Ekologi Adalah Ilmu Pengetahuan Ekologi berasal dari bahasa Yunani, yangterdiri dari dua kata, yaitu oikos

yang artinya rumah atau tempat hidup, dan logos yang berarti ilmu. Ekologi diartikan sebagai ilmu yang mempelajari baik interaksi antar makhluk hidup maupun interaksi antara makhluk hidup dan lingkungannya (lihat Gambar 6. 1). Dalam ekologi, kita mempelajari makhluk hidup sebagai kesatuan atau sistem dengan lingkungannya. Definisi ekologi seperti di atas, pertama kali disampaikan oleh Ernest Haeckel (zoologiwan Jerman, 1834-1914). Ekologi adalah cabang ilmu biologi yangbanyak memanfaatkan informasi dari berbagai ilmu pengetahuan lain, seperti : kimia, fisika, geologi, dan klimatologi untuk pembahasannya. Penerapan ekologi di bidang pertanian dan perkebunan di antaranya adalah penggunaan kontrol biologi untuk pengendalian populasi hama guna meningkatkan produktivitas. Ekologi berkepentingan dalam menyelidiki interaksi organisme dengan lingkungannya. Pengamatan ini bertujuan untuk menemukan prinsipprinsip yang terkandung dalam hubungan timbal balik tersebut. Dalam studi ekologi digunakan metoda pendekatan secara rnenyeluruh pada komponen-kornponen yang berkaitan dalam suatu sistem. Ruang lingkup ekologi berkisar pada tingkat populasi, komunitas, dan ekosistem. http://free.vlsm.org/v12/sponsor/SponsorPendamping/Praweda/Biologi/0026%20Bio%201-6a.htm Ekologi Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas Belum Diperiksa Langsung ke: navigasi, cari

dan ekosistem yang saling memengaruhi dan merupakan suatu sistem yang menunjukkan kesatuan.1914). hewan. dan topografi. komunitas.[2] Akan tetapi. Ekologi diartikan sebagai ilmu yang mempelajari baik interaksi antar makhluk hidup maupun interaksi antara makhluk hidup dan lingkungannya. tumbuhan.Ekologi adalah ilmu yang mempelajari interaksi antara organisme dengan lingkungannya dan yang lainnya. biologi dan ilmu kehidupan lainnya saling melengkapi dengan zoologi dan botani yang menggambarkan hal bahwa ekologi mencoba memperkirakan. dan ekonomi energi yang menggambarkan kebanyakan rantai makanan manusia dan tingkat tropik. Pembahasan ekologi tidak lepas dari pembahasan ekosistem dengan berbagai komponen penyusunnya. Istilah ekologi pertama kali dikemukakan oleh Ernst Haeckel (1834 .[1] Ekosistem mampu memelihara dan mengatur diri sendiri seperti halnya komponen penyusunnya yaitu organisme dan populasi[1]. cahaya. . Berasal dari kata Yunani oikos ("habitat") dan logos ("ilmu"). Namun manusia cenderung mengganggu sistem pengendalian alamiah ini[1]. Perpindahan energi dan materi dari makhluk hidup yang satu ke makhluk hidup yang lain ke dalam lingkungannya dan faktor-faktor yang menyebabkannya.[1] Dalam ekologi. ekologi mempunyai pengaruh yang besar terhadap cabang biologinya. yaitu populasi. Para ahli ekologi mempelajari hal berikut[2]: 1. Ekologi mempelajari bagaimana makhluk hidup dapat mempertahankan kehidupannya dengan mengadakan hubungan antar makhluk hidup dan dengan benda tak hidup di dalam tempat hidupnya atau lingkungannya. Ekologi juga berhubungan erat dengan tingkatantingkatan organisasi makhluk hidup. 2. Perubahan terhadap salah satu komponen akan memengaruhi komponen lainnya. Konsep Ekologi Hubungan keterkaitan dan ketergantungan antara seluruh komponen ekosistem harus dipertahankan dalam kondisi yang stabil dan seimbang (homeostatis)[2]. Ekologi merupakan cabang ilmu yang masih relatif baru. dan mikroba. yaitu faktor abiotik dan biotik. sedangkan faktor biotik adalah makhluk hidup yang terdiri dari manusia. Faktor abiotik antara lain suhu.[2] Ekologi. Terjadi hubungan antarspesies (interaksi antarspesies) makhluk hidup dan hubungan antara makhluk hidup dengan lingkungannya. yang baru muncul pada tahun 70an. Kini para ekolog(orang yang mempelajari ekologi)berfokus kepada Ekowilayah bumi dan riset perubahan iklim. Dengan demikian. ekosistem dapat dianggap suatu cibernetik di alam. air. Perubahan populasi atau spesies pada waktu yang berbeda dalam faktor-faktor yang menyebabkannya. 3. kelembaban. makhluk hidup dipelajari sebagai kesatuan atau sistem dengan lingkungannya.[2] Homeostatis adalah kecenderungan sistem biologi untuk menahan perubahan dan selalu berada dalam keseimbangan.

namun ada benar-benar ekolog politik dalam kebanyakan partai politik.ekosistem merupakan kumpulan dari bermacam-macam dari alam tersebut. ekologi ialah tentang bagaimana lingkungan kita dipengaruhi tubuh dan pikiran kita. Ekologi dalam kacamata antropologi Terkadang ekologi dibandingkan dengan antropologi. Seringkali argumen-argumen itu bertentangan satu sama lain. Antropologi ialah tentang bagaimana tubuh dan pikiran kita dipengaruhi lingkungan kita. lingkungan. mengambil kesehatan ekosistem yang pertama pada daftar moral manusia dan prioritas politik. seperti jalan buat mencapai kesehatan manusia dan keharmonisan sosial. Ekonomi ekologi dan teori perkembangan manusia mencoba memisahkan pertanyaan ekonomi dengan lainnya. Umumnya. Beberapa orang berpikir mereka hanya seorang ilmuwan. seperti banyak yang dilakukan akademisi juga. lingkungan. khususnya kebijakan hutan dan energi. contoh hewan. dan ekonomi yang lebih baik. namun paradigma mekanistik bersikeras meletakkan subyek manusia dalam kontrol objek ekologi — masalah subyekobyek. dan yang terakhir manusia Ekologi dalam politik Ekologi menimbulkan banyak filsafat yang amat kuat dan pergerakan politik – termasuk gerakan konservasi. Namun dalam psikologi evolusioner atau psikoneuroimunologi misalnya jelas jika kemampuan manusia dan tantangan ekonomi berkembang bersama. kesehatan." . Orang yang memiliki kepercayaan-kepercayaan itu disebut ekolog politik. namun susah. tumbuhan. Ekologi dalam ekonomi Banyak ekolog menghubungkan ekologi dengan ekonomi manusia:   Lynn Margulis mengatakan bahwa studi ekonomi bagaimana manusia membuat kehidupan. Sangat sering mereka memakai argumen dari ekologi buat melanjutkan kebijakan. Dengan baik ditetapkan Antoine de Saint-Exupery: "Bumi mengajarkan kita lebih banyak tentang diri kita daripada seluruh buku.dan ekologi yang kita kenal sekarang. Beberapa telah mengatur ke dalam Kelompok Hijau. Manusia menemukan dirinya sendiri saat ia membandingkan dirinya terhadap hambatan. Banyak orang berpikir ekonomi baru saja menjadi bagian ekologi. Mike Nickerson mengatakan bahwa "ekonomi tiga perlima ekologi" sejak ekosistem menciptakan sumber dan membuang sampah. Studi ekologi bagaimana tiap binatang lainnya membuat kehidupan. dan ekonomi mengabaikannya salah. "Modal alam" ialah 1 contoh 1 teori yang menggabungkan 2 hal itu. sebab keduanya menggunakan banyak metode untuk mempelajari satu hal yang kita tak bisa tinggal tanpa itu. disebut gerakan hijau. yang mana ekonomi menganggap dilakukan "untuk bebas". Karena itu menolak kita. Saat semuanya digabungkan dengan gerakan perdamaian dan Enam Asas.

Beberapa Cabang Ilmu dari Ekologi Karena sifatnya yang masih sangat luas. 2. Jakarta. 2010. maka ekologi mempunyai beberapa cabang ilmu yang lebih fokus.org/wiki/Ekologi . ^ a b c d Hutagalung RA. 2004. Diakses pada 11 April 2010. ^ a b c d e ITB. Hlm: 20-27. Ekosistem sebagai lingkungan hidup manusia. yaitu:                                  Ekologi Tingkah Laku Ekologi Komunitas dan Sinekologi Ekologi Fisiologi Ekologi Ekosistem Ekologi Evolusi Ekologi Global Ekologi Manusia Ekologi Populasi Ekologi Akuatik Ekologi Api Ekologi Fungsional Ekologi Polinasi Ekologi Hutan Ekologi Laut Ekologi Laut Tropis Ekologi Pangan dan Gizi Ekologi Hutan Mangrove Ekologi Kesehatan Ekologi Antariksa Ekologi Pedesaan Ekologi Serangga Ekologi Habitat Ekologi Pelestarian Ekologi Hewan Ekologi Produksi Ekologi Purbakala Ekologi Sosial Ekologi Radiasi Ekologi Tumbuhan Penganggu Ekologi Lanskap Ekologi Molekuler Ekologi Robot Ekologi Industri Referensi 1. Ekologi Dasar. http://id.wikipedia.

Ruang lingkup ekologi berkisar pada tingkat populasi. Ekologi diartikan sebagai ilmu yang mempelajari interaksi antar mahluk hidup maupun interaksi antara mahluk hidup dengan lingkungannya. Jadi.Selasa. Definisi ekologi seperti di atas. Ekologi berasal dari bahasa Yunani. Secara etimologis.blogspot. ekologi memiliki perbedaan makna dengan ekonomi yakni bahwa ekologi mempelajari rumah tangga makhluk hidup sedangkan . 08 Oktober 20120 komentar Definisi Ekologi dan Lingkungan . Ekologi Ekologi adalah ilmu yang mempelajari interaksi antara organisme dengan lingkungannya.com/2009/09/definisi-ekologi. kita mempelajari makluk hidup sebagai kesatuan atau sistem dengan lingkungannya. dan logos yang berarti ilmu. Ekologi berasal dari bahasa Yunani ‗oikos‘ (rumah tangga atau tempat hidup) dan ‗logos‘ (ilmu). terdiri dari dua kata. Pengamatan ini bertujuan untuk menemukan prinsip-prinsip yang terkandung dalam hubungan timbal balik tersebut. Meskipun sama-sama berasal dari kata oikos. Diposkan oleh Arman Nugraha di 05:56 http://geography-arman. komunitas. Dalam ekologi. dan ekosistem. pertama kali disampaikan oleh Ernest Haeckel (zoologiwan Jerman. ahli biologi Jerman pada tahun 1869. Ekologi berkepentingan dalam menyelidiki interaksi organisme dengan lingkungannya. Jadi ekologi adalah ilmu tentang rumah atau tempat tinggal makhluk yang secara harfiah diartikan sebagai pengkajian hubungan organisme-organisme atau kelompok organisme terhadap lingkungannya. Dalam studi ekologi digunakan metode pendekatan secara rnenyeluruh pada komponenkornponen yang berkaitan dalam suatu sistem. 1834-1914).Ekologi merupakan salah satu cabang dari biologi yang mempelajari pengaruh faktor lingkungan terhadap jasad hidup. namun sebelumnya yakni pada tahun 1965 Reiter juga telah menggunakan istilah ekologi dalam karyanya. yaitu oikos yang artinya rumah atau tempat hidup. Ekologi berasal dari kata Yunani oikos ("habitat") dan logos ("ilmu"). 29 September 2009 Definisi Ekologi A.html Definisi Ekologi dan Lingkungan Senin. Kata ekologi pertama kali diperkenalkan oleh Ernest Haekel. Sangat diperhatikan dengan hubungan energi dan menemukannya kembali kepada matahari kita yang merupakan sumber energi yang digunakan dalam fotosintesis.

tentang badann air yang ada didalamnya. Ekologi diartikan sebagai ilmu yang . sumber energi dalam ekologi adalah sinar matahari sedangkan sumber ‗energi‘ dalam ekonomi adalah uang (Zoer‘aini:2010). Selain itu. faktor-faktor fisik dan kimia lainnya yang mencirikan Dari definisi-definisi ekologi yang dikemukakan di atas. Ekologi mempelajari hubungan timbal balik antara organisme dengan tempat tinggalnya. cuaca didalam gua. (Zoer‘aini: 2010). Ekologi hanya mempelajari apa yang terjadi di alam dengan tidak melakukan percobaan. Ekologi juga biasa diartikan sebagai ilmu yang mempelajari hubungan timbal balik antara makhluk hidup dan lingkungannnya. sementara itu. organisme dan tempat tinggalnya masing-masing dipelajari dalam berbagai cabang disiplin ilmu. Sumber: http://id. pada dasarnya ekonomi dan ekologi sangat berkaitan terutama dalam keharmonisan hubungan kesejahteraan manusia dan kelestarian alam. energi.html Ekologi adalah ilmu yang mempelajari hubungan timbal balik antara organisme-organisme hidup dengan lingkungannya. jelaslah bahwa ekologi merupakan ilmu murni yang mengkaji hubungan yang saling mempengaruhi antara makhluk hidup dengan lingkungannya.com/2012/10/definisi-ekologi-dan-lingkungan. Menurut Odum (1971) ekologi mutakhir adalah suatu studi yang mepelajari struktur dan fungsi ekosistem atau alam di mana manusia adalah bagian dari alam. Karena didalam suatu ―tempat tinggal‖ tidak hanya hidup satu jenis organisme misalnya gua adalah tempat tinggal kelelawar dan burung wallet.shvoong.caragampang. Struktur di sini menunjukkan suatu keadaan dari sistem ekologi pada waktu dan tempat tertentu termasuk kerapatan/kepadatan. Terlepas dari perbedaannya. Berasal dari kata Yunani oikos (―habitat‖) dan logos (―ilmu‖). Dalam hal ini objek kajian ekologi adalah makhluk hidup. biomass. Didalam ekologi dipelajari hubungan timbal balik antara organisme dengan tempat tinggalnya. Mislanya dikaji macam jenis batuan penyusun gua. dan hubungan antara keduanya. Disamping itu dikaji pula interaksi antaara unsure penyusun tempat tinggal.com/travel/2118614-definisi-ekologi/#ixzz2A6ezbHlW PENGERTIAN EKOLOGI Ekologi berasal dari bahasa Yunani yang terdiri dari dua kata. Jadi ekologi ialah badan air atau perairan. penyebaran potensi unsur hara (materi). http://www. lingkungan yang ada di sekitar makhluk hidup tersebut. maka dalam ekologi dipelajari pula saling mempengaruhi antar jenis organisme. dan logos yang berarti ilmu.ekonomi mempelajari rumah tangga manusia. yaitu oikos yang artinya rumah atau tempat hidup.

Dalam studi ekologi digunakan metoda pendekatan secara rnenyeluruh pada komponenkornponen yang berkaitan dalam suatu sistem. dan ekosistem. Ekologi berkepentingan dalam menyelidiki interaksi organisme dengan lingkungannya. Pengamatan ini bertujuan untuk menemukan prinsip-prinsip yang terkandung dalam hubungan timbal balik tersebut. Ekologi adalah cabang ilmu biologi yang banyak memanfaatkan informasi dari berbagai ilmu pengetahuan lain. Ilmu ekologi pada dasarnya menjelaskan hubungan antara organisme -tumbuhan maupun hewan. Konsep ini dapat dilacak balikpada filofis Yunani. Bukan hanya dengan alam secara fisik -termasuk tanah.Dalam tulisan lain (1869) pada inaugural lecture di Universitas Jena) Haeckel menyamakan tigapendekatan. kita mempelajari makhluk hidup sebagai kesatuan atau sistem dengan lingkungannya. 1834-1914).com/2012/02/12/pengertian-dan-prinsip-ekologi/ EKOLOGI KONSEP DASAR EKOLOGIEkologi sebagai ilmu pengetahuan didirikan kurang lebih 150 tahun yang lalu. Ruang lingkup ekologi berkisar pada tingkat populasi. Istilah ekologi ( ecology )dikemukankan oleh Ernst Haeckel pada tahun 1866 seperti tertulis dalam bukunya GenerelleMorphologie der Organismen . lahan basah gambut. dan klimatologi untuk pembahasannya. komunitas. Selanjutnya didefinisikan. Penerapan ekologi di bidang pertanian dan perkebunan di antaranya adalah penggunaan kontrol biologi untuk pengendalian populasi hama guna meningkatkan produktivitas.tetapi juga dengan benda hidup lain dalam suatu pola saling ketergantungan yang dinamakan ekosistem. geologi.wordpress. Definisi ekologi seperti di atas. Pythagoras . yaitu ― external atau hubungan fisiologi=periologi=ekologi sebagai ilmu pengetahuanekonomi alam ( the science of the economiy of nature ). pertama kali disampaikan oleh Ernest Haeckel (zoologiwan Jerman. fisika. Ekologi adalah ilmu pengetahuan yangmempelajari hubungan organisme-organisme dengan total lingkungannya. sungai. air dan iklim. Ini mengacu pada konsep tua yang menyebutkan oeconomia naturae dalam karya ilmiah yang ditulis oleh Linnaeus (1749). dll. hutan mangrov. Sifat setiap benda hidup dimengerti dari segi hubungannya. http://mukegile08. seperti : kimia. Contoh ekosistem dari Sumatera adalah hutan tropis dataran rendah.mempelajari baik interaksi antar makhluk hidup maupun interaksi antara makhluk hidup dan lingkungannya Dalam ekologi.dengan lingkungannya.

Bagaimana tumbuhan dapat tumbuh dan dimana dapatditemukan? Atau Mengapa tumbuhan mempunyai properti yang memungkinkan mereka dapatbertahan hidup di bawah kombinasi berbagai parameter lingkungannya saat tertentu. adat dengan katalateral yang berarti aturan untuk membagi ladang/bidang bahasan dengan logos yang mendefinisikanhukum alam ( natural law ). penjelasan dan perkiraan tentangindividu. April 2009 Krebs (1972).. Ini merupakan definisi yang sangat umum. populasi dan komunitas dalam dimensi truang dan waktu.scribd. yang dikenal sebagai pendiri sesungguhnya (kesadaran sendiri) dari ekologi di dalam bukunyayang terkenal. ekologi adalah mengenai uraian. Plantesamefund (1895). Fmipa UnlamBagian KrisdiantoPublished. Harper & Townsend (1986). Definisi ini mencari jawaban atas pertanyaan dimana dan berapa. EugeniusWarming . Namun demikian definisi Haeckel tidak mempunyai program riset yangkongkrit.Sangat penting untuk menyadari bahwa ekologi awalnya lahir sebagai sebuah cabang ilmu biologi.Program riset ilmiah pertama di bidang ekologi dikembangkan oleh ahli tumbuhan Denmark. ekologi adalah ilmu pengetahuan yang mengkaji hubungan yang menentukan distribusidan kelimpahan suatu organisme. Enlightening Ecology 2 Hand out 1 Mata kuliah ekologi.com/doc/57992838/Definisi-ekologi . Jelasnya sangat sukar untuk menemukan satudefinisi yang dapat menekankan sosok ilmu pengetahuan ekologi. ekologi adalah berkaitan dengan perkiraan dari biomassa. Jadi jelas menggantikan nomos yang menggambarkan hukum masyarakat.Jadi Haecklel yang menemukan kata Ecology dari pada terjemahan ekologi sebagai ekonomi alam.Odum (1993) mengisyaratkan bahwa nilai aliran energy dapat ditransformasi ke dalam nilai currency (Iniberarti perubahan materi dan energy dalam kasus tertentu akan mengikuti kaidah-kaidah ekonomidalam mendapatkan nilai tukarnya)Namun demikian tidak ada definisi ekologi yang usang. Biologi. ekologi adalah kajian tentang struktur dan fungsi alam ( the study of structure and functionof nature ) atau kajian suatu ekosistem ( study of ecosystem ). http://www. kebiasaan.Peter (1980). Ini merupakan definisi yang palingtepat. produktivitas dan keragaman.Dalam cabang biologi seperti yang ditunjukan dalam table berikut sesuai dengan klasfikasi ilmupengetahuan yang dituliskan oleh KantAnatomiMorfologiS i s t e m a t i k S t a t i k F i s i o l o g i E k o l o g i D i n a m i k GeneralnomotheticalSpecialIdio graphicalDefinisi yang lebih akhir tentang Ekologi dikemukakan oleh:Odum (1972).Definisi ini menekankan ketertarikan untuk memperkirakan ( prediction ) parameter-parameteroperasional (berapa?)Begon.

-. -.artikata. tanah. -. -. radiasi. -. msl ekologi air tawar. -. -. ekologi laut. jumlah individu. -. -.pelestarian cabang ekologi yg berkaitan dng pengelolaan wajar dr sumber daya alam. air. -produksi cabang ekologi yg berhubungan dng produksi kasar dan produksi bersih berbagai macam ekosistem sehingga pengelolaan yg sewajarnya dapat dilakukan untuk mendapatkan hasil maksimum. dan ekologi hutan.ekosistem cabang ekologi yg berkaitan dng analisis ekosistem apabila dipandang dr sudut struktural dan fungsional. teknologi. -.tumbuhan ilmu tt tumbuhan sbg organisme hidup dan mengabaikan hewan dan manusia. termasuk hubungan antara biotik dan abiotik.tumbuhan pengganggu ilmu tt hubungan timbal balik antara tumbuhan pengganggu dan lingkungannya http://www.Definisi 'ekologi' Indonesian to Indonesian noun 1. -.sosial ilmu tt hubungan penduduk dng lingkungan alam. dan lingkungan. msl ekologi serangga dan ekologi mikrob. spt yg terdapat dl etnolinguistik dan sosiolinguistik.habitat cabang ekologi yg menitikberatkan sifat habitat.taksonomi cabang ekologi menurut golongan taksonomi. msl. -.bahasa penyelidikan tt interaksi antara bahasa dan lingkungannya.manusia ilmu tt keadaan lingkungan yg berhubungan dng kehidupan manusia. -.serangga ilmu tt hubungan antara kehidupan serangga dan lingkungannya.hewan ilmu tt hewan sbg organisme hidup dan mengabaikan tumbuhan dan manusia. ilmu tt hubungan timbal balik antara makhluk hidup dan (kondisi) alam sekitarnya (lingkungannya).purbakala cabang ekologi yg berhubungan dng makhluk purbakala dan membantu melacak lubang-lubang garis evolusi dan asal-usul (tempat dan waktu) kelompok tumbuhan dan hewan. -.populasi cabang ekologi yg menitikberatkan hubungan antara kelompok makhluk. dan laut untuk kesejahteraan manusia. -. dan faktor penentuan besar populasi dan penyebarannya. dan masyarakat manusia.com/arti-325975-ekologi.radiasi cabang ekologi yg berhubungan dng bahan radioaktif.html .antariksa cabang ekologi tt pengembangan ekosistem yg dapat melakukan regenerasi sebagian atau seluruhnya untuk menyokong kehidupan manusia selama penerbangan ruang angkasa yg lama.