P. 1
Pengertian Tempat

Pengertian Tempat

|Views: 191|Likes:
Published by Dedek Alhadi

More info:

Published by: Dedek Alhadi on Dec 09, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/23/2015

pdf

text

original

Pengertian Tempat – Tempat Umum Tempat umum adalah suatu tempat dimana orang banyak berkumpul untuk melakukan

kegiatan baik secara isidentil maupun terus menerus, secara membayaratau tidak membayar (Suparlan, 1988). Kriteria suatu tempat umum adalahterpenuhinya beberapa syarat sebagai berikut: a. Diperuntukkan bagi masyarakat umum. b. Harus ada gedung/tempat yang permanen. c. Harus ada aktivitas (pengusaha, pegawai, dan pengunjung). d. Harus ada fasilitas (saluran air bersih, WC, urinoir, tempat sampah, danlain-lain). Pengertian Pasar Menurut Suparlan (1988), pasar merupakan sekelompok bangunan yangsebagian terbuka tanpa atap yang ditunjukkan dengan keputusan DPRD dimanapara pedagang berkumpul untuk memperdagangkan dan menjual barangdagangannya.Menurut Permendagri nomor 42 tahun 2007 tentang pengelolaan pasar desa,pasar tradisional adalah pasar yang dibangun dan dikelola oleh pemerintah,swasta, koperasi atau swadaya masyarakat setempat dengan tempat usaha berupatoko, kios, los dan tenda, atau nama lain sejenisnya, yang dimiliki/dikelola oleh pedagang kecil menengah, dengan skala usaha kecil dan model kecil, denganproses jual beli melalui tawar menawar. Macam – Macam Pasar Macam – macam pasar menurut Purwanto (1988), sebagai berikut: a. Menurut letaknya: 1. Pasar kota adalah pasar yang letaknya di ibukota propinsi/kabupaten. Umumnya dibuka tiap hari kerja bahkan kadang-kadang juga pada hariMinggu/libur. 2. Pasar desa adalah pasar yang letaknya di desa, ibukota kecamatan, umumnya dibuka pada hari tertentu. b. Menurut bentuknya: 1. Pasar terbuka, yaitu pasar yang berbentuk pelataran terbuka tanpa penutup, dimana penjual barang memperagakan barang – barangnya seperti pasar hewan. 2. Pasar tertutup, yaitu pasar yang terdiri dari loos – loos panjang, toko untuk menjual barang – barang. c. Menurut waktu kegiatan pasar: 1. Pasar pagi adalah pasar yang dibuka antara 07.00 – 12.00. 2. Pasar sore adalah pasar yang dibuka antara 14.00 – 18.00. 3. Pasar malam adalah pasar yang dibuka setelah jam 18.00, biasanya tempat hiburan rakyat yang hanya dibuka pada malam hari. d. Menurut hari buka: 1. Pasar tiap hari buka (pasar kota). 2. Pasar tidak tiap hari buka (pasar desa). e. Menurut pemiliknya:

2007) Sanitasi tempat umum adalah suatu usaha untuk mengawasi dan mencegahkerugian dari pemanfaatan maupun hasil usaha (produk) oleh dan untuk umum terutama yang erat hubungannya dengan timbulnya/menularnya suatu penyakit. los dan dasaran terbuka yang dibuka oleh penjualmaupun suatu pengelola pasar. mengontrol dan mengendalikan segala hal yang ada di lingkungan pasar terutama yang dapat menularkan terjadinya suatu penyakit. Contoh dari pasar modern adalah hypermarket. bangunan biasanya terdiri darikios-kios atau gerai. (Suparlan. pakaian barang elektronik. Menurut jenisnya: 1. jasa dan lain-lain. kain. sayuran. buah. bangunan pasar. Pasar buah g. ada pula yang menjual kue-kue dan barang-barang lainnya. (Chandra. Pasar tradisional merupakan tempat bertemunya penjual dan pembeliserta ditandai dengan adanya transaksi penjual pembeli secara langsungdan biasanya ada proses tawarmenawar. Sanitasi lingkungan pasar ini terkait semua hal yang ada di dalam pasar meliputi letak pasar. mencegah. selain bahan makanan makanan seperti buah. 1988) Sanitasi Lingkungan Pasar Sanitasi lingkungan pasar adalah usaha untuk mengawasi. dan daging. Menurut fasilitasnya: 1. dan minimarket. Selainitu. Pengertian Sanitasi Tempat Umum Sanitasi lingkungan adalah cara dan usaha individu atau masyarakat untuk mengontrol dan mengendalikan lingkungan hidup eksternal yang berbahaya bagi kesehatan serta yang dapat mengancam kelangsungan hidup manusia. namun pasar jenis ini penjual dan pembeli tidak bertransakasi secara langsung melainkan pembeli melihat label harga yang tercantum dalam barang (barcode).Pasar swasta/swadaya f. Barangbarang yang dijual. dan fasilitas penunjang lainnya.sebagian besar barang lainnya yang dijual adalah barang yang dapatbertahan lama. Pasar sayur 3. sanitasi pasar. 2. Pasar hewan 2. sayursayuran. daging.1. Perilaku Hidup Bersih dan Sehat .telur. Pasar pemerintah 2. Pasar modern tidak banyak berbeda dari pasar tradisional. Kebanyakan menjual kebutuhan sehari-hari seperti bahan-bahan makanan berupa ikan. pasar swalayan (supermarket). berada dalam bangunan dan pelayanannya dilakukan secara mandiri (swalayan) atau dilayani oleh pramuniaga.

daerah banjir akan mengakibatkan permukaan tanah senantiasa berair danbecek. Pasar yang tidak memperhatikan letaknya. Salah satu jenis PHBS yaitu PHBS di tempat-tempat umum misalnya dipasar. 3) Indirect contact. influenza. terutama pada pasar yang kebersihannya kurang diperhatikan (pembuangan sampah. misalnya piring. Pasar dapat menjadi sumber perkembangan vektor penyakit. . PHBS di tempat-tempat umum adalah upaya untuk memberdayakanmasyarakat pengunjung dan pengelola tempattempat umum agar tahu. dan lain-lain.yaitu penyakit melalui sentuhan langsung dengan penderita penyakit. 2) Direct contact. Hubungan Pasar dengan Kesehatan Masyarakat Pasar mempunyai peranan penting yang berhubungan dengan kesehatan manusia. Hal ini dapat menimbulkan berbagai gangguan bagi para penjualdan pengunjung maupun barang dagangan yang dijual terutama bahanmakanan. mau dan mampu mempraktikkan pola hidup yang sehat. yaitu penularan penyakit tidak langsung dari penderita tetapi melalui perantara berupa alat-alat makan. gelas. c.Perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) adalah sekumpulan perilaku yang dipraktikkan atas dasar kesadaran sebagai hasil pembelajaran yang menjadikan seseorang atau keluarga mampu menolong dirinya sendiri di bidang kesehatan dan berperan aktif dalam mewujudkan dalam mewujudkan kesehatan masyarakatnya. mau danmampu untuk mempraktikkan PHBS dan berperan aktif dalam mewujudkantempat-tempat umum sehat. dan lain-lain. salesma. yaitu penularan penyakit melalui dahak penderita misalnya TBC. Pasar merupakan tempat paling baik untuk penularan penyakit dari orangke orang lain melalui: 1) Droplet infection. airkotor dan lain-lain) b. PHBS merupakan wujud keberdayaan masyarakat yang sadar. misalnya di daerah rawa. yaitu: a.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->