THERMISTOR/PTC

DEFINISI

Thermistor adalah salah satu jenis sensor resistor yang nilai tahanannya dipengaruhi oleh perubahan suhu. FUNGSI
Fungsi dari Thermistor adalah pelindung rangkaian dari lonjakan arus yang tiba-tiba tinggi. Fungsi utama dari NTC thermistor ini khususnya untuk melindungi komponen dioda jembatan dan capasitor JENIS

Thermistor terbagi dalam dua jenis. Pertama, yang disebut dengan Negative Temperature Coefficient Resistor (NTCR), jika mendapat panas, nilai satuan Ohm-nya berkurang, misal pada suhu 250 C nilai satuan Ohm-nya = 47 kilo Ohm (47kΩ). Kedua, yang disebut dengan Positive Temperature Coefficient Resistor (PTCR), jika mendapat panas, nilai satuan Ohm-nya bertambah.
SENSITIVITAS

Sensitivitas termistor adalah faktor penting dalam aplikasi. Perubahan tahanan 10% per oC adalah tidak umum. Sehingga termistor dengan tahanan nominal 10KW pada suhu yang sama dapat berubah denagan 1KW untuk perubahan suhu 1oC. Ketika digunakan dalam rangkaian jembatan pendeteksi nol, sensitivitas dapat memberikan kontrol, pada prinsipnya kurang dari 1oC.
KONSTRUKSI

Karena termistor adalah semikonduktor penting, maka dapat dibuat dalam berbagai bentuk. Sehingga, bentuk umum seperti disk, manik-manik, batangbervariasi dalam ukuran dari bentuk manik berdiameter 1mm sampai diameter beberapa centimeter. Dengan variasi doping dan menggunakan bahan semikonduktor yang berbeda, akan diperoleh harga tahanan dengan range yang lebar pada suhu tertentu.
WAKTU RESPON

Waktu respon sebuah termistor tergantung pada jumlah bahan yang digunakan dan keadaan lingkungan. Sehingga, untuk termistor berbentuk manik pada keadaan oil bath, responnya adalah 0.5 detik. Termistor yang sama pada udara mempunyai waktu respon 10 detik. Ketika dilindungi dalam teflon atau bahan yang lain untuk perlindungan melawan keadaaa lingkungan, waktu respon akan

maka ada banyak kemungkinan aplikasi rangakian. Jika jarum bergerak menuju tahanan tertentu berarti NTC tersebut dalam keadaan baik 4. rangkaian jembatan dengan deteksi nol digunakan karena keadaan nonlinier dari termistor membuatnya sulit digunakan untuk sebagai pengukur aktual. Konstanta dissipasi adlah bagian termistor sebab daya dalam miliwatt diperluakan untuk pencapaian suhu termistor 1oC diatas linkungan. Jika jarum mununjuk pada tahanan yang tak terhingga. Karena perangkat ini adalah tahanan.meningkat. PENGKONDISI Karena termistor menunjukkan perubahan tahanan yang besar dengan suhu. Dalam beberapa kasus. 3. perhatian untuk memastikan bahwa daya terdissipasi pada termistor tidak melebihi batas yang ditentukan atau kemungkinan interferensi dengan lingkungan yang mempengaruhi pengukuran suhu. Colokkan kedua probe multimeter pada kedua kaki NTC thermistor (boleh bolakbalik). bagaimanapun juga. dimungkinkan NTC tersebut rusak seperti yang ditunjukkan oleh gambar di bawah ini. Pastikan NTC thermistor terlepas dari rangkaian 2. Harga dasar bervariasi dari 1mW/oC pada udara bebas sampai 10mW/oC atau lebih pada kamar minyak. . CARA MENGUKUR Mengukur nilai satuan Ohm dari thermistor dengan menggunakan Multimeter. 1.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful