P. 1
Ragam Alat Musik Nusantara

Ragam Alat Musik Nusantara

|Views: 7,226|Likes:
Published by Hafidh Ramadhani

keragaman alat musik di 34 provinsi di Indonesia

keragaman alat musik di 34 provinsi di Indonesia

More info:

Published by: Hafidh Ramadhani on Dec 08, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

09/17/2013

pdf

text

original

Ragam Alat Musik Nusantara

Disusun Oleh :
Hafidh Ramadhani
KELAS IXA NO 15

SMP Negeri 1 MagetaN

eragaman Musik Tradisional diIndonesia sangat bermacam-macam. Setiap provinsi diIndonesia memiliki budaya masing-masing, akan tetapi kali ini yang dibahas adalah Keragaman Musik Tradisional disetiap Provinsi diIndonesia. Musik Tradisional Nusantara adalah Musik yang berkembang diseluruh wilayah Nusantara dan merupakan kebiasaan turun-menurun yang masih dijalankan dalam suatu kelompok masyarakat. Di Indonesia terdapat 34 provinsi , dimana Provinsi Kalimantan merupakan provinsi baru berdiri tanggal 25 Oktober 2012 yang merupakan provinsi pemerkaran . Berikut Musik Tradisional dari 34 provinsi tersebut : 1.

K

Nanggro Aceh Darussalam (NAD)
Ciri khas dari musik daerah Aceh mendapat banyak pengaruh dari budaya islam, baik syair lagu yang dilantunkan maupun jenis alat musik yang digunakan. Alat musiknya adalah Serune Kalee (Serunai) . Cara memainkannya adalah ditiup .

2.

Sumatera Utara (SUMUT)
Musik daerah Sumatera Utara banyak dipengaruhi oleh musik Gereja. Terdapat 2 jenis musik yaitu tata ganing dan gondang . Alat musik dari Sumatera Utara adalah Aramba yang cara memainkannya dengan cara dipukul. Bentuknya sama seperti Gong akan tetapi pasti memiliki perbedaan.

3.

Sumatera Barat (SUMBAR)
Musik daerah Sumatera Barat dikenal dengan istilah talempong. Tema lagunya diangkat dari peri kehidupan masyarakat sekitar. Pengembangan musik tradisional yang cenderung mengarah kepada penyesuaian keperluan apresiasi masyarakat masa kini yang dinamis dan perilaku yang serba cepat, maka pertimbangan pengembangan musik tradisional mengarah pula kepada penempatan dinamika musikal sebagai dasar desain dramatik penggarapan musik itu sendiri. Alat musiknya adalah Saluang yang memainkannya dengan cara ditiup.

4.

Riau
Alat musik dari Riau adalah Gambus yang cara memainkannya dengan cara dipetik . Alat musik ini memiliki kaitan erat dengan kegiatan adat, tradisi maupun keagamaan yang terwarisi secara turun menurun. Didalam musik khas Riau terdapat mantra dan serapah.

5.

Kepulauan Riau
Kepulauan Riau juga memiliki musik tradisional yang telah diwarisi secara turun menurun sejak dahulu. Alat musik dari Kepulauan Riau adalah Gendang Panjang yang tidak lepas juga dengan Marwad . Cara memainkannya cukup ditabuh / ditepuk menggunakan telapak tangan.

6.

Jambi
Pada mulanyaseni musik daerah Jambi merupakan seni musik yang masih bersifat tradisional. Namun seiring majunya perkembangan zaman, maka alat-alat musik sudah banyak yang memakai alat musik modern. Akan tetapi alat musik masih dipergunakan, bahkan dipertahankan. Alat musik dari daerah Jambi adalah Genggong yang cara memainkannya dengan cara ditiup.

7.

Sumatera Selatan (SUMSEL)
Alat Musik dari Sumatera Selatan adalah Akordeon yang biasanya digunakan untuk menyambut raja.

8.

Bangka Belitung (BABEL)
Alat Musik dari Bangka Belitung adalah Gendang Melayu yang cara memainkannya dengan cara ditabuh.

9.

Bengkulu
Alat musik dari daerah Bengkulu adalah Doll yang pertama kali dibawa oleh pedagang India. Ukurannya sangat bervariasi.Masyarakat bengkulu memainkannya secara berkelompok dirumah-rumah maupun sanggar.

10.

Lampung
Alat Musik dari Lampung adalah Bende yang masih alat musik klasik.

11.

DKI Jakarta
Alat Musik dari DKI Jakarta adalah Tehyan yang cara memainkannya dengan cara digesek.

12.

Jawa Barat (JABAR)
Alat Musik dari Provinsi Jawa Barat adalah Angklung. Angklung adalah alat yang terbuat dari bambu .

13.

Banten
Alat Musik dari Provinsi Banten adalah Gendang yang cara memainkannya dengan cara ditabuh.

14.

Jawa Tengah (JATENG)
DiJawa Tengah dapat dijumpai beragam alat musik namun yang paling terkenal adalah Gamelan, dalam musik gamelan digunakan nada petantonis dalam laras pelog dan slendro.

15.

Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY)
Daerah Istimewa Yogyakarta memiliki Gendang sebagai alat musik khas daerahnya. Gendang memainkannya dengan cara ditabuh / dipukul dengan tangan.

16.

Jawa Timur (JATIM)
Alat Musik daerah Jawa Timur yaitu Bonang. Cara memainkan bonang dengan cara dipukul dengan pemukul khusus.

17.

Bali
Alat Musik daerah Bali yaitu Ceng-ceng. Cara memainkan Ceng-ceng yaitu dengan menjepit pegangannya dengan kedua telapak tangan kemudian saling ditepukkan hingga mengeluarkan bunyi / suara.

18.

Nusa Tenggara Barat (NTB)
Alat Musik dari daerah Nusa Tenggara Barat masih dipengaruhi oleh alat musik daerah Jawa. Namun begitu daerah Nusa Tenggara Barat mempunyai alat musik khas daerah yaitu Serunai yang cara memainkannya dengan cara ditiup .

19.

Nusa Tenggara Timur (NTT)
Provinsi Nusa Tenggara Timur mempunyai alat musik yang sangat khas yaitu Sasando . Cara memainkannya cukup dipetik. Sasando terbuat dari daun rote .

20.

Kalimantan Barat (KALBAR)
Alat musik dari Provinsi Kalimantan Barat adalah Tuma. Yang cara memainkannya ditepuk menggunakan telapak tangan.

21.

Kalimantan Tengah (KALTENG)
Alat musik dari Provinsi Kalimantan Tengah adalah Japen. Yang cara memainkannya dipetik.

22.

Kalimantan Selatan (KALSEL)
Alat musik dari Provinsi Kalimantan Selatan adalah Panting. Yang cara memainkannya dipetik pada bagian senarnya.

23.

Kalimantan Timur (KALTIM)
Alat musik dari Provinsi Kalimantan Timur adalah Sampe. Yang cara memainkannya dipetik pada bagian Senarnya.

24.

Sulawesi Utara (SULUT)
Kolintang adalah alat musik daerah yang berasal dari Provinsi Sulawesi Utara. Cara memainkannya dengan memukul menggunakan alat khusus.

25.

Sulawesi Barat (SULBAR)
Provinsi Sulawesi Barat alat musik daerahnya sama dengan Provinsi Sulawesi Selatan seperti Keso-keso maupun yang lainnya.

26.

Sulawesi Tengah (SULTENG)
Alat musik di Sulawesi Tengah bervariasi antara daerah yang satu dengan daerah lainnya. Namun yang khas Sulawesi Tengah adalah Ganda . DiSulawesi Tengah Ganda sebagai alat musik hiburan bukan untuk keagamaan.

27.

Sulawesi Tenggara (SULTRA)
Alat musik yang berasal dari Sulawesi Tenggara adalah Lado-lado . Lado-lado bentuknya hampir sama dengan Kolintan tetapi tetap memilik perbedaan untuk memunculkan kekhasan daerah itu .

28.

Sulawesi Selatan (SULSEL)
Alat musik yang berasal dari Sulawesi Selatan adalah Kecapi . Namanya sama ,akan tetapi Kecapi dari Sulawesi Selatan bentuknya lebih ramping dan memanjang.

29.

Gorontalo
Alat musik yang berasal dari Gorontalo adalah Ganda. Bentuknya seperti Gendang, cara memainkannya ditepuk dengan telapak tangan.

30.

Maluku
Provinsi Maluku memilik beragam alat musik tradisional seperti Nafiri, Floit, Totobuang, Tifa, Idiokordo, Sulepe, Bangsil.

Nafiri 31.

Tifa

Totobuang

Maluku Utara
Alat musik dari daerah Maluku Utara banyak dipengaruhi Oleh kebudayaan Islam. Alat musiknya adalah Fu (Korno) . Fu terbuat dari cangkang keong yang berukuran besar. Cara memainkannya ditiup serta dikendalikan oleh telapak tangan sebagai pengatur suara

32.

Papua Barat
Alat musik dari daerah Papua Barat adalah Guoto. Cara mainnya dipetik pada bagian senarnya

33.

Papua
Diprovinsi Papua Tifa alat musik daerahnya. Selain Tifa Provinsi Papua juga memiliki alat musik Atowo yang Juga musik khas daerah Papua.

34.

Kalimantan Utara (KALTARA)
Untuk Provinsi Kalimantan Utara belum ada musik khas atau musik asli dari daerah tersebut. Dikarenakan Provinsi Kalimantan merupakan provinsi baru yang berdiri tanggal 25 Oktober 2012.

Negara kita Republik Indonesia mempunyai beragam Alat Musik Tradisional yang khas dari
setiap daerah. Indonesia mempunyai beragam budaya , suku, kebudayaan, bahasa, dll akan tetapi tetap satu yaitu INDONESIA. Maka dari itu kita harus mewarisi kebudayaan itu agar tidak punah maupun diambil oleh budaya dari luar, agar anak cucu kita dapat menikmati beraneka ragamnya kebudayaan kita.

TERIMA KASIH

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->