P. 1
KARYA ILMIAH Kacang Hijau.ku

KARYA ILMIAH Kacang Hijau.ku

|Views: 74|Likes:
Published by Harafaah Dina Wifa

More info:

Published by: Harafaah Dina Wifa on Nov 29, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

09/07/2013

pdf

text

original

Pendidkan Lingkungan Hidup (PKLH

)

28 November 2012

KARYA ILMIAH

KHASIAT DAUN SIRIH MERAH

SMA NEGRI 5 BANDAR LAMPUNG Di Susun Oleh

Nama : Arba Indra Putra Kelas : XI IPA 4

1

……………………………………………………………………………………………….…………………………………………………….3 tujuan penulisan……………………………………………………………………….10 3.2 1.………………………………………………………….……………………………………5 1.2 saran-saran……………………………………………………………………………………………….4 1.7 BAB II LANDASAN TEORI……………………………………………………………………………………………………….12 2 .4 manfaat penulisan…………………………………………………………………….1 BAB I DAFTAR ISI.8 BAB III PEMBAHASAN …...2 rumusan masalah…………………………………………………………………………..1 latar belakang………………………………………………………….…….………………………………..……………………………….9 BAB IV KESIMPULAN………………………………………………………………………………………………………….….3 1.………………………………………………….…….………………….11 DAFTAR PUSTAKA……………………………………………………………………………………………………….5 metode penulisan………………………………………………………………………………………….……………….Pendidkan Lingkungan Hidup (PKLH) 28 November 2012 DAFTAR ISI JUDUL………………………………………………....………………………………………………………………………………….6 1.

Kacang hijau sangat baik bagi kesehatan Jantung. Kacang hijau mengandung Asam Folat yang penting untuk Ibu hamil. Manfaat kacang hijau selanjutnya adalah dapat membantu penyerapan protein. Ibu hamil dapat mengonsumsi kacang hijau sejak awal kehamilan atau sebelum hamil. bibir sumbing. dan berbagai kecacatan lainnya. beri-beri. Selain itu. Hal ini karena dalam kacang hijau memiliki kandungan vitamin B1 dan vitamin B2 yang cukup. Selain itu Asam folat juga dapat meningkatkan kecerdasan bayi.Manfaat kacang hijau yang mengandung asam folat ini juga dapat menghindarkan dari terjadinya bayi kelainan jantung. hingga meningkatkan kinerja syaraf. Kandungan lemak tak jenuh dalam kacang hijau aman untuk di konsumsi dan bermanfaat bagi kesehatan jantung. 3 . Mandaat kacang hijau juga sangat baik untuk Ibu Hamil. namun masyarakat belum mengetahui apa khasiat dari kacang hijau hingga masih enggan mengkonsumsi nya. Kacang hijau mengandung fosfor dan kalsium yang sangat bermanfaat dalam pertumbuhan dan memperkuat tulang. Manfaat Kacang Hijau Untuk Ibu Hamil:Selain baik bagi kesehatan dan mencegah dari beberapa macam penyakit. bagi Anda yang memiliki masalah dengan berat badan tidak perlu khawatir untuk mengonsumsi kacang hijau.1LATARBELAKANG k acang hijaw atau phaseolus radiatus merupakan tanaman asli Indonesia yang dapat memperkuat tulang.Pendidkan Lingkungan Hidup (PKLH) 28 November 2012 BAB I PEDAHULUAN 1. kandungan protein kacang hijau juga sangat tinggi (sekitar 24%). Karena lemaknya merupakan lemak tak jenuh. mencegah kanker. Khasiat yang terkandung dalam asam folat sangat baik bagi perkembangan saraf pada bayi dalam kandungan.

Pendidkan Lingkungan Hidup (PKLH) 28 November 2012 RUMUSAN MASALAH Berdasarkan latar belakang masalah tersebut maka permasalahan dalam tulisan tersebut : 1. kacang hijau yg belum begitu di kenal di kalangan masyarakat. karna masih banyak masyarakat yang belum memahami apa manfaat tanaman kacang hijau bagi kesehatan tubuh. 2. masih kurang nya peminat mengkonsumsi di kalangan masyarakat 3. 4 ..

3 TUJUAN PENULISAN 1.membatu agar banyak peminat yang mengkonsumsi kacang hijau 3.memperkenalkan ke masyarakat apa itu tumbuhan kacang hijau 2.Pendidkan Lingkungan Hidup (PKLH) 28 November 2012 1.memberikan pemahan tentang apa itu manfaat kacang hijau 5 .

4 manfaat penulisan 1.menabah wawasan tentang manfaat kacang hijau 2.Pendidkan Lingkungan Hidup (PKLH) 28 November 2012 1.sebagai bahan referensi untuk pembaca 6 .

5 METODE PENULISAN Dikutip dari : .buku cara-cara hidup sehat dengan baik dan benar karya sukamto 7 .Pendidkan Lingkungan Hidup (PKLH) 28 November 2012 1.

Sekilas tentang tumbuhan kacang hijau yang ditanam di Indonesia dibedakan menjadi 2 jenis. kacang padi (Minagkabau). kacang herang (Sunda). Tangkai daun lebih panjang dari daunnya itu sendiri. Jenis kacang hijau yang mudah pecah harus dipanen secara bertahap agar tidak pecah di lapangan. dll Di Indonesia. Seperti retek hijau (Aceh). batangnya berbentuk bulat dan berbuku-buku. hanya 51 hari dengan hasil produksi bisa mencapai 1. Bila ditanam diatas 750 m diatas permukaan air laut maka jumlah produksinya akan menurun. Letak daun berseling. Tanaman dengan nama latin Vigna radiata L dari famili Leguminoceae ini diduga berasal dari India yang kemudian menyebar ke berbagai negara di Asia tropis termasuk Indonesia pada awal abad ke-17. Tumbuhan kacang hijau membutuhkan cahaya matahari lebih dari 10 jam per hari. Varietas Siwalik merupakan jenis varietas dengan umur panen paling panjang. kacang ijo (Jawa). tumbuhan kacang hijau tumbuh tegak. Daun dari tumbuhan kacang hijau ini berbentuk oval dengan bagian ujung yang lancip dan berwarna hijau muda hingga hijau tua. SEdangkan varietas Nuri merupakan varietas dengan umur panen terpendek. Tanaman kacang hijau ini biasanya bercabang banyak dan daunnya tumbuh majemuk yang terdiri dari 3 helai anak daun pada setiap tangkai. Kacang hijau merupakan tumbuhan yang menyukai daerah yang memiliki kelembapan udara antara 50-89%.56 ton pe hektar.9-1. Kacang hijau banyak digunakan sebagai bahan membuat bubur di wilayah pulau Jawa. Seperti layaknya tanaman bersemak lainnya. umur panen pendek. Kacang hijau atau dalam bahasa Inggris disebut mung bean ini juga mempunyai bermacam-macam nama sebuta di daerah-daerah wilayah Indonesia. berbulu. berwarna hijau kecoklatan atau kemerahan. juga tahan terhadap bercak cokelat daun.700 m diatas permukaan air latu.2 ton polong kering per hektar area tanam. yaitu kacang hijau yang polongnya pecah saat masak (dehiscen) dan kacang hijau yang polongnya tidak pecah saat masak (indihecen). kacang hijau ini juga terkenal sebagai tanaman sayur semusim. Saat ini terdapat paling tidak terdapat 13 varietas tumbuhan kacang hijua yang ditanam petani di Indonesia. Ukuran batangnya kecil. Varietas Nuri ini yang paling banyak ditanam petani karena selain hasil produksinya tinngi.Pendidkan Lingkungan Hidup (PKLH) 28 November 2012 BAB II LANDASAN TEORI Kacang hijau adalah sebuah kacang berbentuk butiran kecil dengan warna kulit hijau. Sehingga tidak terlalu sulit untuk membudidayakan tumbuhan kacang hijau ini di Indonesia 8 . Sekilas tentang tumbuhan kacang hijau: Kacang hijau termasuk tanaman berbentuk semak yang tumbuh tegak. yaitu 100 hari dengan hasil produksi bisa mencapai 0. Kacang hijau merupakan tumbuhan berakar tunggang dan termasuk ke dalam tanaman tropis dataran rendah yang bisa dibudidayakna pada ketinggian 5 .

setelah kedelai dan kacang tanah.Kacang hijau mengandung vitamin B1 yang berguna untuk pertumbuhan dan vitalitas pria. digunakan dalam pembuatan kue-kue dan cenderung membentuk gel. Kacang hijau di Indonesia menempati urutan ketiga terpenting sebagai tanaman pangan legum. Lemak kacang hijau tersusun atas 73% asam lemak tak jenuh dan 27% asam lemak jenuh. Biji kacang hijau direbus hingga lunak dan dimakan sebagai bubur atau dimakan langsung. oleh karena itu anak-anak dan wanita yang baru saja bersalin dianjurkan untuk mengkonsumsinya. Kecambah kacang hijau menjadi sayuran yang umum dimakan di kawasan Asia Timur dan Asia Tenggara dan dikenal sebagai tauge. Bagian paling bernilai ekonomi adalah bijinya. Tepung ini juga dapat diolah menjadi mi yang dikenal sebagai soun. menjadi semacam bubur. Tumbuhan yang termasuk suku polong-polongan (Fabaceae) ini memiliki banyak manfaat dalam kehidupan sehari-hari sebagai sumber bahan pangan berprotein nabati tinggi. Maka kacang hijau dan turunannya sangat cocok untuk dikonsumsi oleh mereka yang baru menikah. Kacang hijau bila direbus cukup lama akan pecah dan pati yang terkandung dalam bijinya akan keluar dan mengental. Kacang hijau juga mengandung multi protein yang berfungsi mengganti sel mati dan membantu pertumbuhan sel tubuh. Tepung biji kacang hijau.Kandungan kalsium dan fosfor pada kacang hijau bermanfaat untuk memperkuat tulang. antara lain kalsium dan fosfor.Pendidkan Lingkungan Hidup (PKLH) 28 November 2012 BAB III PEMBAHASAN Kacang hijau Menurut kamus Wikipedia. bakpau. Manfaat kacang hijau bagi tubuh Kacang Hijau Kacang hijau memiliki kandungan protein yang cukup tinggi dan merupakan sumber mineral penting. Sedangkan kandungan lemaknya merupakan asam lemak tak jenuh. 9 . Kadar lemak yang rendah dalam kacang hijau menjadikan bahan makanan atau minuman yang terbuat dari kacang hijau tidak mudah berbau. Asupan lemak tak jenuh tinggi penting untuk menjaga kesehatan jantung. Kacang hijau juga mengandung rendah lemak yang sangat baik bagi mereka yang ingin menghindari konsumsi lemak tinggi. Biji matang yang digerus dan dijadikan sebagai isi onde-onde.kacang hijau merupakan tanaman asli Indonesia Kacang hijau adalah sejenis tanaman budidaya dan palawija yang dikenal luas di daerah tropika. Umumnya kacang-kacangan memang mengandung lemak tak jenuh tinggi. disebut di pasaran sebagai tepung hunkue. atau gandas turi.

Kandungan kalsium dan fosfor pada kacang hijau bermanfaat untuk memperkuat tulang. Kacang hijau sangat baik bagi kesehatan Jantung. Kacang hijau juga mengandung rendah lemak yang sangat baik bagi mereka yang ingin menghindari konsumsi lemak tinggi. Hal ini karena dalam kacang hijau memiliki kandungan vitamin B1 dan vitamin B2 yang cukup.Pendidkan Lingkungan Hidup (PKLH) 28 November 2012 BAB IV KESIMPULAN Kacang hijaw atau phaseolus radiatus merupakan tanaman asli Indonesia yang dapat memperkuat tulang. beri-beri. mencegah kanker. antara lain kalsium dan fosfor. Asupan lemak tak jenuh tinggi penting untuk menjaga kesehatan jantung. Kacang hijau mengandung fosfor dan kalsium yang sangat bermanfaat dalam pertumbuhan dan memperkuat tulang. hingga meningkatkan kinerja syaraf. Lemak kacang hijau tersusun atas 73% asam lemak tak jenuh dan 27% asam lemak jenuh. kandungan protein kacang hijau juga sangat tinggi (sekitar 24%). Kadar lemak yang rendah dalam kacang hijau menjadikan bahan makanan atau minuman yang terbuat dari kacang hijau tidak mudah berbau. Karena lemaknya merupakan lemak tak jenuh. Sedangkan kandungan lemaknya merupakan asam lemak tak jenuh. Kandungan lemak tak jenuh dalam kacang hijau aman untuk di konsumsi dan bermanfaat bagi kesehatan jantung. bagi Anda yang memiliki masalah dengan berat badan tidak perlu khawatir untuk mengonsumsi kacang hijau. 10 . Kacang hijau memiliki kandungan protein yang cukup tinggi dan merupakan sumber mineral penting. oleh karena itu anak-anak dan wanita yang baru saja bersalin dianjurkan untuk mengkonsumsinya.Kacang hijau mengandung vitamin B1 yang berguna untuk pertumbuhan dan vitalitas pria. Kacang hijau juga mengandung multi protein yang berfungsi mengganti sel mati dan membantu pertumbuhan sel tubuh. Umumnya kacang-kacangan memang mengandung lemak tak jenuh tinggi. Manfaat kacang hijau selanjutnya adalah dapat membantu penyerapan protein. Selain itu. Maka kacang hijau dan turunannya sangat cocok untuk dikonsumsi oleh mereka yang baru menikah.

11 .Pendidkan Lingkungan Hidup (PKLH) 28 November 2012 3.2 SARAN mengkonsumsi kacang-kacangan sangat lah bagus demi kelancaran asupan nutrisi bagi tubuhsalah satu nya kacang hijaw begitu banayak nya khasiat yg di rasakan langsung oleh tubuh maka dari itu kita jangan takut-takut lagi untuk mengkonsumsi kacang hijau.

com 12 .Pendidkan Lingkungan Hidup (PKLH) 28 November 2012 DAFTAR PUSTAKA Davidhernandes (2006)cara hidup sehat agung mardi (2008) pola sehat situs internet : http://hidup sehat .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->