SISTEM PRESIDENSIAL

Sistem presidensial atau disebut juga dengan sistem kongresional dimana sistem pemerintah di pilih melalui pemilu .

pemerintahan presidensil terdiri dari 3 unsur: -Presiden dengan dewan perwakilan memiliki masa jabatan yang tetap -Tidak ada status yang tumpang tindih -presiden yang dipilih rakyat memimpin pemerintahan dan mengangkat pejabat-pejabat pemerintahan yang terkait .

presiden memiliki posisi yang relatif kuat dan tidak dapat dijatuhkan .Dalam sistem presidensial.

Ciri-ciri pemerintahan presidensial yaitu : -Presiden memiliki hak prerogratif -Kekuasaan eksekutif tidak dapat dijatuhkan oleh legislatif -Kekuasaan eksekutif presiden diangkatmelalui demokrasi .

Kelebihan Sistem Pemerintahan Presidensial: -Badan eksekutif lebih stabil kedudukannya -Masa jabatan badan eksekutif lebih jelas dengan jangka waktu tertentu -Legislatif bukan tempat kaderisasi untuk jabatan-jabatan eksekutif .

.Kekurangan Sistem Pemerintahan Presidensial: -Sistem pertanggungjawaban kurang jelas -Pembuatan keputusan memakan waktu yang lama -Pembuatan keputusan atau kebijakan menghasilkan keputusan yang tidak tegas.

“pemegang” kekuasaan eksekutif dan legislatif .MPR adalah penyelenggara pemerintahan negara tertinggi.

DPR adalah bagian MPR yang menjalankan kekuasaan legislatif. sedangkan presiden adalah mandataris yang bertugas menjalankan kekuasaan eksekutif .

Tugas Presiden Sebagai Kepala Pemerintahan: -Menjalankan roda pemerintahan dengan di bantu oleh para menteri dan stafnya -Menetapkan peraturan pemerintah -Mengajukan rancangan Undang-Undang .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful