Laporan Metode Ilmiah Tentang Tomat

X TAV

2012
Tanaman tomat dengan nama latin Solanum lycopersicum L.

Nama : - Novia Eka R.A (13) - Rima Mustika (17)

PENGARUH PUPUK KANDANG/KOMPOS TERHADAP PERTUMBUHAN TANAMAN TOMAT .

Terdapat perbedaan tanaman A dengan tanaman B yang diberi pupuk.4 Tujuan Penelitian Adapun tujuan penulisan makalah ini adalah: 1. Bagaimana perbedaan antara tanaman yang diberi pupuk dengan yang tidak diberi pupuk? 1. Sedangkan pada tanaman B pertumbuhannya lebih cepat 1. 3. Di samping itu. siswa mampu mengkomunikasikan hasil pengamatan yang dilakukan. batang dan akar. tomat juga memiliki peranan yang sangat penting untuk perkembangan mahluk hidup khususnya manusia. 2. siswa diharapkan bisa membahas tentang pengamatan di lapangan tentang morfologi daun. 4.2 Rumusan Masalah Adapun masalah-masalah yang kami sampaikan adalah: 1. siswa mempunyai keterampilan sosial (sosial skills) seperti: ketermpilan bekerja dalam kelompok. Untuk itu siswa yang mempelajari ilmu sains diharapkan bisa meneliti morfologi dari tumbuhan tomat. siswa bisa mengenal tumbuhan tomat. Adakah perbedaan tanaman A dengan tanaman B yang diberi pupuk? 2. 1. pada tanaman A pertumbuhannya lamban. . dan ketermpilan berkomunikasi lisan dan tulisan. keterampilan melakukan observasi. terdapat pengaruh pupuk kompos/kandang pada tanaman yg diberi pupuk tsb. 2. 3.BAB I PENDAHULUAN 1. baik secara lisan maupun tulisan dengan membuat makalah. siswa dapat mendeskripsikan secara morfologis tumbuhan tomat. Adakah pengaruh pupuk kompos/kandang pada tanaman yg diberi pupuk tsb? 3.3 Hipotesis Apapun hipotesis yang kami sampaikan adalah : 1. Dari permasalahan di atas.1 Latar Belakang Masalah Tomat merupakan salah satu penopang hidup manusia yang sangat penting.

3. 2. Dapat mengetahui cara menanam tomat yang baik. .1. Mendapat pengalaman dan ilmu selama melakukan observasi.5 Manfaat Penelitian Adapun manfaat yang didapat adalah: 1. Mampu mengklasifikasikan morfologi tumbuhan tomat.

Dibiarkan melata.40 cm. cukup rimbun menutupi tanah. dapat naik bersandar pada turus atau merambat pada tali.0. Oleh karena itu tingkat kesuburan tanah di bagian atas sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan tanaman dan produksi buah.  Daun Daunnya yang berwarna hijau dan berbulu memiliki panjang 20 . Perakaran tanaman tidak terlalu dalam. Bagian yang masih muda berambut dan biasanya dan ada yang berkelenjar.1  Morfologi Tanaman Akar Tanaman tomat memiliki akar tunggang. namun dapat mencapai kedalaman hingga 60 .20 cm. namun harus dibantu dengan beberapa ikatan. . Akar tanaman tomat berfungsi untuk menopang berdirinya tanaman serta menyerap air dan unsur hara dari dalam tanah.5 cm. mudah patah.  Batang Batang tanaman tomat bentuknya bulat dan membengkak pada buku-buku. serta akar serabut yang berwarna keputih-putihan dan berbau khas. akar cabang.10 cm dan ketebalan 0.BAB II Telaah Pustaka 1.30 cm dan lebar 15 . menyebar ke semua arah hingga kedalaman rata-rata 30 .3 . serta benih tomat yang dihasilkan. Daun tomat tumbuh dekat ujung dahan atau cabang sementara tangkai daunnya berbentuk bulat memanjang sekitar 7 . Bercabang banyak sehingga secara keseluruhan berbentuk perdu.70 cm.

serta relatif lunak.  Biji Biji tomat berbentuk pipih. Bunga tanaman tomat berwarna kuning. Diameter buah tomat antara 2 . setelah tua berwarna merah muda. ada yang hanya dua seperti pada buah tomat cherry dan tomat roma atau lebih dari dua seperti tomat marmade yang beruang delapan. pipih.  Buah Buah tomat adalah buah buni. Warna bijinya ada yang putih. Bunga tomat dapat melakukan penyerbukan sendiri karena tipe bunganya berumah satu. oval. berbulu. Pada serbuk sari bunga terdapat kantong yang letaknya menjadi satu dan membentuk bumbung yang mengelilingi tangkai kepala putik. Meskipun demikian tidak menutup kemungkinan terjadi penyerbukan silang.15 cm. Bunga Bunga tanaman tomat termasuk jenis bunga berkelamin dua atau hermaprodit. putih kekuningan. ada juga yang kecoklatan. . Bentuk buah tomat beragam: lonjong. dan bulat. dan diselimuti daging buah. Pada buah masih terdapat tangkai bunga yang berubah fungsi menjadi sebagai tangkai buah serta kelopak bunga yang beralih fungsi kelopak bunga. meruncing. selagi masih muda berwarna hijau dan berbulu serta relatif keras. Jumlah ruang di dalam buah juga bervariasi. merah atau kuning cerah dan mengkilat. tergantung varietasnya. Biji inilah yang umumnya dipergunakan untuk perbanyakan tanaman. terdiri dari lima helai daun kelopak dan lima helai mahkota.

Tanaman tomat dapat tumbuh baik di dataran tinggi (lebih dari 700 m dpi). tanaman tomat membutuhkan tanah yang gembur. tergantung varietasnya.28°C yang umumnya merah merata . Keadaan temperatur dan kelembaban yang tinggi. dan dataran rendah (kurang dari 200 m dpl). sedangkan pada temperatur tidak tetap warna buah cenderung tidak merata. Pada temperatur tinggi (di atas 32°C) warna buah tomat cenderung kuning. dari daerah dataran rendah sampai daerah dataran tinggi (pegunungan) untuk pertumbuhan yang baik. berpengaruh kurang baik terhadap pertumbuhan. kelembaban yang relatip diperlukan untuk tanaman tomat adalah 80 %. tanah sedikit mengandung pasir. produksi dan kualitas buah tomat. Tanaman tomat memerlukan intensitas cahaya matahari sekurang–kurangya 10-12 jam setiap hari.2  Iklim dan Tanah Iklim Tanaman tomat bisa tumbuh baik di dataran tinggi maupun di dataran rendah. Faktor temperatur dapat mempengaruhi warna buah. serta pengairan yang teratur dan cukup mulai tanam sampai tanaman mulai dari panen.700 m dpi). dataran medium (200 m . dan banyak mengandung humus. Tanah Tanaman tomat merupakan tanaman yang bisa tumbuh disegala tempat.  .1. Temperatur ideal dan berpengaruh baik terhadap warna buah tomat adalah antara 24°C . kadar keasaman pH antara lain 5-6.

Agromedia.Yogyakarta. Tanaman Tomat. 2004. Kinisius. Yogyakarta.Daftar Pustaka Kanisius 1992. Benih Tomat. Jakarta. 2007. Sinar Baru Algensindo. Yogyakarta Redaksi Agromedia. Penebar Swadaya. 38 p. Bertanam Tomat. S.B. . Cahyono. Petunjuk Praktis. Pitojo. Tomat. Bambang. 2005. Budidaya tanaman tomat. 2005. Yogyakarta. Budidaya dan Analisis Usaha Tani. 2001. Jakarta.Sayuran. Agromedia Pustaka. Rismunandar. Bertanam Tomat. Kanisius.T. 1992. Jakarta. 2002.W. Sastrahidayat. Turgiyono Herry. Panduan Lengkap Budi Daya Tomat. Bandung. Wiryanta.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful