Pada perusahaan yang bergerak dibidang perbankkan atau lembaga pembiayaan banyak dibutuhkan legal officer untuk mengkaji

dan memutuskan apakah kridit yang dimohonkan nasabah akan diberikan atau tidak. Untuk perusahaan-perusahaan diluar bank, keberadaan legal officer biasanya pada kebutuhan perusahaan itu sendiri kebanyakan perusahaan menempatkan legal officer secara fungsional, yaitu memiliki kedudukan sebagai staf ahli direksi dibidang hukum. Tugas legal officer bervariasi, bergantung pada jenis perusahaannya antara lain bertugas melakukan analisis yuridis, menangani perjanjian, mengurus perizinan perusahaan, dan mewakili perusahaan jika terjadi masalah di pengadilan. Sedangkan konsultan hukum perusahaan berdasarkan perjanjian pemberian jasa dengan perusahaan bersifat hubungan tetap, yaitu ada tidak adanya masalah hukum, konsultan hukum tetap dibayar, sedangkan model lain adalah konsultan hukum bersifat tidak tetap atau dikenal dengan pelayanan berkala, hanya apabila ada masalah atau perkara yang dihadapi perusahaan, konsultan hukum menangani perkara tersebut dan untuk itu konsultasi hukum dibayar. Konsultan hukum jumlahnya banyak, untuk itu harus teliti melakukan pemilihan terhadap konsultan hokum yang layak dan memiliki kinerja yang baik yang akan dipilih oleh perusahaan, pengalaman konsultan hukum menjadi pertimbangan oleh perusahaan disamping masalah biaya. Perinsip yang harus dipegang teguh adalah keberadaan konsultan hukum harus mampu mendukung kinerja perusahaan, apabila keberadaannya ternyata tidak mampu mendukung kinerja perusahaan, tidak perlu ada konsultan hukum perusahaan. Seorang Legal Officer di perusahaan Bank atau Lembaga Pembiayaan, bertugas melakukan analisis yuridis, yaitu melakukan pemeriksaan dan penilaian jaminan, menyiapkan perjanjian kredit, melakukan pengikatan jaminan, penyimpanan legal dokumen, pengawasan kredit, serta melakukan upaya penyelamatan kredit bermasalah.

pengawasan kredit. me-review dan menangani perjanjian bisnis. disamping harus berperan sebagai legal officer di perusahaan holding itu sendiri. Procurements. penyimpanan legal dokumen. Legal Officer di perusahaan industri biasanya memiliki tiga tugas utama : 1. Legal Officer bertugas mengurus semua dokumen. Tender dan Litigation. serta permasalahan hukum yang terjadi dalam perusahaan. Begitu pula jika terjadi permasalahan hukum. Seorang Legal Officer di perusahaan Bank atau Lembaga Pembiayaan. Sebagai konsultan hukum perusahaan. Sebagai pelaksana perusahaan.Legal Officer mempunyai peranan yang sangat penting dalam sebuah perusahaan. serta menangani pengelolaan dokumen legal. operasional perusahaan tentu akan sangat terganggu. Tanpa dokumen dan perizinan. 2. Seorang Legal Officer diperusahaan Ekspedisi atau Logistik. melakukan pengikatan jaminan. perizinan. . perusahaan tidak mungkin akan beroperasi. yaitu mewakili perusahaan jika terjadi masalah di pengadilan. menyiapkan perjanjian kredit. Tugas Legal Officer di perusahaan Holding. yaitu menyiapkan dan mengurus perizinan. serta melakukan upaya penyelamatan kredit bermasalah. yaitu memberikan nasihat atau opini hukum kepada pemimpin perusahaan. yaitu melakukan pemeriksaan dan penilaian jaminan. 3. Legal Officer di Perusahaan Migas. memiliki tugas dan kewenangan dalam hal Handling Legal Contract. Sebagai advokat perusahaan. bertugas melakukan analisis yuridis. bertugas mereview aktivitas corporate legal. juga berperan sebagai legal officer di anak-anak perusahaan.