P. 1
ISO-9000

ISO-9000

|Views: 109|Likes:
Published by EvAn Cuakep Bgd

More info:

Published by: EvAn Cuakep Bgd on Nov 30, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

09/14/2013

pdf

text

original

KATA PENGANTAR AlhamduLilah Hirobbil A’lamin, dengan mengucap puji syukur kehadiran Allah SWT yang telah berkenaan

melimpahkan rahmad, taufiq serta hidayahNYA, sehingga saya dapat menyelesaikan makalah ini dengan baik dan tepat pada waktu yang telah di tentukan. Tidak lupa saya ucapkan terima kasi kepada …selaku dosen pembimbing dan teman-teman yang telah member banyak dukungan dalam proses pengerjaan makalah ini. Meskipun makalah ini jauh dari sempurna tapi saya berharapkan kita dapat memperoleh pelajaran dan semoga makalah ini dapat berguna bagi kita semua, sehingga apa yang telah saya kerjakan tidaklah menjadi sia-sia. Saya hanyalah manusia yang tidak lepas dari kesalahan. Akan sangat bijaksana apabila kekurangan-kekurangan dalam makalah ini ditanggapi berupa saran-saran yang kontruktif. Semoga berguna untuk kita semua.

Tuban 1 November 2012

KHOIRUL HUDA

1

maka standar ISO menjadi sangat penting dan merupakan keharusan bila perusahaan ingin tetap eksis.ABSTRAK Nama Dosen Pembimbing Kata kunci : KHOIRUL HUDA 2009-E : Dra. Sistem manajemen mutu ISO-9000 sangat antisipatif. termasuk perguruan tinggi dan universitas. ISO 9000 pertama kali dikeluarkan pada tahun 1987 oleh International Organization for Standardization Technical Committee (ISO/TC) 176. ISO 9000 yang dirumuskan oleh TC 176 ISO. Walaupan standar-standar ini pada mulanya untuk pabrik-pabrik. Bagi perusahaan yang menerapkan sistem standar ISO-9000 akan mendapatkan banyak manfaat yang bersifat internal maupun external.pd : Dampak dan Manfaat ISO-9000 terhadap perekonomian ISO 9000 adalah kumpulan standar untuk sistem manajemen mutu (SMM). peningkatan efisiensi. ISO/TC inilah yang bertanggungjawab untuk standar-standar sistem manajemen mutu. produktifitas yang naik dan tingkat kompetetif yang semakin tinggi. ketat dalam prosedur dan dokumentasi progresif dalam audit dan tindakan koreksi serta dilengkapi dengan program sertifikasi. Apabila pasar bersifat internasional atau global dan ada tuntutan dari konsumen. Manfaat tersebut antara lain: penghematan biaya. 2 . Sebuah perusahaan atau organisasi yang telah diaudit dan disertifikasi. yaitu : 1. sebagai perusahaan yang memenuhi syarat-syarat dalam ISO 9001 berhak mencantumkan label "ISO 9001 Certified" atau "ISO 9001 Registered". saat ini mereka telah diaplikasikan ke berbagai perusahaan dan organisasi. yaitu organisasi internasional di bidang standardisasi. sehingga penerapan ISO-9000 dapat meningkatkan daya saing perusahaan lebih-lebih pasar eropa. Penting tidaknya ISO-9000 bagi perusahaan sangat dipengaruhi oleh berbagai factor seperti manajemen. Terdapat beberapa kelebihan yang ada pada sistem mutu ISO-9000. WIDIARTI M. wilayah pemasaran dan tuntutan konsumen.

3. Pengembangan. karena sertifikasi bukanlah suatu keharusan. perlu dilandasi oleh sikap yang timbul atas dasar prakarsa dari perusahaan. Agar implementasi sistem mutu ISO-9000 dapat berhasil dengan baik terdapat lima tahapan yang perlu dilakukan. Adopsi. yaitu membudayakan sistem dokumentasi mutu. Implementasi. Sistem manajemen mutu ISO-9000 sangat informative dan mudah dipahami serta telah dijadikan sistem manajemen mutu standar internasional. 3. dan sumber daya manusia. Tujuan implementasi sistem manajemen mutu ISO-9000. Assessment (penilaian). yaitu untuk meningkatkan daya saing. 2.2. Perusahaan yang ingin memperoleh sertifikat ISO-9000 langkah penting yang harus dilakukan adalah membenahi berbagai aspek manajemen yang sifatnya kedalam. tetapi logika ISO-9000 memiliki dua kutub potensi. Meskipun secara konsep sistem manajemen mutu ISO9000 cukup bagus dan logis. 5. Potensi mana yang akan tergali ditentukan oleh banyak factor diantaranya adalah factor motifasi. 3 . Sertifikasi ISO-9000 dapat diterima dengan mudah dari badan penilai akreditasi (accreditation body) bila segala ketentuan dan persyaratan dalam seri ISO telah terpenuhi dan dari lembaga penilai dinyatakan layak mendapatkan sertifikasi. yaitu kutub kearah positif dan kearah sebaliknya. Implementasi sistem mutu ISO-9000 untuk menuju sertifikasi. komitmen. yaitu: 1. Persiapan. 4. Sistem manajemen mutu ISO-9000 sangat adaptif untuk diaplikasikan pada berbagai macam bidang industry baik penghasil barang maupun jasa.

................................... 6 BAB II PEMBAHASAN ....................................................... 14 REFERENSI . 3 BAB I PENDAHULUAN ................................................................................. 5 A................................................... 7 B..... LANGKAH-LANGKAH YANG HARUS DILAKUKAN ............. ISO-9000 .......................................................................................................... MANFAAT DAN PENTINGNYA ISO-9000 ..... 5 C............. RUMUSAN MASALAH .......... 8 C....................................... 11 BAB III PENUTUP ...................... TUJUAN..........DAFTAR ISI KATA PENGANTAR ..................................... 1 ABSTRAK .... 5 B........................................................... 2 DAFTAR ISI . 7 A................................................................................................................................................................................................................ 11 D.................. 15 4 .............................. MENDAPATKAN ISO-9000 ... LATAR BELAKANG ............................................................................................................................................................................................

Apakah yang menjadi tolak ukur suatu produk dinyatakan layak 2. Salah satu kunci agar sukses dapat bersaing dipasar global adalah kemampuan untuk memenuhi atau melampaui standar-standar yang berlaku. Apa yang dimaksud dengan ISO-9000 3. Di dunia global banyak sekali terdapat berbagai macam standar untuk menetapkan bahwa suatu produk itu dinyatakan “layak”. Apakah manfaat menerapkan sistem standar ISO-9000 4. mutu adalah agenda utama dan meningkatkan mutu merupakan tugas yang paling penting. kita akan melakukan apa saja untuk bisa mendapatkan mutu. baik itu produk barang maupun produk jasa. Apabila kualitas ditentukan oleh pelanggan. kita hanya bisa menyadari keberadaan mutu tersebut saat mutu tersebut hilang. Latar belakang Bagi setiap institusi. terutama jika mutu tersebut sudah menjadi kebiasaan kita.BAB I PENDAHULUAN A. Dalam kehidupan sehari-hari. Dengan cara ini maka apa yang dianggap sebagai produk berkualitas disuatu negara juga akan dapat diterima dinegara lainnya. B. Satu hal yang bisa kita yakini adalah mutu merupakan suatu hal yang membedakan antara yang baik dan yang sebaliknya. maka standar-standar kualitas sama dengan harapan pelanggan. Bagaimana cara mendapatkan sertifikasi ISO-9000 5 . Untuk menjamin adanya keragaman dalam kualitas maka perlu dibentuk standar-standar yang sama pula. Salah satu standar yang saat ini menjadi tolak ukur “layak-tidaknya” nya suatu produk adalah apa yang dinamakan dengan standar internasional ISO 9000. Namun ironisnya. Rumusan Masalah 1.

Memahami dampak dan manfaat menerapkan standart manajemen ISO9000 3. Memahami tolak ukur suatu produk agar dapat bersain dalam pasar global 2. Tujuan 1.C. Memahami tata cara memperoleh sertifikat dari sistem standar ISO-9000 6 .

Guidelines for Performance Improvements: mencakup perihal perbaikan sistem yang terus-menerus.  ISO 9001 .Fundamentals and Vocabulary: mencakup dasar-dasar sistem manajemen kualitas dan spesifikasi terminologi dari Sistem Manajemen Mutu (SMM). 7 . ISO 9000 pertama kali dikeluarkan pada tahun 1987 oleh International Organization for Standardization Technical Committee (ISO/TC) 176. memasang dan/atau melayani produk apapun atau memberikan bentuk jasa apapun. yaitu organisasi internasional di bidang standardisasi. ISO 9000 yang dirumuskan oleh TC 176 ISO. Bagian ini memberikan masukan tentang apa yang bisa dilakukan untuk mengembangkan sistem yang telah terbentuk lama. ISO-9000 ISO 9000 adalah kumpulan standar untuk sistem manajemen mutu (SMM).Quality Management Systems . Standar ini tidaklah ditujukan sebagai panduan untuk implementasi. ISO 9000 mencakup standar-standar di bawah ini:  ISO 9000 . Standar ini memberikan daftar persyaratan yang harus dipenuhi oleh sebuah organisasi apabila mereka hendak memperoleh kepuasan pelanggan sebagai hasil dari barang dan jasa yang secara konsisten memenuhi permintaan pelanggan tersebut.  ISO 9004 . memproduksi. ISO/TC inilah yang bertanggungjawab untuk standar-standar sistem manajemen mutu.Quality Management Systems .BAB II PEMBAHASAN A. hanya memberikan masukan saja. membangun.Requirements: ditujukan untuk digunakan di organisasi manapun yang merancang.Quality Management Systems .

yang dinilai adalah sistem yang jelas. Sebuah perusahaan atau organisasi yang telah diaudit dan disertifikasi sebagai perusahaan yang memenuhi syarat-syarat dalam ISO 9001 berhak mencantumkan label "ISO 9001 Certified" atau "ISO 9001 Registered". jaminan pasokan dan beberapa persyaratan baik 8 . produktivitas yang naik dan tingkat ompetetif yang semakin tinggi (Tresna P. Sertifikasi terhadap salah satu ISO 9000 standar tidak menjamin kualitas dari barang dan jasa yang dihasilkan.Masih banyak lagi standar yang termasuk dalam kumpulan ISO 9000. dapat memenuhi kubutuhan pelanggan sesuai spesifikasi. 1994). Walaupan standar-standar ini pada mulanya untuk pabrik-pabrik. Manfaat tersebut merupakan akibat semakin baiknya menejemen dalam perusahaan. beberapa faktor yang perlu diperhatikan seperti : harga yang kompetetif. peningkatan efisiensi. Bagi perusahaan yang akan masuk dalam pasar global. Manfaat tersebut antara lain : penghematan biaya. saat ini mereka telah diaplikasikan ke berbagai perusahaan dan organisasi. Sumardi. bertanggung jawab. dimana banyak juga diantaranya yang tidak menyebutkan nomor "ISO 900x" seperti di atas. ISO mencatat "Perhatian terhadap sertifikasi sering kali menutupi fakta bahwa terdapat banyak sekali bagian dalam kumpulan standar ISO 9000. Beberapa standar dalam area ISO 10000 masih dianggap sebagai bagian dari kumpulan ISO 9000. B. termasuk perguruan tinggi dan universitas. Sistem standart ISO-9000 tidak mensyaratkan bentuk menejemen tertentu. Manfaat dan pentingnya ISO-9000 Bagi perusahaan yang menerapkan sistem ISO-9000 akan mendapatkan banyak manfaat baik yang bersifat internal maupun ekternal. Sertifikasi hanya menyatakan bahwa bisnis proses yang berkualitas dan konsisten dilaksanakan di perusahaan atau organisasi tersebut. konsisten dan dapat dipercaya bagaimana sistem kualitas tersebut dikendalikan dan bagaimana komitmen mereka terhadap kualitas. Suatu organisasi akan meraup keuntungan penuh ketika standar-standar baru diintegrasikan dengan standar-standar yang lain sehingga seluruh bagian ISO 9000 dapat diimplementasikan".

Sistem menejemen mutu ISO-9000 sangat antisipatif. karena mereka yakin dengan cara mereka sendiri untuk menentukan pengendalian kualitas dengan menerapkan Total Quality Control (TQC) atau Total Quality Managemant (TQM) produk mereka tetap laku di pasaran internasional. wilayah pemasaran dan tuntutan konsumen. Apabila pasar bersifat internasional atau global dan ada tuntutan dari konsumen. Dari segi wilayah pemasaran dan tuntutan konsumen. Hal-hal tersubut dapat diantisipasi dengan menerapkan ISO-9000. sehingga penerapan ISO-9000 dapat meningkatkan daya saing perusahaan lebih-lebih untuk pasar eropa. maka kebutuhan standart ISO-9000 tidak begitu penting. Penting tidaknya ISO-9000 bagi perusahaan sangat dipengaruhi oleh berbagai faktor seperti manajemen. Banyak perusahaan di Jepang tidak menggunakan standart ISO-9000. ketat dalam prosedur dan dokumentasi progresif dalam audit dan tindakan koreksi serta dilengkapi dengan program sertifikat. Dari segi menejemen sangat dipengarusi keyakinan akan arti penting dan manfaat bagi perusahaan. 2. Apa kelebihan sistem ini sehingga mampu menjaring begitu banyak perusaan yang menerapkannya? Terdapat beberapa kelebihan yang ada pada sistem ISO-9000. sehingga sebagai perusahaan sebagai pemasok (Supplier) harus menerapkan sistem standart ISO-9000 apabila ingin tetap sebagai pemasok. Sistem manajemen mutu ISO-9000 sangat adaptif untuk diaplikasikan pada berbagai macam bidang industri baik penghasilan barang maupun jasa 9 .yang melekat pada produk maupun masalah legalisasi. apabila pasar bersifat lokal dan konsumen tidak mensyaratkan ISO. yaitu : 1. Tetapi pasar lokal dapat saja menjadi pemicu diterapkannya standart ISO apabila konsumen mereka adalah perusahaan yang menggunakan produk mereka sebagai bahan baku dan perusahaan tersebut sudah menerapkan ISO-9000. maka standart ISO menjadi penting dan merupakan keharusan bila perusahaan ingin tetap eksis. Pada saat ini lebih dari 90 negara dan ribuan organisasi di seluh dunia termasuk Indonesia telah mengadopsi sistem ISO-9000.

Hal ini adalah sisi komersial ISO-9000. Motivasi : adalah perusahaan yang menerapkan ISO-9000 dengan motivasi utama untuk memperoleh sertifikat bahkan ada pula yang menempuh jalan pintas. tetapi logika ISO-9000 memiliki dua kutub potensi. Misalnya dokumen sistem mutu seperti kebijakan utu dan prosedur mutu dibuat oleh konsultan tanpa banyak melibatkan karyawan sebagai pelaku sistem atau mengkopi dokumen sistem mutu perusahaan lain. Perlu pila diingat bahwa sertifikat tidak berlau seumur hidup. Semua fungsi yang berdampak terhadap mutu dikendalikan dengan sistematika pengendalian yang dirancang dan distandartkan. Sistem manajemen mutu ISO-9000 sangat informatif dan udah dipahami serta teah di jadikan sistem manajemen mutu standar international. Proses yang terbaik sebenarnya adalah sertifikasi dilakukan setelah perusahaan melakukan pembenahan secara tuntas dan menyeluruh. Meskipun secara konsrp sistem manajemen mutu ISO-9000 cukup bagus dan logis. lalu dengan sedikit modifikasi tergesa-gesa mengajukan sertifikasi. Tujuan implementasi sistem manajemen ISO-9000. 10 . Jika setiap survelance audit dinyatakan masih memeuhi persyaratan. Setelah masa itu perusahaan harus mengulang proses sertifikasi seperti yang pertama kali. yaitu untuk meningkatkan daya saing. Potensi yang mana akan tergali ditentukan oleh banyaknya faktor diatanranya adalah faktor motivasi. sehingga jioka diterapkan dengan benar maka kepastian mutu yang merupakan faktor signifikan untuk memberikan kepuasan kepada konsumen akan dapat tercapai. yaitu kutub kearah positif dan sebaliknya. Jika sertifikasi dikejar dengan segala cara hanya untuk mendapatkan setatus. bukan berarti masalah selesai. karna masa berlaku sertifikat hanya berlaku tiga tahun.3. hal ini jelas tidak ada manffatnya. tetapi sertifikat ini harus dipertahankan melalui surveilance audit (pengecekan ulang untuk mempertahankan sertifikat) setiap enam bulan sekali. Komitmen dan sumber daya manusia. Biaya survelence audit termasuk biaya-biaya seperti pada waktu sertifikasi ditanggung oleh perusahaan. Sertifikasi tidak selamanya menjamin dan mencerminkan bahwa sistem manajemen mutu perusahaan selalu baik dan sesuai standart.

Komitmen : komitmen adalah kakuatan.yang tadinya mengabaikan dokumentasi menjadi sadar pentingnya hal tersebut. gemanya tidak cukup untuk menggali potensi yang terkandung di dalamnya. Konsisten berarti kesinambungan dalam penerapan sistem dan konsekuen berarti membiri respon secara positif terhadap segala sesuatu yang timbul akibat implementasi ISO-9000 Sumber Daya Manusia : komitmen yang tinggi dan terus bergema. D. Kekuatan untuk maju. Pembinaan SDM mutlak diperlukan dan untuk membina secara efektif diperlukan tekad dan keberanian para pemimpin untuk memprakarsai keteladanan. maka pimpinan harus lebih dahulu menanamkan kebiasaan itu pada dirinya sendiri. Perusahaan bagaiman yang layak? Adalah perusahaan yang sudah memiliki omitmen terhadap mutu. Menjadi tugas dan tanggung jawab para pemimpin untuk memastikan semua karyawan siap menghadapi konsekuensi era mutu ISO-9000. LANGKAH-LANGKAH YANG HARUS DILAKUKAN 11 . sehingga mutu merupakan perjuangan bagi perusahaah yang ingin memperoleh sertifikat ISO. Kalau pimpinan menginginkan bawahannya taat prosedur. konsisten dan konsekuen. Komitmen mutu harus benar-benar direfleksikan dalam tindakan manajemen baik internal vontrol maupun external control.misalnya kebiasaaan kerja yang tadinya tidak prosedural manjadi taat prosedur. C. kekuatan untuk belajar . kekuatan untuk menggalang kerjasama dan partisipasi. Apakah sertifikasi ini mudah didapatkan dan dari mana perusahaan mendapatkannya? Sertifikat ISO dapat diterima dengan mudah dari badan penilaiaan akreditasi (acreditation body) bila segala ketentuan dan persyaratan dalam seri ISO telah terpenuhi dan lembaga penilai dinyatakan layak untuk mendapat sertifikasi. Suportif artinya mendukung secara material dan moral. Komitmen tercermin pula sikap suportif. MENDAPATKAN SERTIFIKAT ISO Sertifikat ISO adalah sebagai bukti bahwa perusahaan telah menerapkan sistem standar ISO-9000. kekuatan untuk mengubah kebiasaan dan pola kerja yang tidak baik. tanpa ditunjang oleh Sumber Daya Manusia (SDM) yang baik.

karena sertifikasi bukanlah suatu keharusan. memahami. kodekode. Sistem dokumentasi mutu yang harus dipersiapkan anatara lain : 1. Support document (dukumen pendukung) Gambaran bagaimana pekerjaan dilaksanakan seperti perintah kerja. komitmen dan penerapan. 2. manual operasi. gambaran sekilas tentang aktivitas bisnis perusahaan. 2. tetapi meiliki jangka waktu. Quality manual (manual mutu) Beberapa pengendalian administrasi. perlu dilandasi oleh sikap yang timbul atas dasar prakarsa dari perusahaan. tor (term of reference). menentukan lingkup sertifikasi. motivasi. Proses yang harus dilakukan dalam proses adopsi ini adalah mengetahui. dan stantar jam kerja. Operating procedures (prosedur operasi) Berupa prosedur operasi. kick off meeting. refernsi yang memperkuat kebijakan mutu. meyakinkan. yaitu membudayakan sistem dokumentasi mutu. 3. yaitu: 1. dan menyusun program kerja. yaitu 3 tahun dan setelah itu dapat juga sertifikasi dicabut bilamana perusahaan tidak dapat lagi memenuhi persyaratan. 12 . teknik dokumentas. audit pendahuluan. statmen tentang kebijakan khusus dalam sistem mutu. Proses persiapan ini dimulai dengan seleksi konsultan. Segala persyaratan ini harus disiapkan dan didokumentasikan dengan baik sehingga mampu untuk ditelusuri atau mampu telusur dan tidak ada jeleknya dikonsultasikan pada lembaga konsultan manajemen mutu yang relevan. Implementasi sistem mutu ISO-9000 untuk menuju sertifikasi. Serifikat ISO tidak berlaku selamanya atau selama perusahaan masih memasok produk tersebut. pengenalan. Adopsi. membentuk komite. diagram organisasi. kebijakan mutu perusahaan. Agar implementasi sistem mutu ISO-9000 dapat berhasil dengan baik terdapat lima tahapan yang perlu dilakukan. menunjuk manajer.Perusahaan yang ingin memperoleh sertifikat ISO-9000 langkah penting yang harus dilakukan adalah membenahi berbagai aspek manajemen yang sifatnya kedalam. Persiapan. niat.

penilaiaan yang hasilnya apakah perusahaan mendapatkan sertifikasi atau tidak. implementasi. pemeriksaan tim audit. tindakan koreksi dan prevrensi dan verifikasi. Proses penilaian menuju sertifikasi ini dimulai dari menyeleksi badan sertifikasi.3. tinjauan manajemen. Implementasi. umpan balik. meakukan tindakan program kerja. Assessment (penilaiaan). 4. melakukan pra-audit. Proses implementasi dimulai dengan mendistribusikan dokumen. merekam data kegiatan. menyusun prosedur tim operasional. pengarahan. pengecekan akhir. dan dalam pembentukan Setiap tahapan pengembangan ini diperlukan pelatihan dan evaluasi. menentukan kebijakan mutu. sumber daya. Pengembangan. 13 . Proses pengembangan dimulai dengan menyebar pengertian kepada semua karyawan. Untuk melakukan rekaman data kegiatan diperlukan pelatihan dan evaluasi. pembukaan. 5. audit mutu pengadaan internal.

yaitu organisasi internasional di bidang standardisasi. 14 . Perusahaan yang telah menerapkan sistem standar ISO berhak mencantumkan label ISO 9000 sertificate dengan syarat perusahaan tersebut mempunyai komitmen terhadap standar mutu dan telah di audit dan disertifikasi oleh pihak ISO. peningkatan efisiensi.Fundamentals and Vocabulary: mencakup dasar-dasar sistem manajemen kualitas dan spesifikasi terminologi dari Sistem Manajemen Mutu (SMM). ISO 9000 mencakup standar-standar sbb :  Quality Management Systems . ISO-9000 memiliki kelebihan sistem manajemen yang antisipatif.BAB III PENUTUP ISO 9000 adalah kumpulan standar untuk sistem manajemen mutu (SMM). adaptif dan inofatif. ISO 9000 yang dirumuskan oleh TC 176 ISO. memasang dan/atau melayani produk apapun atau memberikan bentuk jasa apapun. produktifitas dan tingkat kompetetif yang semakin tinggi.  Quality Management Systems . manfaat tersebut antara lain penghematan biaya. Akan menjadi penting bila pasar bersifat international atau global sesuai dengan tuntutan konsumen untuk menerapkan sistem standar ISO-9000 karena dapat meningkatkan daya saing perusahaan.  Quality Management Systems Guidelines for Performance Improvements: mencakup perihal perbaikan sistem yang terus-menerus.Requirements: ditujukan untuk digunakan di organisasi manapun yang merancang. Semakin tinggi daya saing perusahaan dalam pasar internasional secara otomatis akan member dampak positif terhadap perekonomian suatu negara. membangun. Penerapan ISO-9000 akan meningkatkan daya saing perusahaan dalam pasar internasional atau global sesuai dengan tuntun dari konsumen. memproduksi. Dengan menerepkan sistem standar ISO-9000 suatu perusahaan akan memperoleh banyak manfaat internal dan eksternal.

org/wiki/ISO_9000#cite_note-Priyambodo-0 15 .id/index. Yuliaan.wikipedia.web. Manajemen Produksi dan Operasi. EKONISIA Yogyakarta.php?option=com_content&view=article &id=82:sejarah-iso-9001&catid=38:umum&Itemid=76 http://id.2007 http://puskesmaskaliwiro.REFERENSI Zamit.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->