PROGRAM SEMESTER I KELOMPOK : B TEMA : KEBUTUHANKU WAKTU : 4 MINGGU

LINGKUP PERKEMBANGAN I. NILAI-NILAI AGAMA DAN MORAL

Tingkat Pencapaian Perkembangan

Tingkat Pencapaian Perkembangan

Tingkat Pencapaian Perkembangan 3.Memahami perilaku mulia ( jujur,penolong,sopan,h ormat,dsb )

Tingkat Pencapaian Perkembangan 4.Membedakan perilaku baik dan buruk

Tingkat Pencapaian Perkembangan 5.Mengenal ritual dan hari agama

Tingkat Pencapaian Perkembangan 6.Menghormati agama orang lain

2. Mengenal agama
yang dianut.

1. Membiasakan diri
beribadah.

Indikator :
1. Menyanyi lagu –lagu keagamaan 2. Mengenal tempat – tempat ibadah 3. Bersyair yang bernafaskan agama 4. Menyebutkan ciptaan – ciptaan Tuhan

Indikator :
5. Berdoa sebelum dan sesudah melaksanakan kegiatan secara berurutan 7. Melaksanakan gerakan beribadah secara berurutan namun belum secara rutin

Indikator : 8. Suka menolong teman dan orang dewasa 9. Menyayangi sahabat 10. Menyayangi yang lebih muda 11.Mau berbagi dengan orang lain 13. Meminta tolong dengan baik 14. Mau mengalah 16.Menutup mulut dan hidung bila bersin / batuk 18. Menghargai teman atau orang lain

Indikator : 20. Menyiram/ atau merawat tanaman. 21. Berbuat baik terhadap sesama teman, misal: tidak mengganggu orang yang sedang melakukan kegiatan 22. Memberi makan binatang 23. Berterimakasih jika memperoleh sesuatu. 29. Menyebutkan perbuatan salah dan benar.

Indikator : 30. Mengenal hari-hari besar agama

Indikator : 32. Menyebutkan macam-macam agama yang dikenal

14. berdiri diatas satu kaki dengan seimbang 9. tangan/kaki. Meloncat dari ketinggian 30-40 cm. berjalan mundur. bergantung dan berayun 8. 25. Indikator : 21. Merayap dan merangkak dengan berbagai variasi. Melakukan gerakan tubuh secara terkoordinasi untuk melatih kelenturan. Berlari sambil melompat seimbang tanpa jatuh. Mengekspresikan berbagai gerakan kepala. 13. keseimbangan. 7. 3. menirukan gerakan tanaman yang terkena angin (spoi-spoi. Mengekspresikan gerakan sesuai dengan syair lagu dan cerita. kepala dalam menirukan tarian atau senam. Memutar dan mengayunkan lengan Meliukkaan tubuh Membukukkan badan Berjalan ke berbagai arah misal: Berjalan maju pada garis lurus. Melemparkan obyek ke sasaran dengan satu atau dua tangan 27. berlari dan sebagainya). Berdiri dengan tumit. A. 4. Melompat ke berbagai arh dengan satu atau dua kaki 6.PROGRAM SEMESTER I KELOMPOK : B TEMA : KEBUTUHANKU WAKTU : 4 MINGGU LINGKUP PERKEMBANGAN II. angin kencang dan kencang sekali) dengan lincah. Indikator : 18. Bertepuk tangan membentuk irama . Tingkat Pencapaian Perkembangan 3. Melambungkan berbagai obyek berbagai bentuk dan ukuran dengan satu atau dua tangan 23. berjalan diatas papan titian. 5. Menari menurut irama musik yang di dengar. dan lentur. Bertepuk tangan dengan 3 pola 28. Bermain dengan simpai (digelindingkan sambil berjalan.Naik sepeda roda dua atau naik otopet Indikator : 11. 17. 2. 22. 10. dengan irama musik/ritmik. Menyanyi sambil berekspresi sesuai lagu anak. misal: menirukan berbagai gerakan hewan. Melemparkan objekke beberapa arah dengan tangan kiri atau kanan. Menangkap objek sesuai bentukdan ukuran dengan satu atau dua tangan 24. berjalan ke depan dengan tumit berjalan ke depan dengan jinjit. Menggulirkan bola menyusuri tanah/lantai dengan satu/dua tangan 26. Melakukan permainan fisik dengan aturan Tingkat Pencapaian Perkembangan 4. Terampil menggunakan tangan kanan dan kiri Indikator : 1. Senam fantasi bentuk meniru. Bergerak bebas dengan irama musik. Mengekspresikan diri dalam gerak bervariasi. Memanjat. 12. Melakukan koordinasi gerakan kaki. FISIK MOTORIK KASAR Tingkat Pencapaian Perkembangan 3. Tingkat Pencapaian Perkembangan 2. dan kelincahan. 15. tangan. 16.

50. Membuat lingakaran dan persegi dengan rapi. daun-daunan. Menggunting dengan berbagai media berdasar kan bentuk /pola(lurus. Meniru melipat kertas sederhana (5-6 lipatan). Menjahit bervariasi (jelujur dan silang) dengan tali rafia. 42. Membuat berbagai bentuk dari kertas. kertas. Menganyam dengan berbagai media misal :kain perca. tali sepatu. benang wol. segi tiga). datar. 40. . 43. Meniru Bentuk Tingkat Pencapaian Perkembangan 3. Mencocok dengan pola buatan guru atau ciptaan anak sendiri. Motorik Halus Tingkat Pencapaian Perkembangan 2. Meniru membuat garis tegak. Membuat berbagai bentuk dengan plastisin. sedotan. Menyusun berbagai bentuk dari balok-balok. dll. dll.Mewarnai bentuk gambar sederhana dengan rapi. Tingkat Pencapaian Perkembangan 4. Indikator 59. lengkung. Menciptakan bentuk bangunan balok yang lebih komplek 52. dll. FISIK B. miring. Memegang pensil dengan benar (antara ibu jari dan dua jari) 60. Indikator 61. Menciptakan bentuk dari kepingan geometri 54. Melakukan eksplorasi dengan berbagai media dan kegiatan. play dough/ tanah liat. Menggunting sesuai dengan pola Indikator 39. 41. daun. Indikator 45. Meronce manik-manik sesuai pola. 62. Menggunakan alat tulis dengan benar Tingkat Pencapaian Perkembangan 5. 47. 46. dll. Mencocok bentuk. Membatik dengan jumputan 44. 51. pasir.PROGRAM SEMESTER I KELOMPOK : B TEMA : KEBUTUHANKU WAKTU : 4 MINGGU LINGKUP PERKEMBANGAN II. dan lingkaran. lengkung.

Makan bersama Makanan bergizi . Kesehatan Fisik Tingkat Pencapaian Perkembangan 1.PROGRAM SEMESTER I KELOMPOK : B TEMA : KEBUTUHANKU WAKTU : 4 MINGGU LINGKUP PERKEMBANGAN II. Mengukur tinggi badan Indikator 70. FISIK C. Pemeriksaandokter 71. Memiliki kesesuaian antara tinggi dengan berat badan. Memiliki kesesuaian antara usia dengan badan tinggi Tingkat Pencapaian Perkembangan 3. Menimbang berat badan Indikator 68. Tingkat Pencapaian Perkembangan 2. Indikator 67. Memiliki kesesuaian antara usia dengan berat badan.

ukuran. pilot. bentuk. PENGETAHUAN UMUM DAN SAINS Tingkat Pencapaian Perkembangan 1. Mengelompok kan benda dengan berbagai cara yang diketahui anak. siang. Menunjukkan inisiatif dalam memilih tema permainan (seperti: ”ayo kita bermain pura-pura seperti burung”). misal : menurut warna. . ukuran atau ciriciri tertentu. tenggelam) bendabenda yang dijatuhkan (gravitasi) Indikator 9. bau dan suara berdasarkan percobaan 4. Menyusun kepingan puzle menjadi bentuk utuh (7-10 keping). Memecahkan masalah Sederhana dalam kehi dupan sehari . Tingkat Pencapaian Perkembangan 3. Menunjuk sebanyakbanyaknya benda. 3. Mengenal berbagai macam profesi (contoh : dokter. Menunjukkan sedikitnya 12 benda berikut fungsinya. Tingkat Pencapaian Perkembangan 5. Membedakan bermacam-macam rasa. Menyusun perencanaan kegiatan yang akan dilakukan.benda dimasukkan ke dalam air (terapung. Menyebutkan nama-nama hari dalam satu minggu.hari Indikator 1. 10. malam). 11.PROGRAM SEMESTER I KELOMPOK : B TEMA : KEBUTUHANKU WAKTU : 4 MINGGU LINGKUP PERKEMBANGAN III. Menunjukkan aktivitas yang bersifat eksploratif dan menyelidik (seperti: apa yang terjadi ketika air ditumpahkan). Mengerjakan mazze (mencari jejak yang seder hana (tiga empat jalan) 19. Benda. Membedakan konsep Indikator 7. jeni. KOGNITIF A. hewan. polisi. Tingkat Pencapaian Perkembangan 6. tanaman yang mempunyai warna. melayang. Mengklasifikasi benda berdasarkan fungsi. dll). 21. Tingkat Pencapaian Perkembangan 2. dll. bentuk. Indikator 18. Indikator 15. 5. Membedakan waktu (pagi. Memasang benda sesuai dengan pasangannya. 2. Menyebutkan waktu/jam. 20. Mencari lokasi tempat asal suara. satu bulan dan mengetahui jumlah bulan dalam satu tahun.

Mengelompokkan bentuk bentuk geometri (lingkaran. Membedakan konsep penuh kosong melalui mengisi wadah dengan air. Menunjukkan jumlah yang sama . 30. kiri-kanan. Membedakan konsep banyak sedikit. samatidak sama 32.dll.PROGRAM SEMESTER I KELOMPOK : B TEMA : KEBUTUHANKU WAKTU : 4 MINGGU LINGKUP PERKEMBANGAN III. Mengklasifikasikan benda berdasarkan warna. dll) 28. Membedkan konsep depanbelakang-tengah-atas. 25.bijian. segi empat. UKURAN DAN POLA Tingkat Pencapaian Perkembangan 1.kurang.ciri tertentu. bentuk. ukuran atau ciri. Tingkat Pencapaian Perkembangan 2. KOGNITIF B. lebih . pasir. biji. lebih banyak dan lebih sedikit dari dua kumpulan benda. Menyebutkan benda-benda yang berbentuk geometri Indikator 31. WARNA. KONSEP. atasbawah.tidak sama. hewan. bentuk. Menunjuk sebanyak-banyaknya benda. 33. tanaman yang mempunyai warna. keluar-masuk. . BENTUK. “kurang dari”. Membedakan benda. beras. atau kelompok Indikator 24. naik-turun. Mengklasifikasikan benda yang lebih banyak ke dalam kelompok yang sama atau kelompok yang sejenis. Menyebutkan hasil penambahan (menghubungkan dua kumpulan benda. Indikator 26. dan ukuran (3 variasi) Tingkat Pencapaian Perkembangan 3.benda yang berbentuk geometri. 27. Mengenal perbedaan berdasarkan ukuran: “lebih dari”. segi tiga. dan “paling/ter”. luardalam. pertama-terakhirdiantaranya.

Membilang dengan menunjuk benda (mengenal konsep bilangan dengan bendabenda sampai 10. Membuat coretan/tulisan yang berbentuk huruf/kata berdasarkan gambar yang dibuatnya. . Indikator 42. LAMBANG BILANGAN DAN HURUF Tingkat Pencapaian Perkembangan 1. Indikator 38. Membilang/menyebut urutan bilangan dari 1-20 Indikator 39. 40.PROGRAM SEMESTER I KELOMPOK : B TEMA : KEBUTUHANKU WAKTU : 4 MINGGU LINGKUP PERKEMBANGAN III. 41. Menyebutkan lambang bilangan 1-10 Tingkat Pencapaian Perkembangan 2. KOGNITIF C. Menunjuk urutan benda untuk bilangan sampai 10. Mengenal berbagai macam lambing huruf vokal dan konsonan. Mencocokkan bilangan dengan lambing bilangan. Tingkat Pencapaian Perkembangan 3. Menghubungkan / memasangkan lambang bilangan dengan benda-benda sampai 10 (anak tidak disuruh menulis). KONSEP BILANGAN.

Menirukan kembali bunyi/suara tertentu 7. duduk. Menyebutkan gerakan-gerakan misal: misal: Indikator 5. Menyebutkan gerakan-gerakan jongkok. Memahami aturan dalam suatu permainan. Indikator 8.4. Mengerti beberapa perintah secara bersamaan. Menerima pesan sederhana dan menyampai-kan pesan dengan runtut 3. Meniru kembali 4-5 urutan kata. Memahami aturan dan melakukan bermacam macam permainan . dll . Mengulang kalimat yang lebih kompleks Tingkat Pencapaian Perkembangan 3. Menerima Bahasa Tingkat Pencapaian Perkembangan Tingkat Pencapaian Perkembangan 2. Melakukan 3-5 perintah secara berurutan dengan benar. berlari. Membedakankembali bunyi/suara tertentu 6. makan .PROGRAM SEMESTER I KELOMPOK : B TEMA : KEBUTUHANKU WAKTU : 4 MINGGU LINGKUP PERKEMBANGAN IV. 1. 2. Indikator 1. BAHASA A.

kamu. Berbicara lancar dengan menggunakan kalimat yang komplek terdiri dari 5-6 kata. di kiri. Menyanyi lebih dari 20 lagu anak. Indikator 15. Bercerita mengguna kan kata ganti aku. Indikator 10. Menyanyi lagu anak sambil bermain musik. Mengurutkan dan menceritakan isi gambar seri (46) gambar . serta mengenal simbolsimbol untuk per siapan membaca. di depan. Memiliki lebih banyak kata-kata untuk mengekpresikan ide pada orang lain. Menyusun kalimat sederhana dalam struktur lengkap (pokok kalimatpredikat-keterangan). di belakang. Tingkat Pencapaian Perkembangan 4. B.Menjawab pertanyaan yang lebih kompleks Tingkat Pencapaian Perkembangan 3. di dalam. 20. BAHASA . Menjawab perta nyaan sederhana. saya. Berkomunikasi secara lisan . di kanan. dia. 18.Melanjutkan sebagian cerita/ dongeng yang telah diperdengarkan. di atas. 28. Tingkat Pencapaian Perkembangan 5. di bawah. menulis dan berhitung. 12. memiliki perbendaharaan kata. Tingkat Pencapaian Perkembangan 6. Mengungkapkan Bahasa Tingkat Pencapaian Perkembangan 1. Mengucapkan sajak dengan ekspresi yang bervariasi misal: perubahan intonasi. Bercerita tentang gambar yang disediakan atau dibuat sendiri dengan urut dan bahasa yang jelas. Menggunakan kata-kata yang menunjukkan urutan. Memberikan keterangan yang berhu bungan dengan posisi/ keterangan tempat misal: di luar. Indikator 23.dll. Mendengarkan dan mencerita kan kembali cerita secara runtut. 22. 17. di muka. mereka Indikator 27.PROGRAM SEMESTER I KELOMPOK : B TEMA : KEBUTUHANKU WAKTU : 4 MINGGU LINGKUP PERKEMBANGAN IV. 16. Menceritakan gerak pantomim ke dalam bahasa lisan. Menceritakan pengalaman/kejadian secara sederhana dengan runtut 24. Indikator 25. perubahan gerak dan penghayatan. Membaca buku cerita bergambar menceritakan nya. 19.

dll). Keaksaraan Tingkat Pencapaian Perkembangan 2. Mengenal suara huruf awal dari nama benda benda yang ada di sekitarnya. tulisan dan benda yang dikenal atau dilihatnya. Membaca nama sendiri. Menulis nama panggilan sendiri. Tingkat Pencapaian Perkembangan 5. Tingkat Pencapaian Perkembangan 6.PROGRAM SEMESTER I KELOMPOK : B TEMA : KEBUTUHANKU WAKTU : 4 MINGGU LINGKUP PERKEMBANGAN IV. Indikator 33. Menuliskan nama sendiri. Membaca beberapa kata berdasarkan gambar. Indikator 35. Indikator 31. BAHASA C. Indikator 34. Membedakan kata-kata yang mempunyai suku kata awal yang sama ( misal: kaki-kali) dan suku kata akhir yang sama (misal: nama-sama. Memahami hubungan antara bunyi dan bentuk huruf. . Menghubungkan dan menyebut -kan tulisan sederhana dengan simbol yang melambangkannya. Tingkat Pencapaian Perkembangan 4.

sedih. membuang sampah pada tempatnya. Berani bertanya dan menjawab. Memiliki sikap gigih (tidak mudah menyerah).) Tingkat Pencapaian Perkembangan 7. DAN KEMANDIRIAN . dll ) Indikator 25. 26. . Memelihara lingkungan (misal: tidak mencoret-coret tembok. Indikator 3. SOSIAL. gembira. Tingkat Pencapaian Perkembangan 3. Mengekspresikan emosi yang sesuai dengan kondisi yang ada (senangsedih-antusias dsb. Tingkat Pencapaian Perkembangan 2.dll). Bekerja sama dalam menyelesaikan tugas Indikator 6. Mengekspresikan perasaannya (misal: marah. Menunjukkan sikap toleran. Bersikap kooperatif dengan teman. EMOSIONAL. kaget. . Tingkat Pencapaian Perkembangan 1.PROGRAM SEMESTER I KELOMPOK : B TEMA : KEBUTUHANKU WAKTU : 4 MINGGU LINGKUP PERKEMBANGAN V. Mau mengemukakan pendapat secara sederhana. Indikator 10.

13. .1 .10 .35 PT. 6.31 . Membilang dengan benda-benda sampai 10 (membilang gambar celana). Mencontoh kata urutan empat sehat lima sempurna.14 Bercerita (tentang anak yang mau mengalah pada temannya).Sosem. mangkok.27 . . □ ke dalam kolom yang tersedia. Menyebutkan nama-nama hari dalam satu minggu.BHS.9 Bercerita ”Damai itu indah” . Menirukan 5 urutan kata misal: Piring.Sosem.BHS. Menghubungkan antara gambar dengan kata yang sesuai. .BHS. malam. mengekspresikan perasaan (missal: marah. dan senang).KOG.BHS. Bercakap-cakap tentang agama yang ada di Indonesia.32 . . .KOG.7 .34 PT.BHS. Jadi koki.BHS. .KOG.BHS.1 . 2.31 AREA AGAMA PT Menghubungkan gambar tempattempat ibadah dengan pemeluknya. AREA MATEMATIKA . 11. PT Mengelompokkan gambar baju.NAM.NAM.KOG. Macam-macam penyakit yang ditimbulkan karena tidak memelihara kesehatan dan kebersihan. PT.BHS.BHS.24 TJ. gelas.BHS. Menceritakan gambar yang disediakan.13 . Mencontoh angka 1-5 .KOG.38 .FM.25 TJ. Menirukan bunyi benda-benda yang dipukul. Ο. Bermain peran.23 PT.2 . 14.BHS. kebaya.8 Bercakap-cakap tentang tolong menolong.33 PT. PT. .NAM. 5.FM.28 PT.3 Demonstrasi dan PT Menghafal syair ”mukena Baru” . Meniru membuat garis tegak. Manfaat kebersihan dan kesehatan.FM.18 Bercerita ”Doni anak yang baik hati” .NAM. Tentang waktu makan pagi. lengkung menjadi : b a j u.39 . kuning 4.KOG.KOG.60 . PT. . Menghubungkan gambar baju yang jumlahnya sama. . 1.BHS.6 PT. 8.BHS.26 PT.Sosem. Membilang 1 sampai 20. Manfaat makanan/minuman Jenis makanan dan minuman Asal makanan dan minuman Tata tertib makan dan minum Persyaratan makanan sehat: bersih.6 PT. dan ”R” pd gmbr pakaian di rumah. Bercerita menggunakan kata ganti saya. . topi. garpu). .9 .39 PT.16 PT. . Bercerita pengalamannya sendiri.BHS. □.25 PT. Tentang manfaat pakaian.5 .KOG. .4 PT. 3. PT Menghafal do’a sesudah makan. Cara memelihara kebersihan dan kesehatan : => Kebersihan dan kesehatan diri sendiri. . .40 . .KOG. PT Membuat bentuk Ο. AREA DRAMA Dramatisasi “Sayang Adik” Dramatisasi “Cara menyajikan makanan dan minuman”. 15.11 Bercakap-cakap & TJ tentang manfaat makanan.7 PT. RENCANA KEGIATAN MINGGUAN KELOMPOK : B SEMESTER : I KEBUTUHANKU 4 Minggu AREA BAHASA / BACA TULIS . dll. 9. keperluan. Penggunaan pakaian sesuai situasi.59 PT. Melakukan 4 perintah secara berurutan dengan benar. 17. .FM. Mengelompokkan bentuk : ∆. Menempelkan suku kata awal ”ma” .Sosem. . misal: jongkok. Mengurutkan cerita dengan menuliskan angka 1 sampai 4 sesuai dengan urutan cerita. ditutup. tidak basi. Membedakan dan menebak bunyi alat musik.13 PT. .NAM.NAM. 4. 12. . Alat-alat kebersihan Akibat-akibat hidup tidak bersih dan tidak sehat.33 .BHS.NAM.NAM.Sosem.28 PT. dan ”≠” pada gmbr yang tidak sama. .NAM. PT Praktek wudlu. .10 PT. PT.26 Bercakap-cakap tentang makanan sehat. baju kurung.42 PT. .Sosem. Pakaian daerah: baju bodo. tas. membuat urutan gambar sapu 1-5. Menghubungkan jumlah gambar sapu dengan bilangan yang sesuai.15 PT.27 PT. PT. TJ tentang hari besar agama Islam.5 AREA MUSIK Demonstrasi & PT Menyanyi lagu ”Ciptaan Tuhan” PT. Mencontoh kata tentang letak benda. PT. sesuai dengan kelompok masing-masing ke dlm kolom yang tersedia. Menyebutkan hasil penambahan 2 kumpulan gambar alat dapur dan menggambarkannya di kolom yang tersedia. Memberi tanda ”=” pd gmbr yang jumlahnya sama. Menjawab pertanyaan guru.BHS. . Cara memakai pakaian. . => Kebersihan dan kesehatan lingkungan. TJ. 7. Tentang macam-macam penyakit. .18 PT. sendok. PT Memberi tanda M pada gmbr buatan manusia dan T pada ciptaan Tuhan.21 . Demonstrasi dan PT Menutup mulut dan hidung bila bersin.10 PT. dengan rapi. siang.1 PT. Bermain pesan berantai. .NAM.NAM.41 PT Meronce manik-manik dengan pola merah 3. 10. Mendengarkan cerita ”Roti untuk Nenek” lalu menceritakan kembali. Alat makan/minum Tata tertib menyajikan makanan/minuman Manfaat pakaian: kesehatan. Bermain peran.KOG.23 . 16. Mencontoh kata sesuai gerakan pada gambar.NAM. dimasak. Mencari jejak : memberi warna pada jalan ke toko buku yang akan dilewati tono. .NAM.NAM.30 .BHS. sedih. Menunjuk.47 . Menulis nama panggilan.NAM. Memberi tanda ”L” pd gmb anak yang memelihara lingkungan dan ”t” yang tidak.3 PT. .NAM.NAM. Membaca gambar. Membuat gambar dan memberi tulisan sederhana di bawahnya.NAM.16 . PT.. PT. duduk. . PT Memberi tanda √ pada gambar anak yang tdk mengganggu teman dan tanda X pd gmbr anak yg mengganggu teman. Memberi tanda ”S” pd gmbr pakaian sekolah.NAM.4 .KOG. Jenis-jenis pakaian.KOG. . iklim. . keindahan. Bercerita tentang pengalamnnya sendiri. PT.KOG.11 .12 PT.BHS.BHS.29 Bercerita ”Kakak yang nakal”.KOG. Bercakap-cakap tentang cara berterima kasih.31 PT.

15 Praktek langsung bermain halma.. AREA MASAK DM + PT Membentuk membuat lanting PT Makan menu (4 sehat 5 sempurna) PT.KOG. Memasangkan benda sesuai dengan pasangannya. FM.5 Demonstrasi & PT bermain engklek sula manda. FM.68 Mengukur tinggi badan dengan meteran.10 PT Naik sepeda roda dua.KOG. . FM. .67 Menimbang badan dengan timbangan formal. Menangkap bola besar dengan dua tangan.41 . TJ.25 DM & PT Menggulirkan bola mengelilingi lantai dengan satu tangan.24 PT. FM. dll. Menyebut alat masak beserta fungsinya. ke dalam air.8 PT.46 .FM. Bermain mencari asal suara gelas yang dipukul dengan sendok. FM. KOG.9 DM & PT Berlari meloncati rintangan.2 AREA BALOK PT Membuat toko baju.BHS 21 . FM. PT. Memberi tanda “D” pada gambar alat untuk memasak dan “T” yang tidak.8 DM & PT Berdiri dengan satu kaki seperti pesawat terbang. FM. .FM. Menyebutkan perabotan masak yang berbentuk geometri.3 PT.NAM.) FM. . dan panci dipukul dengan centong.20 PT. siang. Menyanyi “Empat sehat lima sempurna”. Bermain menjala ikan. Merangkak mengambil kartu huruf dan kembali dengan merayap.KOG.23 PT. Menimbang beras dengan timbangan. . FM.FM.10 TJ. .NAM.2 Demonstrasi & PT Senam fantasi. Berjalan di atas papan titian FM. PT. PT Menggunting gambar alat kebersihan (tempat sampah sapu). Meraba benda yang ada di dalam kantong.25 PT.) . FM.Sosem.21 PT. gelas dengan tutupny.7 Praktek langsung memasukkan kertas.FM.30 . FM. - KEGIATAN LUAR KELAS PT memberi makan lele.5 PT. FM.FM.11 Senam fantari “Mencuci pakaian” FM.KOG. (sendok dengan piring. Mengisi botol air mineral dengan beras.21 PT. Membedakan waktu pagi.KOG. Membedakan bentuk-bentuk geometri. .20 PT.1 PT. FM.FM. .70 Periksa dokter. bergantung dan berayun.FM. yang kasar apa dan yang halus apa (bermain kantong pintar). PT.1 AREA IPA . FM. gula. Melambungkan bola besar dengan dua tangan.26 DM + PT Melemparkan bola besar ke dalam ring basket.7 PT Memanjat.dll) PT mewarnai gambar sekolah PT Menciptakan bentuk bangunan dari balok PT Menciptakan bentuk dari kepingan geometri PT Menganyam keset DM + PT Membuat bentuk rumah dari kertas DM + PT Menyanyi lagu “ Kebersihan “ DM + PT Menyanyi lagu “ 4 sehat 5 sempurna” DM + PT Menyanyi lagu “ Tahu “ sambil bermain musik DM + PT mengucap sajak “ Baju baru “ PT menceritakan gerak pantomim .FM.15 FM 12 FM 27 FM 28 FM 43 FM 44 FM 50 FM 51 FM 52 FM 54 FM 62 BHS 18 BHS 18 BHS 19 DM & PT Meniru melipat kertas menjadi baju. FM.18 PT Lomba lari mengelindingkan simpai.24 PT. Mencoba macam-macam rasa (garam.22 .42 KOG. batu. Menyiram tanaman. Membuat bentuk bangunan dari balok (misal: bentuk rumah makan atau restoran dll.KOG.4 PT.61 KOG. FM. BHS. Menyusun puzel bentuk baju. .AREA SENI / MOTORIK . plastik dll. . malam.40 . asam).19 KOG.71 .45 . Sosem. PT menari menurut irama ritmik PT Tepuk berpola PT tepuk tangan membentuk irama lagu “Cuci baju “ PT Membatik seprei PT Mencocok bentuk ( rumah.KOG.KOG.3 Demonstrasi & PT Membungkukkan badan memasuki terowongan. . DM & PT Menjahit jelujur dengan benang wool dan bentuk baju.FM. FM. Melempar kantong biji dengan tangan kanan. PT Mencocok bentuk pola baju.KOG.BHS 22 AREA PASIR/AIR .69 Bermain bola basket FM.masjid.4 PT.22 PT.6 Demonstrasi & PT meloncat dari atas dengan ketinggian 40 cm. Demonstrasi & PT Mengayunkan lengan dan memutar tubuh (melempar bola sambil berputar).28 KOG.