P. 1
Bahan Ajar.2sd.atr.Penjas

Bahan Ajar.2sd.atr.Penjas

|Views: 124|Likes:
Published by Luluk Kusuma

More info:

Published by: Luluk Kusuma on Dec 03, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/03/2012

pdf

text

original

BAB I PERMAINAN DAN OLAHRAGA

A. Standar Kompetensi Mempraktikkan variasi gerak dasar melalui permainan dan aktivitas jasmani, dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya.

B. Jenis Permainan 1. Permainan Kelinci Putar 2. Permainan Sentuh Bumi 3. Permainan Zig Zag Bola

1

1. PERMAINAN KELINCI PUTAR Kompetensi Dasar Mempraktikkan gerak dasar jalan, lari, lompat yang bervariasi dalam permainan yang menyenangkan dan nilai kerjasama, toleransi, kejujuran, tanggungjawab, menghargai lawan dan menghargai diri sendiri. Indikator  Mampu melakukan kombinasi jalan, lari dan lompat secara bervariasi.  Mampu melaksanakan kerjasama.  Mampu menghargai lawan dan diri sendiri. Uraian Materi a. Pengertian Permainan Kelinci Putar adalah suatu aktivitas permainan yang dilakukan secara kombinasi antara berjalan dan lari secara berkelompok mengelilingi lingkaran yang telah ditentukan oleh satu siswa yang berada di dalam lingkarang, setelah itu siswa yang ada di luar lingkaran berputar melompat secara berkelompok mengelilingi lingkaran. b. Sarana dan Prasarana  Lapangan  Kapur untuk membut lingkaran dalam dan lingkaran luar c. Cara bermainnya Siswa membuat dua lingkaran yaitu lingkaran luar dan lingkaran dalam, kemudian membentuk menjadi dua kelompok siswa kemudian kelompok yang menang berada di lingkaran luar dan main terlebih dahulu, kelompok yang kalah masuk di lingkaran dalam. Kelompok siswa yang menang kemudian berjalan mengelilingi lingkaran setelah itu berlari mengelilingi lingkaran. Kelompok yang menang kemudian berputar melompat secara berkelompok mengelilingi lingkaran. Siswa yang berada di dalam lingkaran berusaha menyentuh badan siswa yang ada di luar lingkaran, kalau ada yang tersentuh maka kelompok tersebut dinyatakan kalah, kemudian kelompok yang menang masuk pada lingkaran luar dan kelompok yang kalah masuk pada lingkaran dalam begitu seterusnya.

2

d. Aturan Main  Tidak boleh mendorong teman ketika berjalan, berlari dan melompat.  Tidak boleh saling mendahului ketika berjalan, berlari dan melompat. e. Evaluasi 1.Alat apa yang di gunakan untuk bermain kelinci putar ? 2.Aturan apa saja yang yang diterapkan pada permainan kelinci putar ?

2. PERMAINAN SENTUH BUMI Kompetensi Dasar Mempraktikkan gerak dasar memutar, mengayun, menekuk lutut dalam berbagai variasi permainan sederhana serta nilai kerjasama, toleransi, kejujuran, tanggungjawab, menghargai lawan dan memahami diri sendiri. Indikator o Mampu melakukan kombinasi memutar, mengayun dan menekuk lutut. o Mampu melaksanakan kerjasama. o Mampu menghargai lawan dan diri sendiri. Uraian Materi Pengertian Permainan Sentuh Bumi adalah suatu aktivitas permainan yang dilakukan secara kombinasi antara memutar, mengayun dan menekuk lutut kemudian membungkukkan badan dengan kedua kaki kangkang dan usahakan lutut tetap lurus kemudian kedua tangan menyentuh tanah atau bumi sampai hitungan kesepuluh.

3

Sarana dan Prasarana  Lapangan

Cara bermainnya Siswa berderet membentuk setengah lingkaran, ambil jarak sehingga tidak saling bersenggolan. Sikap badan siswa berdiri tegak dengan kaki rapat. Angkat kedua lengan secara bersamaan. Putar kedua lengan secara bersamaan. Lakukan gerakan ini secara berirama. Gerakan lutut mengikuti irama putaran lengan. Posisi badan tegak dengan pandangan ke depan. Bungkukkan badan perlahan lahan. Usahakan lutut tetap lurus. Luruskan kedua tangan ke bawah sampai menyentuh tanah atau bumi. Pertahankan sikap ini sampai hitungan kesepuluh.

Aturan Main  Tidak boleh mendorong teman.  Tidak boleh saling bersinggungan.  Usahakan ketika badan membungkuk lutut tetap lurus Evaluasi 1. Aturan apa saja yang yang diterapkan pada permainan sentuh bumi ? 2. Lakukan permainan sentuh bumi !

4

3. PERMAINAN ZIG ZAG BOLA Kompetensi Dasar Mempraktikkan gerak dasar melempar, menangkap, menendang dan menggiring bola ke berbagai arah dalam permainan sederhana serta nilai kerjasama, toleransi, kejujuran, tanggungjawab, menghargai lawan dan memahami diri sendiri. Indikator  Mampu melakukan kombinasi melempar, menangkap, menendang dan menggiring bola.  Mampu melaksanakan kerjasama.  Mampu menghargai lawan dan diri sendiri. Uraian Materi Pengertian Permainan Zig Zag Bola adalah suatu aktivitas permainan yang dilakukan secara kombinasi antara melempar, menangkap, menendang dan menggiring bola secara zig zag mengelilingi lingkaran. Permainan ini dilakukan secara bergantian. Sarana dan Prasarana  Lapangan  Bola sepak  Gawang  Kapur  Garis star  Garis finish Cara bermainnya Siswa membentuk dua regu kemudian saling berhadapan dan secara bergantian melempar dan menangkap bola. Siswa berderet ke belakang sesuai dengan regunya dan bergantian untuk menendang bola memasukkan pada gawang lawan, setelah itu secara bergantian menggiring bola secara zig zag dan mengelilingi lingkaran yang telah di sediakan. Permainan ini dilakukan secara bergantian.

5

Aturan Main  Tidak boleh mendorong teman.  Tidak boleh saling menendang kaki teman.  Tidak boleh mengganggu jalannya permainan.  Disipilin Evaluasi 1. Aturan apa saja yang yang diterapkan pada permainan zig zag bola ? 2. Lakukan permainan zig zag bola!

6

BAB II AKTIVITAS PENGEMBANGAN

Standar Kompetensi Mempraktikkan latihan dasar kebugaran jasmani dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya.

Jenis Permainan a. Permainan Gendong Raja b. Permainan Sepeda tidur

7

1.

PERMAINAN GENDONG RAJA Kompetensi Dasar Mempraktikkan satu jenis bentuk latihan untuk meningkatkan kekuatan otot lengan dan tungkai dengan mengikuti aturan. Indikator  Mampu melakukan gerakkan kekuatan otot lengan.  Mampu melakukan gerakkan otot tungkai dengan mengikuti aturan.  Berdisipilin Uraian Materi Pengertian Permainan Gendong Raja adalah aktivitas permainan yang dilakukan secara kombinasi antara meningkatkan kekuatan otot lengan dan tungkai dengan mengikuti aturan. Permainan ini dalam satu regu terdiri dari tiga siswa. Posisi dua siswa menggendong dan posisi satu siswa berada di tengan yang digendong. Permainan ini dilakukan secara bergantian.

Sarana dan Prasarana  Lapangan  Garis star  Garis finish Cara bermainnya Siswa disiapkan untuk membentuk sebuah beregu, satu regu terdiri dari tiga siswa. Posisi dua siswa menggendong dan posisi satu siswa berada di tengan yang digendong. Posisi siswa yang ada di tengah melingkarkan kedua tangannya pada pundak dua siswa yang berada di samping kanan dan kirinya. Beri aba-aba siap segeralah siswa yang ditengah bergantung pada pundak kedua temannya, sambil menekuk kedua lututnya ke depan. Mintalah kedua siswa yang menggendong dan berjalan perlahan-lahan sambil mengangkat tubuh siswa yang di tengah sejauh lima meter dalam irama langkah yang sama. Setelah sampai lima meter berilah aba-aba stop, mintalah berhenti dan bergantian posisi. Lakukan hal yang sama dan permainan ini dilakukan secara bergantian.

8

Aturan Main  Tidak boleh melepas gendongan saat menggendong.  Jaga keseimbangan saat menggendong  Berdisiplin

Evaluasi 1. Lakukan permainan gendong raja ?

2. PERMAINAN SEPEDA TIDUR Kompetensi Dasar Mempraktikkan berbagai aktivitas untuk melatih keseimbangan statis dan dinamis serta nilai disiplin dan estetika. Indikator  Mampu mengangkat kedua kaki hingga pantat.  Mampu menggerakkan kedua kaki seperti gerakan mengayuh sepeda.  Mampu melakukan keseimbangan.  Berdisipilin. Uraian Materi Pengertian Permainan Sepeda Tidur adalah aktivitas permainan yang dilakukan secara kombinasi antara keseimbangan kaki dan pantat saat berbaring. Permainan ini dilakukan dengan cara berbaring. Permainan ini dilakukan
9

secara individu dan biasa juga dibuat pertandingan yang bisa kuat mengayuh kaki sambil berbaring paling lama, maka siswa itulah yang menang. Sarana dan Prasarana  Matras Cara bermainnya Siswa disiapkan untuk berbaring pada matras atau kasur busa. Berbaringlah pada posisi terlentang di atas matras, sikap tangan lurus di samping badan. Siswa mengangkat kedua kaki hingga posisi pantat dalam keadaan menahan. Gerakkan kedua kaki seperti gerakan mengayun sepeda. Lakukan latihan ini hingga hitungan kesepuluh. Latihan ini dilakukan berkalikali.

Aturan Main  Tidak boleh bersinggungan dengan teman.  Jaga keseimbangan.  Berdisiplin

Evaluasi 1. Alat apa saja yang digunakan dalam permainan sepeda tidur ? 2. Lakukan permainan sepeda tidur ?

10

BAB III AKTIVITAS SENAM

Standar Kompetensi Mempraktikkan senam ketangkasan dasar dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya.

Jenis Permainan a. Permainan Loncat Pesawat b. Permainan Guling Depan

11

1.

PERMAINAN LONCAT PESAWAT Kompetensi Dasar Mempraktikkan senam ketangkasan sederhana tanpa menggunakan alat : melompat dan meloncat dengan isyarat ke berbagai arah. Indikator  Mampu melakukan gerakkan kombinasi melompat dan meloncat.  Mampu menjaga keseimbangan.  Mampu melakukan koordinasi. Uraian Materi Pengertian Permainan Loncat Pesawat adalah aktivitas permainan yang dilakukan secara kombinasi antara gerakkan melompat dan meloncat dengan isyarat ke berbagai arah. Gerakan ini meloncat dan posisi tangan merantang lurus ke samping sejajar bahu seperti pesawat terbang. Sarana dan Prasarana  Lapangan

Cara bermainnya Siswa disiapkan berderet ke belakang. Siswa satu persatu melakukan kombinasi antara gerakkan melompat dan meloncat dengan isyarat ke berbagai arah. Posisi berdiri dengan sikap badan tegak pandangan mata ke depan kaki rapat. Rentangkan kedua tanganmu lurus ke samping sejajar dengan bahu. Lakukan gerakan meloncat loncat ke atas sebanyak tiga loncatan. Pada loncatan ketiga saat badanmu berada di udara putar tubuhmu ke samping kanan. Lakukan gerakan mendarat setelah meloncat dan berputar dalam keadaan lentur, cara mendarat dengan sedikit menekuk kedua lutut. Ulangi latihan tersebut dengan berputar kearah kiri.

12

Aturan Main  Tidak boleh bersinggungan.  Jaga keseimbangan.  Berdisiplin Evaluasi 1. Lakukan permainan loncat pesawat ?

2.

PERMAINAN GULING DEPAN Kompetensi Dasar Mempraktikkan senam ketangkasan dengan menggunakan alat sederhana dengan percaya diri. Indikator  Mampu melakukan gerakkan berguling.  Mampu melakukan gerakkan melompat ke depan.  Mampu melakukan kombinasi gerakkan berguling dan melompat ke depan.  Mampu melakukan keseimbangan. Uraian Materi Pengertian Guling Depan adalah aktivitas bermain yang dilakukan secara kombinasi antara gerakkan berguling dan melompat ke depan. Gerakan ini menggunakan alat bantu matras supaya waktu berguling tidak membahayakan siswa. Sarana dan Prasarana  Matras

Cara bermainnya Siswa disiapkan berderet ke belakang. Siswa satu persatu melakukan kombinasi antara gerakkan berguling dan melompat ke depan. Posisi awal siswa berdiri pada matras dalam sikap setengah jongkok. Kedua tangan dibuka selebar bahu dan letakkan pada matras. Badan membungkuk dagu ditempelkan pada dada. Secara perlahan-lahan tempelkan tengkukmu pada matras disertai gerakkan merebahkan badan ke depan. Tolakkan kedua kakimu kearahdepan sehingga badanmu berguling posisi badan tetap melingkar. Posisi kedua kakimu telah terlepas dari matras tariklah lututmu kearah dada. Saat pinggul dan pantat mengenai matras tambahlah kecepatan putaran dengan
13

mengayunkan badan. Keadaan kedua kaki tetap melingkar saat tubuhmu dalam keadaan terduduk, bertumpulah dengan kedua kaki. Setelah sampai pada posisi tersebutloncatlah ke depan dengan tumpuan tolakan kedua kaki mendaratlah dengan kedua kaki dengan bantuan kedua tangan. Lakukan latihan tersebut berulang-ulang dan bergiliran dengan teman sekelasmu.

Aturan Main  Tidak boleh mendorong teman.  Jaga keseimbangan.  Berdisiplin.

Evaluasi 1. Lakukan gerakkan guling depan?

14

BAB IV AKTIVITAS RITMIK

Standar Kompetensi Mempraktikkan keterampilan dasar ritmik diorientasikan dengan arah dan ruang dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya.

Jenis Aktivitas 1. Permainan Berdansa 2. Permainan Tepuk Sorak Bersama

15

1.

PERMAINAN BERDANSA Kompetensi Dasar Mempraktikkan gerak ritmik ke depan, belakang ataupun samping secara berpasangan dengan diiringi musik dan nilai kerjasama. Indikator  Mampu melakukkan gerak ritmik ke depan.  Mampu melakukkan gerak ritmik ke belakang.  Mampu melakukkan gerak ritmik ke samping.  Mampu melakukkan gerak ritmik ke depan, belakang ataupun samping secara berpasangan.

Uraian Materi Pengertian Permainan Berdansa adalah aktivitas permainan yang dilakukan secara kombinasi antara gerakkan gerak ritmik ke depan, belakang ataupun samping secara berpasangan. Gerakan ritmik ini seperti pasangan orang yang sedang berdansa. Sarana dan Prasarana  Lapangan

Cara bermainnya Siswa disiapkan berpasangan dan berdiri berhadap-hadapan. Siswa berpasangan melakukan gerak ritmik ke depan, belakang ataupun samping. Posisi berdiri dengan sikap tegak berhadapan saling berpegangan di pundak dan pinggang. Hitungan satu silangkan kaki kiri di muka kaki kanan. Hitungan dua kaki kanan maju ke depan kaki kiri satu langkah. Hitungan ketiga kaki kiri maju ke depan kaki kanan satu langkah. Hitungan keempat kaki kiri mundur satu langkah ke belakang kaki kanan. Hitungan kelima kaki kanan mundur satu langkah ke belakang kaki kiri. Hitungan keenam kaki kiri merapat ke samping kaki kanan. Lakukan gerakkan ini bergantian bersama teman mintalah temanmu mengikuti gerakan kakimu secara berlawanan.

16

Aturan Main  Tidak boleh mendorong teman.  Jaga keseimbangan.  Berdisiplin Evaluasi 1. Lakukan permainan berdansa ?

2.

PERMAINAN TEPUK SORAK BERSAMA Kompetensi Dasar Mempraktikkan gerak ritmik diorientasikan dengan ruang secara beregu tanpa menggunakan musik, serta nilai disiplin dan kerjasama. Indikator  Mampu melakukkan gerak ritmik secara beregu di dalam ruangan.  Mampu melakukkan gerak ritmik tanpa menggunakan musik.  Berdisiplin.

Uraian Materi Pengertian Permainan Tepuk Sorak Bersama adalah aktivitas gerak ritmik yang diorientasikan dengan ruang secara beregu tanpa menggunakan musik, serta nilai disiplin dan kerjasama. Gerakan ritmik ini dilakukan secara beregu dan membutuhkan kekompakan dalam memainkannya. Sarana dan Prasarana  Ruangan

17

Cara bermainnya Siswa disiapkan membentuk sebuah kelompok atau regu yang terdiri dari lebih dari dua orang, dan siswa berdiri berhadap-hadapan membentuk sebuah lingkaran. Siswa berkelompok melakukan gerak ritmik secara beregu tanpa menggunakan musik. Siswa secara bersama-sama membentuk sebuah lingkaran, kemudian bersama-sama menyanyikan lagu di sertai gerakan. Posisi langkahnya yaitu maju tiga langkah goyang kepala sambil berkata huuu-huuu. Mundur tiga langkah goyang kepala sambil berkata haaa-haaa. Berjalan berputar membut lingkaran, sambil tepuk tangan bersama-sama. Berjalan berputar membuat lingkaran sambil tepuk tangan bersama-sama. Lakukan secara berulang-ulang.

Aturan Main  Tidak boleh mendorong teman.  Jaga kekompakkan.  Berdisiplin Evaluasi 1. Lakukan permainan tepuk sorak bersama ?

18

BAB V BUDAYA HIDUP SEHAT

Standar Kompetensi Menerapkan budaya hidup sehat.

Jenis Kesehatan a. Menjaga kebersihan rambut, hidung dan telinga. b. Memasak dan menghidangkan makanan yang mengandung 4 sehat 5 sempurna.

19

1. MENJAGA KEBERSIHAN RAMBUT, HIDUNG DAN TELINGA Kompetensi Dasar Menjaga kebersihan rambut, hidung dan telinga. Indikator  Mampu menjaga kebersihan rambut.  Mampu menjaga kebersihan hidung.  Mampu menjaga kebersihan telinga. Uraian Materi Pengertian Menjaga kebersihan rambut adalah rambut harus dikeramas seminggu dua kali rambut dengan sampo. Rambut yang bersih terhindar dari ketombe dan kutu. Siswa laki-laki sebaiknya berambut pendek. Rambut harus selalu disisir agar rapi. Menjaga kebersihan hidung adalah hidung harus dibersihkan setiap hari jangan membersihkan hidung memakai tangan, bersihkan hidung memakai kapas pembersihkan telinga koreklah kotoran hidung hingga bersih. Menjaga kebersihan telinga adalah bersihkan telinga memakai kapas pembersih telinga koreklah kotoran di dalam telinga dengan hati-hati hingga bersih. Sarana dan Prasarana  Sisir  Sampo  Kamar mandi  Kapas pembersih telinga / katenbat

Cara bermainnya Siswa Menjaga kebersihan rambut adalah rambut harus dikeramas seminggu dua kali rambut dengan sampo. Siswa praktik keramas yang benar di sekolah. Siswa masuk kamar mandi dan mempraktikkan cara menyampo rambut, hingga sampai selesai. Siswa mengambil handuk dan rambut di keringkan dengan handuk, kemudian siswa latian menyisir rambut yang baik. Hal ini selain melatih siswa untuk menjaga kebersihan rambut juga melatih kemandirian siswa. Rambut yang bersih terhindar dari ketombe dan kutu. Siswa laki-laki sebaiknya berambut pendek. Rambut harus selalu disisir agar rapi.
20

Menjaga kebersihan hidung adalah hidung harus dibersihkan setiap hari jangan membersihkan hidung memakai tangan, tetapi bersihkan hidung memakai kapas pembersihkan telinga koreklah kotoran hidung hingga bersih. Siswa mempraktikkan membersihkan hidung dengan kapas pembersihkan telinga secara benar. Siswa yang pilek bersihkan ingus dengan sapu tangan dan tangan biarkan menahan bersin. Apabila bersin pada saat pilek tutuplah hidung dan mulut dengan tangan agar tidak menular pada orang lain. Menjaga kebersihan telinga adalah bersihkan telinga memakai kapas pembersih telinga koreklah kotoran di dalam telinga dengan hati-hati hingga bersih. Siswa mempraktikkan membersihkan telinga dengan kapas pembersih telinga secara benar. Siswa mempraktikkan membersihkan lekukan daun telinga saat mandi atau pada saat berwudu, basuh kotoran pada daun telinga dengan air. Jangan membersihkan telinga memakai lidi bulu ayam, korek api atau benda-benda yang berbahaya, karena benda tersedut menyebabkan pecahnya gendang telinga. Periksa telinga ke dokter terdekat jika terjadi masalah pada telinga.

Aturan Main  Tidak boleh mengganggu jalannya praktik  Tidak bolah mengganggu teman yang sedang praktik  Berdisiplin Evaluasi 1. Praktikkan keramas menggunakan sampo ! 2. Praktikkan membersikan telinga dengan kapas pembersih telinga ! 3. Praktikkan membersihkan hidung dengan kapas pembersih telinga !

21

2.

MEMASAK DAN MENGHIDANGKAN MAKANAN YANG MENGANDUNG 4 SEHAT 5 SEMPURNA Kompetensi Dasar Memilih makanan bergizi. Indikator  Mampu mengetahui ini nasi  Mampu mengetahui lauk pauk  Mampu mengetahui sayur  Mampu mengetahui buah  Mampu mengetahui susu Uraian Materi Pengertian Memilih makan yang bergizi adalah makanan yang mengandung 4 sehat 5 sempurna. Ada nasi, lauk-pauk, sayur, buah dan susu. Sarana dan Prasarana Berbagai macam alat memasak Meja dan kursi untuk menghidangkan masakan. Cara bermainnya Siswa dibuat berkelompok terdiri dari 5 siswa, kemudian siswa mempraktikkan memasak yaitu menanak nasi, menggoreng ikan, memasak sayur sup, mengupas dan mengiris buah pepaya, menyiapkan minuman yaitu susu. Jika semua masakan telah selesai maka bersihkan dapur dan hidangkan menu masakan yang mengandung 4 sehat 5 sempurna pada ruang makan yang telah tersedia. Bersama-sama makan menikmati hidangan yang telah dimasak secara berkelompok. Aturan Main  Tidak boleh mengganggu jalannya praktik memasak.  Tidak bolah mengganggu teman yang sedang praktik.  Berdisiplin Evaluasi 1. Praktikkan memasak secara berkelompok! 2. Bersihkan dapur ! 3. Hidangkan masakan di meja, ruang makan ! 4. Makanlah hasil masakanmu !
22

DAFTAR PUSTAKA

Arma Abdoellah (1994). Dasar-Dasar Pendidikan Jasmani. Jakarta : Dirjen. Dikti Depdikbud. Depdiknas (2006). Standar ISI, Standar Kompetensi Lulusan dan Panduan Penyusunan KTSP Tunarungu. Jakarta : Depdiknas. Heri Purwanto (1998). Ortopedagogik Umum. Yogyakarta : PLB FIP IKIP Yogyakarta. Joko Supriyanto (2008). Gembira Berolahraga 2 untuk Kelas II SD dan MI. Solo : PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri Sri Suharyatri (2009). Pendidikan Jasmani, Olahraga Dan Kesehatan. Yogyakarta : Dinas Pendidikan Pemuda Dan Olahraga Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Suparno (2001). Pendidikan Anak Tuna Rungu. Yogyakarta : PLB FIP. Wiji Suparno dkk (2006). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) Sekolah Khusus Tunarungu Tingkat Dasar. Yogyakarta : Dinas Pendidikan Pemuda Dan Olahraga Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.

23

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->