P. 1
Teori Atom Dalton

Teori Atom Dalton

|Views: 1,550|Likes:
Published by Cahya Putri Prayogi

Berisi : Sejarah, Teori, Kelebihan dan Kekurangan.

KIMIA DASAR

Berisi : Sejarah, Teori, Kelebihan dan Kekurangan.

KIMIA DASAR

More info:

Published by: Cahya Putri Prayogi on Dec 06, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

09/17/2013

pdf

text

original

TEORI ATOM DALTON

KELOMPOK I KELAS 1-F
1. Yuli Sasmitaningsih 2. Ade Zatu Anggoro 3. Citra Hafsari N. D 4. Ratna Wulan N 5. Ratna Kusumawati ( 10411251 ) ( 10411250 ) ( 10411252 ) (10411264 ) ( 10411248 )

IKIP PGRI MADIUN 2010 /2011

KATA PENGANTAR
Dalam pembelajaran Kimia Dasar terdapat bab tentang Teori Atom. Kami menyusun makalah ini untuk menambah referensi dalam pembelajaran Kimia Dasar khususnya Teori Dalton. Teori Atom sangat panjang sejarah dan latar belakangnya, disini kami mencantumkan latar belakang, tujuan, sejarah, dan teori atom khususnya dari John Dalton untuk menjadi bahan diskusi dalam pembelajaran Kimia Dasar. Kami menyusun makalah ini tidak lepas dari referensi buku Kimia Dasar, website di internet, dan penjelasan dari pengajar kami. Kami menyusun makalah ini juga dari pendapat teman-teman dalam kelompok ini, jadi semua pikiran dan ide kami jadikan satu. Toeri Atom Dalton memang pembahasannya kurang begitu panjang. Tapi disini kita mencoba sebisa mungkin untuk memperkaya bahasan dari berbagai macam sumber. Dalam penyusunan makalah ini tentu masih terdapat kekurangan. Kami menerima kritikan atau saran dari pembaca. Tak lupa kami ucapkan terima kasih pada semua pihak yang membantu menyusun makalah ini.

Madiun, 5 Oktober 2010

Kelompok 1

BAB I
PENDAHULUAN

A. LATAR BELAKANG Sejarah mengenai teori atom John Dalton penting dalam perkembangan teori-teori atom, sehingga perlu dipelajari saat ini hingga masa yang akan datang. Pencarian bagianbagian terkecil materi telah dimulai pada masa lampau. Dasar - dasar teori atom modern dikemukakan oleh John Dalton, yang berpendapat bahwa atom dari suatu unsur tertentu adalah identik, yaitu sama massa dan sifat, tetapi berbeda dari atom- atom unsur lain. Untuk selanjutnya teori atom Dalton menjadi acuan ilmuwan lain untuk meneliti lebih dalam bahkan mengembangkan teori atom menjadi lebih detail, serta dapat menutupi kelemahan teori atom John Dalton. Makalah ini dibuat untuk menambah referensi dan pendalaman tentang teori teori atom.

B. RUMUSAN MASALAH 1. Bagaimana sejarah penemuan teori atom oleh Dalton ? 2. Percobaan apa yang mendasari Teori Atom Dalton? 3. Apa kesimpulan Teori Atom Dalton ? 4. Apa kelebihan dan kekurangan Teori Atom Dalton ?

C. TUJUAN 1. Mengetahui sejarah Teori Atom Dalton. 2. Mengetahui kronologi sejarah tentang Teori Atom Dalton. 3. Mengetahui kelebihan dan kekurangan Teori Atom Dalton.

BAB II
PEMBAHASAN

A.Sejarah Seorang ilmuwan Inggris yang bernama John Dalton pada awal abad ke-19 mengemukakan pendapatnya mengenai atom ke dalam dunia ilmu pengetahuan. Hal ini sangat besar pengaruhnya terhadap ilmu pengatuan pada masa itu. Hal tersebut menyebabkan banyak ilmuan lain melakukan penelitian mengenai atom. Sebelum John Dalton, Democritus (360-370 SM) seorang ilmuan yunani berpendapat bahwa material terdiri dari sejumlah besar partikel yang teramat kecil dan tak terusakkan yang disebut atom. Teori Democritus tidak diterima oleh Aristoteles tetapi diterima oleh orang selama Abad Pertengahan karena memiliki pengaruh terhadap ilmu pengetahuan. Oleh sebab itu pada abad ke-17, Isaac Newton mendukung pendapat serupa. Tetapi,tak ada teori atom dikemukakan ataupun digunakan dalam penyelidikan ilmiah.Dan lebih penting lagi,tak ada seorang pun yang melihat adanya hubungan antara spekulasi filosofis tentang atom dengan hal-hal nyata di bidang kimia. Saat itulah John Dalton menyatakan pendapatnya tentang "teori kuantitatif" yang jelas dan jernih yang dapat digunakan dalam penafsiran percobaan kimia, dan dapat dicoba secara tepat di laboratorium. Meskipun terminologinya agak sedikit berbeda dengan yang kita gunakan sekarang, Dalton dengan jelas mengemukakan konsep tentang atom, molekul, elemen dan campuran kimia. Dia memperjelas bahwa meski jumlah total atom di dunia sangat banyak, tetapi jumlah dari berbagai jenis yang berbeda agak kecil. Meskipun perbedaan tipe atom berlainan beratnya, Dalton tetap berpendapat bahwa tiap dua atom dari kelompok serupa adalah sama dalam semua kualitasnya, termasuk "mass" yaitu kuantitas material dalam suatu benda diukur dari daya tahan terhadap perubahan gerak. Di dalam bukunya, Dalton memasukkan satu daftar yang mencatat berat relatif dari berbagai jenis atom yang berbeda-beda, daftar pertama yang pernah disiapkan orang dan merupakan kunci tiap teori kuantitatif atom. Dalton juga menjelaskan bahwa tiap dua molekul dari gabungan kimiawi yang sama terdiri dari kombinasi atom serupa. Dari sini membentuk sesuatu gabungan kimiawi tertentu tak peduli bagaimana bisa disiapkan atau dimana diperoleh, senantiasa terdiri dari elemen yang sama dalam proporsi berat yang

sepenuhnya sama. Ini adalah "hukum proporsi pasti," yang telah diketemukan secara eksperimentil oleh Joseph Louis Proust beberapa tahun lebih dulu. Karena teori atom Dalton sangat meyakinkan, maka dalam dua puluh tahun dia sudah diterima oleh mayoritas ilmuwan. Selain itu, ahli-ahli kimia mengikuti program yang ada dalam bukunya, misalnya: menentukan secara persis berat relatif atom, menganalisa gabungan kimiawi dari beratnya, menentukan kombinasi yang tepat dari atom yang membentuk tiap kelompok molekul yang punya kesamaan ciri. Dan hasilnya sangat memuaskan.

B . TEORI ATOM DALTON John Dalton mengemukakan pendapatnya tentang atom pada tahun 1803. John Dalton mengemukakan 2 gagasan yaitu : 1 melibatkan kejadian/proses reaksi kimia(seperti proses fisis 2. berasumsi dengan mengunakan data kuantitatif Teori atom Dalton ini didasarkan pada dua hukum, yaitu hukum kekekalan massa (hukum Lavoisier) dan hukum susunan tetap (hukum prouts). Lavosier menyatakan bahwa "Massa total zat-zat sebelum reaksi akan selalu sama dengan massa total zat-zat hasil reaksi". Sedangkan Prouts menyatakan bahwa "Perbandingan massa unsur-unsur dalam suatu senyawa selalu tetap". Pada tahun 1799 Proust menemukan bahwa senyawa tembaga karbonat baik yang dihasilkan melalui sintesis di laboratorium maupun yang diperoleh di alam memiliki susunan yang tetap. John Dalton membutikan pendapat Leucippus tersebut dengan menyatukan bahwa pemikiran Democritus tidak bertentangan dengan Hukum Kekekalan Massa dan Hukum Perbandingan Tetap

Dari kedua hukum tersebut John Dalton mengemukakan pendapatnya tentang atom sebagai berikut: 1. Materi tersusun dari partikel – partikel kecil yang disebut atom.

2. Unsur adalah materi yang tersusun dari atom – atom yang sejenis dengan massa dan sifatnya sama. 3. Unsur yang beda memiliki atom – atom dengan massa dan sifat yang berbeda pula. 4. Senyawa adalah materi yang tersusun minimal dua jenis atom dengan unsur – unsur berbeda dengan perbandingan tetap dan tertentu. Dalam senyawa atom - atom berikatan melalui ikatan antar atom. 5. Atom tidak dapat dimusnahkan. Reaksi kimia hanya penataan ulang yang bereaksi artinya hanya mengubah struktur atom. Hipotesa Dalton digambarkan dengan model atom sebagai bola pejal seperti pada tolak

peluru. Seperti gambar berikut ini: Model Atom Dalton seperti bola pejal

C.KELEBIHAN DAN KELEMAHAN ATOM DALTON

1.KELEBIHAN a) Dapat menerangkan Hukum kekekalan Massa (Hukum Lavoiser). b) Dapat menerangkan Hukum Perbandingan tetap (Hukum Proust). 2. KELEMAHAN a) Tidak dapat menjelaskan perbedaan antara atom unsur yang satu dengan yang lain. b) Tidak dapat menerangkan suatu larutan dapat menghantarkan listrik, padahal listrik adalah electron yang bergerak. Berarti ada partikel lain yang dapat menghantarkan arus listrik. c) Ternyata dengan reaksi kimia nuklir, suatu atom dapat berubah menjadi atom lain.

PENUTUP
Kami ucapkan puji syukur kepada Tuhan YME atas terselesaikannya makalah tentang Teori Atom Dalton. Semoga makalah ini dapat bermanfaat bagi seluruh pembaca pada umumnya dan bagi para mahasiswa mahasiswi IKIP PGRI Madiun pada khususnya. Kami menerima kritik dan saran dari para pembaca untuk memberbaiki isi dari makalah ini. Terima kasih kami ucapkan kepada Ir. Ani Sulistyarsi, S.Pd. MM. yang telah memberi bimbingan kepada kami. Tak lupa kami ucapkan terima kasih kepada teman – teman atas kerjasamanya, kalian telah bekerja dengan baik dan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu dalam pembuatan makalah ini. Demikian makalah ini kami buat. Bila ada kekurangannya kami mohon maaf. Kami berharap makalah yang kami buat dapat membantu dalam proses belajar – mengajar kedepannya, serta menjadi sumber referensi mengenai Teori Atom Dalton.

Penyusun

Kelompok 1

DAFTAR PUSTAKA

Purba,Michael.2006.Kimia Untuk SMA Kelas X Semester I.Jakarta:Erlangga http://cahkleca.blogdetik.com/index.php/archieves/117 http://situskimiaindonesia.com

LAMPIRAN

Teori Atom Dalton
Teori atom Dalton didasarkan pada dua hukum, yaitu hukum kekekalan massa (hukum Lavoisier) dan hukum susunan tetap (hukum prouts). Lavoisier menyatakan bahwa “Massa total zat-zat sebelum reaksi akan selalu sama dengan massa total zat-zat hasil reaksi”. Sedangkan Prouts menyatakan bahwa “Perbandingan massa unsur-unsur dalam suatu senyawa selalu tetap“. Dari kedua hukum tersebut dalton berpendapat bahwa: 1. Atom merupakan bagian terkecil dari materi yang sudah tidak dapat dibagi lagi 2. Atom digambarkan sebagai bola pejal yang sangat kecil, suatu unsur memiliki atom-atom yang identik dan berbeda untuk unsur yang berbeda 3. Atom-atom bergabung membentuk senyawa dengan perbandingan bilangan bulat dan sederhana. Misalnya air terdiri atom-atom hidrogen dan atom-atom oksigen Reaksi kimia merupakan pemisahan atau penggabungan atau penyusunan kembali dari atomatom, sehingga atom tidak dapat diciptakan atau dimusnahkan. Selanjutnya Dalton menggambarkan atom sebagai bola pejal seperti kelereng.

Kelemahan Teori atom Dalton Dalam teori atom dalton tidak dijelaskan dari mana sumber muatan yang ada pada listrik padahal menurut Dalton atom merupakan partikel netral.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->