Gerakan Sholat

Gerakan Sholat dan Kesehatan

Saturday, December 5, 2009 by deltapapa Tahukah Anda kalau gerakan-gerakan anggota badan kita pada saat sholat sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh? Berikut ini sekelumit manfaat tersebut di antara manfaat-manfaat lainnya: Sebuah studi ilmiah di Malaysia mengungkap manfaat dari ibadah shalat, tidak hanya meningkatkan iman seseorang, tapi melakukannya dengan gerakan yang benar juga bermanfaat untuk kesehatan mental dan fisik, termasuk menyembuhkan disfungsi ereksi. Penelitian ini diketuai Kepala Biomedical Engineering Department di Universitas Malaya, Prof Madya Dr Fatimah Ibrahim beranggotakan Prof. Dr. Wan Abu Bakar Wan Abas dan Ng Siew Cheok. Menurut Fatimah Ibrahim, berdasarkan hasil studi mereka menemukan shalat dapat membantu pasien penderita disfungsi ereksi. Dari hasil studi peneliti sebelumnya Marijke Van Kampen, Dr. Fatimah mengatakan olahraga untuk otot bawah panggul bisa memperlancar sirkulasi darah dan mengurangi gejala penyakit disfungsi ereksi. Dr. Fatimah mengatakan, gerakan shalat juga bisa mengurangi derita sakit punggung, terutama bagi ibu hamil. Studi itu dilakukan dengan melibatkan pasien penderita sakit punggung biasa dan ibu hamil dari komunitas Melayu, India dan China. Posisi Rukuk Kajian akan dilakukan atas gelombang otak yang dihasilkan ketika Salat pada setiap posisi seperti rukuk, sujud, I’tidal dan duduk saat tahiyat. Dalam kajian ini isyarat otak subjek Muslim yang bershalat direkam dan dianalisis, di mana dua kajian saintifik dilakukan yaitu pada perobahan isyarat otak saat tuma’ninah dan kesan shalat kepada isyarat otak. Hasilnya, kata Siew Cheok, didapati shalat menghasilkan keadaan tenang kepada otak manusia dan menunaikan shalat amat baik dalam mengekalkan tahap kestabilan mental dan emosi seseorang. Posisi rukuk dan sujud bisa digunakan sebagai terapi, karena gerakan itu membuat tulang belakang menjadi rileks dan mengurangi tekanan pada syaraf tulang belakang. Dalam penelitian Prof Dr Wan Azman Wan Ahmad, konsultan spesialis jantung di UM Medical Centre, menemukan bahwa detak jantung dapat berkurang kecepatannya hingga 10 kali dalam satu menit pada posisi sujud, di mana kening, hidung, tangan dan lutut kaki menyentuh tanah. Tahajjud Sebelum temuan ini, Dr. Mohammad Sholeh asal Indonesia melakukan penelitian hubungan shalat tahajjud dan dampaknya bagi kesehatan.

baik melalui media massa maupun buku yang berjudul “Hikmah Sholat untuk Pengobatan dan Kesehatan”. ruas tulang punggung.Penelitian menunjukkan. mengobati kerinduan jiwa pada sang Pencipta. DAN KOMUNIKASI SPIRITUAL? SHOLAT UNTUK PENGOBATAN DAN KESEHATAN Selain melaksanakan perintah agama. MENTAL. duduk Tasyahud diyakini bisa menyembuhkan penyakit tanpa operasi. setiap gerakan-gerakan shalat mempunyai arti khusus bagi kesehatan dan punya pengaruh pada bagian-bagian tubuh seperti kaki. Prof H Muhammad Hembing Wijayakusuma. Berikut adalah ringkasan yang bermanfaat untuk mengetahui tentang daya penyembuhan di balik pelaksanaan sholat sebagai aktivitas spiritual. APA HUBUNGAN SHOLAT DENGAN KESEHATAN FISIK. 1. dll. leher. lambung. rongga dada. Berdiri tegak dalam sholat . Apa hubungan sholat dengan kesehatan ? menurut Hembing. sholat juga punya efek yaitu menyehatkan tubuh. Seorang pakar ilmu pengobatan tradisional. MENTAL. KECERDASAN. Memang Sang Pencipta Maha Tahu dan kalau Alloh menciptakan dan memerintahkan hambanya pasti ada kasiat dan manfaatnya bagi yang menunaikan dan menjalankan Perintahnya. otak. Memang Islam Is the Best. Hasil penelitian itu disebarkannya kepada umat Islam. Bahkan. DAN KOMUNIKASI SPIRITUAL ? Posted by Armhando Togatorov On 0 komentar APAKAH HUBUNGAN SHOLAT DENGAN KESEHATAN FISIK. telah melakukan penelitian yang mendalam tentang hal itu. pangkal paha. ternyata mengandung aspek meditasi dan relaksasi sehingga dapat digunakan sebagai coping mechanism atau pereda stres yang akan meningkatkan ketahanan tubuh seseorang secara natural. shalat tahajjud yang dilakukan secara ikhlas dan kontinyu. KECERDASAN.

Gerakan ini bukan saja membuat otototot itu akan menjadi besar dan kuat. tetapi juga membuat pembuluh darah dan urat-urat getah bening terpijat dan terurut. ruas tulang punggung teratas. tulang leher. secara otomatis memijat pusat-pusat daerah otak. menggerakan dan mengendurkan saraf-saraf yang berada di otak. Tapi harus diingat. berpaling ke kanan dan ke kiri pun. ada juga yang tak disadari. terutama untuk kesehatan dan kekuatan organ seks. bila ia menjalankan sholat dengan benar. Hanya saja. karena sikap itu merupakan penyembuhan penyakit tanpa obat dan tanpa operasi. Posisi duduk dengan mengangkat kaki kanan dan menghadap jari-jari ke arah kiblat ini. Duduk tasyahud Duduk tasyahud akhir atau tawaruk adalah salah satu anugerah Allah yang patut kita syukuri. otot-otot bahu. Bersujud dengan meletakan jari-jari tangan di depan lutut membuat semua otot berkontraksi. Rukuk Rukuk juga sangat baik untuk menghindari penyakit yang menyerang ruas tulang belakang yang terdiri dari tulang punggung. sendi-sendi dan otot akan terasa lebih kendur. HUBUNGAN SHOLAT DENGAN FISIK . dan otak juga mempu kembali berfikir dengan terang. punggung dan lain-lain. 5. paru-paru. kedua kaki yang tegak lurus pada posisi akupuntur. 2. mata. Dengan melakukan rukuk. sholat adalah ibadah agama bukan olahraga. Salam Bahkan. 3. Sujud Belum lagi gerakan sujud yang setiap rakaat dua kali hingga junlahnya sehari 34 kali. dan banyak lagi terdapat pada ujung kaki. dan tulang pungggung lurus dan bekerja secara normal. Hembing menemukan bahwa berdiri tegak pada waktu sholat membuat seluruh saraf menjadi satu titik pusat pada otak. manfaat itu ada yang bisa merasakannya dengan sadar. berarti kita melakukan gerakan ini sebanyak 17 kali. Kalau rakaat kita rukuk satu kali. Setiap mukmin pasti bisa merasakan itu. Untuk laki-laki sikap duduk ini luar biasa manfaatnya. 4. kita telah menarik. tulang pinggang dan ruas tulang tungging. menurut penelitian Hembing punya manfaat besar karena gerakan ini sangat bermanfaat membantu menguatkan otot-otot leher dan kepala. pinggang. gerakan salam akhir. Bayangkan bila kita menjalankan sholat lima waktu yang berjumlah 17 rakaat sehari semalam. sangat bermanfaat bagi kesehatan seluruh tubuh. Tubuh akan terasa lebih segar. Posisi sujud ini juga sangat membantu kerja jantung dan menghindari mengerutnya dindingdinding pembuluh darah. jantung. selain menjadi latihan yang menyehatkan juga mampu mencegah dan meyembuhkan berbagai macam penyakit.Gerakan-gerakan sholat bila dilakukan dengan benar.

“ Khusyu’ itu bukan menundukkan kepala. yaitu oranorang yang khusyu’ dalam shalatnya. Shalat yang hanya bersifat ritual dan tidak memberikan kenikmatan bagi pelakunya. menjadi kesempatan mengadu dan waktu mencurahkan harapan. Al Mukminun: 1-2). Tangannya mungkin akan lecet. bila sahabat Rasulullah Ali rejustru melaksanakan shalat untuk menghilangkan rasa sakit ketika mata panah akan dicabut dari tubuhnya. Salah satu syarat yang dapat memberi pencerahan batin. orang yang tidak terbiasa khusyu’. seperti yang dirasakan para petani. rasa tunduk. kita memperoleh masukan energy baru. kalau kita sebelumnya jarang melakukan pekerjaan tersebut. Khusyu’ menurut Imam Ghazali adalah hudhurul qalbi kehadiran hati. Khusyu’ adalah pekerjaan batin. shalatlah yang menjadi tempat menumpahkan segala permasalahan. Tanpa shalat. pasrah dan penghormatanyang tinggi kepada Allah SWT. Semoga Allah menjadikan kita orang-orang yang merasakan nikmatnya shalat. Tidak sedikit orang yang sulit menghadirkan kekhusyuan dalam shalatnya. Shalat yang digambarkan Rasul dalam hadits tersebut. Allah SWT mewajibkan shalat lima waktu sehari. Shalat yang hanya gerakan fisik yang senyap dari kedamaian batin. seorang juru dakwah. itulah rahasianya kenapa kita sulit khusyu’. Bagi orang yang kerap mengalami penderitaan. mencangkul tanh. akan sulit menghadirkan kekhusyukan di dalam shalat.Shalat memang suplier rohani dan pemompa mental. pasrah. tunduk pada Allah di luar shalat. Bagaimna kita merasakan nikmatnya bertani. Kita begitu dan nyaris tidak percaya. bukan hanya shalat yang bisa menjadi penyegar bagi jiwa. akan merasa sangat sulit bekerja mencangkul dan mengolah sawah. Kalau hati tidak pernah hidup. jiwa manusia mungkin saja tak mampu menanggung beban dalam menjalani hidup. Khusyu’ di dalam shalat sangat terkait dengan khusyu’ di luar shalat. Bersyukurlah kita.” (QS. shalat juga yang menjadikannya kuat memikul semua masalah dan tantangan yang menghadangnya. Dalam lima kesempatan itu artinya. dekat. tidak ada link hubungan dengan Allah di luar shalat. tentu sulit menjalin hubungan yang baik hanya dalam shalat. “Sesungguhnya beruntunglah orang-orang yang beriman. itu dalam konteks pekerjaan fisik.? Begitu lebih kurang gambarannya.biasa disebut dengan khusyu’.” Al Qur’an menyebutkan khusyu’ itu adalah tanda pertama orang-orang yang beruntung. Khusyu’ kepada Allah tidak hanya dengan menyebut . konsentrasi. tapi khusyu’ itu ada di dalam hati. Orang yang belum biasa bekerja berat. kulitnya terbakar oleh terik matahari dan seluruh tubuhnya terasa linu. Mungkin kita pernah mendengar Rasulullah bersabda. Bagi seorang pejuang. Amirul mukminin Umar ra mengatakan. “Berapa banyak orang yang menegakkan shalat hanya memperoleh letih dan payah” ( HR Nasa’i ). Keadaannya tidak jauh berbeda dengan konteks pekerjaan batin.

Mendapat nikmat. “Mereka yang mengingat Allah sambil berdiri. Kalau sudah ada benih khusyu’ di luar shalat. Di luar shalat mereka juga tetap membesarkan Allah. “Syukur Allah tidak menjadikan aku menderita. memenuhi berbagai macam kebutuhannya dan membebaskan diri dari kegelisahan dan kerisauan yang menimpanya. maka Allah akan menyempurnakan hubungan-Nya dengan orang tersebut. diantaranya yaitu pengaruh pelaksanaan terhadap kesehatan mental manusia. Apa rahasia dibalik kesungguhan dan keseriusan itu? Dalam shalat mereka sangat membesarkan dan mengagungkan Allah. Tokoh ulama Mesir Hasan Al Banna menyifatkan karakter seorang mujahid adalah bukan orang yang tidur sepenuh kelopak matanya. dan tidak tertawa selebar mulutnya. hati merasakan kebesaran Allah.” Itulah sebabnya para ahli ibadah mengatakan. meskipun lidah tidak menyebut nama Allah. Khusyu’diwujudkan dengan hati yang senantiasa berhubungan denagn Allah. hati mengatakan. Ibarat orang yang sayang dan rindu kepada kekasihnya. hati mengatakan.” Sikap sikap seperti itulah yang semakin menambah kedekatan hatidengan Allah SWT. Karena itu ibadah shalat pasti mempunyai banyak hikmah didalamnya.” ( HR.Subhanallah. “Mungkin saya berdosa pada Allah. Dengan shalat manusia menyerahkan diri kepada-Nya. Merekalah yang dimaksud dalam sabda Rasulullah. hidup sesuai syari’at.” Kenapa? Karena mereka dalam kondisi terus berdzikir dengan melihat semua fenomena alam dan hatinya mengingat Allah Jalla Wa’ala. karena seorang mukmin mempunyai keyakinan bahwa Allah akan mengabulkan doanya dan memecahkan problem-roblemnya. aku merasa damai meskipun sendiri. duduk dan berbarung. setiap barang kepunyaan kekasihterlihat di depan mata membuat hati ingat dan terkait dengan kekasih. Melihat ciptaan Allah. menjauhkan diri dari kemungkaran dan maksiat.” Hati tersentuh dan malu bila melakukan ketidaktaatan. Maksudnya itu menggambarkan suasana keseriusan dan kesungguhan orang yang berjuang di jalan Allah. Kalau kita pelajari al-Qur’an dan as-Sunnah maka akan kita temukan penjelasan tentang hikmah dari pelaksanaan ibadah shalat. Melihat peristiwa apapun semakin menyuburkan ingatan kepada Allah. Seorang muslim harus berusaha menghidupakan kedekatan hatinya denagan Allah. Hakim ) HUBUNGAN SHOLAT DENGAN MENTAL & KECERDASAN Ibadah shalat adalah ajaran agama yang diwahyukan dari Allah kepada Nabi Muhammad saw. Itulah yang dimaksud dalam firman-Nya. “Barangsiapa memperbaiki hubungannya dengan Allah. sebab ada hubungan sangat erat antara shalat dan perilaku-perilaku sosial. Alhamdulillah atau Allahu Akbar. Menghadap kepada Allah melalui shalat dan berdoa kepada-Nya dengan harapan dikabulkan akan menimbulkan . Bila ditimpa musibah. hal ini akan membantu dalam meredakan ketegangan emosi manusia. maka saat berwudhu pun sudah khusyu’. Maka Allah akan menaungi mereka. kapan pun dan dimanapun.

siang-malam. bertahun-tahun. Shalat sebagai sebagai pengobat gangguan jiwa dan penyakit jiwa. seberapa besar bagian dari shalat Anda yang dinilai baik oleh malaikat pencatat amal dan memberikan pengaruh positif pada kehidupan Anda? Anda pun pasti telah tahu besarnya manfaat shalat terhadap diri Anda sendiri. Tetapi. sampai sepersepuluhnya. Sesungguhnya pelaku ibadah itu mengira telah menegakkan shalat (seutuhnya). dan dapat langsung Anda terapkan untuk meningkatkan mutu shalat dan sekaligus kecerdasan Anda! SHOLAT. metodis. menyehatkan jiwa. emosional. KOMUNIKASI SPIRITUAL DENGAN PENCIPTA Dua tahun sebelum Hijrahnya Nabi ke Madinah. kecuali setengah shalat. atau seperempatnya. dan 3. intimidasi. Fungsi shalat yaitu : 1. bahkan upaya pembunuhan kepada beliau pribadi . buku ini sangat aplikatif. padahal tidaklah dicatat baginya (oleh malaikat Raqib [pencatat amal baik]). Hanya saja.otosugesti yang akan meredakan ketegangan emosi dan kegoncngan jiwa yang terjadi pada manusia. atau sepertiganya. dan spiritual). bagaimana kualitas shalat Anda? Dalam perhitungan atau perkiraan Anda sendiri. Jutaan kali pula telah Anda baca bermacam-macam dzikir dan doa di dalam shalat. tetapi sekaligus kecerdasan emosional (EQ). bukan? Pagi-sore. Bagaimana semua jenis kecerdasan tersebut bisa direngkuh melalui shalat? Buku ini sangat berbeda dengan buku-buku tentang hikmah shalat yang telah beredar. atau seperlimanya. menyehatkan raga.” (HR. kekuatan buku ini juga terletak pada ditampilkannya rangkaian panduan praktis guna menjalankan shalat yang mampu melejitkan semua jenis kecerdasan manusia (shalat SMART). Begitu pula jika Anda perlakukan shalat sebagai semacam meditasi. Anda akan mencapai beragam jenis kecerdasan? Bukan hanya kecerdasan pikiran (intelegensia/IQ). Sekurang-kurangnya. kecerdasan spiritual (SQ). Fungsi shalat sebagai pencegah gangguan dan penyakit jiwa. Jutaan kali telah Anda tundukkan badan dalam ruku’ dan sujud. merupakan saat-saat yang super sulit dalam perjuangan beliau untuk menyebarkan kebenaran. shalat secara hakiki tidak sekadar bermanfaat menyehatkan jiwaraga (fisik. Fungsi ibadah shalat sebagai pembinaan kesehatan jiwa. Ahmad dan Abu Daud). Anda sering menunaikan shalat. 2. Tahukah Anda bahwa dengan menunaikan shalat yang berkualitas. Tekanan. karena secara metodologis buku ini fokus pada kajian bagaimana terciptanya hubungan antara shalat sebagai ibadah dengan kecerdasan manusia sebagai kekuatan pikiran dan jiwa. dan kecerdasan sosial. Sekurang-kurangnya. Di samping itu. Karena itu. Anda sudah mengerjakannya. Bahkan kendati di dalam ibadah ini Anda hanya menggerakkan badan bagai robot. kegiatan ini pun sudah berguna.

Maka. Menjalankan shalat merupakan kewajiban ‘aini (setiap individu Muslim). shalat bukan hanya dikerjakan. Manusia yang tidak lagi berfungsi nuraninya. Shalat.mengalami intensitas puncak. Komunikasi dan dialog nurani inilah yang terkristalkan dalam sebuah amalan ritual Islam yang dikenal shalat. manusia mampu mendapatkan kehidupan yang sehat secara paripurna. sehingga pandangannya akan selalu tertumpu pada hal-hal lahiriyah semata. manusia menjalin komunikasi paripurna pula dengan Sang Pencipta. terjatuh ke lembah kehinaan yang paling rendah (asfala saafilin). Oleh karenanya. Di saat ketiga unsur hidup manusia itu menyatu dalam sebuah pergerakan terpadu. Melainkan melakukan kegiatan “syamil” (komperenhesif) dan “mutawazin” (imbang) di antara tiga unsur kemanusiaan kita. Khadijah dan Abu Talib. ruh. Hanya dengan hidup yang imbang. melalaikannya merupakan “pengrusakan” terhadap dasar-dasar keislaman seseorang. manusia yang awalnya diciptakan dengan pencptaan yang terbaik. Kehidupan yang tidak memiliki “mata nurani” adalah kehidupan hewani. dan memiliki keunikan-keunikan. Terasa da’wah mengalami stagnasi abadi. Bagi Rasulullah. dialog nurani dengan sang Penciptanya. Di saat mata nurani menjadi tumpul atau buta. Dalam situasi inilah beliau diperjalankan melalui wadah “Isra’ mi’raj” di suatu malam dari masjidil haraam di Mekah ke masjidil Aqsa di Jerusalem. Komunikasi paripurna ini yang kemudian dikenal dalam bahasa agama sebagai “ khusyuu’”. Dan jika ini terjadi. dengan keterlibatan tiga unsur tadi. tapi seharusnya “didirikan” setiap saat. dan dari Jerusalem beliau diangkat menuju “Sidratul Muntaha” untuk melakukan komunikasi langsung. Shalat mencakup kegiatan fisik. yang justeru ketiganya bersatu padu dalam amalan shalat yang dilakukan. . dimuliakan. tapi seharusnya shalat itu tegak dalam kehidupan kita di 24 jam 7 hari sepekan. di situlah akan menumbuhkan “keseimbangan” pergerakan hidup manusia. Khusyu menjadi “hati” shalat yang dilakukan. maka lahiriyah akan menjadi sosok yang buas. Formalitasnya memang ada lima waktu. Shalat yang tidak memiliki khusyu’ ibarat manusia yang tidak berhati. serasa dunia ini suram dan terasa sumpek dalam melangkan kaki perjuangan. bahkan lebih rendah nilainya dari kehidupan hewani. Selain tumbuhnya kehidupan yang sehat secara paripurna. Selain dikenal kemudian sebagai “Pilar agama” (‘imaaduddin). Keseimbangan ini yang kemudian menjadi pijakan kehidupan manusia yang sehat. dan juga fikiran. yang secara lughowi (makna kata) berarti “hubungan atau komunikasi” kemudian menjadi amalan ritual terpenting dalam agama Islam. Ketiga hal ini adalah pilar-pilar kehidupan manusia. seiring dengan kematian dua benteng internal da’wah setelah Allah. juga merupakan salah satu dari lima rukun Islam. Melakukan shalat bukan sekedar melakukan gerakan-gerakan atau membaca bacaan-bacaan formal semata. ada “shalat di antara shalat-shalat” (shalaatul wustha) yang kita lakukan.

Kemudian kedua tangan didekapkan di depan perut atau dada bagian bawah. Dia menjadi solid dalam kebajikan serta terlindung dengan lindungan kokoh “kesadaran Ilahi”. otot bahu meregang sehingga aliran darah kaya oksigen menjadi lancer. sekaligus menjadi “basis” kesalehan hidupnya. Ruku’ Ruku’ yang sempurna ditandai tulang belakang yang lurus sehingga bila diletakkan segelas air di atas punggung tersebut tak akan tumpah. Konsistensi perjalanan hidup di atas ridha inilah yang disebut “taqwa” . Saat mengangkat kedua tangan. lalu melipatnya di depan perut atau dada bagian bawah. Cita-cita tertinggi yang diperjuangkan hingga hembusan nafas terakhir di bumi yang fana ini. Dengan bekal soliditas perlindungan dari kejatatan-kejahatan dan soliditas basis kebajikan-kebajikan. tetapi gerakan. Bahkan dari sudut medis. Eternalitas relasi di atas akan menjadi “benteng” kehidupan seorang Muslim. mengangkat kedua tangan sejajar tlinga. Gerakan ini bermanfaat untuk menjaga kesempurnaan posisi serta fungsi tulang belakang (corpus vertebrae) sebagai penyangga tubuh dan pusat saraf. Gerakan-gerakan di dalam shalat pun mempunyai manfaat masing-masing. Posisi jantung sejajar dengan .gerakan shalat paling proporsional bagi anatomi tubuh manusia. yang merupakan cita-cita tertinggi dalam kehidupan beragama. Bahkan keluar masuknya nafas seorang hamba seiring dengan “ kesadaran penghambaan” terhadap Rabbnya. dia akan menjalani kehidupannya dengan penuh konsistensi di atas ridha Ilahi. shalat adalah gudang obat dari berbagai jenis pnyakit. Dia akan memiliki pandangan mata “nurani” yang sangat tajam. Sikap ini menghindarkan dari berbagai gangguan persendian. Gerakan ini bermanfaat untuk melancarkan aliran darah. serta memiliki “intelektual hati” yang tinggi. getah bening (limfe). khususnya pada tubuh bagian atas.Shalat “Wustha” (in between) adalah tegaknya relasi dan komunikasi antara hamba dan Rabbnya di setiap saat dan ruang. Posisi jantung di bawah otak memungkinkan darah mengalir lancer ke seluruh tubuh. Posisi kepala lurus dengan tulang belakang. Misalnya: Takbiratul Ihram Berdiri tegak. serta dibarengi oleh kesadaran Ilahi dan inteletualitas hati. dan kekuatan otot lengan. Manfaat Gerakan Sholat Untuk Kesehatan Tubuh Category: Kesehatan Shalat ternyata tidak hanya menjadi amalan utama di akhirat nanti. Ibadah shalat merupakan ibadah yang paling tepat untuk metabolisme dan tekstur tubuh manusia.

Gerak dan tekanan harmonis inilah yang menjaga kelenturan dan kekuatan organorgan gerak kita. dan dahi pada lantai. Gerakan ini bermanfaat sebagai latihan yang baik bagi organ-organ pencernaan. Sujud Menungging dengan meletakkan kedua tangan. Khusus bagi wanita. Oleh karena itu. sebaiknya lakukan sujud dengan tuma’ninah. tubuh kembali tegak setelah mengangkat kedua tangan setinggi telinga. Variasi posisi telapak kaki pada iftirosy dan tawarru’ menyebabkan seluruh otot tungkai turut meregang dan kemudian relaks kembali. Artinya. Soleh. rukuk adalah sarana latihan bagi kemih sehingga gangguan prostate dapat dicegah. Jika dilakukan dengan benar. tidak tergesa-gesa agar darah mencukupi kapasitasnya di otak. pada saat iftirosy. Duduk tawarru’ sangat baik bagi pria sebab tumit menekan aliran kandung kemih (uretra). Aliran ini berpengaruh pada daya pikir seseorang. pembuluh darah di otak terlatih untuk menerima banyak pasokan oksigen.otot bahu hingga ke bawah. Tangan yang bertumpu di lutut berfungsi untuk merelaksasikan otot. tubuh bertumpu pada pangkal paha yang terhubung dengan saraf nervus Ischiadius.organ pencernaan di dalam perut mengalami pemijatan dan pelonggaran secara bergantian. otak mendapatkan pasokan darah kaya oksigen yang memacu kerja sel-selnya. Perbedaan terletak pada posisi telapak kaki. Pada saat I’tidal dilakukan. posisi jantung berada di atas kepala yang memungkinkan darah mengalir maksimal ke otak. Tentu memberi efek melancarkan pencernaan. Salam Gerakan memutar kepala ke kanan dan ke kiri secara maksimal. . Gerakan sujud tergolong unik. ujung kaki. organ. lutut. Dengan kata lain. Duduk di antara sujud Duduk setelah sujud terdiri dari dua macam yaitu iftirosy (tahiyat awal) dan tawarru’ (tahiyat akhir). Dari sudut pandang ilmu psikoneuroimunologi (ilmu mengenai kekebalan tubuh dari sudut pandang psikologis) yang di dalami Prof. Posisi seperti ini menghindarkan seseorang dari gangguan wasir. I’tidal Bangun dari ruku’. baik ruku’ maupun sujud memiliki manfaat luar biasa bagi kesuburan dan kesehatan organ kewanitaan. I’tidal merupakan variasi dari postur setelah ruku’ dan sebelum sujud. Selain itu. gerakan ini mengantarkan manusia pada derajat setinggi-tingginya. sujud yang tuma’ninah dan kontinu dapat memicu peningkatan kecerdasan seseorang. Posisi ini mampu menghindarkan nyeri pada pangkal paha yang sering menyebabkan penderitanya tak mampu berjalan. bahkan lebih rendah dari pantatnya sendiri. Sujud memiliki falsafah bahwa manusia meneundukkan diri serendah-rendahnya. Mengapa? Dengan melakukan gerakan sujud secara rutin. Salam bermanfaat untuk bermanfaat untuk merelaksasikan otot sekitar leher dan kepala menyempurnakan aliran darah di kepala sehingga mencegah sakit kepala serta menjaga kekencangan kulit wajah. kelenjar kelamin pria (prostate) dan saluran vas deferens. posisi seperti ini mampu mencegah impotensi.otak. maka aliran darah maksimal pada tubuh bagian tengah. Posis jantung di atas otak menyebabkan daerah kaya oksigen bisa mengalir maksimal ke otak. Pada saat sujud. Setiap inci otak manusia memerlukan darah yang cukup untuk berfungsi secara normal. Posisi sujud berguna untuk memompa getah bening ke bagian leher dan ketiak.

darah akan memasuki bagian urat tersebut mengikuti waktu shalat. Punggung kaki harus diletakkan di atas telapak kaki kiri dan tumit kaki kanan harus menekan pangkal paha kanan. Masih dalam posisi sujud. kerusakan sel dan kulit sedikit terjadi. bagian tubuh yang menjadi kebanggan wanita. Karena di dalam persalinan dibutuhkan pernapasan yang baik dan kemampuan mengejan yang mencukupi. dubur untuk melepas kotoran. Pada dasarnya. Keunggulan shalat dibandingkan gerakan lainnya adalah di dalam shalat kita lebih banyak menggerakkan anggota tubuh. Saat tawarru’. Setelah melakukan sujud. Hal terpenting adalah turut berkontraksinya otot. Ini berarti.B. Sujud adalah latihan kekuatan otot tertentu. Jika tubuh lentur. Kondisi ini melatih organ di sekitar perut untuk mengejan lebih dalam dan lebih lama yang membantu dalam proses persalinan. Apalagi jika dilakukan secara rutin. seluruh gerakan shalat bertujuan meremajakan tubuh. maka sel-sel yang rusak dapat segera tergantikan. Tekanan lembut inilah yang memperbaiki organ reproduksi di daerah perineum. otot ini justru menjadi elastis.Kes . Sp. Amerika Serikat. dan saluran kemih. MUKJIZAT GERAKAN SHOLAT Hikmah Gerakan Sholat dalam Menjaga Kesehatan Dr.jari kaki dan tangan. maka secara alami. Saat sujud. gerakan-gerakan dalam shalat sekilas mirip gerakan yoga ataupun peregangan (stretching). tubuh senantiasa bugar. manfaat lain yang bisa dinikmati kaum hawa adalah otot-otot perut (rectus abdominis dan obliqus abdominis externus) berkontraksi penuh saat pinggul serta pinggang terangkat melampaui kepala dan dada. termasuk jari. Dalam shalat terdapat dua jenis duduk: iftirosy (tahiyat awal) dan tawaru’ (tahiyat akhir). Bagi wanita. Sagiran. Saat inilah kontraksi terjadi pada otot dada.otot daerah perineum. Payudara tak hanya menjadi lebih indah bentuknya tetapi juga memperbaiki fungsi kelenjar air susu di dalamnya. Urat saraf tersebut memerlukan darah untuk beberapa saat tertentu saja. beban tubuh bagian atas ditumpukan pada lengan hingga telapak tangan. Regenerasi pun berlangsung dengan lancar. Riset di atas telah mendapat pengakuan dari Harvard University.Darah tidk akan memasuki urat saraf di dalam otak melainkan ketika seseorang sujud dalam shalat. kita melakukan gerakan duduk.organ perut pada tempatnya kembali (fiksasi). Bahkan seorang dokter berkebangsaan Amerika yang tak dikenalnya menyatakan diri masuk Islam setelah diamdiam melakukan riset pengembangan khusus mengenai gerakan sujud. Bila otot perut telah berkembang menjadi lebih besar dan kuat. Alhasil. termasuk otot dada. Kebiasaan sujud menyebabkan tubuh dapat mengembalikan dan mempertahankan organ. sebagaimana yang telah diwajibkan dalam Islam. di daerah ini terdapat tiga liang yaitu liang persenggamaan. tumit kaki kiri harus menekan daerah perineum. Di samping itu. berguna untuk melenturkan tubuh dan melancarkan peredaran darah. Intinya.M. Pada posisi ini tumit kaki kiri akan memijit dan menekan daerah perineum.

simetris antara belahan tubuh kanan dan kiri. Beberapa hal yang penting dibahas dari sisi medis adalah: 1. Gerakan Takbiratul-ihram Gerakan memulai shalat dengan mengangkat tangan sedemikian sehingga telapak menghadap kiblat di samping kanan kiri bahu atau wajah kita. tumit membuka ke luar. bahu terangkat sedikit. Titik tumpu berat badan. Pada saat yang sama. bebas efek samping. praktis dan jelas manfaatnya 1. bagian dada (12 ruas) melengkung ke belakan (kifosis) dan bagian pinggang (5 ruas) melengkung ke depan lagi (lordosis). bacaan shalat (do’a-do’a dan konsentrasi pikiran) dan gerakan anggota badan yang unik dan khas? Ibarat perincian resep. Cara memposisikan tubuh yang demikian sebenarnya merupakan cara penyelarasan posisi berdiri kita pada saat-saat biasa di luar shalat 2. tulang-tulang rusuk ikut terangkat menimbulkan pelebaran rongga dada. terpilih. Akibatnya tekanan udara di dalam rongga mengecil dan memudahkan udara nafas masuk dengan cepat. Sekat rongga badan (diafragma) terlatih. Berdiri dalam shalat. pikiran) saja sudah mempunyai efek penyembuhan yang begitu nyata. dibagi di kedua kaki kanan-kiri sama berat. Ini adalah posisi ideal dan stabil. Jari-jari menghadap ke arah kiblat. 2. Rongga dada melebar. Kita diperintahkan untuk berditi tegak. maka tidak lain hal ini hanya bisa dikerjakan oleh sekat rongga badan (diafragma). Kaki kangkang. komprehensif. yang memadukan antara kebersihan fisik/mental (wudlu). 2. udara harus mengalir keluar guna menggetarkan pita suara. bagaimana dengan shalatnya orang muslim. Berat badan menumpu di telapak kaki. Pada saat gerakan takbir.Jika do’a (ucapan. Jarak yang perlu diperhatikan pada saat mengkangkangkan kaki adalah selebar jarak bahu kanan – kiri. Beberapa unsur medis yang perlu dibahas adalah: 1. kita harus mengucapkan kalimat takbir ”ALLOHU AKBAR” padahal dinding dada sedang meregang. terjangkau. Untuk dapat mengucapkan suatu kata. . gerakan sholat bisa menjadi suatu formula yang holistik. Tulang punggung berada pada posisi tegak alami dalam arti bagian leher (7 ruas) melengkung kedepan (lordosis).

tangan memegang di lutut. Pada saat ruku’ sempurna itu tulang belakang menjadi relatif lurus. Dengan posisi demikian. Sujud Sujud adalah satu-satunya posisi dimana otak bisa lebih rendah dari jantung. Anda akan merasakan tarikan di tulang belakang daerah pertengahan punggung yang disebabkan oleh gravitasi karena pergeseran titik berat batang tubuh. Ada dua hal penting yang perlu diperhatikan: a. Penyanggaan ini lebih mendorong lagi ke depan ruas-ruas tulang belakang sehingga kompresi bukan hanya dikurangi akan tetapi bahkan terjadi gerakan anti-kompresi alias peregangan. yang mudah dikerjakan tanpa harus menjungkir-balikkan tubuh. Cobalah perhatikan dan praktekkan detail dari gerakan sujud dengan benar. lengan bawah. 4. Gerakan takbir ini adalah gerakan ”active pumping” yang sangat bermanfaat. Ketiak adalah stasiun regional utama bagi peredaran limfe (getah bening) yang merupakan kumpulan dari keseluruhan anggota gerak bagian atas (tangan. leher dan kepala menjadi posisi horizontal sama sekali. Gerakan bangkit dari ruku’. Peletakan di dada dengan cara tangan kiri di tempelkan di dada. b. Posisi ini memungkinkan berat badan bergeser ke depan dan tubuh seakan-akan mau terperosok ke depan. Seperti halnya pada saat ruku’. Ketiak dibuka. kompresi antar ruas-ruas tulang belakang dapat dikurangi. Efek terhadap alignment (pengaturan pelurusan) ruas-ruas tulang belakang sehingga kompresi dikurangi bahkan terjadi gerakan anti-kompresi alias peregangan. Posisi kaki masih tetap seperti saat berdiri pada awalnya. Setelah ruku’ selesai dan tuma’ninah betul-betul telah dirasakan oleh seluruh ruas tulang. Ruku’ Ruku’ adalah membungkukkan badan sedemikian sehingga punggung. kita melakukan i’tidal. lengan atas dan bahu). sensasi ini hanya . kembali ke posisi semula. Posisi horizontal. tangan kanan menempel di luar/atas tangan kiri. Kedua lengan menyangga.3. 3. Setelah takbiratul-ihram kemudian tangan diletakkan di depan dada.

terjadi bila dilakukan cukup waktu.2005/12/08 01:35Assalamu'alaikum wr. Jika shalatnya tergesa-gesa. keberkahan.wb Limpahan puji kehadirat ALLAH SWT yang telah memberikan NIKMAT-NIKMATNYA serta sholawat dan salam kami haturkan kepada junjungan Rasulullah Muhammad SAW yang telah membawa kita dari zaman jahiliyah ke zaman yang penuh barokah serta penuh rahmat ini. Debit darah yang naik karena posisi jantung lebih tinggi dari otak ini merupakan latihan otak menambah elastisitas pembuluh darah. Apa arti dan maksud dari gerakan dalam sholat itu sendiri mohon dijelaskan satu persatu seperti gerakan : * Takbiratul ihram * Bersedekap * Ruku * I'tidal * Sujud * Duduk di antara dua sujud * Tahiyatul * Menunjukkan jari ketika sedang tahiyatul * Salam "Saya pernah mendapat penjelasan tentang salam ketika sholat dari HABIB yaitu memberikan salam pada kaum Muslim yang masih hidup dan yang sudah meninggal itu kalau saya gak salah dengar dan maaf bila salah dan saya juga pernah mendapatkan penjesan dari orang lain katanya salam dalam sholat itu adalah memberikan salam dengan malaikat roqib dan atid" mohon dijelaskan kembali 4. Semoga HABIB. dengan perubahan posisi yang demikian tidak bisa merasakan efek apapun oleh karena otot-ototnya masih tegang. Keluarga serta Seluruh umat MUHAMMAD SAW selalu dilimpahkan Keridhoan. TENTANG SHOLAT . apakah suatu keharusan salam harus menengok kanan kiri (ini juga pernah HABIB bahas tapi saya mohon dijelaskan kembali dengan dalilnya Sebelum dan sesudahnya saya ucapkan TERIMA KASIH atas kesempatan yang telah diberikan kepada saya. BAGAIMANA PENDAPAT HABIB dengan pernyataan ini.Seperti ini dia berkata sholat adalah DOA yang sebenarnya tidak perlu dengan gerakan. pada gilirannya gerakan sujud bisa merupakan gerakan anti-stroke.Kesehatan. . 3. Almukarom AlHabib Munzir Almusawa yang saya muliakan serta saya hormati. sehingga sudah terjadi relaksasi otot-otot punggung. tidak tuma’ninah. Saya pernah mendengar dari seseorang tentang melakukan sholat. dan kenikmatankenikmatan lainnya yang tidak ada batasannya AMin Ya Robbal'alamin. Elastisitas pembuluh darah merupakan faktor terpenting yang dapat mempertahankan tekanan darah. Apakah ada dalil mengenai gerakan SHOLAT ???????????? 5. Apa arti sholat ???? 2. Pengaruh sujud terhadap peredaran darah di otak juga dapat dipahami. saya ingin bertanya kepada habib : 1.

dan secara syar?an pun demikian. * Duduk di antara dua sujud Duduk antara dua sujud secara bahasa adalah duduk sebagaimana yg kita fahami. Apa arti dan maksud dari gerakan dalam sholat itu sendiri mohon dijelaskan satu persatu seperti gerakan : * Takbiratul ihram Takbiratul Ihram berasal dari dua kata : Takbir (ucapan Allahu Akbar) dan Ihram (pengharaman).wb | | Silahkan login terlebih dahulu untuk bertanya munzir Re:TENTANG SHOLAT . * Sujud Secara bahasa adalah merendahkan diri serendah rendahnya Secara syar?an adalah meletakkan 7 anggota sujudnya pada bumi tempat ia melakukan shalat. minum. secara syar?an adalah Salam kepada Allah. Apa arti sholat ???? Shalat secara bahasa adalah Doa dengan kebaikan secara Syar?an adalah : Ucapan ucapan. gerakan gerakan tertentu yg diawali dengan Takbiratul ihram dan diakhiri dg salam. tetap sah shalatnya. menunjukkan lurusnya posisi punggung beliau dalam 90 derajat * I'tidal Secara bahasa adalah tegak lurus Secara syar?an adalah tegak berdiri kembali ke posisi semula sebelum ruku?nya. 3. karena shalat seperti itu (hanya doa) adalah shalat secara bahasa. * Bersedekap Sedekap ini bukan merupakan rukun shalat.2005/12/09 05:14Alaikumsalam warahmatullah wabarakatuh. bersandarkan pd Hadist hadits Shahih. Seperti makan. melambangkan kerendahan yg serendah rendahnya atas dahi. duduk dalam posisi apapun yg disebut duduk tetap sah shalatnya. mengenai pendapat itu jelas jelas adalah pendapat mereka yg diluar Islam. berbicara kpd selain Allah dan Rasul saw dan hal hal yg diajarkan Rasul saw sebagai mubthilat (yg membatalkan) shalat. misalnya bersila. 1. sebagaimana para sahabat mengucapkan salam pada Rasul saw. salam pd sesama . ketika dua kalimat ini digabung maka bermakna : Ucapan takbir yg memulai pengharaman dari melakukan hal hal yg dilarang dalam shalat.Wassalamu'alikum wr. Terimakasih atas doa mas hamdan pada saya dan keluarga. kedua lutut. * Tahiyatul Tahiyyah secara bahasa adalah kemuliaan. shalat Ummat Muhammad saw adalah shalat yg mengikuti beliau sebagaimana hadits hadits shahih yg bertebaran diseluruh kutubul hadits. dengan sandaran Hadits beliau saw ?Shalatlah sebagaimana kalian melihatku melakukan shalat?. yg merupakan rukun adalah berdiri dalam shalat wajib bagi yg mampu dan membaca Fatihah padanya. bila tak dikerjakan tak membatalkan shalat. 2. dan Dahinya. dan bahwa Ruku?nya Rasul saw itu tepat dalam posisi 90 derajat. kedua kaki. dan sunnah adalah duduk dengan Iftirash dengan menegakkan telapak kaki kanan dan menghamparkan kaki kiri sebagaimana kita lihat orng yg melakukan duduk dalam shalat. Mengenai gerakan gerakannya merupakan rukun shalat. yaitu kedua telapak tangan. bukan shalat dalam ajaran Nabi Muhammad saw. dengan mengangkat belakang tubuhnya lebih tinggi dari posisi dahinya. * Ruku Ruku secara bahasa adalah menunduk Secara Syar?an adalah menundukkan badan hingga kedua telapak tanganna meraih/bersandar pada kedua lututnya. hingga andai ditaruh sebuah gelas dipunggungnya niscaya tak tumpah.

namun bukan kewajiban kita untuk mengetahuinya. namun satu hal yg harus kita pegang adalah setiap gerakan shalat. juga haji. alangkah sempitnya akal dan segala isinya yg hanya sekepalan tangan ini untuk memahami hikmah ilahiah. dan Allah menjadi Hamba. yg ada sebelum akal ada. maka tanpa kita sadari kita terjebak pemahaman untuk merubah diri kita sebagai Pencipta. karena kita ingin Allah taat pada keinginan kita. perintah beliau untuk meratakan shaf. Apakah ada dalil mengenai gerakan SHOLAT ???????????? Dalil mengenai gerakan shalat dapat anda rujuk ratusan hadits pada Shahih Bukhari.?. . maka percakapan ini dijadikan kewajiban utk selalu diucapkan oleh setiap ummatnya.muslim. lalu aku menjawab : Assalaamu alaina. maka shalat menyimpan rahasia kemuliaan Mi?raj beliau saw kepada Allah swt. Tasyahhud awwal dan Tasyahhud Akhir. dan seluruh rukun shalat berlandaskan hadits shahih. dan salam yg kedua adalah sunnah. * Menunjukkan jari ketika sedang tahiyat Merupakan Ittiba? lirrasul saw (berpanut pd perbuatan Rasul saw) * Salam Salam adalah ucapan dari rukun shalat yg terakhir dg niat selesai dari shalat. secara bahasa adalah mengucapkan syahadat. demikian pula Tsyahhud Akhir. ya bila kita menemukan jawabannya. Pertanyaan ?mengapa?. Muslim dan seluruh buku buku Hadits Bab Shalat. merupakan pertanyaan berbahaya bila terus diikuti. sebagaimana Rasul saw menceritakannya : aku bersujud dan berucap : ?Attahiyyatulmuba?dst. namun kewajiban kita adalah mengamalkannya. secara syar?an adalah terbagi dua. yaitu ucapan yg merupakan percakapan antara Allah dan Rasul saw di malam Mi?raj beliau. karena tujuan utama dari salam dan seluruh gerakan shalat adalah Ittiba? lirrasul saw dengan landasan perintah Allah swt dengan puluhan ayat pd Al Qur?anulkarim yg memerintahkan kita taat kepada Rasul saw. tasyahhud awal adalah duduk setelah sujud kedua pd rakaat kedua. dan membatasi kehendak Nya untuk berbuat dengan hal yg bertentangan dengan akal kita. bagaimana dijelaskan sujud beliau saw. karena Allah adalah Assalaam. karena kita akan terjebak oleh hukum akal bila selalu menghendaki jawaban dari maksud setiap Ajaran Rasul saw. tapi ucapkanlah Attahiyyatu lillah? (Syarh Baijuri Bab Shalat) Mungkin yg anda maksud adalah Tasyahhud.? Lalu Allah menjawab Assalaamu alaikua Ayyuhannabiyy??. mengenai kpd siapa ucapan tersebut memang banyak khilaf. karena saat itu lah diwajibkannya shalat. lalu membaca doa tasyahhud awal sebagaimana dijalankan oleh muslimin dan yg itu semua telah diajarkan oleh Rasul saw. mengeraskan suara pada bacaan fatihah dan surat di shalat magrib. isya dan subuh. maka dengan itu kita menyembah akal karena hanya taat pd hal yg diterima akal.. karena puncaknya akan menjurus pd Allah swt dan syak wasangka pd Allah swt. zakat dlsb mengandung hikmah hikmah luhur. apakah suatu keharusan salam harus menengok kanan kiri menengok ke kanan dan kiri hukumnya sunnah dan merupakan Ittiba? birrasul saw (Syarh Busyralkariim Bab Sunanusshalat hal 183) mengenai hikmah dari setiap gerakan gerakan shalat saya tak mungkin menuliskannya disini mengingat waktu yg sempit. dan mengikuti perintah beliau saw 4. dan agar tidak berbuat terkecuali hal yg kita fahami. dan berbuat menurut kehendak kita. bila tidak?. merekapun mengucapkan salam kepada Allah. mengapa Allah memerintahkan ini dan itu?. puasa. mengapa tidak seperti ini?. ucapan salam yg pertama merupakan rukun shalat. 5. ruku beliau saw. apakah lalu kita menolak mengamalkannya?. namun bukan itu daripada tujuan utama mengucapkan salam. maka Rasul saw bersabda : ? Jangan ucapkan salam pd Allah.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful