P. 1
13. Tata Tertib Guru Dan Pegawai

13. Tata Tertib Guru Dan Pegawai

|Views: 173|Likes:
Published by Nur Faiq

More info:

Published by: Nur Faiq on Dec 05, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

03/04/2013

pdf

text

original

KEMENTERIAN AGAMA MTs NEGERI 02 SEMARANG Jl. Citandui Raya III Telp.

(024)3561855 Semarang TATA TERTIB GURU DAN PEGAWAI MTs NEGERI 02 SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2012/2013
A. KEWAJIBAN Guru dan Pegawai MTs Negeri 02 Semarang wajib: 1. Beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT., berakhlaqul karimah, berkepribadian dan berkarakter sebagai guru dan pegawai MTs Negeri 02 Semarang. 2. Guru Tetap (PNS), pegawai tetap (PNS) dan pegawai tidak tetap (GT, PT, PTT) masuk 6 hari dalam satu minggu. Masuk madrasah jam 06.45 WIB., pulang jam 13.15 WIB., kecuali hari Jum’at jam 11.00 WIB. 3. Guru Tidak Tetap (GTT) belum sertifikasi, masuk sesuai jadwal jam mengajar, dianjurkan masuk madrasah jam 06.45 WIB., pulang jam 13.15 WIB. Di luar jadwal jam mengajar dianjurkan tetap masuk minimal 1 hari/minggu untuk mengerjakan tugas-tugas lain yang berkaitan dengan profesinya. 4. Guru Tetap (sudah sertifikasi), non PNS yang belum terpenuhi 24 jam pelajaran yang Satminkal-nya di MTs Negeri 02 Semarang, masuk minimal 3 (tiga) hari dalam satu minggu dan jika sudah terpenuhi 24 jam pelajaran, masuk 6 (enam) hari dalam satu minggu, masuk madrasah jam 06.45 WIB., pulang jam 13.15 WIB. kecuali hari Jum’at jam 11.00 WIB. 5. Guru dan pegawai yang berhalangan hadir, supaya menyampaikan izin dengan ketentuan sebagai berikut: a. Izin selama 1 (satu) hari, disampaikan secara langsung melalui telepon atau SMS kepada Kepala Madrasah dan izin sebelum jam pulang disampaikan secara lisan langsung kepada Kepala Madrasah. b. Izin selama 2 (dua) hari disampaikan secara tertulis kepada Kepala Madrasah. c. Izin selama 3 (tiga) hari/lebih, disampaikan secara tertulis kepada Kepala Madrasah dan dilampirkan surat keterangan dokter atau surat keterangan lain dari pihak terkait (selain sakit). d. Izin karena melahirkan atau tugas belajar supaya mengajukan cuti secara tertulis dan koordinasi dengan Wakil Kepala Madrasah urusan Kurikulum untuk pengaturan jam mengajar. e. Izin karena tugas dinas disampaikan secara lisan kepada Kepala Madrasah dengan menunjukkan surat undangan/tugas dan atau memberikan informasi/keterangan tentang itu kepada Kepala Madrasah dan koordinasi dengan Wakil Kepala Madrasah urusan Kurikulum untuk pengaturan jam mengajar. f. Izin bagi pegawai tidak tetap (PTT), disampaikan kepada Kepala urusan Tata Usaha. 6. Guru yang izin tidak masuk supaya memberikan tugas kepada peserta didik melalui guru piket. 7. Memberi teladan kepada peserta didik dalam bersikap dan berperilaku yang baik, sopan dan mendidik. 8. Taat tarhadap pimpinan, saling menghormati, menghargai, dan bekerjasama antar sesama untuk menciptakan lingkungan yang kondusif. 9. Menegakkan disiplin waktu baik ketika masuk maupun pulang dari madrasah.

KEMENTERIAN AGAMA MTs NEGERI 02 SEMARANG Jl. Citandui Raya III Telp. (024)3561855 Semarang
10. Mendidik, membimbing dan membina peserta didik dengan santun, ikhlas, profesional dan berkarakter. 11. Mengajar dengan berpedoman pada standar isi yang berlaku dan secara terusmenerus melakukan inovasi proses pembelajaran sehingga menjadi efektif dan dinamis. 12. Pegawai melayani semua stakeholder madrasah terutama peserta didik dengan sebaik-baiknya dan selalu melakukan inovasi-inovasi penertiban administrasi dan manajemen perkantoran. 13. Memakai seragam dinas harian sesuai dengan ketentuan yang berlaku. 14. Memenuhi administrasi guru baik perangkat pembelajaran, daftar hadir, jurnal mengajar maupun dokumen lain yang berkaitan dengan profesinya. 15. Mengikuti kegiatan-kegiatan yang diprogramkan oleh madrasah dan atau instansi lain seperti rapat dinas, acara seremonial atau kegiatan lain baik yang berupa penugasan maupun tidak. 16. Memelihara, menjaga dan mengamankan fasilitas madrasah serta memberitahukan kepada Wakil Kepala urusan Sarana dan Prasarana jika ada barang yang rusak atau hilang. 17. Mentaati semua peraturan dan ketentuan yang sudah dibuat oleh madrasah untuk kepentingan bersama. B. HAK Guru dan pegawai MTs Negeri 02 Semarang berhak: 1. Mendapatkan kesejahteraan berupa gaji, tunjangan atau penghasilan lain sesuai dengan ketentuan yang berlaku. 2. Mendapatkan perlindungan dan rasa aman dalam menjalankan tugas. 3. Mendapatkan informasi, peluang dan kesempatan untuk mengembangkan diri dan karier sesuai dengan potensi yang dimiliki. 4. Memberi masukan, saran dan kritik yang membangun kepada manajemen madrasah untuk kepentingan dan kemajuan madrasah. 5. Memanfaatkan semua fasilitas madrasah untuk kepentingan pendidikan secara optimal sesuai dengan ketentuan yang berlaku. C. LARANGAN Guru dan Pegawai MTs Negeri 02 Semarang dilarang: 1. Melanggar norma agama, hukum, kesopanan dan kesusilaan di manapun berada. 2. Meninggalkan tugas tanpa izin. 3. Bergaul dengan teman yang berlainan jenis secara berlebihan yang bisa menimbulkan fitnah. 4. Berpakaian dengan jenis dan mode serta memakai perhiasan secara berlebihan. 5. Mengembangkan ideologi keagamaan yang mengarah pada faham fundamentalis yang bertentangan dengan prinsip agama itu sendiri. 6. Melakukan kekerasan baik secara fisik maupun mental kepada pimpinan madrasah, sesama teman dan atau peserta didik. 7. Menempatkan kendaraan secara tidak rapi dan di sembarang tempat. 8. Mengerjakan tugas-tugas kedinasan di luar Tugas Pokok dan Fungsi (Tupoksi) kecuali ada penugasan resmi dari Kepala Madrasah.

KEMENTERIAN AGAMA MTs NEGERI 02 SEMARANG Jl. Citandui Raya III Telp. (024)3561855 Semarang
9. Membawa pulang, mengambil, menjual barang-barang/fasilitas madrasah untuk kepentingan pribadi di luar ketentuan yang berlaku. 10. Melanggar tat tertib guru dan pegawai MTs Negeri 02 Semarang yang telah disepakati bersama. D. SANKSI Jika guru dan pegawai MTs Negeri 02 Semarang melakukan pelanggaran terhadap tata tertib madrasah, maka: 1. Diberi peringatan secara lisan dan pembinaan. 2. Diberi peringatan secara tertulis 1, 2, 3 kali dan pembinaan. 3. Untuk PNS dibuatkan berita acara melakukan pelanggaran dan disertai bukti-bukti diserahkan pada kantor Kementerian Agama Kota dan untuk selanjutnya diteruskan pada Kantor Wilayah Kementerian Agama Propinsi Jawa Tengah untuk diambil keputusan sesuai dengan peraturan yang berlaku. 4. Untuk GTT/PTT dicabut SK-nya sebagai guru/pegawai MTs Negeri 02 Semarang oleh Kepala Madrasah. E. KODE ETIK GURU DAN PEGAWAI Kode etik Guru dan Pegawai MTs Negeri 02 Semarang antara lain: 1. Saling menghormati dan bekerjasama antar guru dan pegawai. 2. Taat dan patuh kepada pimpinan madrasah berdasarkan norma yang berlaku. 3. Menjaga nama baik madrasah di manapun berada. 4. Mempunyai semangat dan motivasi dalam menjalankan tugas dengan didasari keikhlasan dan pengabdian terhadap madrasah. 5. Tidak melakukan pelanggaran norma yang berakibat negatif terhadap madrasah dan dirinya. 6. Menghindarkan sikap iri, dengki, hasut, riya’, suka memfitnah dan penyakit hati lainnya yang bisa menyebabkan kondisi madrasah tidak kondusif. 7. Membudayakan sikap sopan, santun, jujur, demokratis, berakhlaq mulia dan berkarakter sebagai guru dan pegawai madrasah.

Semarang, 16 Juli 2012 Kepala,

Drs. Junaedi, M. Pd. NIP. 196508021996031001

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->