P. 1
TAKABUR

TAKABUR

|Views: 537|Likes:
Published by Desiana Anggraini
PAI, Agama Islam
PAI, Agama Islam

More info:

Categories:Types, School Work
Published by: Desiana Anggraini on Nov 30, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPTX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

07/12/2014

pdf

text

original

Apa yang akan kita pelajari ???

Pengertian
Menurut bahasa takabur artinya merasa dirinya besar atau membanggakan diri sendiri. Orang yang memiliki sifat takabur disebut mutakabir. Takabur menurut istilah adalah sikap mental dan perbuatan yang merasa dirinya lebih besar, lebih tinggi, lebih pandai atau lebih segalanya dan memandang kecil serta rendah orang lain. Pada intinya, takbur dapat juga disebut dengan sombong.
Firman Allah SWT…

Artinya : “Dan di atas tiap-tiap orang yang berpengetahuan itu ada lagi Yang Maha Mengetahui.” (QS. Yusuf : 76)

Golongan Takabur
Takabur di golongkan menjadi dua, yaitu sebagai berikut : • Takabur batin Takabur batin adalah sifat dalam jiwa yang tidak terlihat dan melekat dalam hati, seperti merasa benar, dan merasa lebih pandai. • Takabur lahir Takabur lahir yaitu perbuatan/ tingkah laku yang dapat dilihat, seperti merendahkan atau menyepelekan orang lain. Takabur lahir merupakan perwujudan sikap takabur batin.

Sasaran Takabur
Obyek atau sasaran takabur ada tiga macam : • Takabur kepada allah SWT Contoh : perilaku Raja Firaun yang marah marah karena Nabi Musa dan Harun berdakwah untuk mengajak dirinya beriman kepada Allah SWT. Namun Raja Firaun menganggap ajakan tersebut sebagai suatu hinaan karena dia adalah orang yang harus ditaati oleh seluruh manusia.

• Takabur kepada Rasulullah SAW Contoh : tidak taat ajaran dan tingkah laku Rasulullah SAW. • Takabur kepada sesama makhlu Allah SWT Contoh : di hadapan orang lain takabur karena harta, ilmu, amal, atau nasib yang dimiliki.

Dalil Naqli
1. QS. Al Israa’ : 37-38

Artinya : “Dan janganlah kamu berjalan di muka bumi ini dengan sombong, karena sesungguhnya kamu sekali-kali tidak dapat menembus bumi dan sekali-kali kamu tidak akan sampai setinggi gunung. Semua itu kejahatannya amat dibenci di sisi Tuhanmu.”

2. Hadits Riwayat Baihaqi Nabi SAW bersabda yang artinya : “Tiga perkara yang dapat merusakkan yaitu kikir yang dituruti, hawa nafsu yang selalu diikuti, dan mengagumi diri sendiri.”

Dari kedua dalil tersebut hendaknya kita sebagai seorang muslim menjauhi sifat sombong, apalagi kita dikaruniai harta yang melimpah, ilmu yang luas, kedudukan yang tinggi dan keturunan yang terhormat, sebaliknya kita tetap mensyukurinya dan bersikap rendah hati. Perhatikan firman Allah QS. Asy-Syu’ara ayat 215 berikut!

Artinya : “Dan rendahkanlah dirimu terhadap orang-orang yang mengikutimu, yaitu orang-orang yang beriman.”

Ciri-ciri Takabur
Takabur memiliki ciri-ciri sebagai berikut : 1) Suka memuji diri sendiri dan merasa puas akan kelebihan dirinya

2) Suka merendahkan dan meremehkan orang lain
3) Suka mencela dan membesar-besarkan kesalahan orang lain

4) Cenderung menutupi kekurangan dirinya sendiri
5) Tidak bisa menghargai orang lain.

Dampak Negatif
Akibat negatif dari sifat takabur antara lain : 1) Merasa selalu benar dan tidak pernah bersalah. 2) Merasa paling mampu dan paling pandai. 3) Dijauhi oleh orang lain. 4) Tidak mempunyai teman dan susah mencari teman. 5) Di ancam oleh Allah akan dimasukkan ke Neraka.
Perhatikan Firman Allah berikut…

“Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari menyembah-Ku akan masuk neraka jahanam dalam keadaan hina dina.” (QS. Al Mu’min : 60)

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->