TUGAS BIOKIMIA

MAKALAH HIDROKARBON
Disusun untuk memenuhi tugas perkuliahan

Disusun oleh : 1. 2. 3. Dhini Andriyani Istiqomah Addiin Nur Sastikawati S (K3310023) (K3310044) (K3310061) Pendidikan Kimia B 2010

FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SEBELAS MARET SURAKARTA 2010

PETA KONSEP
Lipid
disusun oleh aplikasi dalam bidang

HIDROKARBON
berdasarkan

Pangan Sandang & Papan Perdagangan Seni & Estetika

Karbon dan Hidrogen Squalene Rantai atom

Jenis ikatan
dibedakan atas

digolongkan kedalam

Alifatik

Alisikli k

Aromatik

Hidrokarbon jenuh

Hidrokarbon Tak jenuh

meliputi antara lain

meliputi

Alkana
turunan

Alkena

Alkuna

Alkohol

Eter

Aldehid

Keton

As. Karboksilat

Ester

2

Squalene dalam Sintesis Steroid Squalene adalah prekursor biokimia untuk seluruh steroid. termasuk manusia. Sifat senyawa-senyawa hidrokarbon ditentukan oleh struktur dan jenis ikatan kovalen antar atom. hormon steroid.3-squalene yang mengalami enzim-katalis siklisasi menghasilkan lanosterol yang kemudian diuraikan menjadi kolesterol dan steroid lainnya. yang merupakan hidrokarbon tak jenuh dan terdapat dalam minyak hati ikan. Squalene digunakan dalam kosmetik.wikipedia. Oleh karena itu. Sampai saat ini. Squalene adalah senyawa organik alami yang awalnya diperoleh terutama untuk tujuan komersial. Squalene memiliki massa jenis yang lebih ringan dari air. 3 . dan vitamin D di dalam tubuh manusia. Struktur Squalene (Sumber: http://en. minyak zaitun dan minyak dedak.855 g/ml.org/wiki/File:Squalene. yaitu 0. Semua tumbuhan dan hewan menghasilkan squalene.HIDROKARBON A.svg) Squalene termasuk senyawa hidrokarbon golongan terpena dan merupakan bagian penting untuk sintesis kolesterol. dan baru-baru ini digunakan sebagai vaksin. Oksidasi (melalui squalene monooksida) dari salah satu ikatan ganda hasiloksidasi 2. untuk memudahkan mempelajari senyawa hidrokarbon yang begitu banyak. Zat chemopreventative yang terdapat di dalamnya dapat mencegah timbulnya kanker. HIDROKARBON Senyawa hidrokarbon merupakan senyawa karbon yang paling sederhana yang terdiri dari atom karbon (C) dan hidrogen (H). Salah satu contoh dari hidrokarbon adalah squalene. para ahli melakukan pergolongan hidrokarbon. terdapat lebih kurang 2 juta senyawa hidrokarbon.

wikipedia.wikipedia.svg) Biosintesis Squalene Dua molekul pirofosfat farnesyl menyatu dengan pengurangan oleh NADPH untuk membentuk squalene Biosentesis squalene (Sumber: http://en.org/wiki/File:Sterol_synthesis.png) Zat lain yang termasuk hidrokarbon adalah Pristane (C18H28). 4 . Beberapa intermediet dihilangkan. Sintesis steroid (Sumber: http://en. dimethylallyl pyrophosphate (DMAPP).Mekanisme sederhana sintesis steroid dari squalene dengan intermediet isopentenyl pyrophosphate (IPP).org/wiki/File:Cholesterol-Synthesis-Reaction10. Pristane adalah alkana terpenoid alami jenuh yang diperoleh terutama dari minyak hati ikan hiu. geranyl pyrophosphate (GPP).

yaitu senyawa hidrokarbon yang ikatan antar Hidrokarbon tak jenuh. adjuvant imunologi. Berdasarkan jenis ikatan antar atom karbonnya:  Hidrokarbon jenuh. yaitu senyawa hidrokarbon dengan rantai Hidrokarbon Alisiklik. atau lebih dari 1 ikatan rangkap dua (alkadiena).org/wiki/File:Pristane. Pristane dikenal untuk menginduksi penyakit autoimun pada hewan pengerat.png) Pristane berbentuk cairan berminyak transparan yang bercampur dengan air. inducer plasmocytomas dan produksi antibodi monoklonal. benzena.  ikatan rangkap dua (alkena). 5 . Penggolongan Hidrokarbon Penggolongan hidrokarbon umumnya berdasarkan bentuk rantai karbon dan jenis ikatannya.  melingkar (cincin) yang mempunyai ikatan antar atom C tunggal dan rangkap secara selang-seling/bergantian. Secara biosintesis. Berdasarkan bentuk rantai karbon. hidrokarbon digolongkan menjadi tiga. yaitu senyawa hidrokarbon dengan rantai terbuka jenuh (ikatan tunggal). digunakan dalam penelitian untuk memahami patogenesis rheumatoid arthritis dan lupus. Pristane juga digunakan sebagai pelumas. yakni:  Hidrokarbon Alifatik. 1. penanda biologis. kloroform dan karbon tetraklorida. atau ikatan rangkap tiga (alkuna).wikipedia.  melingkar/tertutup (cincin). a. pristane dibuat dari fitol dan digunakan sebagai biomarker dalam studi perminyakan. yaitu senyawa hidrokarbon yang memiliki 1 atom karbonnya merupakan ikatan tunggal. yaitu senyawa hidrokarbon dengan rantai Hidrokarbon Aromatik.Struktur Pristane (Sumber: http://en. minyak trafo. tetapi larut dalam dietil eter. b. dan agen anti-korosi.

3dchem. 2007) a. Alkana Alkana merupakan hidrokarbon alifatik jenuh yaitu hidrokarbon dengan rantai terbuka dan semua ikatan karbon-karbonnya merupakan ikatan tunggal.1) http://www. Alkana yang paling sederhana adalah metana . n = jumlah atom C b. atau Gambar 1 dan 2.com) Tabel 2. pada suhu kamar ( 25⁰C) alkana atom C1-C4 berwujud gas C5-C18 Ke atas berwujud padat dengan jumlah 6 . Jadi. Senyawa Alkana Nama senyawa Metana Etana Propana Butana Pentana Heksana Heptana Oktana Nonana Dekana Rumus Molekul CH4 C2H6 C3H8 C4H10 C5H12 C6H14 C7H16 C8H18 C9H20 C10H22 Rumus struktur CH4 CH3-CH3 CH3-CH2-CH3 CH3-CH2-CH2-CH3 CH3-CH2-CH2-CH2-CH3 CH3-CH2-CH2-CH2-CH2-CH3 CH3-CH2-CH2-CH2-CH2-CH2-CH3 CH3-CH2-CH2-CH2-CH2-CH2-CH2-CH3 CH3-CH2-CH2-CH2-CH2-CH2-CH2-CH2-CH3 CH3-CH2-CH2-CH2-CH2-CH2-CH2-CH2-CH2Titik Didih (⁰C) -161 -89 -44 -0.1. dangan rumus molekulnya CH4.com .edinformatics. rumus umum alkana adalah CnH2n+2 . Rumus umum Alkana Dari table diatas dilihat pada perbandingan jumlah atom C dan H dalam alkana adalah n : (2n+2).2.5 36 68 98 125 151 174 CH3 (Unggul Sudarmo. (Gb. Sifat fisika Alkana  Untuk alkana yang tidak bercabang. Model molekul metana (CH4) (Sumber : (Gb.2) http://www.

chemistry-reference. makin panjang karbon rantai Alkana tidak larut dalam pelarut polar (air).R’ merupakan alkil. begitu juga Ar-Ar’. Etanol (Sumber : http://www. R. dan O dengan rumus umum R-OH.merupakan gugus alkil tidak jenuh. Makin tinggi massa molekul. makin tinggi titik didihnya dan titik Alkana dengan massa molekul sama. Alkohol Alkohol tersusun dari unsure C.com) ii. H. Contoh : C2H5-O-C2H5 Gambar 4. c. Contoh-contoh Eter (Sumber : http://www. Gugus fungsi ini terdiri dari atom yang berkautan dengan atom hidrogen 7 . Turunan Alkana i. Contoh : etanol (C2H5OH) Gambar 3. gugus alkil tersubstitusi.chem-is-try. tetapi dapat larut dalam leburnya  makin tinggi titik didihnya  pelarut nonpolar. dimana R. dan rantai siklik dan –OH merupakan gugus fungsi alkohol (hidroksil).merupakan gugus eter. dimana –O. dan O dengan rumus R-O-R’ atau Ar-O-Ar’ atau R-O-Ar. H. Eter Eter tersusun dari unsur C.org) iii. Aldehid Aldehid adalah senyawa organik yang memiliki gugus karboksil terminal.

dan O dengan rumus R-CHO. Aldehid merupakan senyawa organik yang mengandung unsur C. Struktur Asam Karboksilat 8 .dan berikatan rangkap dengan atom oksigen. Gambar 7. Keton merupakan senyawa yang mengandung unsur C.org) v. Contoh Keton (sumber: http://www.merupakan gugus fungsi keton (karbonil) Gambar 6. Ar merupakan aril. Gambar 5.chem-is-try. dimana R merupakan alkil.chem-is-try. H. dan –COOH merupakan gugus karboksil. dimana R merupakan senyawa alkil dan –CHO merupakan gugus fungsi aldehida. dan O dengan rumus R-CO-R’ dimana. R merupakan alkil dan CO. Keton Keton merupakan senyawa organik yang identik dengan gugus karboksil yang terikat oleh 2 asam karbon. Contoh Aldehid (Sumber : http://www. Asam Karboksilat Asam karboksilat adalah asam organik yang diidentikkan dengan gugus karboksil. Rumus umum asam karboksilat adalah R-COOH atau ArCOOH. H.org) iv.

CH2. dan -COO. Alkena Alkena adalah hidrokarbon alifatik tak jenuh dengan satu ikatan rangkap (-C=C-).1.CH2-CH2-CH3 CH2=CH-CH2-CH2. Ester Ester dibentuk dari reaksi kondensasi alkohol dengan suatu asam (esterifikasi).org) 3. Ester merupakan salah satu turunan asam karboksilat yang memiliki rumus umum R-COO-R’. Aril. R’ merupakan Alkil. Gambar 8. Alkena yang paling sederhana adalah etena. dengan rumus molekul C2H4. Tabel 3.chem-is-try. Senyawa alkena : Nama senyawa Metena Etena Propena Butena Pentena Heksena Heptena Oktena Nonena Dekena Rumus struktur CH2 CH2=CH2 CH2=CH-CH2 CH2=CH-CH2-CH3 CH2=CH-CH2-CH2-CH3 CH2=CH-CH2-CH2-CH2-CH3 CH2=CH-CH2-CH2.merupakan gugus fungsi ester.org) vi. 2007) Rumus umum Alkena Dari contoh alkena pada tabel diatas dapat ditarik rumus umum alkena yaitu CnH2n .(Sumber : http://www. Rumus Umum Ester (Sumber : http://www.CH2.CH2.CH2.chem-is-try.CH2.CH2-CH2-CH3 CH2=CH-CH2-CH2.CH2-CH2-CH2Rumus Molekul CH2 C2H4 C3H6 C4H8 C5H10 C6H12 C7H14 C8H16 C9H18 C10H20 CH3 (Unggul Sudarmo. dimana R. Ini artinya jumlah atom H dalam alkena adalah dua kali atom C. atau 9 .CH2-CH2-CH3 CH2=CH-CH2-CH2.

1 Senyawa Alkuna: Nama senyawa Metuna Etuna Propuna Butuna Pentuna Heksuna Heptuna Oktuna Nonuna Dekuna CH CH CH CH C─CH3 CH C─CH2─CH3 CH C─CH2─CH2─CH3 CH C─CH2─CH2─CH2─CH3 CH C─CH2─CH2─CH2─CH2─CH3 CH C─CH2─CH2─CH2─CH2─CH2─CH3 CH C─CH2─CH2─CH2─CH2─CH2─CH2─CH3 CH C─CH2─CH2─CH2─ Rumus struktur Rumus Molekul CH C2H2 C3H4 C4H6 C5H8 C6H10 C7H12 C8H14 C9H16 C10H18 CH2─CH2─CH2─CH2─CH3 (Unggul Sudarmo. Rumus umum Alkuna Rumus umum alkuna yaitu : CNH2N-2 . b. Alkuna Alkuna adalah hidrokarbon alifatik tidak jenuh dengan satu ikatan karbon-karbon rangkap tiga (. yang mempuntai 1 ikatan rangkap dua dan 1 ikatan rangkap tiga disebut alkenuna. n . Alkuna yang paling sederhana adalah etena dengan rumus molekul C2H2. Jadi. Sifat-sifat Alkena dan Alkuna  Semakin panjang rantai karbonya.perbandingan atom C dengan jumlah atom H adalah 1 : 2. Senyawa yang mempunyai 2 ikatan rangkap tiga disebut alkadiuna. n = jumlah atom C. Tabel 4. 2007) a. jumlah atom C 4. . rumus umum alkana adalah CnH2n. Dari table diatas juga terlihat bahwa setiap suku alkena dengan suku berikutnya memiliki selisih CH2. semakin tinggi titik didih dan titik 10 lelehnya. sehingga alkena juga merupakan deret homolog.

asam karboksilat. B. dalam pembuatan lilin pun. Akena dan alkuna merupakan hidrokarbon tak jenuh. Tidak hanya dalam bentuk alifatik. HIDROKARBON DALAM LIPID Banyak senyawa hidrokarbon dalam biokimia.pdf) Selain itu.  penggabungan monomer-monomer (molekul kecil) menjadi polimer (makromolekul). terjadi reaksi antara alkohol monohidroksi dengan asam lemak. aldehida. namun dalam bentuk alisiklik pun banyak ditemukan dalam lipid. berasal dari alhohol gliserol dengan 3 molekul asam lemak. Dan masih banyak lagi senyawa hidrokarbon yang dalam biokimia. Pembuatan Trigliserida (Sumber : http://repository. Bidang pangan Hidrokarbon memperoleh energi dari matahari saat tumbuh-tumbuhan menggunakan sinar matahari selama proses fotosintesis untuk menghasilkan glukosa (makanan). asam lemak merupakan bentuk rantai panjang dari asam karboksilat yang merupakan gugus turunan alkana.usu. Gambar 9. dengan reaksi sebagai beikut. Dan yang sudah kita ketahui. Contohnya. Begitu pula dalam lipid. APLIKASI HIDROKARBON DALAM BERBAGAI BIDANG 1. karbohidrat yang paling sederhana mengalir dalam aliran darah sehingga tersedia bagi seluruh sel tubuh. eter.id/bitstream/123456789/21080/4/Chapter%20II. Sel-sel tubuh tersebut 11 . dalam pembuatan trigliserida. dari turunan alkana seperti alkohol. yaitu mudah mengalami reaksi adisi (penambahan). Glukosa. banyak terdapat senyawa hidrokarbon. sehingga Alkena dan alkuna dapat mengalami reaksi polimerisasi. dan ester. C.ac. keton. Polimerisasi alkena terjadi berdasarkan reaksi adisi. serta alkena maupun alkuna.

org) • Polistirena. sutra (protein). dan berbagai peralatan lainya. tali plastik. bahan perahu. • Poliviniklorida (PVC). wol (merupakan suatu protein). dan serat sintetis. • Polipropilen/polipropena. yang terbentuk dari propena. + 6H2O(keringat Gambar 10. Gula ini kemudian oleh sel dioksidasi (dibakar) dengan bantuan oksigen yang kita hirup menjadi energi dan gas CO2 dalam bentuk respirasi (pernapasan). insulator listrik.chem-istry. Reaksi pembakaran gula dalam tubuh: C6H12O6(gula) + 6O2 (udara yang dihirup) –> Energi + 6CO2 (udara yang dikeluarkan) atau air seni) Contoh lain aplikasi hidrokarbon di bidang pangan : • Tetraterpena. nilon (polimer). dan botol plastik.menyerap glukosa. merupakan glukosa dan senyawa yang penuh dengan energi. sol sepatu. Salah satu pemanfaatan polipropilena sebagai botol plastik (Sumber : http://www. terbentuk dari viniklorida yang mempunyai ikatan C rangkap 2. dan polimer. Bidang sandang dan papan Senyawa-senyawa turunan hidrokarbon yang berperan di bidang pakaian. • Karbohidrat. 2. merupakan senyawa dalam minyak jeruk. Energi yang dihasilkan dan tidak digunakan akan disimpan di bawah jaringan kulit dalam bentuk lemak. Banyak digunakan untuk pembuatan pipa dan karet. • Monoterpena. Untuk serat. 12 . antara lain selulosa. kayu. merupakan senyawa beta karoten pada wortel. antara lain kapas. Kegunaanya untuk pembungkus. Senyawa turunan hidrokarbon yang berperan. lignin.

Berguna antara lain sebagai ban kendaraan. Gambar 11. untuk zat bakar dan sintesis senyawa metil klorida dan metanol. gas elpiji. dan aspal. digunakan sebagai obat bius. contoh kasur dan bantal. sebagai sintetis serat buatan. Alat masak anti lengket yang dilapisi teflon 13 . • Dakron.com) 3. Bidang perdagangan Minyak bumi merupakan senyawa hidrokarbon yang menjadi komoditi perdagangan yang sangat penting bagi dunia karena minyak bumi merupakan salah satu sumber energi yang paling utama saat ini. • Metana. merupakan senyawa polimer yang banyak digunakan untuk serat pakaian. minyak pelumas. dan sarung tangan. • Etena. petroleum eter (minyak tanah). Benang Nilon (Sumber : http://www.threadart.• Polisoprena. • Pentena heksana dan heptana digunakan untuk pelarut sintetis. Hasil penyulingan minyak bumi banyak menghasilkan senyawa-senyawa hidrokarbon yang sangat penting bagi kehidupan manusia. Gambar 12. lilin. • Teflon sebagai pelapis anti lengket pada alat alat masak. • Propana. sepatu. • Nilon. merupakan karet alam. Negara-negara di dunia penghasil minyak bumi membentuk organisasi antarnegara penghasil minyak bumi yang diberi nama OPEC (Organization of Petrolleum Exporting Country). untuk sintetis propanal. • Etuna. seperti bensin. merupakan seratt pliester untuk pengganti kapas dalam keperluan rumah tangga.

• Glisserol.chem-istry. senyawa hidrokarbon yang sering dipakai. untuk bahan kosmetik. • SBR digunakan untuk karet sintetis. baik pada kain maupun benda-benda lain menggunakan senyawa-senyawa kimia. antara lain lilin (wax) untuk melapisi suatu karya pahat agar tampak lebih mengkilat. Bahan-bahan yang dilapisi dengan lilin akan tampak lebih menarik dan di samping itu juga akan terhindar dari air karena air tidak dapat bereaksi dengan lilin karena perbedaan kepolaran. selain itu juga ada seni pewarnaan. • Polietilena merupakan polimer dari etana yang mempunyai ikatan C rangkap 2. 4. • Polistirena untuk membuat kancing sisir pembungkus alat listrik. pembungkus makanan. ember. untuk sintesis gliserol. pelembab. Bidang seni dan estetika Di bidang seni. • Propena. Bahkan ada seniman yang membuat patung dari lilin dengan cara memadatkan lilin dalam ukuran besar kemudian dipahat atau diukir sesuai keinginan sang seniman. dan industri makanan. isopropil. banyak digunakan sebagai perekat dan cat lateks. dan lain-lain. Kegunaan Poliestilena merupakan sebagai kantong plastik.org) • Butena untuk pembuatan karet sintetis. 14 . melalui reaksi polierisasi. dan plastik polipropilena. panci.(Sumber : http://www. • Polivinil asetat.

wikipedia. Berbagai produk yang menggunakan bahan polimer polietilen dengan densitas rendah (Sumber : http://www.Gambar 13. Gambar 14. Struktur Antrasena (Sumber : http://www.chem-is-try. digunanakan untuk zat warna.org) 15 .id.org) • Antrasena.

Diakses 13 Oktober 2010 jam 11. http://www.chem-is-try.org/materi_kimia/kimiasmk/kelas_xi/alkohol-dan-eter/. diakses tanggal 03 Desember 2012 jam 17. http://megakimiapascaunp. senyawa-senyawa hidrokarbon dimanfaatkan dalam berbagai bidang. Dengan membaca makalah ini semoga teman-teman dapat menambah ilmunya dengan materi hidrokarbon dan minyak bumi ini.22 Clark. Senyawa Turunan Alkana.44 Anonim. http://en. Pristane.42 16 . Diakses 13 Oktober 2012 jam 11. 2012. Jim.org/wiki/Pristane.55 Anonim. Karbon membentuk suatu golongan besar senyawa yang disebut senyawa organic. Dalam lipid.wordpress.org/wiki/Squalene. banyak ditemui bentuk hidrokarbon berupa alifaik. DAFTAR PUSAKA Anonim. terdiri dari karbon dan hidrogen saja.wikipedia. Demikian makalah ini. ____. Diakses tanggal 03 Desember 2012 jam 18. Dalam kehidupan sehari-hari. ____. Diakses 13 Oktober 2012 jam 11. http://www. Hidrokarbon. maupun aromatis. Alkohol dan Eter.wikipedia.KESIMPULAN Hidrokarbon adalah senyawa organik paling sederhana. 2010. http://en. Mengenal Aldehid dan Keton. Karbon dapat membentuk rantai atom karbon dengan berbagai jenis ikatan (tunggal.wikipedia. Squalene. Diakses tanggal 11 Oktober 2012 jam 07. rangkap. atau rangkap tiga). alisiklik.org/wiki/Hidrokarbon.20 Anonim.com/kimia-xii/5-senyawa-turunan-alkana/. http://id. 2007. 2012.chem-istry.org/materi_kimia/sifat_senyawa_organik/aldehid_dan_keton/mengenal_aldehi d_dan_keton/..31 Ratna dkk.

chem-is-try.usu.org/wiki/File:Squalene.ac.org/wiki/File:Cholesterol-Synthesis-Reaction10.wikipedia.wikipedia. Diakses 13 Oktober 2012 jam 11. Zulfikar. Kimia Untuk SMA Kelas X.svg http://en.pdf http://en. 2010.chemistry-reference.com http://www.wikipedia.svg http://en.chem-is-try. http://www.3dchem.edinformatics.com http://www.id/bitstream/123456789/21080/4/Chapter%20II. Alkil Alkanoat.org/materi_kimia/kimiakesehatan/senyawa-hidrokarbon/alkil-alkanoat/.com http://www. Unggul. Jakarta: Phibeta.org/wiki/File:Sterol_synthesis.Sudarmo.35 Gambar : http://www.org http://repository. 2007.png 17 .

CO c. unsur karbon. hidrogen dan nitrogen e. Pilihan Ganda 1. hidrokarbon aromatik b. unsur karbon dan hidrogen b. hidrokarbon alisiklik c. unsur karbon saja 2. Seluruh hidrokarbon memiliki rantai karbon dan atom-atom hidrogen yang berikatan dengan rantai tersebut. CO dan uap air d. . hidrokarbon tak jenuh 3.SOAL A. CO dan oksigene e. Hidrokarbon adalah sebuah senyawa yang terdiri dari : a. unsur karbon dan nitrogen c. . CO2 dan oksigen 18 . hidrokarbon jenuh e. Dibawah ini merupakan hasil dari pembakaran senyawa hidrokarbon adalah . unsur hidrogen dan nitrogen d. hidrokarbon alifatik d. a. CO2 dan uap air b. Istilah tersebut digunakan juga sebagai pengertian dari : a.

. Pereaksi yang paling tepat untuk menunjukkan adanya senyawa hidrokarbon tidak jenuh adalah . 1 dan 2 d.… a. Cl2 dengan sinar matahari d. . C6H6 5. a. C2H4 b. Mempunyai rumus empiris yang sama e. . Titik didihnya meningkat dengan panjangnya rantai c. kecuali . a. Berikut merupakan sifat deret homolog. . . HCl dengan katalis ZnCl2 b. KOH dalam alkohol e. 2 dan 4 19 . . Dapat dinyatakan dengan suatu rumus umum b. Anggotanya mempunyai sifat kimia yang serupa d. C4H6 c.4. Dari rumus-rumus hidrokarbon berikut: 1) C3H6 2) C4H10 3) C4H6 4) C5H10 Hidrokarbon yang termasuk dalam satu deret homolog adalah. Dari satu anggota ke anggota berikutnya berbeda CH2 7. a. 3 dan 4 c. Br2 dalam CCl4 c. 1 dan 3 b. Senyawa berikut yang memiliki titik didih paling tinggi adalah . AlCl3 dalam FeCl3 6. C5H10 d. C10H20 e.

etena 10. antrasena d.. zat warna d.. Hidrokarbon yang dapat digunakan sebagai obat bius adalah .. sintetis serat buatan e. serat pakaian c. Etuna dapat digunakan sebagai . gliserol b. polistirena c. anti lengket pada alat masak 20 . empat ikatan e.. Alkena memiliki ikatan karbon sebanyak . a. dua ikatan c.. pembuatan pipa dan karet b. lima ikatan 9. 1 dan 4 8.e. satu ikatan b. butena e. a. tiga ikatan d. a..

A 4.B. b. Apa yang dimaksud dengan senyawa karbon organik? 2. Mengapa semakin panjang rantai atom karbon. E 8. PILIHAN GANDA 1. semakin tinggi pula titik didihnya ? JAWABAN A. B 9. D 5. C 3. ESSAY 1. B 6. D 7. E 10. A 2. C2H8 + 3O2 → 2CO + 4H2O C2H4 + 3O2 → 2CO2 + 2H2O 3. sedangkan lemak padat. ESSAY 21 . Dari reaksi berikut yang manakah senyawa hidrokarbon yang mengalami pembakaran sempurna : a. D B. Pada suhu kamar. mengapa? 4. Minyak dan lemak tergolong hidrokarbon. minyak berupa cair.

Adanya ikatan rangkap ini menimbulkan gaya antar molekul kurang kuat sehingga minyak mudah mencair. Senyawa karbon organik adalah senyawa karbon yang dapat disentesis diluar tubuh makhluk hidup . Dalam minyak terdapat ikatan rangkap tidak jenuh. 3.1. Pembakaran sempurna pada senyawa hidrokarbon akan menghasilkan CO2 dan H2O jadi yang mengalami pembakaran sempurna adalah pada reaksi b. menjadikan titik didihnya semakin tinggi 22 . 4. sedangkan dalam lemak tidak memiliki ikatan rangkap tidak jenuh. seperti yang kita lihat pada reaksinya menghasilkan CO2 dan H2O sedangkan pada reaksi a tidak mengalami pembakaran sempurna karena pada hasil reaksinya tidak menghasilkan CO2 dan H2O melainkan CO dan H2O. misalnya karbonat. 2. gas karbon dioksida dan karbon monoksida. Karena semakin panjang rantai atom karbon maka massa molekul relatifnya makin besar juga sehinggan mengakibatkan gaya van der walls (gaya tarik menarik) antar molekul makin kuat.