P. 1
Sistem Presidensial

Sistem Presidensial

|Views: 9|Likes:
Published by mohammad_miqdad149

More info:

Published by: mohammad_miqdad149 on Dec 10, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPTX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

03/04/2014

pdf

text

original

SISTEM PRESIDENSIAL

Sistem presidensial atau disebut juga dengan sistem kongresional dimana sistem pemerintah di pilih melalui pemilu .

pemerintahan presidensil terdiri dari 3 unsur: -Presiden dengan dewan perwakilan memiliki masa jabatan yang tetap -Tidak ada status yang tumpang tindih -presiden yang dipilih rakyat memimpin pemerintahan dan mengangkat pejabat-pejabat pemerintahan yang terkait .

Dalam sistem presidensial. presiden memiliki posisi yang relatif kuat dan tidak dapat dijatuhkan .

Ciri-ciri pemerintahan presidensial yaitu : -Presiden memiliki hak prerogratif -Kekuasaan eksekutif tidak dapat dijatuhkan oleh legislatif -Kekuasaan eksekutif presiden diangkatmelalui demokrasi .

Kelebihan Sistem Pemerintahan Presidensial: -Badan eksekutif lebih stabil kedudukannya -Masa jabatan badan eksekutif lebih jelas dengan jangka waktu tertentu -Legislatif bukan tempat kaderisasi untuk jabatan-jabatan eksekutif .

Kekurangan Sistem Pemerintahan Presidensial: -Sistem pertanggungjawaban kurang jelas -Pembuatan keputusan memakan waktu yang lama -Pembuatan keputusan atau kebijakan menghasilkan keputusan yang tidak tegas. .

MPR adalah penyelenggara pemerintahan negara tertinggi. “pemegang” kekuasaan eksekutif dan legislatif .

DPR adalah bagian MPR yang menjalankan kekuasaan legislatif. sedangkan presiden adalah mandataris yang bertugas menjalankan kekuasaan eksekutif .

Tugas Presiden Sebagai Kepala Pemerintahan: -Menjalankan roda pemerintahan dengan di bantu oleh para menteri dan stafnya -Menetapkan peraturan pemerintah -Mengajukan rancangan Undang-Undang .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->