P. 1
Ilmu Murni Dan Ilmu Terapan Fix

Ilmu Murni Dan Ilmu Terapan Fix

|Views: 969|Likes:
Published by Christine Prita Bie

More info:

Published by: Christine Prita Bie on Dec 09, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

06/10/2014

pdf

text

original

ILMU MURNI ATAU ILMU TERAPAN

Mana yang lebih penting dikembangkan di Indonesia

DOSEN PENGAJAR : Prof. Ir. Dewa Ketut Harya Putra, M.Sc, Ph.D

OLEH : Christine Prita Purwanto 1291261009

PROGRAM PASCA SARJANA ILMU LINGKUNGAN UNIVERSITAS UDAYANA DENPASAR 2012

teknologi atau ilmu terapan memberikan sumbangan penemuan-penemuan kepada prinsip atau hukum-hukum baru. berbagai saran dan solusi disebarluaskan kepada masyarakat luas sebagai upaya antisipasi dan dianjurkan kepada pemerintah supaya masalah tersebut ditinjaklanjuti. Melihat kondisi kita di Indonesia saat ini. Misalnya. Lampung. contoh: Fisika. akhir-akhir ini di Indonesia disibukkan dengan bencana gempa dan gelombang Tsunami yang melanda sebagian besar wilayahnya. dalam arti ilmu pengetahuan murni bertujuan untuk membentuk dan mengembangkan ilmu pengetahuan untuk mempertinggi mutunya. yaitu: Ilmu murni dan ilmu terapan. teknik. maka semakin luas kajian ilmu. Sebaliknya. rasa ketakutan menyelimuti hampir seluruh warga pesisir pantai. Matematika. Sedangkan Ilmu Murni hanya bermanfaat untuk ilmu itu sendiri dan berorientasi pada teori. Kimia. Oleh karena itulah para geolog. Dalam rangka memenuhi dan meningkatkan mutu kebutuhan hidup tidak bisa terlepas dari ilmu murni dan terapannya di berbagai bidang. dengan menggunakan metode-metode tertentu. jika . Misalkan. Ilmu murni tidak berperan langsung terhadap kehidupan manusia tetapi antara ilmu murni dan ilmu terapan mempunyai hubungan yang erat. Menurut Menurut kamus besar Bahasa Indonesia (Depdikbud 1988) ilmu merupakan kumpulan pengetahuan yang disusun secara sistematis. dan pengamat gempa bekerja sama mencari penyebab-penyebab terjadinya gempa. ekonomi. Dari konsep ilmu murni dapat dikembangkan menjadi ilmu terapan. contoh: ilmu kedokteran. dan Biologi. Ilmu dapat diklasifikasikan menjadi 2. Berdasarkan hasil penelitian tersebut. hukum. Yogyakarta bahkan Singaraja. Dengan semakin berkembangnya pengetahuan manusia. Mulai Aceh. Sedangkan ilmu terapan (praktis) berarti mencakup manfaat ilmu untuk kehidupan sehingga ilmu terapan. ahli demografi. ilmu murni (teoritis) cenderung didefinisikan sebagai ilmu yang hanya terfokus pada ilmu itu sendiri. Akibatnya ketenangan masyarakat menjadi terganggu. yang berupa kumpulan teori-teori ilmiah yang bersifat dasar dan teoritis sehingga belum dikaitkan dengan masalah kehidupan yang bersifat praktis. perlu dikembangkan Ilmu Terapan (appied science) karena ilmu itu sendiri dapat langsung diterapkan kepada masyarakat karena bertujuan untuk mempergunakan hal ikhwal ilmu pengetahuan demi kemajuan dan kesejahteraan masyarakat luas.Ilmu pengetahuan manusia berkembang setelah manusia mulai mempunyai kemampuan untuk membaca dan menulis serta membukukan pengetahuan yang ditemukannya. pertanian.

sebagai contoh ialah N total. setiap perubahan-perubahan yang terjadi dalam masyarakat akan menimbulkan pertentangan yang mengakibatkna terganggunya keseimbangan masyarakat. internet. 3. Hasil dari penelitian itu akan menghasilkan suatu ilmu yang termasuk ilmu murni. Alat laboratorium banyak ditemukan karena serin dipakai untuk analisa rutin. sebagai contoh untuk analisa unsurunsur mikro seperti Fe.seseorang ingin menguji kebenaran teori konflik yang dikemukakan oleh Ralp Dahredorf dimana menurut Beliar. jurnal. Berdasarkan teori itulah seseorang melakukan sejumlah penelitian untuk membuktikan kebenaran teori tersebut. 2. Berikut ini merupakan perbedaan beserta contoh ilmu murni dan terapan. DHL dan lain-lain. DIY. contoh:     Sebaran inceptisol di lereng selatan Gunung Merapi. Tujuan penelitian untuk memperdalam dan mengembang ilmu pengetahuan. Cu. dan lain-lain. 3. Zn. Literature baik text book. 4. Apllied Science (ilmu Terapan/Edaphology) 1. Tujuan penelitian untuk mengembangkan atau menyelesaikan permasalahan aplikasi langsung di masyarakat. A. Evaluasi kesesuaian lahan untuk tanaman pangan di kabupaten Kilon Progo. Alat laboratorium jarang didapatkan. Pemanfaatan campuran bahan zeolite dengan bahan kompos dalam meningkatkan daya ikat tanah terhadap lengas. Kombinasi takaran pupuk kandang dan bahan gypsum dalam meningkatkan permeabilitas tanah di lahan lempung berqat. mudah ditemukan. 2. P tersedia. Ilmu Murni (pure science) 1. Co. pH H2O. . Literature susah didapatkan karena ilmu terlalu murni hanya untuk pengetahuan. Hasil penelitian kurang diminati masyarakat karena bernilai ekonomi rendah. K tersedia. B.

contoh:    Pengaruh pemberian pupuk hijau terhadap peningkatan produksi padi sawah.4. Contoh ilmu murni dan terapan. kimia dan ilmu sains lainnya. matematika dan kimia. Hasil penelitian diminati oleh masyarakat karena bernilai ekonomi tinggi. Tabel 1. Pemberian kombinasi kompos jerami dan pupuk kandang sapi dalam meningkatkan produksi padi sawah. Penerapan ilmu-ilmu sains di Indonesia sendiri terus berkembang dalam bidang fisika. Namun harus selalu diingat bahwa penerapan ilmu selalu akan menimbulkan dampak positif dan negatif bagi kehidupan manusia.Untuk itu perlu adanya etika yang mengatur aplikasi ilmu terapan di bidang biologi. Peningkatan produksi kedelai dengan berbagai cara pemberian air irigasi. . biologi.

ubb. Makalah Filsafat Ilmu. [cited. Ilmu Murni dan Ilmu Terapan. 2012 November 11].ac. Available from: http://arinmarinda.Referensi : Marinda. Pengertian Filsafat Ilmu.blogspot. Available from http://ilmukamu. 2012 November 11].com/2011/08/ilmu-murni-dan-ilmuterapan. Available from http://ismedinonu. 2012 November 11]. Arin. [cited. [cited.id/wp-content/uploads/2012/03/Kuliah-IVpengertian-filsafat-ilmu/ .com/2012/07/24/makalah-filsafat-ilmu/ Ismed. Wahyu. 2011. 2011. 2012.html/ Setiawan.wordpress.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->