PERKEMBANGAN ISLAM RADIKAL Diajukan untuk memenuhi tugas Matakuliah “SEJARAH PEMIKIRAN POLITIK ISLAM INDONESIA” Dosen pembimbing

: Najibul Khoiri, Lc.

Oleh: Anis Faridatur Rofi’ah A02209023 FAKULTAS ADAB JURUSAN SEJARAH PERADABAN ISLAM INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI SUNAN AMPEL SURABAYA 2012

pangkal dan bagian bawah. Gerakan kebangkitan islam ini juga berpengaruh terhadap aspek-aspek kehidupan sosial dan politik dimasyarakat. paham atau aliran yang menuntut perubahan sosial dan politik dalam suatu negara secara keras. Perkembangan Islam Radikal Gerakan islam di Indonesia lahir berawal dari timur tengah hal ini disebabkan karena sampai dengan saat ini timur tengah merupakan wilayah pusat atau sumber berkembangnya ajaran islam. serta diperlakukan tidak adil.PEMBAHASAN A. . dalam bidang sosial budaya. Maka dari beberapa faktor kemunculan Islam radikal mereka mencoba melakukan perlawanan yaitu dalam bentuk melawan kembali kelompok yang mengancam keberadaan mereka atau identitas yang menjadi taruhan hidup. Gerakan revivalisme/gerakan islam ini mulai masuk di indonesaia sejak awal tahun 1980-an. dalam bidang ekonomi kelompok islam radikal merasa tidak lebih baik dan kelompok Islam radikal menganggap kepentingan ekonomi umat Islam tidak dilindungi. yang ditandai dengan gairah kesantrian di tengah masyarakat serta berkembangnya gerakan dakwah kampus yang dimotori oleh kalangan mahasiswa dengan metode “usroh” yang merupakan cikal bakal lahirnaya 3 gerakan islam baru yakni. Tarbiyah. Hizbut tahrir dan dakwah salafi. atau amat keras untuk menuntut perubahan. kelompok ini berjuang untuk menegakkan cita-cita yang mencakup persoalan hidup secara umum. bahkan diabaikan dan dipinggirkan. Kata radikalisme berasal dari bahasa latin radix. Selain itu faktor kemunculan Islam radikal di sebabkan banyak faktor di antaranya yaitu dalam bidang politik kelompok Islam radikal merasa tidak diuntungkan oleh sistem. yang berarti akar. pasca runtuhnya rezim orde baru juga banyak bermunculan organisasi baru. seperti keluarga atau institusi sosial lain. Selain dari 3 organisasi diatas. sedangkan secara terminologi Radikalisme adalah aliran atau faham yang radikal terhadap tatanan politik. ikatan-ikatan sosial yang sebelumnya kuat menyatukan kelompok-kelompok Muslim akhirnya terpecah akibat pertahanan budaya yang dimiliki umat Islam tidak kokoh. umat Islam semakin kehilangan orientasi dengan makin kuatnya budaya Barat.

persis dan al-irsyad serta berefek pada lahirnya NU. antara lain: 1.Organisasi-organisasi ini mempunyai pemikiran yang berbeda-beda. Ada lima sarana dan modus yang dilakukan gerakan para aktivis tarbiyah dan alumnus timur tengah (arab Saudi dan mesir) ini dalam menyebarkan pemikiran ide-ide IM para mahasiswanya. Transmisi gerakan ditimur tengah ini dibawah oleh para alumni mahasiswa timur tengah yang kemudian masuk dengan cara bergabung kedalam komunitas melalui dakwah. Nukman. Melalui buku-buku karya para tokoh IM yang dibaca para mahasiswa dalam forum bersama. yang merupakan gerakan modernisasi yakni lahirnya Muhammadiyah. Memasuki abad ke 20 hubungan indonesia dan timur tengah mengalami gerakan pembaharuan islam dan nasionalisme. karena semakin berkembang melalui jalur perdgangan. hal ini dapat dilihat dari banyaknya masyarakat yang melakukan pergi haji ke tanah arab khususnya pada abad ke 14 dan 15. Selain itu dalam proses tranmisi dan penyebaran berikutnya adalah melalui buku-buku yang diterjemahkan dalam terjemahan Indonesia dan melalui teknologi internet. soelaiman. M. Memasuki abad ke 12-16 M. pengaruh isla di Indonesia semakin nyata. 1. Pada abad ke 7 M. . Gerakan Tarbiyah: Gerakan tarbiyah lahir dari pemikiran ikhwanul musimin (IM) melalui forum jaringan dakwah kampus dan melalui para alumni mahasiswa timur tengah yang merupakan alumnus LIPIA. Kegiatan inin dirintis oleh Ir. Bermuala dengan adanya kajian islam yang dilakukan setelah sholat jum’at di masjid salman ITB. T. namun organisasi ini lebih mengaruh pada gerakan islam ditimur tengah. Gerakan ini lahir da berkembang di kampus ITB bandung pada tahun (1972). Prof. hubungan islam di timur tengah dan islam di Indonesia sangatlah erat. Drs Ahamd sadali dan Ir. Pandangan keagamaan yang dibangun di masjid salman ini adalah bahwa totalitas ajaran islam tersimpul dalam konsep risalah islam yakni sistem ajaran yang mengandung aturan hidup yng selanjutnya diwujudkan dalam masyarakat islam.

namun pasca purifikasi metode dakwah yang diterapkan sudah lebih sitematis atau baku. 4. Pada tahun 1982 kedua tokoh ini mengajar di ponpes al-ghozali yang sering berinteraksi denagn mahasiswa IPB yang aktif mengembangkan kegiatan keislaman dimasjid Al-ghifari kampus IPB.1 1 Afadal dkk. Melalui forumforum kecila yang mereka adakan sendiri dibawah bimbingan para senior (murabbi). Selain itu juga di tunjang denagn berbagai buku karya syekh taqiyuddin an-nabhani yang merupakan pendiri hizbut tahrir. Islam dan Radikalisme di Indonesia. Dari situlah beliau memperkenalkan pemikiran hizbut tahrir dengan menyebarkan pemikiran islam. Sejalan dengan perkembangnnya.2. 2. Jakarta 2005. hal:265-267. Musthofa alumnus perguruan tinggi di yordania yang merupakan putra pengasuh ponpes al-ghozali bogor dan Abdurrahman Al-Baghdadi yang berasal dari Lebanon. dan memperkuat aqidah dan idiologi islam ditengah-tengah umat melalui berbagai forum halaq. . Melalui keterlibatan langsung dalam kegiatan yang dialaukan para aktivis jaringan IM di arab Saudi dan mesir. Sistem dakwah yang dilakukan gerakan tarbiyah juga mengalami perkembangan dimana sebelum era purifikasi dan pasca purifikasi. Hizbut Tahrir Transmisi Hizbut Tahrir sebagi gerakan ke Indonesia terjadi pada tahun 19821983 melalui M. Melalui forum-forum ilmiah yang menghadirkan para tokoh atau aktivis IM. Pada era pra furifikasi metode yang dilakukan masih belum baku atau masih berbeda-beda. Melalui materi kuliah yang disampaikan dosen dan ceramah-ceramah dalam kegiatan intra kampus. pada tahun 1998 aktifis yang bersala dari gerakan tarbiyah membentuk organisasi yang mengarah keperkembangan politik yakni dengan membentuk organisasi formal yang bernama KAMMI (kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia) yang kemudian pada bulan agustus 1998 membentuk partai politik bernama partai keadilan yang di deklarasikan oleh 52 tokoh gerkan tarbiyah sampai sebelum akhirnya pada tahun 2004 berubah menjadi nama partai keadilan sejahtera. 5. 3.

Perkembangan sistem dakwah yang dilakukan hizbut tahrir mengacu kepada tiga tahapan yakni: a. Kelompok ini mempunyai tujuan yakni. . mengajak kepada islam keseluruhan (kaffah) untuk memperbaiki pemahaman dan pengalaman.2 Gerakan salafi mempunyai kegiatan seperti berdakawah dan dakwah salafi tersebut mempunyai tujuan seperti: a. dimana metode dakwah salaf tidak ada yang spesifik. Metode yang dilakukan dakwah salafi berbeda dengan tarbiyah dan hizbut tahrir. karena gerakan salafi menggunakan seluruh metode pendidikan. Gerakan Salafi ini mempunyai beberapa kelompok yaitu: 2 Ibid. Dakwah Salafi Gerakan salafi ini lahir dipelopori oleh Abdul hakim abdad-yazid jawaz-abu nida pada tahun 1980-an yang mulai denagn mengembangkan forum-forum pengajian. Tahapan pengambil alihan kekuasaan(marhalah istilam al-hukm). Membersihkan hadist yang shahih dari hadist yang lemah dan palsu. d. masjid dan kampus. Agar Umat Muslim terhindar dari Syirik. c. Membawa umat Islam agar kembali ke pemikiran Islam dengan menggunakan prnsip Islam. Dakwah salafi ini mengajarkan ketaatanyang total kepada manhaj Nabi Muhammad dan al-salaf al-salih. Tahap interaksi denagn masyarakat (marhalah tafa’ul ma’a al-ummah)dan c. bid’ah serta pemikiranpemikiran lain yang tidak berdasarkan Alqur’an dan Hadist. Membawa umat muslim untuk beragama yang benar serta melakukan ajaran yang sesuai dengan ajarannya e. Gerakan salafi ini menjadikan tiga target dalam melakukan dakwahnya yakni: pesantren. Agar umat Islam kembali kepada ajaran Islam yaitu Al-qur’an dan Hadits b. 3. hal:157-158. Tahapa pembinaan dan pengkaderan (marhalah tasqif) b.

c. dan kelompok ini terpengaruh oleh kelompok ikhwanul muslimin. kelompok ini memiliki tokoh yaitu syekh Rabi’ Al. kelompok ini menetang keopada mazhab fikih dan taklid.3 3 Ibid. b. Salafiyyun al-albaniyun. kelompok ini mengikuti pandangan Syaikh al. 60-64 . kelompok ini merupakan pengikut Syekh Abdurrahman Abdul Khalik.a.Madkhali. kelompok ini menentang ulama yang berbeda pandangan dengan kelompok ini. d. Salafiyyun Sururiyyun yaitu kelompok Salafiyah politik yang berlandaskan kepada persoalan-persoalan politik daripada akidah. Salafiyun al-jamiyun. Salafiyun.Muhaddis Nasiruddin Al-Albani.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful