P. 1
Praktek Peradilan Perkara Perdata

Praktek Peradilan Perkara Perdata

|Views: 85|Likes:

More info:

Published by: Dian Sita Napitupulu on Dec 10, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPTX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/10/2012

pdf

text

original

KEMAHIRAN HUKUM ACARA PERDATA

 SURAT KUASA  MEDIASI  GUGATAN ( DIDALAM HAL PERDAMAIAN TIDAK TERCAPAI)
12/10/2012 1

**TEHNIK MEMBUAT** SURAT KUASA
SURAT KUASA PENGGUGAT : • * Siapa pemberi kuasa • * Siapa penerima kuasa • * Mengenai pengurusan apa, sebutkan secara spesifik yang menjadi obyek pengurusan, obyek sengketa atau obyek permasalahan • * Kemampuan analisis disini sangat diperlukan kaitkan dengan Taktik dan Strategi penanganan perkara (Ingat ada 4 hal, dalam Taktik dan strategi melakukan Advokasi)

12/10/2012

2

ADA TIGA HAL YAKNI : • . bisa mengikuti apa kemauan atau yg didalilkan pihak lawan. lebih simpel.Penerima Kuasa • .Pemberi Kuasa • .Suatu hal tertentu yang menjadi “Urusan”. 12/10/2012 3 . “masalahnya”.**SURAT KUASA** SEBAGAI TERGUGAT • PADA PRINSIPNYA SAMA DENGAN MEMBUAT SURAT KUASA SELAKU PENGGUGAT.

***SURAT KUASA**** KHUSUS: **Mengenai apa** **Melawan siapa atau ditujukan kepada siapa** **Dimuka Pengadilan Mana atau masuk wilayah Hukum mana** 12/10/2012 4 .

CONTOH SURAT KUASA 12/10/2012 5 .

yang berfungsi membantu para pihak dalam mencari berbagai kemungkinan penyelesaian sengketa 12/10/2012 6 .TEHNIK MEDIASI Peraturan Mahkamah Agung RI No. 2/2003 tentang PROSEDUR MEDIASI DI PENGADILAN MEDIASI adalah penyelesaian sengketa melalui proses perundingan para pihak dengan dibantu mediator MEDIATOR adalah pihak yang bersifat netral dan tidak memihak.

PIHAK YANG BERSIFAT NETRAL DAN TIDAK MEMIHAK (MEDIATOR) adalah :  pihak yang telah memperoleh SERTIFIKAT MEDIATOR (dokumen yang menyatakan bahwa sesorang telah mengikuti pelatihan atau pendidikan mediasi yang dikeluarkan oleh lembaga yang telah terakreditasi oleh Mahkamah Agung)  pihak pengadilan berasal dari kalangan hakim dan bukan hakim yang memiliki sertifikat mediator 12/10/2012 7 .

TAHAP MEDIASI Proses mediasi pada asasnya tidak terbuka untuk umum kecuali para pihak menghendaki lain. para pihak wajib menyerahkan dokumen yang memuat duduk perkara dan kelengkapannya pada mediator  Mediator wajib menentukan jadwal pertemuan untuk proses mediasi  Dalam proses mediasi para pihak dapat didampingi oleh kuasa hukumnya  Proses mediasi berlangsung paling lama 20 hari kerja dengan hasil akhir tercapainya kesepakatan atau ketidaksepakatan  Biaya mediator bukan hakim ditanggung para pihak berdasarkan kesepakatan kecuali para pihak tidak mampu  12/10/2012 8 . Mediasi untuk sengketa publik terbuka untuk umum Dalam waktu 7 hari setelah penunjukan mediator.

JIKA MEDIASI MENGHASILKAN KESEPAKATAN  Para pihak dengan bantuan mediator wajib merumuskan secara tertulis kesepakatan yang dicapai dan ditandatangani oleh para pihak. yang memuat klausula pencabutan perkara atau pernyataan perkara telah selesai  Para pihak wajib menghadap kembali pada hakim pada akhir sidang yang ditentukan untuk memberitahukan telah tercapainya kesepakatan  Hakim dapat mengukuhkan kesepakatan sebagai suatu akta perdamaian 12/10/2012 9 .

JIKA MEDIASI GAGAL MENCAPAI KESEPAKATAN  Pernyataan dan pengakuan para pihak dalam proses mediasi tidak dapat digunakan sebagai alat bukti dalam proses persidangan perkara yang bersangkutan atau perkara lainnya  Fotokopi dokumen dan notulen atau catatan mediator wajib dimusnahkan  Mediator tidak dapat diminta menjadi saksi dalam proses persidangan perkara yang bersangkutan 12/10/2012 10 .

Dalam suatu gugatan ada seorang atau lebih yang "merasa" haknya dilanggar. Tapi orang yang "dirasa" melanggar haknya tersebut tidak mau secara sukarela melakukan suatu yang diminta itu. Untuk penentuan siapa yang benar dan berhak. 12/10/2012 11 .GUGATAN Adalah suatu perkara atau sengketa atau konflik yang harus diselesaikan dan diputus Pengadilan. diperlukan adanya putusan Hakim.

Fundamentum Fetendi (Posita) . Status Persona (Identitas Para Pihak) 2.**Tehnik Membuat Gugatan** Kaidah-kaidahnya : 1.Uraian peristiwanya (kejadiannya) . Petitum (Tuntutan) 12/10/2012 12 .Uraian tentang (analisa) hukumnya 3.

CONTOH GUGATAN : 12/10/2012 13 .

N.Petitum (Tuntutan) .Fundamentum Fetendi .Tandatangan Penggugat (Kuasanya) 12/10/2012 14 .Status persona .Tanggal Gugatan diajukan .Daftar Cek Gugatan yang sempurna berdasarkan praktek : Titel Gugatan .Kepada P. mana ditujukan ? .

Fundamentum Fetendi (Posita) c. Status Persona b.**Tehnik mempelajari** surat gugatan: .Periksa apakah anasir-anasir dan cek sebuah gugatan.Stresing pada rumusan teori yakni 3 hal yang meliputi : a. Petitum (Tuntutan) 12/10/2012 15 . apakah hal-hal tersebut diatas tadi sudah terpenuhi semua ? .

12/10/2012 16 . sehingga dalam peradilannya dianggap sebagai suatu proses peradilan bukan sebenarnya.PERMOHONAN adalah suatu yang diajukan sebagai permohonan kepada Ketua Pengadilan. yang didalamnya berisi tuntutan hak perdata oleh satu pihak yang berkepentingan terhadap suatu hak yang tidak mengandung sengketa.

12/10/2012 17 . yang lazim disebut sebagai Pemohon dan Termohon. ada permohonan yang didalamnya mengandung unsur sengketa diantara dua pihak. yang menyangkut suatu sengketa atau konflik. • PERMOHONAN dalam praktek di peradilan agama.PERBEDAAN GUGATAN DENGAN PERMOHONAN • GUGATAN terdapat dua pihak yang saling berhadapan (Penggugat dengan Tergugat). Misalnya dalam perkara permohonan tentang ikrar talak atau permohonan beristri lebih dari satu orang.

YANG DAPAT MENJADI PIHAK • Mempunyai rechrsbevoeghied atau kewenangan untuk menjadi pendukung hak • Mempunyai handelingsbekwaamheid atau kemampuan untuk bertindak atau melakukan perbuatan hukum 12/10/2012 18 .

penetapan ahli waris.P/ 03/PN. penetapan wali pengampu. Pada hakikatnya perkara permohonan tidak dapat diterima kecuali Undang-undang menyatakan demikian contoh : permohonan adopsi anak.Perkara Voluntair Yaitu perkara vang sifatnya permohonan yang didalamnya tidak terdapat sengketa. …. dengan nomor penetapan biasanya (contoh : No.Yk) Pihaknya hanya terdiri dari satu pihak saja (Pemohon) jika lebih dari satu (Pemohon I. Pemohon II) 12/10/2012 19 ./Pdt.

G/03/ PN. sedangkan pihak yang digugat disebut sebagai Tergugat.Yk) 12/10/2012 20 . baik Penggugat maupun Tergugat dapat lebih dari satu dengan nomor penetapan biasanya (contoh : No./Pdt.Perkara Kontentius Yaitu perkara yang terdapat dua pihak atau lebih yang bersengketa. Maka yang mengajukan sengketa disebut Penggugat. ….

atau terhadap putusan verstek (karena tidak hadirnya Tergugat) 12/10/2012 21 .Perkara Verzet Perkara perlawanan terhadap suatu putusan pengadilan.

Intervensi • Artinya. terdapat pihak ketiga yang merasa mempunyai hak atau kepentingan untuk turut serta dan masuk dalam perkara yang sedang dalam proses pemeriksaan dipengadilan 12/10/2012 22 .

Voeging (menyertai) b. Vrijwaring (penanggungan atau pembelaan) 12/10/2012 23 . Tussenkomst(Menengahi) c.a.

ALASAN-ALASAN HUKUM MENGAJUKAN GUGATAN • Perbuatan Melawan Hukum (Onrechtmatige Daad) • Wanprestasi (Ingkar Janji) • • • • • Akibat Putusan Perkara Pidana Akibat Penggabungan Perkara Gugatan Gugat Cerai Kebatalan Judicial Review 12/10/2012 24 .

12/10/2012 • Syarat Substansial * Identitas Para pihak * Posita * Petitum 25 .SYARAT DAN MATERI GUGATAN • Syarat Formal * Tempat dan tanggal pembuatan surat gugatan * Tanda tangan Penggugat atau Kuasa Hukumnya.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->