P. 1
Manfaat Sholat

Manfaat Sholat

|Views: 99|Likes:
Published by widyaanggraini

More info:

Published by: widyaanggraini on Dec 05, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

10/16/2013

pdf

text

original

Potensi Tauhid ( Muhammad Hizbullah Anwar

)
"Ilmu adalah cahaya bagi hati nurani, kehidupan bagi ruh dan bahan bakar bagi tabiat. jangan pernah merasa puas dengan Ilmu"

Manfaat Sholat (Secara Ilmiah) Manfaat sholat Sebagai Tiang Agama
Sholat sebagai tiang agama adalah ibadah yang paling proporsional bagi anatomi tubuh manusia. Gerakan-gerakannya sudah sangat melekat dengan gestur (gerakan khas tubuh) seorang muslim. Namun, pernahkah terpikirkan manfaat masing-masing gerakan? Sudut pandang ilmiah menjadikan sholat gudang obat bagi berbagai jenis penyakit!

Inilah Manfaat sholat

TAKBIRATUL IHRAM

Postur: berdiri tegak, mengangkat kedua tangan sejajar telinga, lalu melipatnya di depan perut atau dada bagian bawah. Manfaat: Gerakan ini melancarkan aliran darah, getah bening (limfe) dan kekuatan otot lengan. Posisi jantung di bawah otak memungkinkan darah mengalir lancar ke seluruh tubuh. Saat mengangkat kedua tangan, otot bahu meregang sehingga aliran darah kaya oksigen menjadi lancar. Kemudian kedua tangan didekapkan di depan perut atau dada bagian bawah. Sikap ini menghindarkan dari berbagai gangguan persendian, khususnya pada tubuh bagian atas.

RUKUK

Postur: Rukuk yang sempurna ditandai tulang belakang yang lurus sehingga bila diletakkan segelas air di atas punggung tersebut tak akan tumpah. Posisi kepala lurus dengan tulang belakang. Manfaat: Postur ini menjaga kesempurnaan posisi dan fungsi tulang belakang (corpus vertebrae) sebagai penyangga tubuh dan pusat syaraf. Posisi jantung sejajar dengan otak, maka aliran darah maksimal pada tubuh bagian tengah. Tangan yang bertumpu di lutut berfungsi relaksasi bagi otot-otot bahu hingga ke bawah. Selain itu, rukuk adalah latihan kemih untuk mencegah gangguan prostat.

I’TIDAL

kita bertumpu pada pangkal paha yang terhubung dengan syaraf nervus Ischiadius. pencernaan menjadi lebih lancar. Karena itu. Gerakan ini mencegah sakit kepala dan menjaga kekencangan kulit wajah. lakukan sujud dengan tumaâninah. baik rukuk maupun sujud memiliki manfaat luar biasa bagi kesuburan dan kesehatan organ kewanitaan. lutut.Postur: Bangun dari rukuk. Manfaat: Ftidal adalah variasi postur setelah rukuk dan sebelum sujud. Variasi posisi telapak kaki pada iffirosy dan tawarruk menyebabkan seluruh otot tungkai turut meregang dan kemudian relaks kembali. Manfaat sholat Lainnya PACU KECERDASAN . Posisi jantung di atas otak menyebabkan darah kaya oksigen bisa mengalir maksimal ke otak. Posisi ini menghindarkan nyeri pada pangkal paha yang sering menyebabkan penderitanya tak mampu berjalan. • SUJUD Postur: Menungging dengan meletakkan kedua tangan. • SALAM Gerakan: Memutar kepala ke kanan dan ke kiri secara maksimal. • DUDUK Postur: Duduk ada dua macam. Khusus bagi wanita. Organ organ pencernaan di dalam perut mengalami pemijatan dan pelonggaran secara bergantian. dan dahi pada lantai. yaitu iftirosy (tahiyyat awal) dan tawarruk (tahiyyat akhir). Gerak dan tekanan harmonis inilah yang menjaga. Duduk tawarruk sangat baik bagi pria sebab tumit menekan aliran kandung kemih (urethra). Efeknya. Aliran ini berpengaruh pada daya pikir seseorang. jangan tergesa gesa agar darah mencukupi kapasitasnya di otak. dengan benar. tubuh kembali tegak setelah. Manfaat: Saat iftirosy. BERIBADAH secara. Manfaat: Aliran getah bening dipompa ke bagian leher dan ketiak. Postur ini juga menghindarkan gangguan wasir. kontinyu bukan saja menyuburkan iman. Perbedaan terletak pada posisi telapak kaki. kelenturan dan kekuatan organ-organ gerak kita. Gerak berdiri bungkuk berdiri sujud merupakan latihan pencernaan yang baik. Manfaat: Relaksasi otot sekitar leher dan kepala menyempurnakan aliran darah di kepala. kelenjar kelamin pria (prostata) dan saluran vas deferens. tetapi mempercantik diri wanita luar & dalam. mengangkat kedua tangan setinggi telinga. ujung kaki. postur irfi mencegah impotensi. Jika dilakukan.

MUDAHKAN PERSALINAN Masih dalam pose sujud. Dari sudut pandang ilmu sikoneuroimunologi (ilmu mengenai kekebalan tubuh dari sudut pandang psikologis) yang didalami Prof Sholeh. Kebiasaan sujud menyebabkan tubuh dapat mengembalikan serta mempertahankan organ-’organ perut pada tempatnya kembali (fiksasi). Ini menguntungkan wanita karena dalam persalinan dibutuhkan pernapasan yang baik dan kemampuan mengejan yang mencukupi. AS. Keunggulan salat dibandingkan gerakan lainnya adalah salat menggerakan anggota tubuh lebih banyak. posisi jantung berada di atas kepala yamg memungkinkan darah mengalir maksimal ke otak. PERINDAH POSTUR Gerakan-gerakan dalam sholat mirip yoga atau peregangan (stretching). PERBAIKI KESUBURAN Setelah sujud adalah gerakan duduk. Pada saat sujud. manfaat lain bisa dinikmati kaum hawa. bagian tubuh yang menjadi kebanggaan wanita. gerakan ini mengantar manusia pada derajat setinggi-tingginya. . dubur untuk melepas kotoran. Intinya untuk melenturkan tubuh dan melancarkan peredaran darah. Saat sujud. Risetnya telah mendapat pengakuan dari Harvard Universitry. Dalam sholat ada dua macam sikap duduk. Dengan kata lain. Falsafahnya adalah manusia menundukkan diri serendah-rendahnya. Itu artinya. Bila. Yang terpenting adalah turut berkontraksinya otot-otot daerah perineum. dan saluran kemih. Bagi wanita. Saat duduk tawarruk. yaitu liang persenggamaan. Saat inilah kontraksi terjadi pada otot dada. yaitu duduk iftirosy (tahiyyat awal) dan duduk tawarruk (tahiyyat akhir). pembuluh darah di otak terlatih untuk menerima banyak pasokan darah. tumit kaki kiri harus menekan daerah perineum. Mengapa? Dengan melakukan gerakan sujud secara rutin. otot perut telah berkembang menjadi lebih besar dan kuat. Payudara tak hanya menjadi lebih indah bentuknya tetapi juga memperbaiki fungsi kelenjar air susu di dalamnya. otak mendapatkan pasokan darah kaya oksigen yang memacu kerja sel-selnya. maka secara alami ia justru lebih elastis. otot-otot perut (rectus abdominis dan obliquus abdominis externuus) berkontraksi penuh. sujud yang tumakninah dan kontinyu dapat memacu kecerdasan. Kondisi ini melatih organ di sekitar perut untuk mengejan lebih dalam dan lama.Gerakan sujud dalam sholat tergolong unik. Saat pinggul dan pinggang terangkat melampaui kepala dan dada. bahkan lebih rendah dari pantatnya sendiri. Punggung kaki harus diletakkan di atas telapak kaki kiri dan tumit kaki kanan harus menekan pangkal paha kanan. termasuk jari kaki dan tangan. Sujud adalah latihan kekuatan untuk otot tertentu. inilah daerah paling terlindung karena terdapat tiga lubang. beban tubuh bagian atas ditumpukan pada lengan hingga telapak tangan. Bahkan seorang dokter berkebangsaan Amerika yang tak dikenalnya menyatakan masuk Islam setelah diam-diam melakukan riset pengembangan khusus mengenai gerakan sujud. termasuk otot dada.

maka sel-sel yang rusak dapat segera tergantikan. Gerakan terakhir sholat. kerusakan sel dan kulit sedikit terjadi.W. Gerakan-gerakan Sholat sangat baik sekali untuk Kesehatan tubuh kita. Nah mulai . Alhasil. kulit wajah. tubuh senantiasa bugar. bukan karena Sholat sebagai kebutuhan untuk Tubuh kita supaya lebih Sehat dan kembali refress selain kita tunduk kepada perintah Allah yang menciptakan Kita.T. kita hanya tahu sebatas Perintah Wajib yang harus dilaksanakan. seluruh gerakan sholat bertujuan meremajakan tubuh. Tekanan lembut inilah yang memperbaiki organ reproduksi di daerah perineum. gerakan ini menghindarkan wanita dari serangan migrain dan sakit kepala lainnya. dan masalah kesehatanpun diperhatikan mulai dari Whudu sebagai Hydro Therapi dan Gerakan Sholat sebagai gerakan yang bisa membuat kita sehat secara fisik dan mental Insya Allah terhindar dari berbagai macam penyakit tentunya dengan ijin Allah S. Sholat karena menggugurkan kewajiban. mungkin ini kita belum tahu tujuan Allah memerintah umatnya untuk Sholat. masyarakat banyak menderita berbagai keluhan penyakit padahal dia sudah sholat 5 waktu bahakan tak ketinggalan Sholat sunatpun dia jalankan. Kajian Ilmiah tentang Sholat untuk Kesehatan by Amay on 26/06/2012 at 8:55 AM Posted In: Obat dan Penyakit Kajian Ilmiah tentang Sholat untuk Kesehatan Allahuakbar…Islam memang agama yang sempurna yang memperhatikan kebutuhan umatnya dengan tujuan umatnya Bahagia di dunia dan bahagia diakhirat kelak. sehingga gerakannyapun sangat cepat yang bisa menambah tubuh kita tambah Stress. Tapi Fenomena dimasyarakat kita yang mayoritas umat islam sepertinya bertolak belakang. Yang tak kalah pentingnya. jika tidak dijalankan maka konsekwensinya kita masuk neraka. Apalagi jika dilakukan secara rutin. Jika tubuh lentur. AWET MUDA Pada dasarnya. dan Jiwa kitapun dituntun untuk Khusu sehingga Kesehatan batinpun akan tercipta tentunya dengan Sholat Khusu bukan Sholat kejar Target.Pada posisi ini tumit kaki kiri akan memijit dan menekan daerah perineum. Regenerasi pun berlangsung lancar. disana ada streching dan kelenturan yang sangat baik sekali untuk kesehatan dan pengobatan. yaitu salam dan menengok ke kiri dan kanan punya pengaruh besar pada kekencangan. Gerakan ini tak ubahnya relaksasi wajah dan leher.

paru-paru. ruas tulang punggung. leher. Salam . otot-otot bahu. Bersujud dengan meletakan jari-jari tangan di depan lutut membuat semua otot berkontraksi. berarti kita melakukan gerakan ini sebanyak 17 kali. Sujud Belum lagi gerakan sujud yang setiap rakaat dua kali hingga junlahnya sehari 34 kali. karena sikap itu merupakan penyembuhan penyakit tanpa obat dan tanpa operasi. Rukuk Rukuk juga sangat baik untuk menghindari penyakit yang menyerang ruas tulang belakang yang terdiri dari tulang punggung. kedua kaki yang tegak lurus pada posisi akupuntur. Kalau rakaat kita rukuk satu kali. pinggang. Duduk tasyahud Duduk tasyahud akhir atau tawaruk adalah salah satu anugerah Allah yang patut kita syukuri. jantung. punggung dan lain-lain.sekarang belajarlah Sholat khusu dan rasakan efek dari Sholat khusu tersebut untuk Kesehatan Lahir dan Bathin kita. lambung. tulang leher. secara otomatis memijat pusat-pusat daerah otak. dan tulang pungggung lurus dan bekerja secara normal. Hembing menemukan bahwa berdiri tegak pada waktu sholat membuat seluruh saraf menjadi satu titik pusat pada otak. tetapi juga membuat pembuluh darah dan urat-urat getah bening terpijat dan terurut. Posisi duduk dengan mengangkat kaki kanan dan menghadap jari-jari ke arah kiblat ini. mata. otak. Berdiri tegak dalam sholat Gerakan-gerakan sholat bila dilakukan dengan benar. menggerakan dan mengendurkan saraf-saraf yang berada di otak. Bayangkan bila kita menjalankan sholat lima waktu yang berjumlah 17 rakaat sehari semalam. Dengan melakukan rukuk. Untuk laki-laki sikap duduk ini luar biasa manfaatnya. dll. rongga dada. dan banyak lagi terdapat pada ujung kaki. sangat bermanfaat bagi kesehatan seluruh tubuh. ruas tulang punggung teratas. setiap gerakan-gerakan shalat mempunyai arti khusus bagi kesehatan dan punya pengaruh pada bagian-bagian tubuh seperti kaki. tulang pinggang dan ruas tulang tungging. terutama untuk kesehatan dan kekuatan organ seks. kita telah menarik. Posisi sujud ini juga sangat membantu kerja jantung dan menghindari mengerutnya dinding-dinding pembuluh darah. Gerakan ini bukan saja membuat otot-otot itu akan menjadi besar dan kuat. pangkal paha. selain menjadi latihan yang menyehatkan juga mampu mencegah dan meyembuhkan berbagai macam penyakit. Hubungan Sholat dengan Kesehatan Apa hubungan sholat dengan kesehatan ? menurut Hembing. Berikut adalah ringkasan yang bermanfaat untuk mengetahui tentang daya penyembuhan di balik pelaksanaan sholat sebagai aktivitas spiritual.

Sementara ketenangan itu sendiri terbukti mampu meningkatkan ketahanan tubuh imunologik. Tubuh akan terasa lebih segar. Itu bukan ungkapan teoritis semata. stress bisa dikelola. hormon kortison ini biasa dipakai sebagai tolak ukur untuk mengetahui kondisi seseorang apakah jiwanya tengah terserang stress.Bahkan. Menurutnya. Penelitinya adalah dosen fakultas Tarbiyah IAIN Sunan Ampel Surabaya. ungkap alumni pesantren lirboyo kediri Jatim ini. kalau melaksanakan sholat tahajjud dengan ihklas dan kontinyu akan dapat merangsang pertumbuhan sel secara normal sehingga membebaskan pengamal sholat tahajjud dari berbagai penyakit dan kanker (tumor ganas). gerakan salam akhir. melainkan sudah diuji dan dibuktikan melalui penelitian ilmiah. kata Sholeh. bisa mendatangkan ketenangan. . Setiap mukmin pasti bisa merasakan itu. Untungnya. infeksi dan mempercepat perkembangan sel kanker serta meningkatkan metastatis (penyebarab sel kanker). sholat tahajjud mengandung aspek meditasi dan relaksasi sehingga dapat digunakan sebagai pereda stress yang akan meningkatkan ketahanan tubuh seseorang secar natural. atau perenungan / tafakur dan umpan balik hayati (bio feed back). Sebaliknya. seperti diketahui. Tekanan mental itu sendiri terjadi akibat gangguan irama sirkadian (siklus gerak hidup manusia) yang ditandai dengan pengikatan hormon kortison. dalam usahanya meraih gelar doktor. dan otak juga mempu kembali berfikir dengan terang. Sholat tahajjud yang dilakukan di penghujung malam yang sunyi. menurut penelitian Hembing punya manfaat besar karena gerakan ini sangat bermanfaat membantu menguatkan otot-otot leher dan kepala. bentuk-bentuk tekanan mental sepert stress maupun depresi membuat seseorang rentan terhadap berbagai macam penyakit. dan pengelolaan itu bisa dilakukan dengfan eduikatif. sendi-sendi dan otot akan terasa lebih kendur. Perlu diketahui. mengurangi resiko terkena penyakit jantung dan meningkatkan usia harapan hidup. jelas sholeh dalam disertainya yang berjudul “Pengaruh Sholat Tahajjjud terhadap Pengingkatan Perubahan Respon Ketahanan Tubuh Imunologik”. bila ia menjalankan sholat dengan benar. manfaat itu ada yang bisa merasakannya dengan sadar. sholat tahajjud yang dijalankan dengan tepat. Sholeh melakukan penelitian terhadap siswa SMU Lukmanul Hakim Pondok Pesantren Hidayatullah Surabaya yang secara rutin menunaikkan sholat tahajjud. kata sholeh. Tahajjud = Anti kanker Sebuah penelitian ilmiah yang lain membuktikan bahwa sholat tahajjud membebaskan seseorang dari pelbagai penyakit. cara teknis relaksasi. tetapi jika dilaksanakan dengan iklas dan kontintyu akan sebaliknya. Tapi harus diingat. terutam bila tidak dilaksanakan secara ikhlas dan kontinyu karena akan terjadi kegagalan dalan menjaga Homeostatis (daya adaptasi) terhadap perubahan pola irama pertumbuhan sel yang normal. kontinyum khusuh. berpaling ke kanan dan ke kiri pun. depressi atau tidak. Hanya saja. Mohammad Sholeh. Nah. adalah pertumbuhan sel yang tidak normal. Pada saat yang sama. dan ikhlas dapat menimbulkan persepsi dan motivasi positif sehingga menimbulkan mekanisme pereda stress yang efektif. sholat tahajjjud pun bisa mendatangkan stress. Kanker. ada juga yang tak disadari. sholat adalah ibadah agama bukan olahraga.

Mulai dari berwudlu ( bersuci ). Sekiranya Kita tidak menjalankan Perintah Allah apakah Allah akan Rugi??? Siapa yg akan Rugi?? ya tentunya diri kita. Jika manfaat gerakan sholat kita betul. Bahar Azwar. Bagaimana sebenarnya manfaat sholat dan gerakan-gerakannya secara medis? Selama ini sholat yang kita lakukan lima kali sehari. Amin. Mudah-mudahan bermanfaat. mental bahkan keseimbangan spiritual dan emosional. seorang dokter spesialis bedah-onkologi ( bedah tumor ) lulusan FK UI dalam bukunya “ Ketika Dokter Memaknai Sholat “ mampu menjabarkan makna gerakan sholat. maka sangat luar biasa manfaatnya dan lebih canggih daripada yoga.Nah dari uraian lengkap tentang Manfaat Sholat untuk Kesehatan menjadi Penyemangat bagi kita bahwa tidak semata-mata Allah memberikan perintah kepada umatnya untuk menjalankan semua Perintahnya Kecuali Untuk kepentingan kita juga. . Tetapi sayang sedikit dari kita yang memahaminya SHOLAT LEBIH CANGGIH DARIPADA YOGA ? asal lambat dan tidak cepat. SpB-Onk. jadi yang untung siapa??? ya Diri kita sendiri yang akan mendapatkan keuntungan. Gerakan Sholat Lebih Dari Sekedar Yoga Dr. dan apakah Allah akan untung jika semua umatnya menjalankan semua perintahnya ya tidak juga. sebenarnya telah memberikan investasi kesehatan yang cukup besar bagi kehidupan kita. Sangat disayangkan tidak ada universitas yang berani atau sengaja mengembangkan teknik gerakan sholat ini secara ilmiah. gerakan sholat sampai dengan salam memiliki makna yang luar biasa hebatnya baik untuk kesehatan fisik. karena yoga juga dimana-mana ga ada yang cepat2.

tapi hanya saja banyak manusia yang tidak menyadarinya dan mengetahui rahasia di balik sholat. secara tidak sadar sholat itu juga memberikan pengaruh bagi kehidupan kita sehari-hari. mulai dari tingkah laku. Mulai dari sekarang silah cek and ricek dan buktikan. bahkan sampai karir kesuksesan kita. kenapa hidup saya melarat. di dalam bukunya.edar-yoga.. selama ini sudah paskah sholat kita. Alecsis Carel. sudah benar tidak cara sholat kita ? lalu buktikan ! . selalu di kucilkan dari pergaualan. Ungkapan tersebut tentu memberikan daya tarik tersendiri bagi kita. buktikan ! mungkin ini rahasianya.kesehtaan fisik kita. berkata: “ kekuatan manusia yang paling besar adalah sembahyang”. jauh dari keberuntungan atau kenapa hidup saya yang sedang sakit yang tak sembuh – sembuh ? mungkin jawabanya anda kurang melaksnakan sholat atau mearasakan mamfaatnya sholat bagi kehidupan. Gustafe le Bond mengatakan bahwa Islam merupakan agama yang paling sepadan dengan penemuan-penemuan ilmiah. selalu susah dan jauh dari Rizki. “ manusia itu misterius”.Dr.blogspot.. dia menyangka sholat itu hanya sebuah ritual harian yang berlalu begitu saja tanpa memberikan dampak dan tranformasi sosial bagi kehidupannya. Semoga sholat kita makin terasa manfaatnya.com/2011.html] The Power and miracles Of Sholat The Power and miracles Of Sholat oleh Muhammad Hizbullah Peraih hadiah nobel. ucapan. [Sumber:http://wajah-malam. Perkembangan ilmu pengetahuan dan etika sains harus didukung dengan kekuatan iman.

Kebenaran akan firman Allah yang telah terungkap dari sekitar 14 abad yang lalu telah bisa di buktikan secara ilmiah dan dapat di buktikan secara emfiris dan itupun terbukti dalam kehidupan manusia. The power of sholat atau kekuatan sholat telah mampu mengubah karakter manusia dalam bentuk kebahgiaan ketenangan sfiritual dan berdampak dalam kehidupannya berupa rizkinya lancar. atau andaikata ia mendapatkanya kok cuman segitu tidak setimpal dengan apa yang ia usahakan.semua keuntungan dan fungsi sholat itu selama ini kurang dimengerti dan mungkin tidak terpikirkan oleh umat Islam atau dianggap sebagai rahasia yang tidak mungkin terungkap. rukuk sujud dll sampai makna dan isi kandungan sholat itu sendiri dan dampaknya bagi kehidupan dewasa ini. selalu mendapatkan keberentungan oleh karena sikaf ketenengan yang di dafatkan dari sholat yang dengan itu ia bisa mencari rizki dengan lapang dan gampang oleh karena hati yang lampang dan tenang memberikan ide baru untu selalu mendapatkan jalan keluar untuk mendapatkan rizki dan keberuntungan itu.” kata seorang ilmuwan. Gerakan salam misalnya yang merupakan penutup sholat. dan kosmologi telah berhasil menyibak sebagian rahasia shalat berdasarkan bukti-bukti empiris dan ilmiah. siang malam tapi kenapa Rizki baginya atau keberuntungan baginya teramat sulit. Belum lagi mulai dari takbir. Syukurlah. Gerakan ini juga akan mempercepat aliran getah bening di leher ke jantung. neurologi. kenapa hatinya selalu di hantui resah dan gelisah. peras keringat banting tulang. Misalnya Fungsi gerakan Sholat menurut temuan ilmiah moderen. kini makin banyak penelitian ilmiah mengenai gerakan dan manfaat shalat bagi manusia. Gustafe le Bond mengatakan bahwa Islam merupakan agama yang paling sepadan dengan penemuan-penemuan ilmiah. Perkembangan ilmu pengetahuan dan etika sains harus didukung dengan kekuatan iman. gundah gulana bahkan berakhir dengan deraian air mata jawabanya karena usahanya . Dengan adanya temuan tersebut. Ternyata manfaat shalat bagi manusia tak terhingga. Itulah sebabnya ungkapan populer orang barat gandi berkata “ Tanpa sembahyang aku menjadi gila sejak dulu” karena ia mendapati makna dam fungsi yang kuat dalm bathinnya dan berdampak dalam zahirnya. para ilmuwan dan pemikir Muslim moderen ini dari berbagai bidang ilmu seperti biologi. sebenarnya Allah SWT telah mengulurkan tanganNya yang tak terlihat untuk memperkokoh iman dan takwa kita kepada-Nya. Itulah sebabnya di era moderen sekarang ini banyak orang yang usahanya di manamana . Dr. Sehingga pada dasarnya manusia itu sangat membutuhkan shalat. kesehatan. dengan memalingkan wajah ke kanan dan ke kiri bermanfaat untuk menjaga kelenturan urat leher.

lebih tandas Allah swt menegaskan dalam Al-Qur’an penggalam surat Al-Ankabut . . ( QS. prustasi dll. kita selalu meninggalkan sholat. kemungkaran bahkan kebobrokan akhlak dan moral. tidak mau berinfak. kalau perjalanan kehidupan kita sering kali di hantui resah. yang mereka itu tetap mengerjakan shalatnya”. Di tambahkan lagi dalam surat Al-Ma’arij . kecewa. 19-23 ). yaitu bersih badan dan pakaian dari na’jiz.tidak di barengi dengan iman yang kuat atau tidak di barengi kehadiran Allah dalam hidupnya. galau dan pada akhirnya. 19-23 “ Sesungguhnya manusia diciptakan bersifat keluh kesah lagi kikir. Dari ayat di atas tegas berarti sholat itu bisa mengikis habis sifat-sifat maksiat dalam diri seseorang galau. seperti berbuat kemaksiatan. tapi sekali lagi kita tidak pernah dekat dengannya”. dan bersih pikiran hanya mengingat Allah.kecuali orang-orang yang mengerjakan shalat. bersih jiwa dari akhlak yang buruk. ( QS. Mengapa hal ini terjadi ? Mulla shadra dalam karya monumentalnya yang berjudul Hikmah Muta’aliyah menegaskan bahwa hak itu di sebabkan karena kita tidak memiliki spiritual quotient. Allah tuhan kita nan Maha Agung. Al-Ankabut. Majid Majidi seorang sutradara iran yang telah berhasil menggebrak dunia perfilman international melaui sebuah karya sineasnya “ children of heaven” dalam bukunya “ the seals of wisdom” mengatakan: “Allah tuhan kita nan maha gagah. Kita semua memang benar menyakini adanya sosok tuhan atau Allah swt yang berkuasa di atas di dunia ini. Dalam ayat di atas terdapat beberapa sifat buruk manusia yaitu keluh kesah.45). Pantas. tapi kita tidak pernah mendekatinya. spritual inelligent mengapa hal itu tidak kita miliki ? menurut Mulla sadra karena kita tidak pernah mengingat Allah. 45 : “Sesungguhnya shalat itu mencegah dari (perbuatanperbuatan) keji dan mungkar”. Dalam realisasinya kita. seringkali kita jadikan hanyalah sebagai tokoh dalm dunia fiksi yang sangat kita kenali. Al-Ma’arij. Imam Al-Ghazali menyatakan bahwa fungsi shalat membersihkan kotoran. kedzaliman. ungkapan demikian secara tidak sadar Allah swt itu selalu ada dalam detik-detik kehidupan kita hanya saja manusia tidak menyadarinya dan menjadikannya sebagai sumber bagi kehidupannya. refleks secara tidak sadar menyebut ya Allah. my god” sampai orang ateispun menyebut demikian yang tidak percaya kepada tuhan. muncullah pelarian-pelarian terhadap hal-hal negatif. atau subhana Allah bahkan sampae terkenal ke seluruh antero dunia ini sedikit-dikit secara tidak sadar memanggil “oh. tak jarang kita jadikan hanya seolah pameran utama dalam dunia panggung yang sangat kita kenali. Padahal. kikir. dan apabila ia mendapat kebaikan ia Amat kikir. hidup tidak terarah. apabila ia ditimpa kesusahan ia berkeluh kesah. bahkan dalam gurauan dan kehidupan.

Bahkan Dr combo robinson menambahkan 80% orang – orang yang sakit di Amerka serikat. bukankah ketika kita sujud kita menyadari yang paling berkuasa di atas segala-galnya adalah Allah. kecuali bagi orang-orang yang khusyu”. Imam Ali menafsirkan yaitu “ orang yang tawaddu rendah hati yang mendapat ketenangan jiwa adalah orang-orang yang bersih hatinya melakukan sholat ( Imam Ali As-Shabuni dalam sofwatu At-Tafaasir ).kebutuhannya mereka akhirnya lebih menekankan selaing kebutuhan materinya tapi dia juga mencari kebutuhan sfiritual atau kejiwaan dalam dirinya. mereka menganggap shalat sebagai penghalang dan penghambat segala aktifitasnya Naudzubillah mindzalik. penyakitnya di sebabkan oleh penyakit gelisah dan jiwa tidak tentram. . ketiduranlah.namun semua itu bisa di kikis habis dengan sholat “illal mushallin allaziina hum shalatihim daaimuuna ay muwazzobuuna alaa ada’i as-shalati la yassgiluhum anha saa’il” yakni orang. Jepang dll dengan sudah terpenuhinya kebutuhan. Demikian penafsiran Imam Ali Ash. kerja urusan dll mereka menyamakan hak Allah dengan hak dirinya. tercatat 65% manusia terjangkit penyakit setengah gila atau psukoneurosa. Tetapi kalau kita liat kasus yang terjadi sekarang. di dalam surat Al-pathihah yang sering kita baca “ hanya kepadaMulah kami menyembah dan hanya kepadaMulah kami meminta pertolongan” bukankah kebutuhan atau pertolongan itu setelah pengabdian yang di sebut dalam ayat itu ? tapi kenapa manusia berdalih dengan berbagai alasan. kita akan malu bila kita bermaksiat sehingga kita makin jauh dari kemaksiatan. Orang yang tidak terlena dan tidak tertipu daya dengan kesibukan apapun untuk lepas dari mengingat Allah lah yang akan bisa meraih keteangan dalam hidupnya dan jauh dari kesombongan dan kedengkian. kondisi umat islam dalam melaksanakan sholat ? sungguh memperihatinkan. Lalu mampukah sholat mengobati penyakit-penyakit tersebut ? jawabanya dalam surat Al-Baqarah. dan Sesungguhnya yang demikian itu sungguh berat. Hal ini di perkuat oleh hasil penelitian dari biro kesehatan mental di kota new york. Korea. Ia stress dan multi krisis lainnya. Al-Bakarah.orang yang konsisten dalam melakukan shalat dan tidak terlena dengan kesibukan apapun. bukankah kalu kita melakukan kesalahan. Betapa tidak dewasa ini banyak kita dengar kasus prustasi. kesianganlah dll. China.45 ). bahkan berakhir dengan bunuh diri oleh karena tekanan akan tuntunan pekerjaanya dan tanpa di imbangi kehadiran Allah dalam kehidupannya. bukankah hak Allah dulu yang baru di penuhi baru kita. Di kota –kota maju sekarang seperti Amerika. ( QS.Shabuni dalam kitabnya Shofwatu At-Tafaasir. 45 : “ Jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu. lalu pantaskah untuk kita sombong. sering meninggalkan sholat dia berdalih karena kesibukan kantor.

Lalu beliau bersabda : “Begitulah perumpamaan sholat lima waktu. kedua. belum pernah merasakan nikmatnya shalat. keempat. Apakah masih terdapat kotoran pada badannya?”.a). Akhirnya kita berdoa mudah-mudahan kita termasuk orang orang yang selalu istiqomah dalam melaksanakan sholat.Lalu sekarang kenapa kita di indonesia maupun di dunia sudah mengetahui tentang sholat tapi sering meninggalkan sholat ? menurut Abu Sangkan dalam bukunya “ Pelatihan Shalat Khusu” ada lima alasan kebanyakan orang meninggalakan Shalat yaitu pertama. dan kelima. di tetesi ruh semangat dan memberikan ketengan dalam gerak gerik kehidupan kita.mengnggap shalat sebagai mengurangi waktu kerja. ketiga. Para sahabat menjawab : “Sudah pasti tidak terdapat sedikit pun kotoran pada badannya”.R Abu Hurairah r. menganggap shalat sebagai suatu beban. belum memahami bahwa sholat merupakan senjata yang paling ampuh untuk mengatasi problem hidup. Wa Allahu a’lam . (H. belum pernah merasakan mamfaat shalat. kesuksesan lahir dan bathin dan tentunya mengahpus segala dosa dan kesalahan kita sebagai mana dalam hadits “Apakah pendapatmu sekiranya terdapat sebuah sungai di hadapan pintu rumah salah seorang di antara kamu dan dia mandi di dalamnya setiap hari lima kali. Allah menghapus segala kesalahan mereka”.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->