P. 1
Pengertian Dan Kedudukan Filsafat Ilmu(2)

Pengertian Dan Kedudukan Filsafat Ilmu(2)

|Views: 64|Likes:
Published by Izzatul Mudzakkirah

More info:

Published by: Izzatul Mudzakkirah on Dec 04, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPTX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

10/21/2013

pdf

text

original

PENGERTIAN DAN KEDUDUKAN FILSAFAT ILMU

KELOMPOK B1

PENDAHULUAN  Dahulu ilmu pengetahuan adalah identik dengan filsafat.  Perkembangan filsafat itu sensdiri telah mengantarkan adanya konfigurasi dengan menunjukkan bagaimana “pohon ilmu pengetahuan “ . sehingga pembatasannya bergantung pada sistem filsafat yang dianutnya.A.

Filsafat ilmu adalah studi gabungan yang terdiri dari beberapa studi beraneka macam yang ditunjukkan untuk menentukan batas tegas mengenai ilmu tertentu. ke-rasionalan.B. terhadap lambang-lambang yang digunakan. 1. 2. Filsafat ilmu adalah upaya untuk mencari kejelesan mengenai dasar-dasar konsep dan postulat mengenai ilmu dan upaya membuka tabir dasar-dasar ke-empirisan. dan ke-pragmatis-an. dan terhadap struktur penalaran tentang sistem lambang yang digunakan. 3. Berbagai pendapat tentang filsafat ilmu Filsafat ilmu adalah suatu telaaah kritis terhadap metode yang digunakan oleh ilmu tertentu. .

2.C. Perbedaan antara Pengetahuan dan Ilmu  Ada 2 alternatif untuk menjelaskan pengertian ilmu dan pengetahuan: 1. . Didasarkan pada asumsi bahwa ilmu pengetahuan pada dasarnya 2 kata benda yakni ilmu dan pengetahuan. Menggunakan ilmu pengetahuan untuk science dan pengetahuan untuk knowledge.

 Tujuan Ilmu adalah untuk menemukan apa yang benar mengenai dunia ini. Ilmu untuk Memperoleh Kebenaran Ilmu merupakan suatu bentuk aktifitas manusia yang melalui pelaksanaannya umat manusia memperoleh suatu pengetahuan dan pemahaman. yaitu suatu kebenaran yang dipertanggungjawabkan secara rasional.  Tujuan manusia mengembangkan ilmu adalah untuk mencapai kebenaran dan untuk mendapatkan pengetahuan.  Tujuan utama yang diharapkan oleh seorang ilmuwan adalah untuk memperoleh kebenaran ilmiah.D. .

.sebagai berikut : bentuk aktivitas Ilmu adalah suatu manusia yang melalui pelaksanaan umat manusia memperoleh suatu pengetahuan dan pemahaman tentang alam. Paul Freedman (1960) menjelaskan ilmu 1.E. Ilmu dapat diartikan sebagai suatu kumpulan pengetahuan yang merupakan hasil berpikir manusia. 2. Ilmu sebagai suatu bentuk Aktivitas Ilmiah Salah satu ciri khas ilmu pengetahuan adalah sebagai bentuk aktivitas. yaitu sebagai suatu kegiatan yang dilakukan secara sadar oleh manusia.

 Metode ilmiah mengadakan penataan data dan yang sebelumnya merupakan sekumpulan data yang belum diatur.F. Ilmu adalah pengetahuan yang diperoleh dengan menerapkan metode keilmuan.  Ilmu adalah pembatasan prosedur yang dapat membimbing peneliti menurut arah . metode yang membedakan ilmu dengan pengetahuan yang lain. Ilmu sebagai Metode Ilmiah Metode ilmiah adalah suatu istilah kolektif yang menujukkan kepada bermacam-macam proses dan langkah yang dilalui oleh bermacam-macam ilmu dan perkembagannya.

terhindar dari arus yang memandang kebenaran ilmiiah. Filsafat Ilmu adalah refleksi filsafati yang tidak pernah mengenal titik henti dalam menjelajahi kawasan ilmiah untuk mencapai kebenaran atau kenyataan. akan menjadikan diri kita masingmasingsebagai ilmuwan atau sarjana yang arif. . sesuatu yang memang tidak akan pernah habis dipikirkan dan tidak akan pernah selesai diterangkan. Dengan memahami seluk beluk ilmu ilmiah filsafat. tanpa harus menjadi seorang filsuf. berarti berarti memahami seluk beluk ilmu yang paling mendasar . Dengan memahami filsafat ilmu.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->