P. 1
Terapi Jus & Diet

Terapi Jus & Diet

|Views: 140|Likes:
Published by BUDAYASURGAWI
Diet & Jus-Terapi bukanlah suatu hal yang sulit dipraktekkan oleh siapa
saja. Baik kalangan atas, menengah, maupun orang kebanyakan dapat mempraktekkannya sendiri. Pencegahan dan penyembuhan melalui makanan semulajadi memberi petunjuk nyata bahwa manusia harus kembali kepada rencana semula.
Diet & Jus-Terapi bukanlah suatu hal yang sulit dipraktekkan oleh siapa
saja. Baik kalangan atas, menengah, maupun orang kebanyakan dapat mempraktekkannya sendiri. Pencegahan dan penyembuhan melalui makanan semulajadi memberi petunjuk nyata bahwa manusia harus kembali kepada rencana semula.

More info:

Published by: BUDAYASURGAWI on Dec 06, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/18/2015

pdf

text

original

DIET & TERAPI JUS

Oleh DR. R.A NAINGGOLAN

Revisi Edisi Kedua (Disunting oleh pembaca hanya untuk kegunaan peribadi)

DAFTAR ISI
PENDAHULUAN PENGENALAN

1. KESEHATAN TANGGUNGJAWAB PERIBADI 2. BERAPA SEHARUSNYA UMUR SESEORANG 3. MEMENUHI KEPERLUAN TUBUH 4. BUAH DAN SAYURAN UTAMA DAN KHASIATNYA 5. ENZIM DAN MAKANAN SEGAR 6. JUS BUAH DAN SAYURAN: PENYEMBUH AJAIB 7. JENIS-JENIS PENYAKIT DAN RESEPI TERAPINYA 8. MEMBERSIHKAN TUBUH SELAMA TIGA HARI (Three-day Cleansing) 9. MENU SEHAT: TANPA DIMASAK 10. BERHASILNYA JUS-TERAPI

0-1 2-4 5-6 7-13 14-15 16-17

18-20

21-25

KESIMPULAN LAMPIRAN 1

26 27-32

Catatan: Bab 7 dan 9 tidak disertakan

Diet & Jus-Terapi

bukanlah suatu

hal yang sulit dipraktekkan oleh siapa saja. Baik kalangan atas, menengah, maupun orang kebanyakan dapat mempraktekkannya sendiri. Pencegahan dan penyembuhan melalui makanan semulajadi memberi petunjuk nyata bahwa manusia harus kembali kepada rencana semula. Penulis buku ini DR R.A Nainggolan, MA, dilahirkan di Tapanuli Utara pada tahun 1934. Kesarjanaannya diraih di Philliphine Union College, Manila, jurusan Filsafat dan Pendidikan, setelah menyelesaikan Sarjana Muda di Universitas Advent Indonesia, Bandung. Pada tahun 1979-1984, penulis mengadakan penelitian tentang kesehatan – pengaruh Rokok dan Makanan (khususnya makanan-makanan segar) sementara melanjutkan pendidikan di Universitas Andrews, Berrien Springs, Michigan, Amerika Serikat dan meraih gelar doktor pada tahun 1984. Pengalaman dalam bidang penelitian dan pendidikan ialah sebagai berikut: setelah memperoleh sijil sebagai Penceramah Rumah Tangga, ia mengadakan ceramah-ceramah dan seminar dalam bidang Rumah Tangga dan Kesehatan di berbagai kota di Indonesia. Dalam bidang pendidikan ia telah menyumbang jasanya sebagai tenaga pengajar di SLTA selama 12 tahun, sebagai dosen di Universitas Advent Indonesia selama 16 tahun. Diangkat sebagai Pembantu Rektor III selama 2 tahun, Pembantu Rektor II selama 5 tahun, sekaligus memangku jabatan Rektor (Kepala Universitas) di Universitas yang sama. Setelah kembali dari tugas belajar, penulis memangku jabatan sebagai Pembantu Rektor I Universitas Advent Indonesia dan Koordinator Pendidikan Internasional Masehi Advent Hari Ketujuh Setimur jauh, wilayah Indonesia.

Prakata S
elain karena kecelakaan, hanya ada dua sebab utama kenapa seseorang jatuh sakit. Pertama, karena terlalu banyak makan makanan berlemak, berkolesterol tinggi dan berlendir. Sisa-sisa makanan seperti ini akan menumpuk dalam usus, menempel di dinding pembuluh-pembuluh darah dan dinding-dinding saluran makanan. Ini menyebabkan menyempitnya, bahkan tersumbatnya, pembuluh-pembuluh darah dan terhalangnya penyerapan makanan yang cukup. Yang kedua, kurangnya makanan bergizi sehingga menimbulkan berjenis-jenis penyakit. Tidaklah berarti bahwa orangnya kurang cukup makannya, melainkan kualitas gizi makanannya rendah. Dengan rendahnya kualitas gizi makanan dalam tubuh, maka sel-sel tubuh menjadi lemah; bahkan sel-sel tubuh yang auspun tidak dapat diganti dengan segera, dan akibatnya orangnya pun menderita berjenis-jenis penyakit karena kurangnya daya tahan tubuh. Kalau ada dua sebab utama mengapa seseorang sakit, maka ada dua cara pula untuk penyembuhannya. Pertama, dengan pengobatan di rumah sakit, dan kedua dengan jus buah dan sayuran segar atau “terapi jus.” Pengobatan di rumah sakit pun ada dua macam. Pertama, makan berjenis-jenis obat yang sering dapat menolong, tetapi sebenarnya bukanlah yang terbaik, karena kadang-kadang ada kesan sampingan yang merugikan. Kedua dengan pembedahan. Menderita appendix, dipotong; tonsil meradang, dipotong; ulser perut, dipotong; tumor di rahim, dipotong; ginjal tidak berfungsi, dipotong. Untung saja kepala tidak harus dipotong ketika terasa sakit. Kita bersyukur karena dengan adanya pembedahan telah begitu banyak nyawa yang diselamatkan. Namun sebenarnya seseorang tidak perlu sakit dan dibedah karena dengan pengaturan makanan bergizi yang dianjurkan di dalam buku ini, berjenis-jenis penyakit pun dapat dicegah. Pengobatan dengan jus buah-buahan dan sayuran pun ada dua macam. Cara pertama, jika seseorang sakit karena tertumpuknya sisa-sisa makanan di dalam tubuh, pengobatannya adalah dengan membersihkan tubuh dengan cara berpuasa atau three day cleansing. Cara kedua, keperluan tubuh dicukupi dengan banyak makan makanan segar (apalagi makanan tanpa dimasak), serta minum jus sayuran dan buah-buahan. Hal ini tidak berarti bahwa segala sesuatu itu harus dimakan mentah-mentah, melainkan di samping makan makanan yang dimasak, perlu juga disertai dengan makanan-makanan segar.

0 sehat. Bahkan mesin tubuh manusia itu lebih rumit susunannya daripada komputerkomputer moden sekarang ini. Penelitian menunjukkan bahwa zat-asam pyruvic (pyruvic acid) akan bertambah di dalam peredaran darah, bilamana tubuh itu kekurangan vitamin B-1, dan akan memperlambat pergerakan alat-alat jantung sampai setengah dari keadaan normalnya. Pengetahuan gizi sekarang ini menekankan pentingnya memakan dengan limpahnya sayuran dan buah-buahan lebih 1 kg sampai 1 ½ kg setiap hari untuk memperoleh vitamin B-1 yang cukup. Selain dari sayuran dan buah, beras merah yang masih tersalut kulit-arinya, serta gandum dan telur, adalah merupakan sumber yang bagus dari vitamin B-1 itu. Tetapi sebolehbolehnya jauhkanlah penggunaan telur, apalagi kalau anda mengidap sesuatu penyakit. Vitamin C-complex termasuk vitamin P dan K adalah merupakan “pengikat” yang memegang sel-sel tisu tubuh satu sama lain. Kekurangan vitamin C-complex ini mengakibatkan goyahnya tisu-tisu tubuh itu serta lumpuhnya pembuluhpembuluh darah. Proses beralihnya tulang rawan menjadi tulang keras terhenti, susunan saraf terganggu, dinding paru-paru rusak, tisutisu tubuh rusak, darah bergumpal dan tidak lancar mengalir, tulang-tulang rapuh, proses kalsium atau zat kapur terhambat, bakteri akan dengan bebasnya menyerang organ-organ tubuh, kalau vitamin C-complex itu kurang dalam tubuh. Bahkan tidak akan terbentuk dengan sempurnanya zat-zat penentang penyakit paru-paru kalau vitamin C-complex itu tidak mencukupi. Vitamin C ini banyak terdapat di dalam limau, tomato, berjenis buah, sayuran hijau, limau nipis, paprika, kubis mentah dan seledri. Seboleh-bolehnya semua ini dimakan mentah tanpa dimasak atau kalau dimasak pun jangan terlalu masak. Kalau pengetahuan gizi telah disebarluaskan, maka hanya yang bersikap masabodoh sajalah yang akan sakit. Seharusnya umat manusia itu lebih berhati-hati memasukkan makanan ke dalam tubuhnya daripada memasukkan zat pembakar ke dalam tangki keretanya atau lebih teliti memilih makanan yang dimakannya daripada memilih perabot

1
KESEHATAN: SEBUAH TANGGUNGJAWAB PERIBADI
“Kesehatan adalah merupakan tanggungjawab seseorang, bukan tanggungjawab perawat atau dokter. Seseorang sering sakit karena lalai atas tanggungjawab kesehatannya – lalai mengikuti hukum kesehatan bahkan terkadang sengaja melanggar hukum alam.”

A. Makanan Adalah Kunci Kesehatan

B

etapa sering kita mendengar seseorang

berkata, “Kalau saya sakit, saya pergi saja kepada dokter, untuk apa susah-susah membaca buku kesehatan.” Sebutan ini sering menunjukkan rasa hormat dan percaya kepada kesanggupan dokter untuk menyembuhkan penyakit, juga menunjukkan sikap masabodoh terhadap kesehatan peribadinya. Sebutan ini juga mengemukan adanya orang yang mau mengalihkan tanggungjawab kesehatannya kepada seorang dokter. Sesungguhnya kesehatan adalah tanggungjawab peribadi. Dan setiap orang perlu mengetahui cara menjaga kesehatannya sendiri. Benar, seorang dokter yang pakar dapat merawat pesakit dengan baik; namun masih lebih baik kalau seseorang itu tetap sehat, daripada harus menjalani pengobatan, atau pembedahan, supaya kembali sehat. Karena dengan pengobatan, selain mempunyai risiko tinggi, juga melemahkan sel-sel tubuh. Sebagaimana mesin-mesin harus dirawat dengan sering dibersihkan dan diberi minyak pelincir, demikian juga tubuh seseorang harus dipelihara dengan hati-hati, dengan perawatan peribadi, agar tetap berfungsi normal dan

Terapi

Jus

&

Diet

1 untuk rumahnya atau memilih minyak pelincir untuk mesin keretanya. pentingnya menjaga kesehatan peribadi, karena itulah harta termahal dari seseorang di atas dunia ini.

B. Kesehatan Peribadi Adalah Harta Paling Berharga “Adalah merupakan hal yang sia-sia dan bencana untuk menunggu sampai penyakit itu timbul lalu diobati, apalagi sudah merupakan kenyataan yang penyakit itu dapat dicegah sebelum terjadi; dan faktor utama dalam pencegahan penyakit itu adalah gizi.” (Dr. Michael J. Walsh, ahli gizi Hollywood) “Orang Hunza yang tinggal di pergunungan Himalaya adalah orang-orang yang tersehat dan terpanjang umurnya di dunia dan jarang mengidap sesuatu penyakit. Makanan mereka adalah makanan sederhana – buah segar, sayuran segar, kacang-kacangan dan tidak makan makanan daging, kecuali pada waktu berpesta. Mereka ini tidak mengenal jenis-jenis penyakit yang banyak merajalela sekarang ini.” (Dr. Joy M. Hoffman) Tidak mengetahui apa-apa yang diperlukan tubuh, serta tidak tahu memilih jenis makanan yang akan memenuhi keperluan itu, berarti mempertaruhkan harta yang termahal yaitu kesehatan peribadi. Seseorang sakit karena tidak mengikuti hukum kesehatan. Penyakit-penyakit berbahaya dapat timbul karena akibat gaya hidup yang tidak teratur atau cara makan yang tidak baik. Sebagaimana adanya hukum yang mengatur sistem suria, maka ada juga hukum yang mengatur tubuh kita. Pelanggaran terhadap hukum inilah, bukan kuman atau virus, yang sesungguhnya penyebab penyakit. Setiap bagian tubuh, dari telapak kaki sampai rambut di kepala, selalu dibangun kembali. Gugurnya rambut, atau lemahnya jantung, adalah karena salah pilih makanan atau salah penyediaannya. Kebodohan atau mengabaikan hal ini, adalah merupakan bunuh diri. Tidak mengetahui keperluan tubuh dan memilih jenis makanan yang diperlukan sama dengan menjudikan harta termahalnya. Betapa

“Gejala-gejala penyakit adalah akibat bukanlah penyebab.” “Kesehatan tanggungjawab peribadi, dengan menjaga makanan, minuman sehari-hari, yang lalai merupakan permulaan bunuh diri. Gaya hidup baru disarankan, merubah cara hidup dan makan, agar hidup sehat dan umur panjang.” “We squander Health in search of Wealth, we scheme and toil and save, then squander Wealth in search of Health, and all we get is a grave, we live and boast of what we own, we die, and only get a stone.” “Kita korbankan Kesehatan untuk mendapatkan Kekayaan, kita berencana, bekerja dan menyimpan, kemudian mengorbankan kekayaan untuk mendapatkan Kesehatan, dan yang sering didapat adalah kuburan, kita hidup dan bangga atas apa yang disimpan, kita mati, dan hanya memperoleh sebuah batu nisan.”

Terapi

Jus

&

Diet

2 PERBANDINGAN UMUR DEWASA DAN USIA SESEORANG
Nama Adam Set Enos Kainan Mahalalel Yared Henokh Metuselah Lamekh Nuh Manusia Sebelum Air Bah Umur Dewasa Usia 130 tahun 930 tahun 105 tahun 912 tahun 90 tahun 905 tahun 70 tahun 910 tahun 65 tahun 895 tahun 162 tahun 962 tahun 65 tahun 365 tahun 187 tahun 969 tahun 182 tahun 777 tahun 100 tahun 950 tahun

2
BERAPA SEHARUSNYA UMUR SESEORANG?
“Sudah tentu ada beberapa penyebab mengapa manusia moden sekarang ini lebih pendek usianya dari orang-orang purba dan dari makhluk-makhluk hidup lainnya. Penyebab utama yang saya dapat kemukakan ialah makanan – khususnya makanan yang dimasak.”

A. Usia Manusia Zaman Dahulu

M

enurut Dr. Toben Deill, Presiden dari

“International Association of Gerontology” di Kopenhagen, Denmark, seseorang dapat mencapai usia 120 tahun. Dr. Barts mengatakan bahwa manusia itu dapat hidup sampai 150 tahun; sedangkan menurut dr. C.M. McCoy, dari Cornel University, umur manusia itu dapat mencapai 140 tahun. Bahkan banyak ahli yang mengatakan yang umur manusia itu seharusnya tidak kurang dari 120 tahun. Waktu diadakan mesyuarat di Kopenhagen, Denmark, dari hal gerontology (ilmu yang mempelajari usia tua), 500 kertas kerja telah dikemukakan untuk dibincangkan. Semua peserta mesyuarat itu setuju yang usia manusia itu seharusnya berkisar di antara 120 sampai 140 tahun. Penemuan ini sangat mengejutkan rakyat biasa. Penelitian selanjutnya menunjukkan yang usia seseorang itu seharusnya di antara 6 sampai 7 kali usia dewasanya.

Nama Shem Arphaxad Salah Serug Nahor Terah Ibrahim

Manusia Sesudah Air Bah Umur Dewasa Usia 100 tahun 600 tahun 35 tahun 438 tahun 30 tahun 433 tahun 30 tahun 230 tahun 29 tahun 148 tahun 70 tahun 205 tahun 27 tahun 175 tahun

Jenisnya Kucing Anjing Kuda Gajah Lembu Buaya Chimpanzee

Hewan/Binatang Umur Dewasa 1 ½ tahun 2 tahun 4 tahun 10 tahun 6 tahun 10 tahun 6 tahun

Usia 10 tahun 12 tahun 25 tahun 60 tahun 40 tahun 60 tahun 40 tahun

B. Usia Manusia Moden Kalau seseorang di anggap dewasa dalam umur 20 tahun, maka semestinya manusia moden itu dapat hidup di antara 120 sampai 140 tahun, yaitu 6 atau 7 kali umur dewasanya. Tetapi kenyataannya berbeza. Orang-orang Barat, khususnya orang Amerika, yang dewasa pada usia 20 sampai 25 tahun, hanya berusia rata-rata 68 tahun (atau kurang lebih 2.7 – 3.4 kali umur dewasanya), sedangkan orang Indonesia, yang dewasa pada usia 20 tahun hanya dapat hidup rata-rata di antara umur 55 sampai 60 tahun (yang berarti 2.7 sampai 3 kali umur dewasanya).

Terapi

Jus

&

Diet

3 Penyebab utama mengapa manusia moden sekarang ini lebih pendek usianya dari orangorang purba dan dari makhluk-makhluk hidup lainnya, adalah makanan – khususnya makanan yang dimasak. Khususnya membandingkan makanan manusia moden sekarang ini dan hewan yang mempengaruhi panjang usia, di bawah ini saya berikan perbezaan kebiasaan manusia dengan hewan. 1. Hanya manusia yang mempunyai dapur, cimpanzee atau monyet tidak. 2. Hanya manusia yang tahu memasak, gajah tidak. 3. Hanya manusia yang mengenal perencah, sapi tidak. 4. Hanya manusia yang mengenal minyak goreng, kuda tidak. 5. Hanya manusia yang mengenal api, kucing tidak. 6. Hanya manusia yang tahu meneguk minuman keras dan merokok, buaya tidak. Ini menunjukkan bahwa manusia banyak makan makanan yang dimasak sedangkan hewan-hewan makan makanan segar tanpa dimasak. Demikian pula Adam dan Hawa, dan semua keturunannya untuk bertahun-tahun lamanya, hanya makan buah-buahan, biji-bijian dan sayur-sayuran yang tidak dimasak. tahun, bahkan dalam usia 100 tahun, orangorang Hunza itu masih berolahraga di lapangan, seperti main bola kaki atau volley dengan giatnya.

Orang-orang Hunza, semua di atas 100 tahun

Buah-buahan yang dikeringkan di atas atap rumah

C. Orang Hunza: Tersehat Dan Terpanjang Usia Di Dunia Orang Hunza, orang tersehat dan terpanjang usianya di dunia, dapat hidup di antara 120 sampai 140 tahun. Faktor utama yang membuat mereka sehat dan umur panjang adalah jenis makanan yang dimakan. Mereka banyak makan makanan-makanan segar dan kurang makan makanan dimasak, sedikit makan makanan daging dan makanan berlemak. Pada umumnya, orang-orang Hunza ini meninggal karena umur tua bukan karena penyakit. Orangnya meninggal tanpa sakit, sementara tidur, karena habis tenaga. Orang-orang Hunza yang sudah berusia 100 tahun masih bekerja di ladang sama seperti orang-orang Indonesia yang berumur 50

Buah-buahan, jenis makanan orang Hunza

Terapi

Jus

&

Diet

4 Selain pengaruh makanan bergizi, udara segar, dan air bersih, orang-orang Hunza juga hidup tenteram tanpa banyak berkeluh kesah. Pengaruh materialisme, bersaing dengan tetangga, mencari kedudukan, persaingan politik, dan semua hal-hal yang menegangkan kehidupan, tidak mengganggu ketenangan kehidupan mereka. Tolong menolong di antara sesamanya membawa kepuasan jiwa, sehingga sangat mendukung kesehatan mereka.

“Umur tidak dihalangi dengan tahun dan bulan, wajah tua ditentukan dengan apa yang dimakan, usia panjang dan kesehatan adalah pemberian alam, berupa sinar matahari, air, udara dan makanan, mengidap sesuatu penyakit bukanlah kebetulan, sakit atau sehat andalah yang menentukan, dengan berkat dan anugerah, serta kasih karunia Tuhan, Anda tetap sehat, umur panjang dan ceria.”

Terapi

Jus

&

Diet

5

3
MEMENUHI KEPERLUAN TUBUH
“Fungsi makanan bukan saja sebagai sumber tenaga, untuk menghangatkan dan menguatkan tubuh, tetapi juga mengganti bagian-bagian sel tubuh yang sudah aus. Setiap hari sebagian dari anggota tubuh itu menua, aus, dan perlu dibangun kembali.”

A. Cara Tubuh Memperoleh Unsur Organis Bagaimana tubuh kita memperoleh unsurunsur mineral organis itu adalah merupakan satu hal yang sederhana dan menarik. Bilamana tanaman itu bertumbuh atas tanah, maka tanaman itu akan menyerap mineral-mineral yang anorganis dan mengubahnya menjadi organis. Perubahan yang terjadi dengan bantuan sinar matahari ini, adalah merupakan rahasia alam yang tidak dapat diterangkan oleh para pakar. Jadi, bilamana seseorang makan tumbuh-tumbuhan itu, maka dia akan mendapat mineral-mineral organis yang merupakan keperluan tubuhnya. Mineralmineral organis ini yang banyak terdapat di dalam sayuran segar dan buah-buahan merupakan pembuat tisu-tisu dan sel-sel di dalam tubuh.

T

ubuh manusia yang terdiri dari unsur-

unsur atom seperti oksigen, karbon, hidrogen, nitrogen, kalsium, fosfor, potassium, sulfur, sodium magnesium, zat besi, iodin, klorin, florin, silikon dan lain sebagainya, memerlukan unsur-unsur yang sama agar tetap sehat dan kuat. Kalau di dalam darah, sel-sel dan otot, organ-organ tubuh, dan di dalam kalenjar tidak terdapat keseimbangan unsur-unsur di atas atau kalau salah satu unsur itu kurang, maka tubuh pun tidak lagi dalam keadaan sehat. Keadaan seperti ini disebut toxemia yang berarti keracunan atau sakit. Kecuali karena keadaan terpaksa, toxemia ini harus diperbaiki dari dalam tubuh itu sendiri dengan makan makanan bergizi yang mengandung selengkapnya unsur-unsur yang disebutkan di atas. Di dalam tanah terdapat kurang lebih 16 jenis mineral utama. 16 jenis mineral ini terdapat juga di dalam makanan yang kita makan dan di dalam tubuh. Walaupun tubuh kita memerlukan unsur mineral yang sama seperti terdapat di dalam tanah, namun kita tidak dapat makan tanah itu dan tetap hidup. Hal ini disebabkan oleh karena mineral-mineral yang di dalam tanah itu adalah mati atau bersifat anorganis, sedangkan mineral-mineral yang dapat diserap tubuh kita adalah yang organis. Oleh karena itu tubuh kita memerlukan mineral-mineral organis.

B. Tubuh Terdidi Dari Apa Yang Dimakan Setiap tisu tubuh terdiri dari apa yang dimakan. “We are what we eat” adalah ucapan para ahli gizi. Kalau kita makan makanan bergizi, kita akan memperoleh tubuh yang sehat, tetapi kalau kita makan makanan yang mineral organisnya sudah tiada, unsur-unsur zat hidupnya sudah rusak, maka dengan sendirinya kesehatan tubuh kita pun akan terganggu.

C. Keperluan Tubuh Ada beberapa jenis unsur yang terdapat di dalam makanan yang diperlukan tubuh manusia. Unsur-unsur ini perlu sesuai dengan fungsi anggota-anggota tubuh. Berikut adalah unsur-unsur utama serta fungsinya di dalam tubuh: 1. Tubuh memerlukan protein yang diperlukan untuk pertumbuhan, mengganti atau memperbaiki sel-sel yang aus atau rusak, serta mendukung ketahanannya. 2. Tubuh memerlukan karbohidrat yang merupakan sumber tenaga bagi seseorang. Mereka yang bekerja dengan Terapi Jus & Diet

6 tenaga fisik memerlukan karbohidrat yang lebih banyak daripada pekerja pejabat yang menggunakan tenaga pikiran. Tubuh memerlukan lemak sebagai sumber tenaga dan penghangat tubuh. Lemak juga berfungsi sebagai pelindung organ-organ penting seperti paru-paru, jantung dan hati. Tubuh memerlukan mineral seperti kalsium, ferum, sodium, mangan, klorin, fosfor dan jenis-jenis mineral lainnya. Mineral-mineral ini membuat tubuh kuat, kokoh, menolong pembekuan darah, pembuatan hemoglobin (sel darah merah) dan mengatur metabolisme (proses perputaran zat makanan) tubuh. Tubuh memerlukan vitamin-vitamin untuk kesehatan urat saraf, mencegah pendarahan, untuk pertumbuhan, untuk gigi, menolong pembekuan darah, serta mencegah jangkitan. Tubuh memerlukan enzim, selain yang sudah ada di dalam tubuh, yang terdapat di dalam makanan, untuk umur panjang atau usia lanjut. Tubuh memerlukan air untuk mengatur proses sistem tubuh.

3.

4.

5.

6.

“Bilamana manusia dijadikan, tersedialah segala keperluan, sayur dan buah serta bijibijian, tetapi sesudah dosa, selera manusia berubah, daging dan perencah sukar dilupa, akibatnya sangat nyata, hidup terancam bahaya, penyakit dan kematian jadi bagiannya.”

Terapi

Jus

&

Diet

7 dan di dalam tisu-tisu otot, maka akan dapat juga menolong pesakit rematik dan radang saraf.

4
BUAH DAN SAYURAN UTAMA DAN KHASIATNYA

BUAH AVOKADO Avokado terdiri dari 70 persen air, 20 persen lemak organis dan yang 10 persen lagi adalah mineralmineral. Avokado itu juga banyak mengandung protein dan vitaminvitamin seperti vitamin A, B, B2, B3 dan C. Avokado ini adalah jenis buah bergizi tinggi dan bagus kalau dimakan setiap hari. Avokado tidak mengandung kolesterol dan bagus untuk kelancaran peredaran darah.

D

i bawah ini saya berikan jenis-jenis

sayuran dan buah-buahan serta kegunaannya di dalam tubuh. Khasiat zat-zat yang tedapat di dalam sayuran dan buah-buahan ini akan lebih tinggi kalau dimakan dalam keadaan segar tanpa dimasak, atau kalau jusnya diminum.

ASPARAGUS Asparagus mengandung alkali yang dikenal sebagai asparagine. Alkali ini terdapat di dalam tanaman hidup. Mengandung prinsip hidup yang kalau tanpa zat itu tanaman ini tidak akan dapat bertumbuh dan hidup. Alkaloid asparagus itu mengandung silikon, fosfor, potassium, sodium, mangan, dan zat besi. Kalau asparagus itu dimasak, khasiat alkoloid itu berkurang, karena unsur hidrogen dan oksigen yang di dalamnya itu menghilang, dan unsur-unsur lainnya pun ikut rusak. Selain hilangnya unsur-unsur gizinya, asparagus yang dimasak cenderung akan mengganggu ginjal. Dicampur dengan jus lobak, jus asparagus itu berfungsi sebagai diuresis atau melancarkan keluarnya air kencing, namun pemakaiannya jangan terlalu banyak, bahkan ada bagusnya kalau selalu dicampur dengan jus lobak, karena mengandung zat pembersih yang kuat terlebih terhadap ginjal. Oleh karena jus asparagus ini dapat menghancurkan zat asam-oxalat di dalam ginjal

BEET Jus beet mengandung zat yang dapat membuat butir-butir darah merah. Bagi mereka yang mengalami gangguan menstruasi, jus beet ini sangat baik diminum tiga kali sehari sebanyak setengah gelas setiap kali minum. Jangan diminum terlalu banyak sekali, karena dapat membuat rasa pusing karena sifatnya adalah pembersih tubuh yang agak keras terutama membersihkan hati. Di dalam sehari jangan lebih dari setengah liter. Campuran beet dengan jus lobak, dengan perbandingan segelas lobak dan dan setengah gelas beet, adalah merupakan pembuat sel-sel butir darah merah. Dengan adanya zat potassium (kalium) dan klorin di dalam beet, maka jusnya dapat digunakan untuk membersihkan hati, ginjal, dan kantong empedu, serta merangsang keaktifan kalenjarkalenjar tubuh. Umbi dan batang beet dapat digunakan bersama-sama.

Terapi

Jus

&

Diet

8 yaitu melancarkan mengalirnya air kencing. Di samping itu, timun sangat baik untuk menumbuhkan rambut, karena mengandung banyak silikon dan sulfur, apalagi kalau dicampur dengan lobak, lettuce (selada) dan bayam. Campuran jus timun dengan lobak dan beet (bawang merah) sangat menolong untuk pesakit rematik (rasa sakit pada otot, sendi atau tisu badan).

BROKOLI (BLUMKOL HIJAU) Brokoli ini kaya akan potassium (kalium), fosfor dan sulfur. Terdiri dari 90 persen air dengan kadar karbohidrat dan lemak yang rendah. Di dalamnya juga terdapat vitamin A. Brokoli merupakan pembersih tubuh yang baik dan dapat mengurangi berat badan.

KUBIS (KOL) Sayur kubis terdapat klorin, kalsium dan zat besi. Kubis itu juga kaya akan vitamin A, B, C, G dan U. Dr. Chaney dari Fakultas Kedokteran Universitas Standford mengatakan, bahwa vitamin U yang ada di dalam kubis itu dapat menyembuhkan ulser perut dengan minum jusnya. Kalau kubis itu dicampur dengan garam akan mengganggu pencernaan.

BUAH APEL Apel mengandung banyak magnesium, zat besi dan silikon. Di dalamnya juga terdapat potassium yang dapat melancarkan pencernaan, fosfor, sodium, kalsium, sulfur dan klorin. Apel itu juga mengandung vitaminvitamin A, B, C dan G. Zat asam pada apel terkenal sebagai zat pembersih tubuh serta penyembuh peradangan dalam tubuh. Itulah sebabnya di Amerika terdapat suatu sebutan “an apple a day will keep the doctor away”. Artinya, makan sebuah apel sehari anda tidak memerlukan dokter lagi.”

CELERY (SELADA AIR) Celery ini adalah semacam seledri, tumbuh berumpun dengan batang lebih besar dari seledri – sebesar ibu jari. Celery ini mengandung empat kali lebih banyak sodium organik dibanding dengan kalsium. Di samping itu, celery mengandung potassium, sulfur, dan magnesium. Di dalamnya juga terdapat vitamin-vitamin A, B, C dan E. Dengan banyaknya sodium organis di dalam celery membuatnya minuman yang dapat membersihkan sisa-sisa makanan gula, kanji, roti putih, kue-kue serta makanan yang tergolong di dalam karbohidrat pekat. Dengan bantuan sodium organis pada celery itu, maka sisa-sisa makanan yang telah mengeras dan

TIMUN (KETIMUN) Timun merupakan sumber yang baik dari vitamin A, B, dan C. Di dalamnya banyak terdapat potassium, zat besi dan magnesium. Timun mengandung silikon dan klorin serta merupakan sayuran yang menyehatkan. Jus timun merupakan salah satu diuresis yang terbaik

Terapi

Jus

&

Diet

9 menumpuk itu dapat dihancurkan dikeluarkan dari dalam tubuh. dan LEMON (SITRUN) Lemon atau sitrun kaya dalam bioHavonoid (zat hidup dalam lemon) yang kalau diminum jusnya akan dapat memberi kesehatan kepada tubuh dan memperpanjang umur. Lemon itu tidak saja mengatur susunan kimia tubuh tetapi juga penting dalam proses kelansungan hidup. Karena lemon ini kaya dengan vitamin C, mak akan dapat menyembuhkan pilek (selsema).

Pada musim panas, dengan minum satu gelas jus celery di pagi hari dan satu gelas lagi di siang hari, akan dapat mengatur suhu badan tetap normal dan membuat perasaan segar. Selain itu, celery adalah merupakan penguat urat saraf dan pembuang karbon diaoksida dari tubuh.

DANDELION Dandelion adalah sejenis bunga yang sering tumbuh sebagai tanaman liar. Bunganya kuning serta daunnya hijau dan agar bergerigi. Dandelion ini mengandung potassium, kalium, sodium, magnesium dan silikon. Dandelion ini adalah merupakan obat kuat. Menguatkan gigi dan mencegah penyakit gusi. Di samping itu, dandelion ini akan menguatkan kerangka manusia serta mencegah lunaknya tulangtulang.

BAWANG Di dalam bawang terdapat vitamin A, B, C dan G. Di samping itu terdapat pula banyak mineral-mineral seperti potassium, sulfur, fosfor, kalsium, klorin, magnesium, zat besi dan iodin. Bawang ini dapat membereskan pencernaan. Ada dua macam bawang, bawang merah dan bawang bombai. Kedua jenis ini dapat digunakan bersama dan mempunyai khasiat yang sama.

LETTUCE Lettuce adalah sejenis selada, bahkan disebut selada krop dan mengandung banyak potassium, sodium, kalium, forfor dan sodium. Lettuce itu kaya dengan magnesium dan zat besi. Magenisum dalam lettuce mempunyai kuasa untuk menghidupkan, terutama tisu-tisu otot, otak dan saraf. Zat garam penting yang terdapat dalam lettuce adalah merupakan pembuat sel, terutama sel-sel susunan saraf dan tisu-tisu sel paru-paru.

BAWANG PUTIH Bawang putih banyak faedahnya. Kalau tahan minum jusnya sangat menolong untuk susunan fungsi tubuh, termasuk merangsang selera makan, membersihkan getah lambung (perut), dan juga berfungsi sebagai diuresis (melancarkan air kencing). Eter di dalam bawang putih begitu kuat dan mudah merembes sehingga dapat menghancurkan

Terapi

Jus

&

Diet

10 lendir-lendir yang sudah menggumpal di dalam tubuh. Eter ini menolong mengeluarkan racunracun dari dalam tubuh melalui pori-pori (dari kulit). Jus bawang putih ini telah terbukti dapat membersihkan kuman-kuman parasit dari usus. Berjenis-jenis penyakit telah diringankan dengan minum jus bawang putih ini, apalagi kalau dicampur dengan jus-jus sayuran lainnya. Jus bawang putih sangat baik diminum oleh mereka yang menderita penyakit darah tinggi. PEPAYA Pepaya berisi zat fibrin, sejenis unsur yang hanya terdapat pada tubuh manusia dan hewan. Unsur ini dapat menolong pencernaan dan pengentalan darah. Jus pepaya yang hijau dapat menolong menyembuhkan ulser perut dalam waktu yang singkat. Jus pepaya ini, apakah yang masih hijau atau yang sudah matang, sangat besar pengaruhnya dalam penyembuhan berjenisjenis penyakit.

BAYAM Di dalam bayam terdapat potassium, sodium, kalsium, iodin, magnesium, fosfor, sulfur, dan zat besi. Bayam itu juga mengandung banyak vitamin A, B, C, E dan G. Bayam merupakan makanan penting untuk alat pencernaan, baik bagian saluran makanan dari tubuh (seperti perut, usus besar, usus kecil). Di dalam bayam mentah, alam telah menyediakan zat hidup untuk membersihkan, membangun, dan membaharui alat pencernaan makanan. Jus bayam diminum sebanyak setengah liter dalam sehari, akan dapat membereskan sembelit dalam waktu beberapa hari. Secara semulajadi, bayam itu memperbaiki tisu-tisu tubuh yang rusak, namun proses perbaikan itu tidak selalu nyata. Namun walaupun tidak nyata, tetap berlangsung, kalau jus bayam itu diminum setiap hari selama enam minggu. Kegunaan lain dari bayam mentah itu ialah pengaruhnya terhadap gigi dan gusi yaitu mencegah penyakit gusi. Bayam juga, kalau jusnya diminum, merupakan obat penawar yang bagus karena di dalamnya terdapat banyak garam oxalat. Itulah sebabnya mengapa jus bayam disebut sebagai salah satu zat pembersih yang baik.

PAPRIKA (GREEN PEPPER) Jus paprika mengandung banyak silikon dan sangat bagus untuk pertumbuhan rambut dan kuku. Dengan campuran 75 persen dari lobak dan 25 persen jus paprika akan dapat membersihkan kulit, membuang gas dari perut dan dari usus.

STRAWBERRY (ARBEY) Jus strawberry adalah salah satu jenis jus yang paling banyak kegunaannya dan paling enak diminum. Strawberry berisi banyak zat gula dan zat besi, dan sangat bagus membuat wajah muka itu manis dan berseri. Bahkan jus strawberry ini adalah salah satu pembersih kulit yang terbaik. Kalau wajah kurang menarik, adanya anemia, kulit terkupas, hati lemah, sembelit, acidosis, dan radang selaput lendir, gunakanlah jus strawberry ini dengan teratur setiap hari.

Terapi

Jus

&

Diet

11 Bahkan strawberry ini telah terbukti sebagai obat kuat terhadap kalenjar-kalenjar dan saraf. KACANG PANJANG Jus kacang panjang sangat menolong bagi penderita penyakit kencing manis atau penyakit gula. Dari segi makanan, penyakit gula ini terjadi karena berlebihnya zat kanji dan gula di dalam tubuh, dan bertambah buruk lagi kalau ditambah dengan makanan daging. Rupanya penyuntikan insulin (hormon pengendali kadar gula) ke dalam tubuh tidaklah terlalu besar faedahnya untuk penyembuhan penyakit gula. Sebabnya ialah karena insulin yang disuntikkan itu adalah anorganis. Yang diperlukan aalah insulin organis. Kalau jus kacang panjang dicampur dengan jus tauge, maka akan mengandung unsur insulin organis.

TOMATO Tomato mengandung banyak magnesium, zat besi, potassium, fosfor, klorin, sulfur, kalsium, sodium dan iodin. Tomato juga mengandung banyak zat asam amino serta di dalamnya terdapat berjenis-jenis vitamin seperti vitamin A, B, C dan G. Jus tomato ini perlu dan berfaedah untuk metabolisme kalau diminum tanpa dimasak. Karena kalau dimasak, zat asamnya akan menjadi anorganis dan akan mengganggu susunan urat saraf tubuh. Ada kemungkinan, kalau tomato itu dimasak dan ditambah dengan gula, akan menimbulkan pengerasan di dalam ginjal atau di dalam kantong kencing.

SELADA AIR Selada air mengandung zat sulfur, kalsium, sodium, magnesium dan zat besi. Campuran jus bayam, lettuce, lobak dan selada air, merupakan komponen yang penting di dalam pembuatan darah baru, terutama menambah oksigen di dalam peredaran darah. Campuran ini juga sangat baik menolong penderita anemia, darah rendah dan yang kurang berat badan. Campuran selada air dengan lobak, peterselli dan jus kentang dapat membantu penderita emfisemi (emphisema).

NANAS Nanas itu kaya dengan mineralmineral yang diperlukan tubuh, seperti potassium, klorin, sodium, fosfor, magnesium, sulfur, kalsium, zat besi dan iodin. Vitamin-vitamin yang ada di dalam nanas adalah vitamin A, B, C, dan G. Dengan adanya zat ragi bromelani (sejenis enzim) di dalam nanas, maka jus nanas itu merupakan anti peradangan yang baik di dalam tubuh kalau jusnya diminum tanpa dimasak.

KENTANG Jus kentang mengandung zat gula yang kalau dimasak berubah menjadi kanji

Terapi

Jus

&

Diet

12 (tepung kanji). Kalau kentang dan daging dimasak bersama maka akan meningkatkan racun solanin (sejenis racun alkali bewarna hijau di dalam kentang yang dapat mempengaruhi dan mengganggu urat-urat saraf alat kelamin). Namun demikian, jus kentang mentah telah terbukti sebagai pembersih kulit. Pembersihan kulit ini dapat terjadi karena dalam kentang itu terdapat banyak potassium, sulfur, fosfor dan klorin. Kalau kentang itu dimasak maka unsurunsurnya berubah menjadi atom-atom anorganis dan tidak akan banyak faedahnya dalam membangun tisu-tisu tubuh. hampir semua mineral dan vitamin yang diperlukan tubuh. Di samping itu, lobak juga berisi sulfur, klorin dan fosfor. Bahkan, lobak itu adalah salah satu sumber terbaik dari kalsium sehingga kalau setiap hari diminum sebanyak setengah liter, akan lebih besar nilainya dalam membangun tubuh dari sepuluh kilogram tablet kalsium. Jus lobak merupakan pelarut yang baik untuk ulser dan kanser. Dapat menahan jangkitan, dan sangat efektif dalam membantu kelancaran pekerjaan adrenalin (sejenis hormon dari kalenjar adrenal). Dapat menghilangkan terjadinya jangkitan pada mata dan kerongkong, pada tonsil dan rongga hidung, dan organ-organ pernafasan pada umumnya. Jus lobak itu juga dapat melindungi susunan saraf serta merupakan penambah kekuatan dan kesegaran tubuh. Ulser (luka bernanah dan busuk) usus dan penyakit hati sering terjadi karena kurangnya di dalam tubuh unsur-unsur tertentu yang terdapat di dalam lobak. Kalau demikian halnya, maka dengan minum jus lobak, hati dapat dibersihkan dan bahan-bahan penyumbat di dalamnya pun dapat dilarutkan. Karena begitu banyaknya larutan-larutan yang dikeluarkan dari dalam tubuh, maka warna kulit itu sering kelihatan menguning, karena sebagian larutan itu di keluarkan melalui pori-pori. Jadi kalau terjadi perubahan warna di dalam kulit, sesudah minum jus lobak atau sayuran lainnya, itu petanda yang hati itu sedang dalam proses dibersihkan. Kalenjar endoktrin, terutama adrenalin dan kalenjar kelamin, memerlukan unsur-unsur yang terdapat di dalam lobak. Kemandulan kadang-kadang dapat diatasi dengan menggunakan jus lobak. Penyebab kemandulan, ada kemungkinan karena makan makanan yang atom dan enzimanya sudah rusak karena dimasak. Dengan menggunakan mikroskop, dapat dilihat bahwa molekul-molekul jus lobak hampir sama dengan molekul darah. Itulah sebabnya jus lobak itu sangat besar faedahnya bagi tubuh manusia.

TEMBIKAI (SEMANGKA) Tembikai adalah salah satu jenis makanan yang paling mudah dicerna kalau tidak dicampur dengan yang lain-lain. Kalau tembikai itu dijus, hendaknya kulit dalamnya juga ikut dijus. Kulitnya itu kaya akan mineral-mineral, enzim, dan klorofil. Di antara mineral-mineral yang terdapat di dalam tembikai adalah potassium, fosfor, dan magnesium. Sedangkan di antara vitamin-vitamin yang terdapat di dalamnya adalah vitamin A, B, B2 dan C. Jus dari bagian kulit dalam tembikai dapat menolong membersihkan ginjal.

LOBAK (WORTEL) Lobak mengandung banyak vitamin A, di samping vitamin-vitamin lainnya, seperti vitamin B, C, D, E, G dan K. Jusnya sangat enak dan sangat berfaedah bagi kesehatan. Menurut penelitian, zat besi dan kalsium di dalam lobak, seluruhnya dapat dipadukan di dalam tubuh. Jus lobak berisi

Terapi

Jus

&

Diet

13 DAUN KAKI KUDA (PEGAGAN) Daun kaki kuda ini mengandung zat glikosida triterpenoida, alkoloid hidrokotilin, steroid, tanin, minyak atsiri dan garam-garam mineral seperti kalium, natrium, magnesium, kalsium dan besi. Daun kaki kuda ini dapat juga digunakan untuk mengobati bermacam-macam penyakit seperti penyakit kulit, sakit perut, radang usus, batuk, asma, bronkitis, peluru air kencing, obat kumur untuk seriawan, obat borok perut, lukaluka kulit dan penyakit lepra. Hal ini diperkuat oleh Polonsky dan kawan-kawannya di dalam penelitian mereka. Mereka menumukan zat-zat di daun kaki kuda tersebut yang dapat menyembuhkan lepra, anemia, peradangan, campak dan asma. Ditemukan juga bahwa daun kaki kuda ini tergolong sedatif (penenang) dan cardiotonic (penguat jantung) yang dapat juga memperbaiki daya ingat dan penenang orang yang kurang waras. Daun kaki kuda ini dapat direbus untuk sayuran dan dapat diambil jusnya untuk terapi. proses pembekuan darah; membuat kulit selalu tampak bercahaya. Kacang soya ini juga dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah, mencegah terjadinya tekanan darah tinggi dan pengerasan pembuluh-pembuluh darah, serta penyakit jantung.

KACANG SOYA (KACANG KEDELAI) Kacang soya mudah didapat, harganya murah dan menyehatkan. Kadar proteinnya 34.1%, karbohidrat 33.5%, lemak 17.7%, dan air 10.0%. Kadar protein soya hampir dua kali kadar protein hewani (protein daging sapi hanya 18%). Selain tinggi dengan protein dan karbohidrat, kacang soya juga mengandung vitamin A, vitamin B1 dan vitamin F. Dengan adanya vitamin F dalam kacang soya maka mudahlah memindahkan oksigen melalui darah ke semua sel, tisu dan organ; menolong

Terapi

Jus

&

Diet

14 1. Makanan yang dimasak merusak 30 sampai 80 persen gizi makanan. 2. Makanan segar mempunyai gizi lengkap yang dibutuhkan untuk kesehatan, pertumbuhan, pemeliharaan, dan perbaikan sel-sel tubuh. 3. Makanan segar lebih mudah dicerna (di antara 24 sampai 36 jam) dibanding dengan makanan dimasak (di antara 48 sampai 100 jam). 4. Makanan segar memberi lebih banyak energi. 5. Makanan segar lebih murah, tidak perlu api, periuk, belanga dan perencah. 6. Makanan segar lebih mudah disediakan. Sesudah makan makanan segar, akan lebih mudah pembersihannya karena alat-alat dapur tidak menghitam dan berminyak-minyak karena kena api. 7. Makanan segar dapat menurunkan dan menaikkan berat badan menjadi normal. 8. Makanan segar merupakan pengendali selera makan. Sukar merasa kekenyangan dengan makan makanan segar. 9. Makanan segar menghindarkan penyakitpenyakit berbahaya. 10. Makanan segar akan menimbulkan rasa segar, menambah tenaga, dan menyebabkan tidur nyenyak. 11. Makanan segar akan menghilangkan bau badan dan nafas bau. 12. Makanan segar akan menyelesaikan menstruasi dan menopause. Makanan segar akan menolong pikiran, ingatan dan konsentrasi. 13. Makanan segar tidak menuntut pertarakan selera makan. 14. Makanan segar menolong seseorang jadi lebih tenang dan stabil. 15. Makanan segar tidak menimbulkan perasaan bergejolak, seperti perasaan murung. 16. Makanan segar akan menolong seseorang merasa lebih dekat dengan Tuhan dengan makan makanan yang dikehendaki-Nya. Walaupun menonjolkan kelebihan-kelebihan makanan segar dari makanan dimasak, namun tidaklah sama sekali menghalang dari memasak.

5
ENZIM DAN MAKANAN SEGAR

“Di dalam tanah terdapat unsur-unsur makanan yang diperlukan oleh tubuh dalam bentuk anorganis. Unsur-unsur anorganis ini tidak dapat dimanfaatkan oleh manusia dan itulah sebabnya manusia tidak dapat memakan tanah walaupun unsur-unsur di dalamnya lengkap. Dengan proses pertumbuhan tanam-tanaman, serta dengan bantuan sinar matahari dan proses lainnya, unsur-unsur organis itu diolah menjadi organis dan siap untuk digunakan tubuh.”

T

homas A. Edison, yang hidup di antara tahun

1847-1931, mengatakan sebagai berikut, “The doctor of the future will give no medicine but will interest his patient in the care of the human frame, in diet and in the cause and prevention of disease.”

A. Mengapa Makanan Tidak Dimasak? Pada mulanya Allah telah menggariskan jenis makanan yang terbaik untuk manusia. Di dalam Kitab Suci, menu makanan sehat itu diberikan. Berkatalah Allah, “Lihatlah Aku memberikan kepadamu segala tumbuh-tumbuhan yang berbiji di seluruh bumi dan segala pohonpohonan yang buahnya berbiji itulah yang akan menjadi makananmu.” Dan sesudah berdosa, Allah menambahkan sayuran kepada menu manusia yang mula-mula itu. Jadi di buku “Menu Sehat” yang pertama itu, menu makanan terdiri dari biji-bijian, buah-buahan dan sayur-sayuran.” Kelebihan makanan segar dari makanan yang dimasak adalah,

Terapi

Jus

&

Diet

15 “It would be well for us to do less cooking and to eat more fruits in its natural state…Let them teach the people to preserve the health and increase the strength by avoiding the large amount of cooking that has filled the world with chronic invalids.” (E.W, Counsels On Health, pg 477-479) adalah zat rumit yang memungkinkan terjadinya pencernaan dan penyerapan makanan di dalam tubuh. Di katakan bahwa enzim itu juga dapat mencerna atau menghancurkan kanser. Untuk dapat menunaikan tugasnya, enzim itu memerlukan organisme fisik. Organisme fisik itu tidak terdapat pada enzim itu sendiri melainkan enzim itu sebenarnya hanyalah merupakan voltage atau watt listrik yang tidak merupakan sesuatu zat, tetapi menggerakkan zat-zat tersebut. Dengan demikian dapat dikatakan, enzima itu bukanlah merupakan sesuatu zat, melainkan magnet energi dari prinsip hidup yang ikut serta dalam pekerjaan setiap atom di dalam tubuh, di dalam tanaman, bahkan di dalam segala bentuk hidup. Prinsip hidup dalam tanaman inilah yang membuat tanaman itu dapat bertumbuh. Kalau dipanaskan dengan suhu 130 darjah Farenheit, maka enzim itu mati sama sekali. Itulah sebabnya, kalau biji atau bibit yang suda dimasak, ditanam ke dalam tanah yang subur sekalipun, tidak akan dapat bertumbuh, melainkan akan cepat membusuk. Sama halnya dengan makanan yang telah dimasak, lalu dimakan, tidak akan menumbuhkan dengan baik sel-sel baru di dalam tubuh lagi, karena enzimnya sudah mati. Manfaatkanlah makanan-makanan yang mentah, walaupun tidak ada salahnya makan makanan yang telah dimasak. Makananmakanan yang dimasak perlu dilengkapi dengan buah-buahan dan sayur-sayuran segar dengan jumlah yang besar. Hendaklah tidak memasak sayuran itu terlalu masak. Makan makanan bergizi lengkap, yang enzimnya masih hidup sangat perlu untuk pemeliharaan kesehatan dan memperpanjang umur.

Bagaimana makanan-makanan dimasak itu dapat menimbulkan penyakit lumpuh? Untuk menjawab pertanyaan ini, kita perlu menganalisis unsur-unsur yang terdapat di dalam makanan yang kita makan. Di dalam tanah terdapat unsur-unsur makanan yang diperlukan oleh tubuh dalam bentuk anorganis. Unsur-unsur anorganis ini tidak dapat dimanfaatkan oleh manusia dan itulah sebabnya manusia tidak dapat memakan tanah walaupun unsur-unsur di dalamnya lengkap. Dengan proses pertumbuhan tanamtanaman, serta dengan bantuan sinar matahari dan proses lainnya, unsur-unsur organis itu diolah menjadi organis dan siap untuk digunakan tubuh. Tetapi dengan memasak, unsur-unsur organis tadi kembali, walaupun tidak seluruhnya, menjadi anorganis, seperti di dalam tanah. Sama seperti unsur-unsur di dalam tanah, maka unsur-unsur anorganis di dalam makanan yang telah dimasak itu tidak mudah diproses di dalam tubuh. Akibatnya tertumpuklah sisa-sisa makanan itu di dalam tubuh yang menyebabkan penyumbatan sistem peredaran darah. Dengan demikian, sebagian besar dari tubuh sukar dijangkau oleh darah yang mengakibatkan melemahnya sel-sel tubuh pada bagian itu, yang lambat-laun mengakibatkan penyakit lumpuh.

B. Apa Itu Enzim? Yang terutama sebagai pemberi hidup terhadap tubuh adalah prinsip hidup yang terdapat di dalam makanan yang disebut enzim. Enzim itu merupakan energi semulajadi yang tersembunyi di dalam biji buah-buahan atau yang terdapat dalam sayuran. Di dalam enzim inilah terdapat prinsip hidup yang dapat membuat tanaman itu bertumbuh. Enzim ini “Memasak telah menjadi seni, sering gizi yang dilupa, menyebabkan tubuh menderita. Ditambah dengan perencah atau bumbu, membuat banyak orang lumpuh, mengakibatkan kesengsaraan manusia.”

Terapi

Jus

&

Diet

16 sel-sel yang telah lemah itu tidak dapat dibersihkan. Oleh karena itu, untuk memperoleh kesehatan banyak bergantung pada dibersihkannya tubuh dari bahan-bahan beracun, dan dengan dibangunnya sel-sel baru di dalam tubuh melalui makanan-makanan bergizi. Sel-sel tubuh sebagaimana kita ketahui, rusak dan aus setiap hari. Sel-sel yang sudah rusak ini perlu diganti agar dapat berfungsi dengan baik. Pergantian sel-sel ini dapat terjadi dengan makan makanan-makanan segar yang berisi mineral, vitamin dan enzima, tetapi kalau unsur-unsur ini kurang, maka sel-sel itu akan lemah bahkan akan mulai mati. Dengan makan makanan yang dimasak, maka unsur-unsur penting di dalam makanan itu sudah rusak. Dengan bertambahnya zat-zat makan yang sudah rusak ini bertumpuk di dalam perut, maka di sana makanan itu dicerna dan coba diserap ke dalam sel-sel dan tisu-tisu tubuh. Tubuh akan membuang sisa-sisa makanan yang tidak diperlukannya seberapa banyak yang dapat dibuangnya tetapi sisasisanya akan menumpuk di sel-sel yang lemah, karena sel-sel itu tidak sanggup membersihkannya. Di dalam sisa-sisa makanan yang sudah bertumpuk ini terjadilah pembusukan yang menimbulkan kuman-kuman itu merajalela, yang memakan sel-sel itu dan akan menimbulkan adanya lendir-lendir dan nanah dan racun-racun lainnya di dalam tubuh. Inilah yang disebut “penyakit”, dan jenis penyakit apa yang timbul adalah bergantung di tempat mana tubuh itu keracunan. Dengan demikian, timbullah berjenis-jenis penyakit, seperti rematik, radang urat saraf, penyakit pinggang, ginjal, penyakit hati, kanser, jantung dan ribuan jenis penyakit lainnya. Penyakit-penyakit ini dimulai dengan sel-sel yang lemah, karena tidak dapat membuang sisasisa makanan yang tidak diperlukannya. Kalau seseorang sudah sejak lama makan makanan yang dimasak dan kurang makan makanan segar, maka di dalam tubuhnya telah banyak tertumpuk atau mengendap sisa-sisa makanan yang telah membatu, serta lendirlendir yang telah menyumbat sistem pekerjaan tubuhnya. Di dalam keadaan seperti inilah peranan dari jus sayuran dan buah sangat

6
JUS BUAH DAN SAYURAN: PENYEMBUH AJAIB
“Sekarang ini masih banyak orang yang tidak mengerti penyebab sesuatu penyakit. Ada yang menganggap bahwa penyakit itu adalah sesuatu misteri yang menyerang diri mereka dan merasa tidak dapat berbuat apa-apa.”

A. Jus Buah Dan Sayuran

S

eneca, seorang negarawan Roma, pada abad

pertama tahun masihi, mengatakan, “Manusia itu tidak mati begitu saja melainkan karena bunuh diri.” Setiap saat, di segala tempat, terjadi bunuh diri tanpa sadar, di meja-meja makan dengan sendok dan garpu karena akibat makan yang tidak teratur. “Tidak ada kematian semulajadi, semua kematian yang dikatakan timbul secara semualajadi adalah sebenarnya akibat kejenuhan zat asam di dalam tubuh.” (Dr. George D. Grile) “Hanya ada satu penyakit yaitu tidak sempurnanya pengeluaran. Apa yang harus dibuat untuk mencegah penyakit? Ialah dengan makan sayuran dan buah segar tanpa dimasak, agar tubuh lebih sehat dan agar dapat dibersihkan dari sisa-sisa makanan. Kesehatan diperoleh, kalau tubuh itu dibersihkan dari racun-racun makanan yang sudah menumpuk di dalam tubuh, dan diisi atau diganti dengan makanan-makanan bergizi.” (Dr. William Lane) Penyebab suatu penyakit adalah sel-sel yang telah lemah atau mati, karena tidak makan makanan yang menyehatkan, dan karena sisasisa makanan yang telah menumpuk di dalam

Terapi

Jus

&

Diet

17 diperlukan. Jus buah dan sayuran ini dapat cepat diserap untuk mengganti sel-sel yang rusak serta membersihkan tubuh itu dari racunracun yang diakibatkan sisa-sisa makanan. Selain sisa-sisa makanan yang dapat menumpuk di dalam tubuh, terdapat juga sisasisa obat yang dimakan seseorang. Sisa-sisa obat ini dapat menyumbat sistem pekerjaan tubuh dan peredaran darah.

“Jus sayur dan buah, pencegah dan penyembuh, berjenis-jenis penyakit berbahaya. Yang rajin dan setia, menyediakan dan menggunakannya, akan hidup segar dan berbahagia.”

B. Mengapa Minum Jusnya? Mengapa harus minum jusnya? Di bawah ini saya memberikan beberapa alasan keuntungan penggunaan jus buah dan sayuran daripada memakannya mentah-mentah. 1. Makanan keras memerlukan beberapa jam untuk dicerna dan diserap ke dalam sel-sel dan tisu-tisu tubuh. Sedangkan kalau dalam bentuk jus dapat dicerna dan diserap dalam waktu beberapa menit saja tanpa membebani alat-alat pencernaan. 2. Jus sayuran dan buah dapat dengan cepat memenuhi keperluan sel-sel dan tisu tubuh yang dengan segera pula membangun sel-sel baru untuk mengganti sel-sel yang sudah rusak. 3. Jus sayuran dan buah sangat menolong bagi mereka yang mempunyai pencernaan lemah dan usia tua, karena pencernaan dan gigi tidak akan digunakan terlalu banyak dengan minum jus. Bahkan akan menutupi kekurangan zat cair pada tubuh dalam waktu yang cepat. 4. Gizi sayuran dan buah sebenarnya terdapat pada jusnya bukan pada sampahnya. Maka dengan minum jusnya, kandungan gizi yang masuk ke dalam tubuh itu sangat kental dan besar khasiatnya. 5. Dengan meminum jus buah dan sayuran akan dapat memasukkan lebih banyak gizi ke dalam tubuh daripada memakannya di dalam bentuk makanan padat. Minum jus buah dan sayuran sangat perlu bagi orang yang sakit.

Terapi

Jus

&

Diet

18 Dengan demikian, Dr. Christopher mengemukakan three-day cleansing programnya; Dr. N.H Walker dengan cara detoxication-nya; dan Dick Gregory dengan program puasanya, untuk tujuan membersihkan dan menyembuhkan tubuh. Menurut Dr. Christopher, ada lima keuntungan yang diperoleh dengan mengikuti three-day cleansing program, yaitu akan membersihkan lendir-lendir dari tubuh, yang merupakan penyebab polip, tumor, cysta dan penyebab kelihatan menua. Dapat memberikan kecukupan keperluan tubuh, yang dapat membangun sel-sel tubuh. Memperbaiki kerusakan tisu-tisu tubuh. Mengaktifkan kembali arus listrik yang sudah lemah dan akan membantu alat-alat pembuangan dari tubuh. Bagi yang terlalu gemuk akan diturunkan berat badannya menjadi normal, dan yang kurus akan dinaikkan berat badannya hingga normal.

8
MEMBERSIHKAN TUBUH SELAMA TIGA HARI (Three-day Cleansing)
“Pembersihan ini dapat diadakan sedikitnya empat kali setahun, kalau tidak dapat sekali sebulan. Jangan lupa, makanan yang kita makan sehari-hari selalu meninggalkan sisasisanya di dalam tubuh, apalagi kalau jenis makanan itu sudah bersifat anorganis. Sisasisa inilah yang membuat bagian-bagian tubuh itu tidak berfungsi dengan normal.”

S

A. Membersihkan Tubuh Selama Tiga Hari alah satu cara untuk membantu Salah satu pembersih tubuh terbaik yang dapat digunakan dalam three-day cleansing program ini adalah buah apel. Bahkan selain pembersih darah terbaik, apel juga mempunyai khasiat untuk menyembuhkan. Sebutan bahasa inggris mengatakan, “An apple a day will keep the doctor away” yang artinya “Satu apel sehari akan menghindari dokter peribadi.” Selain apel, bahan pembersih terbaik berikutnya adalah lobak. Di dalam lobak hampir seluruh keperluan tubuh tersedia, walaupun tidak lengkap atau tidak mencukupi. Ini tidak berarti bahwa hanya apel dan lobak yang dapat digunakan untuk membersihkan tubuh. Masih banyak buah atau sayuran lainnya yang dapat digunakan seperti limau, tembikai, anggur, kacang panjang dan lain-lain. Bahkan air suling (air mineral) pun dapat digunakan.

penyembuhan sesuatu penyakit adalah dengan melalui three-day cleansing program atau membersihkan tubuh selama tiga hari. Kalau seseorang sakit karena kurang gizi makanan, maka dia akan tertolong dengan makan makanan-makanan segar dan mengurangi makan makanan-makanan dimasak. Tetapi kalau seseorang sakit karena menumpuknya sisa-sisa makanan, lemak, lendir-lendir, dan kolesterol di dalam tubuh maka tubuh si pesakit perlu dibersihkan. Kebersihan, baik secara luar dan dalam, adalah langkah pertama untuk memperoleh kesehatan. Karena dengan bertumpuknya sisasisa makanan di dalam tubuh, selain menghambat kelancaran peredaran darah akan juga menimbulkan keracunan di dalam tubuh itu sendiri dan akan menghalang kesembuhan. “There ara no incurable diseases, only people who think they are incurable. Ingatlah, tidak ada sesuatu penyakit yang tidak dapat disembuhkan, hanya orang yang berpikir yang mereka tidak dapat sembuh.” (Dr. Christopher)

Hari Pertama Pagi-pagi sekali, sekitar jam 6.00, minumlah jus pepaya 1 setengah sampai 2 gelas. Pepayanya jangan mentah, tetapi juga jangan terlalu masak, supaya jangan bergumpalTerapi Jus & Diet

19 gumpal waktu dijus. Tujuan meminum jus pepaya ini adalah untuk membersihkan isi perut. Setengah jam kemudian, atau jam 6.30, mulailah minum jus lobak sebanyak 3 liter sehari. Jus lobak ini tidak boleh dicampur dengan garam atau gula. Jus lobak ini boleh diminum di antara lima atau enam kali di dalam sehari. Jangan lupa bahwa selama mengikuti pembersihan tubuh ini, anda tidak boleh memakan sesuatu apapun. pada hari keempat ini anda telah boleh minum jus sayuran dan buah-buah lainnya ataupun makan (semuanya mentah tanpa dimasak).

Hari Kelima dan Seterusnya Pada hari yang kelima ini anda telah boleh minum jus dan bermacam jenis buah dan sayuran serta memakannya mentah-mentah. Jangan dulu terlalu cepat kembali ke menu makanan sehari-hari sementara tubuh anda sedang dalam proses pembersihan. Namun jangan lupa meneruskan minum jus sayuran dan buah setiap hari. Kalau sama sekali anda tidak dapat bertahan, anda telah boleh makan makanan dimasak sedikit di hari keempat atau kelima. Sesudah satu minggu mengikuti menu makanan yang diutarakan di atas, anda telah boleh mengikuti menu makanan kebiasaan anda sehari-hari dengan memperhatikan hal-hal ini, 1. 2. 3. 4. 5. Kurangi makanan dimasak Kurangi garam, gula dan minyak Kurangi telur, daging dan ikan Jangan minum susu sapi Jangan makan roti putih, mentega dan keju 6. Janganlah merokok, minum minuman keras, kopi dan teh

Hari Kedua Sama dengan hari pertama, mulailah dengan meminum jus pepaya pada jam 6.00 pagi, sebanyak 1 setengah sampai 2 gelas. Setengah jam kemudian, kembalilah meminum jus lobak sebagaimana dianjurkan pada hari pertama. Pada hari kedua ini, agar ada serat di dalam perut, makanlah satu batang lobak satu hari – sebaiknya pada waktu tengah hari.

Hari Ketiga Hari ketiga tidak jauh berbeza dengan hari kedua. Perbezaannya yang jelas ialah bahwa pada hari ketiga ini tidak perlu lagi dimulai dengan minum jus pepaya, melainkan langsung saja minum jus lobak dengan ukuran dan peraturan yang sama dengan hari pertama dan hari kedua. Sebatang lobak dapat dimakan pada hari ketiga ini, sama seperti pada hari yang kedua. Pada hari ketiga ini anda akan merasa lapar. Tetapi jangan khuatir, anda merasa lapar bukan karena kekurangan zat-zat kebutuhan tubuh, melainkan oleh karena kebiasaan perasaan kenyang dan oleh karena tubuh anda sedang dibersihkan dari banyak sisa-sisa makanan yang dibuang dari dalam tubuh.

B. Gejala-gejala Selama Pembersihan Bilamana tubuh anda telah dibersihkan, maka ada kecenderungan yang anda akan mengalami hal-hal berikut: 1) Akan terasa sakit di bagian yang dibersihkan 2) Seperti merasa panik 3) Untuk sementara bisa terasa sakit perut, kepala, bahkan hampir semuanya tubuh terasa tidak enak dan mungkin sembelit 4) Ujung-ujung jari tangan dan kaki terkadang terasa seperti ditarik-tarik.

Hari Keempat Pada hari keempat, kalau anda masih dapat bertahan, hentikanlah minum jus lobak, tetapi minumlah hanya air putih bersih sebanyakbanyaknya. Ini akan menolong membersihkan sisa-sisa kotoran yang masih tertumpuk di dalam tubuh. Tetapi, kalau anda tidak tahan,

Terapi

Jus

&

Diet

20 Kalau hal-hal seperti yang disebutkan di atas itu terjadi, janganlah takut, karena itulah petanda yang tubuh anda sedang dibersihkan. Sudah tentu tubuh anda tidak dapat dibersihkan dengan sempurna dengan mengikuti satu kali three-day cleansing program ini. Sisa-sisa makanan dan kotoran-kotoran tubuh yang telah mengeras dan menumpuk untuk bertahun-tahun lamanya, tidak dengan mudah dapat dihancurkan dan dibuang seluruhnya. Oleh karena itu, pembersihan ini dapat diadakan sedikitnya empat kali setahun, kalau tidak dapat sekali sebulan. Jangan lupa, makanan yang kita makan sehari-hari selalu meninggalkan sisa-sisanya di dalam tubuh, apalagi kalau jenis makanan itu sudah bersifat anorganis. Sisa-sisa inilah yang membuat bagian-bagian tubuh itu tidak berfungsi dengan normal. Yang berpuasa dapat minum air putih atau jus sayuran apalagi kalau waktu berpuasa itu cukup lama atau lebih dari 24 jam. Bilamana seseorang sakit, biasanya nafsu makannya hilang. Ini adalah cara semulajadi untuk tubuh menolong dirinya sendiri. Jangalah si pesakit dipaksa makan, karena kalau seseorang sakit, organ-organ tubuhnya lemah dan kalau dipaksa makan akan menambah beban kepada semua organ-organ tubuhnya. Di dalam keadaan sakit seperti ini, makanan terbaiknya baginya adalah jus buah-buahan dan sayuran atau makan makanan mentah. Dengan demikian pembersihan tubuh selama tiga hari ini dan berpuasa adalah cara yang perlu diikuti oleh setiap orang, terutama orang-orang yang mengidap sesuatu penyakit.

C. Berpuasa Baru-baru ini ahli-ahli telah menganjurkan kembali bahwa berpuasa itu adalah salah satu cara pembersihan tubuh yang terbaik dan pada waktu yang sama pula merupakan salah satu penyembuh semulajadi yang terbaik. Berpuasa artinya dengan rela untuk tidak makan apa-apa untuk sementara waktu. Sebenarnya, setiap orang mengikuti puasa setiap hari tanpa disadarinya. Bilamana anda pergi tidur di malam hari, sebenarnya anda berpuasa sampai pagi. Itu makanya di dalam bahasa Inggris, makan pagi itu disebut “breakfast” atau membuka puasa. Dan selama malam itu, tubuh anda terlebih alat-alat pencernaan anda sedang beristirehat. Ini adalah salah satu keuntungan berpuasa. Kalau seseorang lebih lama berpuasa, lebih sedikit waktu yang diperlukan untuk tidur karena tubuh tidak menggunakan tambahan energi untuk mencerna makanan dan sementara lebih banyak kotoran-kotoran dikeluarkan dari dalam tubuh, maka tubuh itu memerlukan lebih sedikit waktu untuk istirehat. Berpuasa ini dapat diadakan selama 24 jam atau 36 jam, tanpa makan apa-apa sama sekali.

Terapi

Jus

&

Diet

21 Untuk satu setengah tahun lamanya, tidak ada pengobatan lain yang diterimanya selain jus lobak. Bahkan dalam dua bulan pertama meminum jus lobak, nampaknya hasilnya sangat negatif. Pendarahan dari perut terjadi, gejalagejala negatif timbul, dan berat badannya pun tidak berubah. Tetapi dengan sangat drastis terjadilah perubahan ajaib dengan penyakitnya. Berat bandannya naik 1 kilogram setiap minggu, sampai akhirnya mencapai berat badan 60 kilogram. Sesudah satu setengah tahun meminum jus lobak, kesehatan wanita itupun sempurna. Dia tidak terganggu lagi bekerja walaupun dari 12 sampai 16 jam sehari. Daya tahannya sangat luar biasa. Bahkan kesehatannya tetap terpelihara dengan makan makanan segar dan meminum jus buah dan sayuran.

10
BERHASILNYA JUSTERAPI

B

erhasilnya jus buah dan sayuran atau jus

terapi terhadap pemulihan kesehatan seseorang, kelihatan di dalam pengalaman mereka yang telah menggunakannya.

Jus Lobak Atasi Leukimia dan Sistem Pembuangan Yang Tak Terkendali Seorang ibu yang lahir di California, pada tahun 1911, mengalami kecelakaan kereta. Sebagai akibatnya, dia sering gugup dan kena penyakit kuning. Sesudah kecelakaan kereta ini, berat badannya berkurang drastis dari sekitar 60 kilogram menjadi 30 kilogram. Pengobatan yang diterimanya tidak menolong sedikitpun. Bahkan, pemeriksaan tiga orang dokter, menyatakan bahwa ibu itu telah kena penyakit leukemia. Dengan putus asa, dia meminta nasihat dari seorang wanita yang pernah belajar pengobatan di Eropah. Wanita itu juga telah mendapat pendidikan mengenai jus-terapi untuk menyembuhkan penyakit. Bahkan, dia sendiri pun mengaku bahwa dia telah disembuhkan dari penyakit kanser dengan menggunakan jus lobak dan jus sayur-sayuran lainnya, sesudah gagal dengan beraneka ragam pengobatan. Ibu yang kecelakaan ini, sebelum menggunakan pengobatan jus lobak, tidak dapat mengontrol pembuangan untuk satu tahun lamanya. Oleh karena keadaannya yang begitu parah, ibu ini hanya dapat meminum jus lobak satu sendok makan sekali minum. Kemudian dari hari ke hari ditambah sedikit demi sedikit yang akhirnya dapat meminum sebanyak 3 setengah liter jus lobak setiap hari.

Perubahan terjadi. Gambar sebelah kiri menunjukkan keadaan si pesakit, pada permulaan penggunaan jus lobak dengan berat badannya 30 kg. Gambar tengah sesudah 5 bulan kemudian dengan berat badannya 45 kg. Gambar kanan keadaannya sekarang dengan berat badan normal 60 kg.

Hapuskan Keputusan Dokter Dengan Terapi Jus Seorang bayi yang dilahirkan sehat, jatuh sakit sesudah berusia satu tahun dua bulan. Penyakitnya begitu parah sehingga sering kejang-kejang yang bisa bertahan selama lapan jam. Sesudah dia dibawa ke rumah sakit, dia

Terapi

Jus

&

Diet

22 mendapat suntikan di paha. Kejang-kejang itupun menghilang, tetapi si anak tidak sadarkan diri untuk beberapa hari lamanya. Beberapa hari kemudian dia kelihatan segar. Menurut pernyataan dokter, sesudah satu minggu kemudian, anak itu dinyatakan telah sehat. Tetapi beberapa minggu kemudian, penyakit anak ini datang kembali, bahkan sering kejang-kejang lagi. Anak itu gelisah terusmenerus kurang lebih setahun lamanya, dan tidurnya sering terganggu. Si anak itu telah dibawa kepada 12 orang dokter dan masingmasing menemukan hal-hal yang berbeda-beda. Sesudah anak itu berusia 2 setengah tahun, penyakitnya bertambah parah. Untuk 5 bulan lamanya dia hanya terletak di tempat tidur. Dan menurut penglihatan dokter-dokter, dia hanya menunggu ajalnya. Anak itu sudah tinggal tulang berbungkus kulit dengan berat badannya hanya kurang lebih 7 setengah kilogram. Dokter meramalkan bahwa dia tidak akan pernah sembuh lagi. Orang tuanya yang tinggal di Kansas, kurang lebih 450 kilometer dari Denver, mendengar adanya seorang dokter yang mengobati orang sakit dengan pengobatan semulajadi. Dengan surat-menyurat, dokter ini mengatakan yang anak itu sakit karena terlalu banyak makan. Makanan anak itu dikurangi dan hanya terdiri dari buah-buahan dan jus sayur-sayuran. Sesudah 8 bulan, anak itu bertambah beratnya kurang lebih 1 kilogram. Kemudian keluarga ini pergi mencari pertolongan lebih lanjut ke California. Di sana mereka menemui seorang dokter yang memberikan makanan dasar kepada anak yang sakit itu, yang terdiri hanya dari buah-buahan dan jus sayuran. Sesekali makanan itu ditambah dengan madu agar si anak mempunyai tenaga. Sesudah kurang lebih satu tahun mengikuti pengobatan dengan hanya makan bahan-bahan segar dan meminum jus-jus sayuran, maka kesehatan anak itupun membalik. Pembuangannya setiap hari sudah teratur, pendarahannya berhenti, dan lendir-lendir dari dalam tubuhnya pun dibersihkan. Kemudian diberikan kepadanya sedikit jenis makanan yang biasa dimakannya, seperti salad dan sedikit sayuran yang dimasak. Makanan daging sama sekali tidak pernah dihidangkan. Sesudah anak itu berusia 4 tahun, kesehatannya sempurna adanya, dan berat badannya sudah mencapai kurang lebih 25 kilogram. Sekarang pada tahun 1988, anak tersebut sudah berusia 28 tahun, dan tidak pernah lagi diserang oleh sesuatu penyakit apapun. Orang tuanya menyaksikan bahwa kesembuhan anaknya itu terjadi karena makan makanan segar dan minum jus sayur-sayuran terutama jus lobak.

No.1, Anak usia 2 ½ tahun, berat badan 7 ½ kg, dan tidak dapat berdiri

No. 2, Sesudah 10 bulan dengan Terapi Jus, sudah dapat berdiri sendiri

Terapi

Jus

&

Diet

23 obat – lenyaplah sembelit, hermorhoids, cacingcacing dan lemak.” Winkler dalam usia 62 tahun mempunyai berat badan yang tepat sesuai dengan tinggi badannya. Dia tetap hidup sehat tanpa pernah sakit lagi, tetapi pada waktu yang sama hanya makan makanan-makanan segar bersama-sama dengan minum jus berjenis sayuran dan buah.
No. 3, Kurang dari 2 tahun, keadaannya luar biasa

Tumor Kantong Kemih (Urin) Lenyap Berkat Jus Buah Dan Sayuran Tuan Frank P. Willer, seorang yang gemar makan, menderita sejenis penyakit yang disebut papilloma (tumor di saluran kencing). Sebagai akibatnya maka saluran kencingnya hampir tertutup semuanya, sehingga air kencing terpaksa keluar dari pori-pori kulitnya. Begitu parahnya penyakit ini, sehingga dokter menduga yang penyakitnya itu tidak akan dapat disembuhkan, bahkan dikatakan bahwa dia hanya dapat hidup paling lama satu tahun lagi. Dokter-dokter menganjurkan agar Frank Winkler dibedah. Maka dibuatlah trans-urethre resection (pembedahan saluran kencing), dan dengan cara seperti itu, diambillah tumor itu dari kantong kencingnya tanpa membelah perutnya. Hasil pembedahan kecil ini tidak terlalu menggembirakan. Pendarahan yang tak henti-hentinya terjadi sehingga ia harus dirawat dengan air panas dan dingin berganti-ganti untuk menghentikan pendarahan. Pada waktu mereka berada di Arizona, keluarga Winkler menemukan sebuah buku karangan Dr. Normal Walker yang berjudul “Raw Vegetable Juices.” Semalam-malaman, mereka membaca buku ini sampai selesai, bahkan mereka pun menemui Dr. Walker sendiri. Bilamana Frank Winkler mempraktekkan isi buku itu dengan makan makanan-makanan segar, maka dia mengatakan, “Tanpa bedah dan

Di Indonesia, sudah banyak pesakit yang tertolong dengan menggunakan jus-terapi. Sesudah kurang lebih dua tahun lamanya penulis memperkenalkan pengobatan dengan makanan-makanan segar dan jus sayuran ini, hasilnya dalam pengalaman orang-orang yang telah disembuhkan dapat diberikan di bawah ini.

Mengusir Pendarahan Buasir Dan Tumor Di Lengan Saudara Chris Mangoal, seorang yang sangat prihatin mengenai kesehatan, menderita penyakit pendarahan buasir. Dia sembuh sesudah menggunakan pengobatan dengan jus buah dan sayuran ini. Menurut pengakuannya, bukan saja buasirnya yang disembuhkan, tetapi pada waktu yang sama pembengkakan tumor di lengannya pun berkurang. Bahkan tanpa disadarinya, penyakit-penyakit yang mungkin muncul pun telah dapat dicegah.

Jus Buah Dan Sayuran Usir Sakit Punggung Menahun Dr. A. Simorangkir, seorang ahli biologi, yang mempunyai gelar doktor di bidang pendidikan, untuk bertahun-tahun lamanya menderita penyakit punggung. Berjenis pengobatan telah dilakukannya. Dari makan tablet ke suntikan, dipijat dan mengikuti akupuntur, penyinaran dan hydrotherapy; namun semuanya tidak terlalu menolong. Bahkan sampai dimulainya makan makanan segar dan jus-terapi ini beliau masih tetap makan satu tablet penghilang rasa sakit setiap hari. Tetapi sesudah banyak makan makanan mentah dan minum jus buah dan sayuran, dia berhenti memakan tablet penenang itu pada tanggal 14 Agustus 1986. Terapi Jus & Diet

24 Beliau dengan merasakan kesegaran ini, sangat aktif mempromosikan jus-terapi ini. Dr. Simorangkir, sementara mengadakan perjalanan ke Amerika Serikat, membawa resepi terapi ini kepada temannya, Pdt. B.J Umboh. Dia mengidap penyakit kanser tulang. Pendeta Umboh ini telah berobat ke sana ke mari, dan hasilnya tidak menggembirakan. Tetapi sesudah pengobatan dengan jus lobak dan bayam, penyakit pendeta Umboh ini pun hilang dan dia sekarang ini hidup segar dan bahagia di Los Angeles, California. dan telah meminta banyak nasihat dengan banyak dokter. Tetapi penyakitnya baru dapat sembuh sesudah mengikuti pengobatan justerapi ini.

Hentikan Pendarahan Dengan Terapi Jus Seorang ibu di Surabaya, ibu Pattirany, telah bertahun-tahun lamanya mengalami pendarahan. Berobat dari dokter ke dokter, tetapi kurang menolong. Sesudah mengikuti ceramah hidup sehat yang penulis adakan di Pacet, Jawa Timur, di mana ibu ini hadir, dia mengikuti pengobatan jus-terapi ini dengan setia. Sebagai akibatnya, ibu ini pun disembuhkan. Bahkan dokter pribadinya pun ikut terheran-heran karena kesembuhan yang tidak diduga-duga itu.

Menggempur Peradangan Sendi Dengan Terapi Jus Dr. J. Kuntaraf juga memperoleh kegunaan jus-terapi ini di dalam kehidupannya. Pada waktu penulis mengadakan ceramah di Pangandaran Jawa Barat, kepada dosen-dosen Universitas Advent Indonesia, Bandung, Dr. Kuntaraf dan istrinya, dr. Kathleen, ikut hadir. Selesai ceramah, dr. Kathleen menanyakan resepi untuk suaminya yang berpenyakit bursitis. Dengan setia resepi terapi ini diikutinya. Walaupun Dr. Kuntaraf mengikuti pengobatan yang lain, namun pengaruh jus terapi ini sangat besar khasiatnya; karena tadinya Dr. Kuntaraf sudah kelihatan berjalan sedikit pincang, tetapi sesudah penggunaan jus terapi ini, beliau telah dapat berjalan normal kembali, dan betul-betul telah disembuhkan. Pengalaman kesembuhan Dr. Kuntaraf ini menunjukkan bahwa pengobatan segar dan jus terapi ini dapat diadakan bersama-sama dengan pengobatan lainnya. Sampai sekarang, Dr. Kuntaraf tidak lagi terganggu dengan bursitis tersebut.

Sayuran Dan Buah Segar Usir Tumor Ganas Di Jakarta ada empat orang ibu yang sedang mengikuti pengobatan jus-terapi ini. Keempat ibu ini menderita penyakit tumor ganas. Mereka berempat mengikuti lebih dahulu three-day cleansing program, serta makan banyak sayuran dan buah segar. Sebagai akibatnya, keempat ibu ini telah kelihatan segar sekarang ini dan sudah dapat melakukan kegiatan mereka sehari-hari dengan baik. Salah seorang di antara ibu ini yang telah dinyatakan dokter tidak ada harapan lagi, ternyata dapat segar kembali.

Memulihkan Mata Yang Hampir Buta Seorang tua di Bandung mempunyai penyakit mata, bahkan salah satu matanya telah dibedah. Dia tinggal menunggu mata sebelah lagi buta dulu kemudian dibedah. Tetapi sesudah mendengar ceramah mengenai justerapi ini kemudian mempraktekkannya, pulihlah penglihatannya, dan matanya pun tidak jadi dibedah. Kesembuhan ini merupakan pengalaman yang membahagiakan dalam kehidupannya.

Terapi Jus Atasi Alergik Menahun Dr. Elizabeth, seorang dokter gigi yang bertugas di sebuah Pusat Kesehatan Masyarakat, Jawa Barat, bertahun-tahun lamanya alergik terhadap cuaca tertentu. Dia sering bersin yang berkepanjangan yang dapat berlangsung antara lima sampai sepuluh menit. Dokter gigi ini telah makan banyak obat-obat

Terapi

Jus

&

Diet

25 Lumpuh Sebelah Badan Pulih Setelah Menjalani Terapi Jus Pada tanggal 26 Februari 1988 yang lalu, penulis mengadakan ceramah di pertemuan, “Nutrition Get Togother di Unicef (United Nations Childrens Fund) di Wisma Metropolitan, Jakarta. Sesuai dengan permintaan, maka judul ceramah adalah, “Mencegah dan Menyembuhkan Penyakit: Dengan Jus Buah dan Sayuran,” atau Jus-Terapi. Selesai ceramah, terbukalah kesempatan untuk mengajukan pertanyaan-pertanyaan. Dari sebegitu banyak pertanyaan, muncullah sebuah pertanyaan dari Bapak Hendarto. Beliau mengemukakan pengalamannya dengan JusTerapi ini sebagai berikut, “Tahun lalu, saya mengalami kelumpuhan badan sebelah dan menjalankan Jus-Terapi secara fanatik, dan sekarang hampir sembuh seratus persen.” Semua yang hadir terharu menyaksikan keadaan Bapak Hendarto yang hampir sembuh seratus persen itu. Dia kelihatan sehat, dan dengan muka cerah menggerak-gerakkan tangan dan badannya dengan bebas. Menurut Bapak Hendarto, yang sudah tentu telah berobat ke mana-mana dalam jangka waktu yang lama; kesembuhannya itu adalah karena khasiat Jus-Terapi itu. Tujuan utama makan makanan segar dan minum jusnya itu adalah untuk pencegahan berjenis penyakit. Penyakit hanya timbul bila sel-sel dan tisu-tisu tubuh itu lemah. Ingatlah! Tidak ada penyakit yang tidak dapat disembuhkan, hanya orang yang berpikir yang mereka tidak dapat disembuhkan.

“Pencegahan dan kesembuhan penyakit, diperoleh dari kekuatan daya tahan fisik, melalui makanan dan minuman sehari-hari, seseorang tidak perlu menderita dan merasa, lemah, pucat dan tak berdaya, kalau saja cara hidupnya sederhana dan semulajadi.

Pengalaman Penulis Penulis sendiri, yang pernah ditahan di rumah sakit selama tiga bulan di tahun 1958, sebelum mempraktekkan jus-terapi ini, sering sakit-sakitan. Selsema, batuk dan seriawan untuk bertahun-tahun lamanya, adalah jenis penyakit yang tidak pernah henti-hentinya diderita. Sekarang ini, sesudah makan banyak makanan segar dan minum jus buah-buahan dan sayur-sayuran, ditambah dengan mempraktekkan kebiasaan hidup sehat lainnya, seperti olahraga, istirehat, menarik nafas panjang-panjang, dan banyak minum air putih, maka selama empat tahun belakangan ini dapat dikatakan bahwa penulis tidak pernah sakit.

Terapi

Jus

&

Diet

26

KESIMPULAN

Sebenarnya seseorang itu tidak perlu sakit. Penyakit dapat dicegah. Penyakit timbul karena cara makan dan cara hidup yang kurang tepat. Tetapi apa yang harus dibuat kalau seseorang sudah sakit? Ada orang berpikir kalau dia sakit, tanggungjawab rumah sakitlah untuk mengurusnya. Yang lain berpikir bahwa kalau dia sakit, dialah yang bertanggungjawab dengan bantuan rumah sakit untuk mengurusnya. Bahkan ada pula yang berpikir bahwa kesehatan itu adalah tanggungjawab seorang dokter. Sebenarnya setiap penyakit ada pengobatannya. Ada pengobatan rumah sakit dan ada pula pengobatan semulajadi. Pengobatan rumah sakit ini sangat menolong banyak dan telah menyelamatkan berjuta-juta nyawa manusia. Pengobatan rumah sakit ini ada dua macam, memakan obat dan menjalani pembedahan. Memakan obat, apalagi jenis antibiotik, bukanlah yang terbaik. Yang paling baik tidak sakit ialah dengan cara mengikuti pedoman hidup sehat. Menjalani pembedahan, walau sudah banyak menyelamatkan nyawa banyak orang, bukan pula yang terbaik. Selalu yang terbaik adalah untuk tidak sakit, karena setiap kali seseorang menjalani pembedahan, sedikit banyaknya daya tahannya pun berkurang. Pengobatan semulajadi pun ada dua macam. Kalau seseorang sakit karena terlalu banyak makan makanan berlemak, berkolesterol, dan sisa-sisa makanan bertumpuk di dalam tubuhnya; maka pengobatannya ialah dengan berpuasa atau membersihkan tubuh selama tiga hari atau dengan mengikuti threeday cleansing program. Dan kalau seseorang sakit karena kurang gizi, maka dia akan dapat tertolong dengan banyak makan makananmakanan segar serta minum jus buah dan sayuran, yang dapat dengan segera memenuhi kebutuhan tubuh serta mengganti dengan cepat sel-sel tubuh yang sudah aus. Kalau oleh karena sesuatu hal atau oleh karena sifat sejenis penyakit itu sukar disembuhkan oleh sesuatu pengobatan; maka ada baiknya pengobatan semulajadi itu disertai dengan pengobatan rumah sakit. Pengobatan semulajadi itu akan menguatkan tubuh si pesakit dan akan dapat menetralkan obat-

B

ilamana manusia itu dijadikan, segala

keperluan tubuhnya pun telah tersedia. Bijibijian, buah-buahan, dan kemudian sayursayuran, adalah merupakan makanan yang dapat memenuhi segala keperluan tubuh manusia itu agar tetap hidup sehat. Di dalam keadaan darurat, seperti pada waktu air bah, jenis-jenis makanan yang disebutkan di atas tadi tidak terdapat di muka bumi. Oleh karena itu, manusia diizinkan Tuhan memakan daging, suatu jenis makanan kelas dua, yang saya sebut “makanan darurat.” Tetapi walaupun sudah banyak biji-bijian, buah-buahan dan sayursayuran, manusia itu telah membuat makanan darurat itu sebagai sebagian dari menu makanannya sehari-hari. Bahkan, ada orang yang tidak dapat makan tanpa daging dan ikan dan kurang makan biji-bijian, buah dan sayuran. Sehingga bagi banyak orang, biji-bijian dan sayur-sayuran itu merupakan “makanan darurat.” Perubahan diet ini mempengaruhi kesehatan dan umur manusia. Manusia mulai sakit-sakitan dan umur pendek. Manusia yang mula-mula itu yang makanannya tanpa daging, hidup sehat dan umur panjang, hampir mencapai seribu tahun. Sesudah air bah, setelah manusia makan makanan darurat itu, maka umurnya pun menurun dan hanya mencapai tiga ratusan tahun. Kemudian manusia itu mulai memasak makanannya. Ada yang memasaknya lama sampai berjam-jam, ada yang memasaknya dengan setengah masak, dan ada pula yang menggorengnya seperti goreng pisang. Namun penulis tidak menganjurkan agar manusia itu berhenti memasak sama sekali. Banyak jenis makanan yang perlu dimasak. Ilmu memasak perlu dipelajari agar makanan itu tetap menyehatkan dan enak. Sebenarnya yang dianjurkan ialah “Mengurangi memasak” dan “makan makanan itu lebih banyak di dalam keadaannya yang segar.”

Terapi

Jus

&

Diet

27 obatan yang dimakan atau yang diminum si pesakit itu.

Terapi

Jus

&

Diet

LAMPIRAN 1 27

P Peterselli

Beet

Lettuce

Jeruk Lemon (Sitrun)

Celery (seledri)

Terapi

Jus

&

Diet

LAMPIRAN 1 28

Paprika Lobak

Kubis (Kol)

Radish

Bayam Kacang Panjang

Terapi

Jus

&

Diet

LAMPIRAN 1 29

Selada Air (Seladri) Buncis

Jeruk Manis Jeruk Bali

Dandelion Buah Delima

Terapi

Jus

&

Diet

LAMPIRAN 1 30

Turnip

Asparagus

Buah Advokat (Avokado) Brokoli (Blumkol Hijau)

Buah Apel

Ketimun/Mentimun (Timun) Terapi Jus & Diet

LAMPIRAN 1 31

Bawang Putih Bawang Merah

Bawang Bombai (Bawang Besar)

Pepaya (Kepayas)

Strawberry

Tomat (Tomato)

Terapi

Jus

&

Diet

LAMPIRAN 1 32

Kentang Nenas (Nanas)

Kacang Kedelai (Kacang Soya)

Semangka (Tembikai)

Daun Kaki Kuda

Terapi

Jus

&

Diet

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->