P. 1
Contoh Penggunaan Kata Kerja Operasional

Contoh Penggunaan Kata Kerja Operasional

|Views: 208|Likes:
Published by Silvina Andriani

More info:

Published by: Silvina Andriani on Dec 06, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

10/06/2015

pdf

text

original

CONTOH PENGGUNAAN KATA KERJA OPERASIONAL A. Ranah Kognitif  Pengetahuan/C1 Kata Kerja 1. 2. 3. 4. 5. 6. 7. 8. 9.

Penggunaan

Mendefenisisikan  Mendefenisikan atom sebagai bagian terkecil dari suatu unsur. Mengingat Mengidentifikasi Menyebutkan Menghafalkan Menggambarkan Menunjukkan Menamai Menyatakan  Mengingat aturan dalam menentukan bilangan oksidasi.  Mengidentifikasi kekurangan dan kelebihan dari teori atom bohr, Rutherford, dan Thomson.  Menyebutkan kegunaan dari senyawa alkana.  Menghafalkan tentang perkembangan teori atom bohr dalam konsep temuannya.  Menggambarkan Struktur Lewis atom unsur gas mulia dan atom unsur bukan gas mulia.  Siswa dapat menunjukkan keisomeran dari senyawa alkana, alkena, dan alkuna.  Menamai senyawa-senyawa menurut aturan IUPAC.  Menyatakan pengertian atom sebagai unit pembangun materi (teori atom Dalton)  Menuliskan persamaan reaksi dengan lengkap dan benar.

10. Menuliskan

 Pemahaman/C2 Kata Kerja 1. 2. Menjelaskan Menguraikan Penggunaan  Menjelaskan arti kemolalan dan fraksi mol serta penggunaannya.  Menguraikan sifat-sifat fisik dan kimia dari logam golongan utama.

 Memberikan contoh larutan penyangga dalam kehidupan sehari-hari. 6.  Menentukan konfigurasi elektron dan elektron valensi. 6.  Menghitung Kadar zat dalam suatu senyawa. dan ikatan kovalen. dan jelas tentang  Membandingkan proses pembentukan ikatan ion.  Menerangkan dengan jelas dan benar tentang proses terbentuknya ikatan ion. 5.  Membedakan cara penamaan senyawa ion dan senyawa kovalen  Meramalkan arah pergeseran kesetimbangan kimia dengan tepat. Memberi contoh  Penerapan/C3 Kata Kerja 1. dan ikatan logam.  Merumuskan dengan tepat hubungan jumlah partikel zat terlarut dengan sifat koligatif larutan. Membuktikan Menemukan Mengklasifikasi Menyesuaikan Menentukan Mengaitkan Penggunaan  Membuktikan hukum Lavoisier melalui percobaan.  Mengaitkan hukum-hukum dasar kimia dan penerapannya dalam perhitungan kimia (stoikiometri). 2.  Menyesuaikan konsep dan teori dari hukum-hukum dasar kimia melalui percobaan. ikatan kovalen. ikatan koordinasi. 5. isobar. 4.  Menemukan contoh-contoh penggunaan bahanbahan kimia dalam kehidupan sehari-hari  Mengklasifikasikan unsur kedalam isotop. Merangkum Membandingkan Menghitung Membedakan Meramalkan Merumuskan Menerangkan  Merangkum dengan benar perkembangan tabel priodik. 3. 10.3. 9. 8. 7. 4. . dan isoton.

9. Menyusun  Menyusun unsur-unsur dalam sistem periodik pada perioda dan golongan yang tepat berdasarkan konfigurasi elektron. ikatatan kovalen. 8. energi ionisasi.7.  Membagi campuran kedalam larutan.  Menelaah penemuan sinar radioaktif.  Menggunakan konsep reaksi oksidasi-reduksi dalam sel elektrolisis. afinitas elektron dan keelektronegarifan  Menghubungkan sifat fisis materi dengan jenis ikatan.  Mengaplikasikan larutan non elektrolit dan elektrolit dalam kehidupan sehari-hari 8.  Menyimpulkan perbedaan sifat koligatif larutan elektrolit dan nonelektrolit. 2.  Mengukur nilai pH dari suatu larutan. suspensi. Mengilustrasi Menggunakan 10. dan ikatan logam. 9. Menganalisa Penggunaan  Menganalisa tabel. Mengaplikasikan  Analisis/C4 Kata Kerja 1.  Merancang diagram tingkat energy dalam suatu reaksi kimia. 6. Mengkaji .  Menyelidiki kepolaran beberapa senyawa dan hubungannya dengan keelektronegatifan melalui percobaan. 4. 5. Menghubungkan Menyimpulkan Mengukur Membagi Menyelidiki 7. atau koloid.  Mengkaji kegunaan dan bahaya unsur radioaktif. 3. Menelaah Merancang Menyiapkan 10.  Menyiapkan berbagai grafik proses titrasi asam-basa suatu zat. grafik untuk menentukan keteraturan jari-jari atom.  Mengilustrasikan proses terbentuknya ikatan ion.

5. 4. Sintesis/C5 Kata Kerja 1.  Membentuk gambar yang menunjukkan perbedaan antara molekul unsur dengan molekul senyawa. Mengkategorikan Penggunaan  Mengkategorikan larutan ke dalam larutan nonelektrolit dan elektrolit berdasarkan sifat hantaran listriknya. 8. Mengatur Menampilkan Mengkreasikan Memadukan Menciptakan Mendesain Membuat pola Mengarang 10.  Mengkreasikan bahan-bahan kimia yang tidak berbahaya menjadi bahan yang bermanfaat. Membentuk .  Menampilkan beberapa warna nyala dari logam golongan alkali dan alkali tanah.  Membuat pola suatu senyawa atau molekul dalam bidang tiga dimensi.  Mendesain grafik yang menunjukkan hubungan antara suhu dan energi aktifasi.  Mengarang suatu metode untuk mengurangi penggunaan plastik hitam (yang mengandung karbon) di lingkungan sekitar. 7.  Menciptakan ide-ide untuk mengurangi dampak pencemaran akibat zat-zat kimia. 6.  Mengatur tingkat keasaman dan kebasaan suatu zat.  Memadukan antara teori dan konsep dalam perhitungan kimia (stoikiometri). 9. 2. 3.

pertanian. Melengkapi Mendata  Mendata bahan kimia yang digunakan dalam bidang industri. Mengkomunikasikan . kenaikan titik didih. 8. 7. Mengetes Memprediksi Mengkritik 5. asam-basa 2. dll). protein. sabun. bedak. detergen. dan kesehatan berdasarkan kemasan yang ada. Menyesuaikan 10.  Mengkritik keterangan-keterangan tentang hasil analisa suatu produk yang mengandung bahan kimia (pelembab.  Memprediksi kemana arah kesetimbangan reaksi bergeser dalam sutu reaksi kimia. 3.  Mengarahkan ide-ide untuk mengurangi dampak negatif bahan-bahan kimia dalam kehidupan sehari-hari.  Mengkomunikasikan hasil pengumpulan data tentang bahan kimia yang dipakai dalam bidang industri. dan penurunan titik beku larutan melalui diagram PT. dll)  Melengkapi grafik titrasi berdasarkan data yang ada. atau karbohidrat dalam suatu zat. 6. dan kesehatan. 4. pertanian. Evaluasi/C6 Kata Kerja 1.  Memerinci bahan kimia yang digunakan dalam suatu produk kimia (parfume.  Mengetes adanya kandungan lemak. Menafsirkan Penggunaan  Menafsirkan penurunan tekanan uap. Memerinci Mengarahkan 9.  Menyesuaikan sifat-sifat kimia dan fisik unsur pada percobaan dengan teori yang ada.

Menyetujui Penggunaan  Siswa dapat menyetujui tuntutan sikap kerja sama dalam kelompok saat melakukan percobaan di labor. 3. Mengikuti Meminati Penggunaan  Siswa dapat mengikuti proses pembelajaran pada sub bab Thermokimia. Mendukung Mematuhi Menganut  Partisipasi Kata Kerja 1. Menampilkan Membantu  Siswa dapat menampilkan materi tentang larutan penyangga dalam diskusi kelompok.  Siswa dapat mengajukan sikap kedisiplinan saat melakukan diskusi dalam kelompok mengenai teori atom.  Siswa dapat meminati rangkaian percobaan yang berkenaan dalam penggunaan bahan-bahan kimia dalam kehidupan sehari-hari. 4. 4.  Siswa dapat membantu memberikan penyelesaian masalah terhadap kelompok dalam diskusi materi hidrokarbon. Ranah Afektif  Penerimaan Kata Kerja 1.  Siswa dapat menganut sikap disiplin dan kooperative saat melakukan percobaan di laboratorium. 5. . 5.B. Mengompromikan  Siswa dapat mengompromikan suatu pemecahan masalah dalam diskusi mengenai materi benzena. 2.  Siswa dapat mendukung teori-teori dari para ahli kimia yang berkenaan dengan stoikiometri. Mengajukan 3. 2.  Siswa dapat mematuhi setiap aturan yang sudah ditetapkan saat berada di laboratorium.

4. Menyatakan Mengambil Membela Membenarkan Penggunaan  Siswa dapat menyatakan pendapatnya tentang sikap yang tepat saat berada di labor. Menyempurnakan  Siswa dapat menyempurnakan sikap tanggung jawab terhadap kelompok dalam diskusi materi kimia unsur. Merumuskan Penggunaan  Siswa dapat merumuskan penilaian yang objektif saat melakukan diskusi materi laju reaksi. 2. .  Siswa dapat melengkapi nilai-nilai yang berhubungan dengan sikap ilmiah saat melakukan percobaan di labor. Menyesuaikan Mengaitkan Melengkapi  Siswa dapat menyesuaikan sikap ilmiah yang bijak saat menyampaikan materi organik dalam kelas. 3.  Siswa dapat mengambil keputusan yang bijaksana dalam diskusi kelompok mengenai materi alkana. 2. Penilaian dan Penentuan Sikap Kata Kerja 1.  Siswa dapat memilih pernyataan yang paling tepat saat melakukan diskusi mengenai materi kesetimbangan kimia. Memilih  Organisasi Kata Kerja 1. 5. 4. 5.  Siswa dapat membela pendapat yang dianggap tepat saat melakukan diskusi materi stoikiometri. 3.  Siswa dapat mengaitkan sikap kedisiplinan dan kebersihan saat melakukan percobaan di labor.  Siswa dapat membenarkan keterangan yang tepat saat melakukan diskusi mengenai materi sifat koligatif larutan.

2. Ranah Psikomotor  Persepsi Kata Kerja 1.  Siswa dapat mempersoalkan setiap masalah yang terdapat dalam data hasil percobaan melalui diskusi. Mempraktekan 4. Mempersoalkan C.  Siswa dapat memperlihatkan sikap percaya diri dalam mengemukakan hasil percobaan dari titrasi asam-basa. Bertindak Penggunaan  Siswa dapat bertindak dengan cepat dalam menangani zat-zat yang berbahaya saat melakukan percobaan di labor.  Siswa dapat mempertimbangkan sikap yang lebih tepat dan cermat dalam penggunaan zat-zat yang ada di labor. 3.  Siswa dapat menghubungkan kegunaan alat dengan bahan kimia yang digunakan. 5. 2. Pembentukan Pola Hidup/Pengamalan Kata Kerja 1.  Siswa dapat menunjukkan hasil percobaan yang dilakukan dalam percobaan larutan elektrolit. 4.  Siswa dapat menyisihkan bahan-bahan kimia yang masih dapat digunakan setelah praktikum.  Siswa dapat memilih alat-alat yang akan digunakan pada percobaan uji nyala logam alkali.  Siswa dapat mempraktekkan sikap kerja sama dalam kelompok saat mendiskusikan hasil percobaan. Memperlihatkan 3. Menyisihkan Menghubungkan . Membedakan Menunjukan Memilih Penggunaan  Siswa dapat membedakan jenis-jenis larutan yang ada di laboratorium. Mempertimbangkan 5.

Membongkar .  Siswa dapat mempertunjukan alat dan bahan sebelum melakukan percobaan. 5.  Siswa dapat memperlihatkan rangkaian alat-alat pada percobaan seperti dalam buku tuntunan. Kesiapan Kata Kerja 1.  Gerakan Terbimbing Kata Kerja 1. Mempraktekan 2. Mengikuti 3. Mempertunjukan 5. Memprakarsai 4. Mencoba Penggunaan  Siswa dapat mempraktekan langkah kerja dengan benar saat melakukan percobaan.  Siswa dapat membongkar alat yang telah dipasang saat melakukan percobaan.  Siswa dapat mencoba merealisasikan alat yang digunakan pada percobaan seperti pada buku tuntunan.  Siswa dapat bereaksi dengan tanggap saat diberikan bahan dan alat-alat kimia di labor. Memperlihatkan 4.  Siswa dapat memprakarsai percobaan dengan mensterilkan alat-alat di labor lebih dulu. Bereaksi 3.  Siswa dapat mengikuti ketentuan-ketentuan dari laboratorium saat melakukan percobaan. Menanggapi Penggunaan  Siswa dapat mengawali praktikum setelah membaca langkah kerja terlebih dahulu.  Siswa dapat menanggapi langkah-langkah kerja sebelum memulai percobaan. Mengawali 2.

5. Mengoperasikan 2. Mempersiapkan . Memperbaiki 4. Memasang 3. Membedakan 5.  Siswa dapat membedakan dengan bijak kegunaan dan dampak dari setiap bahan-bahan kimia pada percobaan mandiri.  Siswa dapat mempersiapkan secara teliti bahanbahan yang akan digunakan saat praktikum.  Siswa dapat mengidentifikasikan dengan cermat kegunaan dari alat-alat di labor pada praktikum laju reaksi  Siswa dapat menghubungkan secara luwes antara teori dan praktek dalam melakukan percobaan. Memilih Penggunaan  Siswa dapat memilih secara tepat bahan-bahan yang diperlukan dalam praktikum titrasi asambasa. Gerakan yang Terbiasa Kata Kerja 1.  Siswa dapat memasang alat-alat yang diperlukan saat melakukan percobaan elektrolisis.  Siswa dapat memperbaiki susunan alat-alat kimia dalam percobaan hukum gas.  Siswa dapat menggunakan alat-alat yang diperlukan dalam berbagai percobaan sederhana. Menggunakan Penggunaan  Siswa dapat mengoperasikan alat-alat yang akan digunakan pada percobaan iodometri. Mengidentifikasi 3.  Siswa dapat menangani kesalahan-kesalahan kecil yang terjadi saat melakukan percobaan. Menangani  Gerakan Kompleks Kata Kerja 1. 2. Menghubungkan 4.

Membuat variasi 3.  Siswa dapat mengatur kembali alat-alat yang digunakan seusai praktikum. 2. Penyesuaian Pola Gerakan Kata Kerja 1.  Siswa dapat merencanakan sebuah eksperimen berdasarkan hipotesis yang ada.  Siswa dapat mengadaptasikan diri di laboratorium setelah diberikan pengarahan oleh pembimbing. . Mengatur 5. Merencanakan Penggunaan  Siswa sapat merancang suatu percobaan tentang larutan elektrolit. Mengubah Penggunaan  Siswa dapat mengubah susunan bahan-bahan kimia sesuai dengan sifat dari bahan-bahan tersebut  Siswa dapat membuat variasi berbagai keterampilan dari bahan-bahan kimia yang bermanfaat.  Siswa dapat mengatur laju tetesan larutan pada buret dalam percobaan titrasi. Mengadaptasikan 4. Merancang 2.  Siswa dapat mendesain rancangan peralatan yang akan digunakan pada percobaan sel volta. Mengatur kembali  Kreativitas Kata Kerja 1.  Siswa dapat menyusun alat-alat percobaan untuk uji nyala lampu pada beberapa larutan. Mendesain 4. Menyusun 3.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->