P. 1
kecambah

kecambah

|Views: 43|Likes:

More info:

Published by: Muhamad Fikri Alhawarizmi on Nov 29, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

09/17/2013

pdf

text

original

s

Laporan Hasil Pengamatan Biologi
Pengaruh Intensitas Cahaya Terhadap Pertumbuhan Kacang Hijau

kelembaban. Biji kacang hijau dikatakan mengalami pertumbuhan dan perkembangan jika sudah mulai berkecambah. . dan kadar keasaman tanah.1 Latar Belakang Masalah Salah satu ciri makhluk hidup adalah mengalami pertumbuhan dan perkembangan.4 Tujuan Penelitian Mengetahui pengaruh inensitas cahaya yang diberikan terhadap pertumbuhan kacang hijau (vigna radiata).BAB I PENDAHULUAN 1. sedangkan perkembangan adalah proses perubahan menuju dewasa. Pertumbuhan kacang hijau dipengaruhi oleh berbagai faktor seperti. 1.2 Rumusan Masalah Adakah pengaruh cahaya terhadap pertumbuhan kecambah? 1.3 Hipotesis Cahaya matahari dapat memperlambat laju pertumbuhan kacang hijau 1. Begitu juga dengan pertumbuhan kecambah kacang hijau juga mengalami hal tersebut. 1. intensitas cahaya.5 Manfaat Penelitian Mempelajari bagaimana intensitas cahaya dapat mempengaruhi cepat lambatnya pertumbuhan kecambah. Pertumbuhan adalah peningkatan ukuran yang bersifat permanen (tetap) dan tidak dapat dibalik.

Mempersiapkan tiga buah wadah dan memberi label A untuk tanaman yang diletakkan di tempat terang dan label B untuk tanaman yang diletakkan di tempat dengan cahaya sedang dan C untuk tempat gelap.BAB II METODE PENELITIAN 3. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh tanaman kacang hijau. 2. dan kuat/lemahnya batang.3 Variabel 1. warna daun. Variabel kontrol dalam penelitian ini yaitu: kadar air. Memilih 15 biji kacang hijau dengan ukuran dan kualitasnya relatif sama 2. ukuran dan kualitas biji kacang hijau. Menanam masing-masing 5 biji kacang hijau di ketiga wadah tersebut . 3. Sampelnya adalah lima tanaman kacang hijau yang masing-masing ditanam di tempat gelap. pH/derajat keasaman 2. Bahan-bahan yang diperlukan yaitu: 1. jumlah pupuk. Kapas 3. Kacang hijau berjumlah 20 biji 2. Alat tulis menulis yang diperlukan B.2 Populasi dan Sampel 1.1 Alat dan Bahan A. 3. kelembaban dan tekstur/struktur tanah. suhu. 3. dan tempat terang. tempat dengan intensitas cahaya sedang. Variabel terikat dalam penelitian ini yaitu: kecepatan pertumbuhan tanaman kacang hijau. Penggaris untuk mengukur tinggi tanaman 3.4 Cara kerja 1. kadar oksigen dan kelembaban udara. Mempersiapkan kapas basah sebagai media penanaman kacang hijau 4. Air 3. Tiga buah botol air mineral 1 liter 2. Variabel bebas dalam penelitian ini yaitu: intensitas cahaya matahari pada tempat penanaman tanaman kacang hijau 3. Alat-alat yang diperlukan yaitu: 1.

Mengukur tinggi tanaman kacang hijau secara berkala selama 6 hari dan mendokumentasikan hasil pengamatan 6.5. Membuat laporan hasil pengamatan tanaman seperti . Mengamati perbedaan pertumbuhan yang terjadi pada kedua warna daun/batang dan keadaan batang 7.

3 Rata-rata Panjang Rata-rata Pertambahan Panjang Perhari Grafik hasil pengamatan pertumbuhan tanaman kacang hijau (cm) 35 30 25 20 15 10 5 0 Hari ke-1 Hari ke-2 Hari ke-3 Hari ke-4 Hari ke-5 Hari ke-6 Gelap Sedang Terang .BAB III HASIL PENGAMATAN KECAMBAH Hasil pengamatan pertumbuhan kecambah (cm) pada berbagai perlakuan) Pertumbuhan Kecambah (cm) Hari A I II III IV V VI 1 3 9 15 21 29.5 2 5 10 15 24 C 0.2 1 5 7 10 17.5 B 0.

Tapitanamankacanghijaupadapercobaan2tampaksangatkurus. setiap percobaan dari percobaan I dan II menunjukkan banyak perbedaan. Tanaman kacang hijau pada percobaan pertama tampak lebih subur daripada tanaman kacang hijau pada percobaan 2. batangnya tegak dan ukuran batangnya lebih besar. . disebabkan karna air pada batang tersebut sedikit karena daun tidak melakukan fotosintesis. Hal tersebut dikarenakan Tanaman kacang hijau padapercobaan1mendapatkancahayamatahariyangcukup. Batang tersebut panjang karena pertumbuhan tidak diberi sinar matahari.Pert umbuhandaunnyaabnormaldantidakmelebar 5.BAB V PENUTUP 5.perkecambahantanamankacang hijaupadapercobaan2lebihcepatdaripadapekecambahanpadapercobaan1. dan lamanya mungkin 1menit) dan ditaruh di tempat gelap   Daun gelas B berwarna hijau biasa dan tidak tipis dan tidak tebal.Ukuranbatangnyap unlebihpanjang.disebabkan karna daun tersebut mengalami fotosintesis tidak terlalu banyak. disebabkan karnadaun tersebut tidak melakukan fotosintesis (tapi sedikit berfotosintesis karnakukeluarkan untuk diamati di bawah sinar matahari. 2. Tanaman kacang hijau pada percobaan pertama tampak hijau. daunnya tumbuh dengan normal dan melebar. berwarna hijau tua dan tebal. BATANG  Batang gelas A berwarna pucat dan batang tersebut sangat lemah. Dan juga berada di bawah sinar matahari.danpucat. gerak ini mungkin disebut gerak nasti. Disebabkan karena daun tersebut melakukan fotosintesis dan penguapan terlalu banyak.2 Kesimpulan 1. Bila dilihat dari table diatas. DAUN  Daun gelas A lebih muda dan tipis dengan berwarna.ditaruh di tempat gelap Daun gelas C lebih besar dari gelas lain. dan batangnya memanjang.Sedangkantanamankacanghijaupa dapercobaan2tidakmendapatkancahayamatahariyangcukup. Gerak batang tersebut teratur karena batangnya melengkung kemanamana dan terus mencari sinar matahari di tempat gelap.1 Pembahasan Percobaan ini menghubungkan antara kacang hijau dengan intensitas cahaya.

Air pada batang tersebut tidak banyak dan tidak sedikit.3 Saran-saran Sebaiknya dalam melakukan penelitian terhadap pertumbuhan kacang hijau. Panjang tumbuhan tersebut sedikit lebih rendah dengan batang gelas A ini disebabkan karena proses fotosintesis walaupun sedikit.  Batang gelas C berwarna coklat di bagian bawah dan batangnya lebih keras dari batang gelas lainnya. Pertumbuhan batangtersebut sangat lambat karna. jadi batang tersebut pertumbuhannya sedikit lamban. proses penguapan yang terlalu banyak. 3. Teraturlah dalam penyiraman air agar didapatkan hasil yang benar dalam percobaan untuk mengetahui pertumbuhan kecambah dengan intensitas cahaya sebagai variable bebas. Disebabkan karena pengaruh fotosintesis yang kurang banyak. Ini disebabkan karena batang tersebut airnya sudah mengering karna proses penguapan yang sangat banyak. Perlu diperhatikan kelembaban tanah. AKAR Untuk akar mungkin tidak ada tapi yang membedakan hanya padakeras akar tersebut akar gelas A sangat lembek dan tidak keras    Akar gelas A sangat lembek dan tidak keras Akar gelas B sedikit keras Akar gelas C paling keras 5. Batang gelas B sedikit tipis dan sedikit tebal. . Jangan sampai terlalu basah dan jangan pula terlalu kering.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->