P. 1
Ppt Kewenangan Bidan Dalam Pemberian Obat

Ppt Kewenangan Bidan Dalam Pemberian Obat

|Views: 248|Likes:
Published by yuusee

More info:

Published by: yuusee on Nov 30, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPTX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

08/29/2015

pdf

text

original

Benar pasien Benar obat Prinsip 6 benar dalam pemberian obat Benar dosis Benar cara / Rute Benar waktu Benar dokumentasi .

Thiamine (vitamin B1). Folic acid. Vitamin D. Contoh : Ascorbic acid (vitamin C). Obat dalam kategori ini amat kecil kemungkinannya bagi keselamatan janin.Kategori A obat dalam golongan ini adalah obat yang pada studi (terkontrol) pada kehamilan tidak menunjukkan resiko bagi janin pada trimester 1 dan trimester berikutnya. Vitamin E. . Nystatin.

Ampicillin. Cefotaxime. Belum ada studi terkontrol pada wanita hamil yang menunjukkan adanya efek samping. sedangkan pada trimester berikutnya tidak didapatkan bukti adanya resiko.• Kategori B obat yang pada studi terhadap sistem reproduksi binatang percobaan tidak menunjukkan resiko bagi janin. . CTM. Acyclovir. Contoh : Parasetamol. kecuali adanya penurunan fertilitas pada kehamilan trimester pertama.

Belum ada studi terkontrol pada wanita hamil yang menunjukkan adanya efek samping. Atropin. kecuali adanya penurunan fertilitas pada kehamilan trimester pertama. .Kategori C Adalah golongan obat yang pada studi terhadap sistem reproduksi binatang percobaan tidak menunjukkan resiko bagi janin. sedangkan pada trimester berikutnya tidak didapatkan bukti adanya resiko. Aminophylline. Contoh : Asetosal. Calcium gluconate.

Penggunaan obat golongan ini terutama untuk mengatasi keadaan yang mengancam jiwa atau jika tidak ada obat lain yang lebih aman. Contoh : Amobarbital. Diazepam. . Minocycline. Pada keadaan khusus obat ini digunakan jika manfaatnya kemungkinan lebih besar dibanding resikonya.Kategori D adalah golongan obat yang menunjukkan adanya resiko bagi janin.

Atorvastatin. . atau kemungkinan dalam keadaan hamil. Obat golongan ini tidak boleh dipergunakan (kontra indikasi) untuk wanita hamil. Misoprostol. Contoh : Chorionic gonadotrophin.Kategori X adalah golongan obat yang pada studi terhadap binatang percobaan maupun pada manusia menunjukkan bukti adanya resiko bagi janin. Nicotine (po).

• Mekanisme kerja : Merangsang kontraksi otot polos uterus untuk mempercepat persalinan. ruam kulit. anoreksia • Interaksi obat : Dengan obat Vasopresor dpt mengakibatkan hipertensi dan dg anastesi siklopropan menyebabkan hipertensi . induksi pengeluarkan ASI • Efek samping : Konstipasi. mual. muntah.

• Obat :Dinoproston (PGE2) pervaginal • Sediaan :Tablet dan jelly • Indikasi :Pematangan serviks dan Induksi dan penguatan persalinan serta penatalaksanaan kala tiga persalinan • Kontraindikasi :Terdapat ruptura membran amnion . Adanya riwayat sikatris .PROSTAGLANDIN merupakan senyawa yg dibuat dari fosfolipid pada membran sel dlm jaringan tubuh.

Wewenang seorang bidan dalam pemberian obat antara lain : 1. tanggal 25 Juli 2002. Pelayanan ginekologik ringan .Wewenang Bidan Dalam Pemberian Obat Sesuai dengan Keputusan Menteri Kesehatan RI. nomor : 900/MENKES/SK/VII/2002.

sedativa pada preeklamsia/eklamsi. Memberikan suntikan kepada penyulit kehamilan meliputi pemberian secara parental antbiotika pada infeksi /sepsis. . ibu dan bayi 2. sebagai pertolongan pertama sebelum dirujuk.1. CPW. oksitoksin pada kala III dan kala IV untuk pencegahan/penanganan perdarahan post partum karena hipotonia uteri. Memberikan imunisasi kepada WUS termasuk remaja putri.

Metilat ( Metiska Farme ) Methovin ( Kimia Farma ) . 1. Methylergometrine Nama Generic : Methylergometrine Nama Dagang : Methergin ( Sandoz ). Perdarahan pasca Abortus .Obat – obatan yang berhubungan dengan kebidanan  Uterus Tonika Obat yang kerjanya mempengaruhi kontraksi rahim.Indikasi Sebagai Stimulan Uterus pada Perdarahan Pasca Persalinan.

Oksitosik Golongan obat yang digunakan untuk merangsang kontraksi otot polos uterus dalam membantu proses persalinan. • Obat : Oxytocin (Pitocin. Syntocinon) 10 Unit/ampl . pencegahan perdarahan pasca persalinan (P3) serta penguatan persalinan.

prostin E2 (pharmacia) Indikasi : Prostaglandin digunakan untuk mematangkan serviks uterus dan menyebabkan kontraksi selama induksi persalinan . Dinoproston Nama Paten : gemesprost . Nama Generik : Gemeprost. Prostaglandin Hormon yang disekresikan oleh berbagai jaringan tubuh. misalnya otot uterus.3.

Difteri. Campak. Obat Hemostatid (Anti Perdarahan) 1.  Obat-obat Imunologi Vaksinasi TBC. Tetanus. Polio. Kavitin Indikasi Sewaktu aktivitas protrombin terdepresi oleh kelebihan warperin atau difesiensi Vit K. Vitamin K Nama Genetik : Vit K Fitomenadion Nama Patent : Autoplex 2 peba ( aktifasi factor VIII dan IX ) Kaywan. Hepatitis .

senyawa FE sorbitol Nama patent : .Jectofer ( AstraZeneca)  Asam Folat Asam folat termasuk kelompok vitamin B yang bermanfaat untuk mengurangi NTD (Neural Tubes Defects) atau kelainan susunan saraf pusat. Nama generik : Asam Folat Nama patent : Preconceive . Zat Besi Nama generik : .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->