Presented by : Pejantan Tongfang Corp.

Pejantan Tongfang Corp. .

Direktur Utama Onky Setiawan E.S (37057) .

Manajer Kehumasan Fachri Muhammad (37390) .

Manajer Sumber Daya Manusia Iftor Ilyas Rizky (37354) .

Koordinator Lapangan Muqorrobin Muhammadi (37104) .

Sekilas Tentang kami Nama Perusahaan Kantor Pusat : Pejantan Tongfang Corp : Waringinsari 3 no 37A. Sleman (Kontrakan Onky) Telpon : 085655116598 Lingkup Usaha : Kontraktor pembangunan skala Internasional Pengalaman :  Pembangunan perkantoran di kawasan MegaKuningan  Pembangunan Taman Hiburan Jaya Ancol  Pembangunan hotel di Palm Island  Pembangunan Jaringan Listrik Bawah Laut Kalimantan – Jawa  Pembangunan Terowongan Bawah laut Jawa – Sumatera  Pembangunan stasiun antariksa planet Bumi – planet Namek . Depok.

 Tujuan . Para pengguna tempat parkir terkadang mengalami kesulitan untuk menemukan tempat parkir setelah mereka memasuki area parking lot. aman. dan memuaskan pengguna dengan meminimalisasi penggunaan human operator. : Membuat fasilitas tempat parkir yang nyamam. Dengan bantuan teknologi sekarang maka pengguna tempat parkir akan semakin mudah untuk menemukan tempat parkir yang sesuai dan juga merasa aman dan nyaman dengan tepat parkir yang tersedia.Main Project : Sistem Sensor pada Tempat Parkir Tanpa Operator  Latar Belakang : Tempat Parkir saat ini menjadi fasilitas wajib dalam setiap bangunan umum dan komersil.

yaitu :  Sensor Api  Sensor Wajah Pengemudi  Sensor Parkir  Sensor CO2 dan gas beracun lainnya  Sensor Barcode Karcis . hanya ada operator pada control room saja  Sensor berteknologi tinggi untuk memudahkan operasi.Spesifikasi Spesifikasi bangunan yang ditawarkan :  Indoor parking lot 10 lantai  Kapasitas rata-rata 40 mobil setiap lantai  Tidak ada operator lapangan.

Layout Ruang .

Ilustrasi Mobil masuk >> Mengambil karcis (kode lokasi parkir dan pengambilan image wajah pengemudi) >> Portal terbuka >> pengemudi menuju lokasi parkir yang telah ditentukan >> parkir >> sensor parkir aktif >> Menuju pintu keluar tempat parkir >> scan karcis dan wajah >> portal terbuka >> mobil keluar .

. Sensor thermal ini akan melakukan pengukuran terhadap suhu ruangan dan akan dikomparasikan terhadap suhu referensi yang akan ditentukan ( untuk deteksi kebakaran biasanya berkisar antara 60o – 70o C ).Sensor Api  Fungsi : untuk sensing kebakaran pada bangunan Parkiran. Untuk konversi energi sendiri adalah dari energi panas / kalor dikonversi menjadi energi listrik yang masih berupa data analog dan nanti akan dikonversi menjadi data digital untuk diproses pada mikrokontroller.  Mekanisme Kerja : Sensor yang digunakan adalah sensor thermal yang mana akan dipasang di atap setiap ruangan. apabila ada kebakaran maka sensor api ini akan membuka kran air untuk memadamkan api.  Sensed Parameter : Suhu Ruangan  Alasan Penggunaan : Pada parkir indoor khususnya untuk parkir mobil suhu yang tinggi dapat dengan mudah memicu kebakaran dan akan dengan mudah juga membakar mobil yang ada di ruang itu mengingat mobil saat ini masih banyak yang menggunakan bahan bakar minyak (BBM) yang mudah terbakar.

tegangan referensi ditentukan dengan melihat hasil pengukuran LDR yang mana akan merubah resistansinya pada saat tidak ada mobil (intensitas cahaya ruangan). Dengan adanya perubahan tegangan inilah yang menjadi indikasi ada atau tidak mobil yang parkir disitu dan kemubandian hal ini lah yang akan dilaporkan ke sistem pusat.Sensor Parkir  Fungsi : untuk mendeteksi ada atau tidak mobil yang parkir di lokasi yang dipasang  Sensed Parameter : Intensitas cahaya (intensitas cahaya normal apabila tidak ada mobil. Apabila ada mobil yang parkir di lokasi penempatan sensor maka sensor LDR ini akan tertutupi oleh bayangan mobil dan membuat intensitas cahaya yang diterima oleh LDR akan turun / berkurang sehingga resistansinya akan berubah dan tegangannya akan berubah juga. . apabila ada mobil intensitas cahaya turun/rendah)  Alasan Penggunaan : Pada parkir mobil indoor tanpa operator ini tidak akan ada petugas yang mengatur tempat atau mencarikan lokasi mana yang kosong yang bisa digunakan untuk parkir mobil sehingga dengan adanya sensor parkir ini bisa diketahui space mana saja kah yang kosong dan akan dilaporkan ke “otak” sistem ini untuk diolah dan diberikan kepada box pengambilan tiket untuk mencetak lokasi mana yang akan ditempati oleh mobil selanjutnya sehingga untuk kontol disiplin dapat dengan mudah walaupun tanpa operator ataupun petugas sekalipun. Cara kerjanya cukup sederhana.  Mekanisme Kerja : Sensor yang digunakan adalah sensor LDR (Light Dependent Resistor).

Sensor Wajah Pengemudi  Fungsi : Untuk meng-scaning wajah pengemudi yang telah diambil fotonya dipintu gerbang masuk yang bertujuan menghindari pencuriian di area parkir  Sensed Parameter : parameter yang di-sensing adalah wajah pengumudi yang telah difoto di pintu gerbang pengambilan karcis. Oleh karena itu kami mengunakan pemindai wajah agar menghindari pencurian dan memastikan hanya penguna mobil tersebut yang bisa masuk ke mobil milik mereka  Mekanisme Kerja : Sensor yang kami pakai adalah kamera.  Alasan Penggunaan : Banyak pengguna mobil kehilangan kendaraannya di area parkir. Kamera pada spot awal akan merekam image dari pengemudi dan diberikan ke database. Jika bukan pengemudinya maka alarm akan berbunyi keras di lantai tersebut dan bagian sekuriti. Setelah pengumudi tersebut dipindai maka fotonya akan dihapus secara otomatis dari server agar tidak memberatkan beban dari server. Pemindaian tersebut berdasarkan foto para pengemudi yang masuk dan masih menggunkan jasa parkir di area tersebut. . Ketika pengemudi berkehendak ingin pulang. pemindai yang berupa kamera akan memindai wajah pengemudi yang akan masuk ke mobil miliknya. Kamera kamera di area parkir akan memindai wajah para pengemudi ketika mereka masuk ke mobil.

Untuk itulah digunakan karcis yang di dalamnya terdapat barcode. Pada konsep digital. .  Mekanisme Kerja : Sensor yang digunakan adalah photo detector yang biasa digunakan pada minimarket untuk scanning barang dan harga produk melalui barcode pada produk. dan digunakan scanner untuk mendeteksi barcode tersebut. maka dibutuhkan alat pendeteksi karcis secara otomatis. Warna hitam dan putih inilah yang akan dibaca oleh scanner.Sensor Barcode Karcis  Fungsi : Untuk meng-scaning wajah pengemudi yang telah diambil fotonya dipintu gerbang masuk yang bertujuan menghindari pencuriian di area parkir  Sensed Parameter : Barcode pada Karcis  Alasan Penggunaan : Karena sudah menggunakan komputer dan tidak ada operator yang jaga. Warna hitam mewakili bilangan 0 dan putih mewakili bilangan 1. yaitu 0 dan 1. Ink barcode menerapkannya pada batang-batang baris kodenya yang terdiri dari warna hitam dan putih. ada dua sinyal data yang dikenal dan bersifat boolean.

 Alasan Penggunaan : Karena area tersebut merupakan ruangan tertutup harus ada yang membuang keluar yaitu berupa exhaust fan. Sensor gas beracun akan mengukur komposisi udara di ruangan tempat parkir dan akan membandingkan dengan data referensi. Apabila hasil pengukuran menunjukkan nilai yang lebih tinggi dibandingkan dengan data referensi maka exhaust yang terpasang di ruangan akan dinyalakan atau ditingkatkan kerjanya sehingga bisa mengurangi komposisi gas beracun yang ada di ruangan. dari pada fan terus dinyalakan tetapi kadar CO2 tidak terlalu banyak dan membahayakan maka sensor ini lah yang akan mengatur on dan off dari kipas tersebut. . Tapi ketika mobil yang parkir sepi maka sebenarnya kerja exhaust tidak terlalu dibutuhkan. Untuk konversi energinya sendiri adalah energi kimia yang dikonversikan menjadi energi listrik.Sensor CO2 dan Gas Beracun lain p  Fungsi : Untuk Menjaga udara di tempat parkir tetap sehat untuk di hirup. Maka .  Sensed Parameter : kadar CO2 dan gas beracun lain yang berada di tempat parkir tesebut.  Mekanisme Kerja : Sensor yang digunakan adalah sensor dengan bahan logam dan logam oksida atau dari polimer komposit dan polimer konduktif.

.. Terima Kasih atas Perhatiannya .Sekian..

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful