P. 1
Dekarboksilasi Oksidatif

Dekarboksilasi Oksidatif

|Views: 68|Likes:
Published by amirhamzah4april

More info:

Published by: amirhamzah4april on Dec 04, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPTX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/11/2013

pdf

text

original

Dekarboksilasi Oksidatif

1.

2.
3. 4.

Oleh kelompok 8 : M. Lukman Muhammad Amir Hamzah Lukman El Hakim Erwin fahmi Erlambang

12610036 12610045 12610046 12610060

imi berlangsung di dalam mithokondria. oleh karena itu terkadang proses ini dimasukkan langsung ke dalam siklus krebs. Proses .Proses Dekarboksilasi Oksidatif berlangsung diantara glikolisis dan siklus krebs.

.

. Dekarboksilasi Oksidatif merupakan proses perubahan asam piruvat yang beratom 3C menjadi senyawa baru yang beratom 2C yaitu asetil koezim-A (asetil Ko-A) oleh karena itu proses ini sering juga disebut reaksi oksidai asam piruvat.

Berikut adalah gambaran secara singkat reaksi dekarboksilasi oksidatif : .

yaitu dalam bentuk molekul CO2.Tahap pertama reaksi yaitu menghilangkan gugus karboksil dari asam piruvat (hasil dari glikolisis) yang telah teroksidasi sempurna dan mengandung sedikit energi.  Piruvat kemudian akan berikatan dengan tiamin pirofosfat sebagai koenzimnya.  .  Dekarboksilasi piruvat menghasilkan senyawa α-hidroksietil.

.

. Kemudian gugus asetil dipindahkan dengan perantara enzim dari gugus lipoil pada asam dihidrolipoat. gugus sulfhidril. Dalam hal ini gugus disulfida dari asam lipoat diubah menjadi bentuk reduksinya.    Pada tahap reaksi kedua α-hidroksietil didehidrogenase menjadi asetil yang kemudian dipindahkan dari tiamin pirofosfat ke atom S dari koenzim yang berikutnya. kegugus tiol (sulfhidril pada koenzim-A). Kemudian asetil ko-A dibebaskan dari sistem enzim kompleks piruvat dehidrogenase dan kemudian akan masuk ke dalam siklus krebs. yaitu asam lipoat.

sedangkan NAD+ berubah menjadi NADH (bentuk reduksi dari NAD+).  . dioksidasi kembali oleh NAD+ (nikotinamid adenin dinukleotida) manjadi FAD.  Akhirnya FADH2 (bentuk reduksi dari FAD) yang tetap terikat pada enzim.Pada tahap reaksi ketiga gugus tiol pada gugus lipoil dioksidasi kembali menjadi bentuk disulfidanya dengan enzim dihidrolipoil dehidrogenase yang berikatan dengan FAD (flavin adenin dinukleotida).

.

.

Sekian terima kasih .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->