P. 1
Perbedaan Organisasi Komputer Dan Arsitektur Komputer

Perbedaan Organisasi Komputer Dan Arsitektur Komputer

|Views: 32|Likes:
Published by Indra Fitra Ade

More info:

Published by: Indra Fitra Ade on Nov 30, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

10/18/2013

pdf

text

original

Tugas organisasi dan aksitektur computer Trisatya Marthadison 2010610057 TI (B

)

MATERI : 1. Jelaskan perbedaan utama organisasi computer dan arsitektur computer ?, dan berikan contohnya 2. Gambarkan struktur top level computer dan jelaskan masing masing fungsinya ? 3. Gambarkan struktur central processing unit dan jelaskan masing masing fungsinya ? 4. Gambarkan operasi operasi computer dan jelaskan masing masing fungsinya ?

Pabrik komputer memproduksi sekelompok model komputer. Apakah instruksi pengalamatan tersebut akan diimplementasikan secara langsung ataukah melalui mekanisme cache adalah kajian organisasional. dan memiliki dampak langsung pada eksekusi logis sebuah program contoh: set instruksi. yang memiliki arsitektur sama tapi berbeda dari segi organisasinya yang mengakibatkan harga dan karakteristik unjuk kerja yang berbeda. mekanisme I/0.  Arsitektur sama. teknik pengalamatan.  # apakah suatu komputer perlu memiliki instruksi pengalamatan pada memori merupakan masalah rancangan arsitektural. organisasi dapat berbeda  Arsitektur bertahan lama. sistem memori.atribut sistem komputer yang terkait dengan seorang programmer. dan contohnya :  Jika organisasi komputer mempelajari bagian yang terkait dengan unit-unit operasional komputer dan hubungan antara komponen sistem computer. organisasi menyesuaikan perkembangan teknologi artinya Arsitektur komputer dapat bertahan bertahun-tahun tapi organisasi komputer dapat berubah sesuai dengan perkembangan teknologi. Perbedaan antara organisasi computer dengan arsitektur computer . dan sinyal–sinyal kontrol Sedangkan arsitektur komputer mempelajari atribut .dan interkoneksinya yang merealisasikan spesifikasi arsitektural contoh: teknologi hardware. aritmetika yang digunakan. perangkat antarmuka (interface). teknologi memori. .1. contoh :  Semua intel family x86 memiliki arsitektur dasar yang sama  Family IBM system/ 370 memiliki arsitektur dasar yang sama  Organisasi antar versi memiliki perbedaan.

skema Arsitektur Komputer secara umum Teknologi organisasi computer .

Perangkat lunak tersebut dapat dijalankan oleh CPU dengan membacanya dari media penyimpan.Struktur top level computer dan fungsi : Struktur top level computer Fungsi masing masingnya : 1. mengkodekan dan mengeksekusi instruksi program 2. seperti papan ketik. Di dalam CPU inilah semua kerja komputer dilakukan. 3. Fungsi utama dari CPU adalah melakukan operasi aritmatika dan logika terhadap data yang diambil dari memori atau dari informasi yang dimasukkan melalui beberapa perangkat keras. CPU dapat mengakses data-data pada RAM dengan menentukan alamat data yang dikehendaki. seperti cakram keras. Hal-hal yang perlu dilakukan CPU adalah: 1. . Membaca. Central Processing Unit (CPU) : CPU berfungsi seperti kalkulator. Instruksi-instruksi tersebut kemudian disimpan terlebih dahulu pada memori fisik (RAM).menyediakan clock dan sinyal kontrol kepada sistem. tuas kontrol. Mengirim data dari dan ke memori. CPU dikontrol menggunakan sekumpulan instruksi perangkat lunak komputer. hanya saja CPU jauh lebih kuat daya pemrosesannya. cakram padat. Selanjutnya. maupun tetikus. maupun pita perekam. dapat dikatakan bahwa CPU merupakan otak dari sebuah komputer. serta dari dan ke bagian input/output. Merespon interupsi dari luar. pemindai. disket.2. yang mana setiap instruksi akan diberi alamat unik yang disebut alamat memori. CPU merupakan bagian fungsional yang utama dari sebuah sistem komputer.

Arithmetic and Logic Unit (ALU) : Bertugas membentuk fungsi – fungsi pengolahan data computer. CPU perlu mengingat lokasi instruksi terakhir sehingga CPU akan dapat mengambil instruksi berikutnya. : Merupakan system yang menghubungkan CPU. 2. dan pemindahan data ke ALU atau dari ALU. input output (I/O) 4. jelas CPU perlu menyimpan data untuk sementara waktu. System interconnection utama dan I/O : Menyimpan data : Memindahkan data antara komputer dengan lingkungan luarnya.Struktur Central Processing Unit (CPU) dan fungsi : Struktur Central Processing Unit (CPU) Masing masing fungsinya : 1. memori . CPU memerlukan memori internal berukuran kecil yang disebut Register. Arithmetic and Logic Unit (ALU) berfungsi membentuk operasi-operasi aritmatika dan logic terhadap data Register menyimpan data sementara dan hasil operasi ALU. ALU sering di sebut mesin bahasa karena bagian ini ALU terdiri dari . Control unit menghasilkan sinyal.Dengan kata lain. CPU perlu menyimpan instruksi dan data untuk sementara waktu pada saat instruksi sedang dieksekusi. Memori Utama 3.. yang akan mengontrol operasi ALU. 3. unit yang bertugas untuk melakukan operasi aritmetika dan operasi logika berdasar instruksi yang ditentukan.Dalam melakukan hal-hal di atas.

yang digunakan untuk menyimpan data dan/atau instruksi yang sedang diproses. sehingga otak dapat diibaratkan sebagai CPU. ALU melakukan semua operasi aritmatika dengan dasar penjumlahan sehingga sirkuit elektronik yang digunakan disebut adder. yaitu sama dengan (=). kurang dari (<). Tugas utama dari ALU adalah melakukan semua perhitungan aritmatika (matematika) yang terjadi sesuai dengan instruksi program. biasanya di gunakan untuk menyimpan data saat di olah ataupun data untuk pengolahan selanjutnya. register ini dapat diibaratkan sebagai ingatan di otak bila kita melakukan pengolahan data secara manual. dan lebih besar atau sama dengan (³ ). yang berisi ingatan-ingatan. yaitu unit arithmetika dan unit logika boolean yang masing-masing memiliki spesifikasi tugas tersendiri. Secara analogi. 2.Control Unit (CU) : bertugas mengontrol operasi CPU dan secara keselurahan mengontrol komputer sehingga terjadi sinkronisasi kerja antar komponen dalam menjalankan fungsi – fungsi operasinya 3. lebih besar dari (>).Internal CPU Interconnections : adalah sistem koneksi dan bus yang menghubungkan komponen internal CPU yaitu ALU. seperti memori utama. unit kontrol dan register-register dan juga dengan bus-bus eksternal CPU yang menghubungkan dengan sistem lainnya.Registers : merupakan alat penyimpanan kecil yang mempunyai kecepatan akses cukup tinggi. tidak sama dengan (¹ ).dua bagian. 4. Memori ini bersifat sementara. piranti masukan /keluaran. satuan kendali yang mengatur seluruh kegiatan tubuh dan mempunyai tempat untuk melakukan perhitungan dan perbandingan logika.Tugas lain dari ALU adalah melakukan keputusan dari suatu operasi logika sesuai dengan instruksi program. Struktur detail internal CPU . kurang atau sama dengan (£ ). Operasi logika meliputi perbandingan dua operand dengan menggunakan operator logika tertentu.

3) pemrosesan data dari / ke penyimpan data . 2) penyimpanan data .4. Contoh : keyboard ke screen. 2. Fungsi komputer terdiri atas : 1) pemindahan data . dan 4) pemrosesan data dari penyimpanan data ke I/O. Pengolahan Data. dan Kontrol. Penyimpanan Data . 1. Fungsi Operasi pemindahan data (data movement) : -fungsi computer sebagai alat memindahkan data : dengan memindahkan data dari peripheral atau saluran komunikasi ke perangkat lainya.Operasi operasi computer dan masing masing fungsinya : fungsi komputer terbagi atas : Pemindahan Data . Jarak lebih jauh maka proses komunikasi data. Fungsi operasi penyimpan data (data storage) .

Fungsi operasi pengolahan data (processing) Pemrosesan data dari/ke penyimpanan data Fugsi computer sebagai pengolahan data. Contoh : updating bank statement Fungsi Pemrosesan data dari penyimpan data ke I/O . baik dari atau ke penyimpanan.Computer sebagai alat menyimpan data : Data di pindahkan dari lingkungan luar ke penyimpanan computer (baca) dan sebaliknya (tulis) Contoh : internet download ke disk/hardisk 3.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->