P. 1
Perbedaan SK dan materi Kimia di SMA dan SMK

Perbedaan SK dan materi Kimia di SMA dan SMK

|Views: 140|Likes:
Published by riskafh
Perbedaan SK dan materi Kimia di SMA dan SMK
Perbedaan SK dan materi Kimia di SMA dan SMK

More info:

Categories:Types, Resumes & CVs
Published by: riskafh on Dec 07, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial
List Price: $0.99 Buy Now

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
See more
See less

12/07/2012

$0.99

USD

pdf

text

original

TUGAS KIMIA SMK PERBANDINGAN STANDAR KOMPETENSI, KOMPETENSI DASAR DAN MATERI DI SMA, SMK PERTANIAN DAN SMK

TEKNOLOGI DAN KESEHATAN

DISUSUN OLEH : Riska Frihantining Hidayati 11303243005

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN KIMIA FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA 2012

dan asam-basa non elektrolit dan keseimbangan ion 3. ikatan kimia. periodik pada tabel periodik unsur Ikatan kimia Reaksi Perubahan kimia kesetimbangan reaksi entalpi 6. Termokimia. sifat. struktur molekul. Struktur atom dan sifat-sifat 3. ruang lingkup pelajaran kimia di SMA lebih banyak dan padat dan terdapat perbedaan pada konsep polimer yang tidak diajarkan di SMK Pertanian tetapi dipejari di SMK Teknologi dan Kesehatan. Reaksi redoks. Senyawa organik. benzena turunannya dan makromolekul 6. 4. Konsep materi dan perubahannya Konsep penulisan lambang unsur dan persamaan reaksi Struktur atom dan sifat-sifat periodik pada tabel periodik unsur Ikatan kimia Konsep Perubahan reaksi entalpi kimia dan kesetimbangan reaksi berdasarkan konsep termokimia Senyawa hidrokarbon dan minyak bumi Klasifikasi dan kegunaan polimer Koloid. 2. 4. minyak bumi Koloid. Stoikiometri. sifat senyawa dan karakteristik unsur. dan larutan sejati 1. 4.Perbandingan Standar Kompetensi. larutan elektrolit dan 5. suspensi. 6. 9. Struktur atom.2. berdasarkan konsep termokimia dan 7. Kompetensi Dasar dan Materi di SMA. Senyawa hidrokarbon dan 7. SMK Teknologi dan Kesehatan Mempelajari Konsep: 1. dari ketiga ruang lingkup pembelajaran. . kesetimbangan kimia. kegunaan dan bahayanya. sifat koligatif larutan Penulisan lambang unsur 2. 9. dan 5. larutan sejati Pemisahan dan suspensi. Pemisahan dan analisis zat/unsur zat/unsur Jadi. dan 8. 1. SMK Pertanian dan SMK Teknologi dan Kesehatan Aspek yang dibandingkan Ruang Lingkup SMA Mempelajari konsep: SMK Pertanian Mempelajari konsep: Materi dan perubahannya dan persamaan reaksi 3. 8. Sistem koloid analisis 10. laju reaksi dan kinetika reaksi 5. sifat periodik unsur. Pelajaran kimia dipelajari lebih mendalam dan kompleks di SMA daripada di SMK.

tidak terlalu Teknologi Dan Kesehatan hampir peserta didik untuk bisa memecahkan kompleks dan lebih mengutamakan sama dengan SMK Pertanian hanya masalah yang kompleks pada konsep dasar yang mudah saja terdapat satu kompetensi dasar dipahami yang tidak ada di SMK Pertanian yaitu kompetensi dasar tentang “klasifikasi Materi dan kegunaan polimer” Materi di SMA lebih banyak. padat dan Materi di SMK Pertanian tidak Materi di SMK Teknologi Dan . yaitu 2. di SMK tetapi tidak dipelajari di SMA adalah “pemisahan dan analisis zat atau unsur” tidak dipelajari di SMK ini. Jika dibandingkan dengan SMK 1. Standar kompetensi tidak dipelajari di Teknologi Dan Kesehatan. Standar kompetensi untuk SMA lebih 1.Standar Kompetensi 1. Standar kompetensi yang dipelajari “klasifikasi kompetensi antara SMK Pertanian Teknologi Kesehatan sama 2. Standar kompetensi khusus yang ada banyak karena mata pelajaran kimia di SMA mempelajari segala hal tentang kimia mulai dari dasar sampai yang kompleks dan sekilas tentang industri yang berhubungan dengan kimia. Kimia di SMA mengutamakan kompetensi belajar untuk melanjutkan ke perguruan tinggi 3. dengan standar dan Selebihnya SMK kompetensi kegunaan standar Dan di SMK Teknologi dan Kesehatan adalah ”Klasifikasi dan kegunaan polimer”. 2. Standar kompetensi yang dipelajari SMA yaitu ”pemisahan dan analisis zat atau unsur” di SMK tetapi tidak dipelajari di SMA Kompetensi Dasar Kompetensi Dasar di SMA adalah “pemisahan dan SMK Kompetensi dasar pada SMK analisis zat atau unsur” lebih Kompetensi dasar pada banyak dan kompleks dan menuntut Pertanian sederhana. hanya terdapat sedikit perbedaan pada standar kompetensi tersebut yang pada polimer”.

tanpa memerlukan pertanian yaitu tidak terlalu padat dan untuk sekedar pemahaman konsep tanpa yang memerlukan kompleks. berfikir . kemampuan berfikir untuk memecahkan masalah yang masalah kompleks.menuntut siswa untuk berfikir kreatif terlalu padat dan sekedar pemahaman Kesehatan juga sama dengan SMK dalam memecahkan masalah yang konsep kemampuan memecahkan kompleks.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->