mengisi balok-balok itu dengan kubus-kubus satuan. Apakah anak menemukan persegi-persegi ini membantu dalam mencapai estimasi banyaknya kubus satuan yang dibutuhkan untuk mengisi setiap balok itu? Apakah mereka hanya menghitung kubus-kubus itu (mengacaukan luas permukaan dengan volum)? Sekali lagi. PMRI UPI 12 6/3/2010 .Diskusi a-3  Sekarang permukaan-permukaan balok diberi gambar-gambar persegi.

1. 4. 6. 2. PMRI UPI 13 6/3/2010 . 1. tetapi balok yang mempunyai ukuran 6.Diskusi a-4   Di dalam menyelesaikan masalah ini. 2. 1. 4. anak menginvestigasi factor dati suatu bilangan. 4. Sebagai contoh. 6. 3. 1 adalah benar-benar sama baik ukuran maupun bentuknya dengan balok yang mempunyai ukuran 2. dan seterusnya. 2. 1. 3. Begitu juga antara balok yang mempunyai ukuran 4. 1. balok-balok yang dapat memuat tepat 12 kubus satuan mempunyai ukuran 12. 1. 6. 3. Tantangan lainnya adalah meminta anak membuat satu balok terkecil yang dapat dibuat oleh satu lembar kertas itu (luas permukaan minimum). Perluasan yang cukup menarik untuk aktivitas ini adalah memberi setiap anak satu lembar kertas grafik dan diminta membuat satu balok terbesar yang dapat dibuat oleh kertas itu (balok dapat memuat paling banyak kubus). 1. 1 dan balok yang mempunyai ukuran 3. 6.

adalah banyak kubus yang diperlukan untuk mengisi balok itu.Diskusi a-5  Di dalam aktivitas ini siswa dibimbing untuk menemukan bahwa hasil kali dari banyak kubus yang menunjukkan panjang. dan banyak kubus yang menunjukkan tinggi balok. banyak kubus yang menunjukkan lebar balok. 6/3/2010 PMRI UPI 14 .

tanyakan kepada mereka. kita gunakan bilangan-bilangan besar. lebar.Diskusi a-6  Sekarang. Seperti apakah masing-masing balok itu? Berapa kubus mengisi setiap balok? Anak dapat bekerja dalam kelompok ubtuk membuat suatu model salah satu dari balok-balok itu. Apakah mereka memahami bahwa hasil kali dari tiga bilangan itu (panjang. Setelah anak menanggapi masalah yang diajukan. bagaimana kalian memperoleh jawaban itu?. dan tinggi) merepresentasikan banyak kubus yang dapat mengisi secara tepat setiap balok? 6/3/2010 PMRI UPI 15 .

Diskusi a-7  Aktivitas ini dapat membantu guru untuk melihat apakah telah mengembangkan pemahaman volume. menghitung persegi pada setiap permukaan balok? Apakah mereka hanya menghitung persegi-persegi sepanjang dasar balok? Atau dapatkah mereka menggunakan pengalamanpengalaman yang ada dalam membuat dan mengisi balok-balok untuk mengfisualisasikan pengisian balok itu dengan kubus-kubus? Di sini kita mungkin ingin menampilkan mertanyaanpertanyaan yang lebih menantang seperti berikut ini: Berapa banyak kubus diperlukan untuk mengisi secara tepat balok yang mempunyai ukuran 4. ¼? 6/3/2010 PMRI UPI 16 . 4. Bagaimana anak mencapai jawaban-jawabannya? Apakah mereka masih bingung volum dengan luas permukaan. 1/3? 2. 3. 2. ½ ? 6.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful