RINGKASAN MATERI AL-QUR’AN DAN HADITS KELAS IX SEMESTER I

MTsN KUNIR WONODADI BLITAR 2012
Ringkasan Materi Al-Qur’an dan Hadits Kelas IX
Publish by : http://guruonline21.blogspot.com

AlQari’ah dan Al-Zalzalah 1. Memahami Hadis tentang menjaga dan melestarikan lingkungan alam 3.S. Syarat Syarat Mad Shilah Qoshiroh a. dan Farqi dalam Al-Qur’an 2. karena akan menjadi mad shilah Thawilah Ringkasan Materi Al-Qur’an dan Hadits Kelas IX Publish by : http://guruonline21. Membaca Al-Qur’an surat pendek pilihan KOMPETENSI DASAR 1.S.1 Menerapkan hukum mad silah dalam Q. Pengertian Shilah Qoshiroh Mad : Panjang Shilah : hubungan Qoshiroh : Pendek 2. AlQari’ah dan Al-Zalzalah tentang hukum fenomena alam dalam kehidupan 2.1. Al-Qari’ah dan AlZalzalah tentang hukum fenomena alam 2.1 Memahami isi kandungan Q. Menghafal Hadis tentang menjaga dan melestarikan lingkungan alam 3. Al-Zalzalah dalam fenomena kehidupan sehari-hari dan akibatnya 2.2 Menerapkan hukum mad lazim mukhoffaf kilmi. Menerapkan Al-Qur’an surat-surat pendek pilihan tentang hukum fenomena alam 3.3 Menerapkan kandungan Al-Qari’ah.com . Huruf Ha’ Dhamir tidak dibaca sambung (washal) dengan huruf berikutnya. mutsaqqol kilmi. Menulis Hadis tentang menjaga dan melestarikan lingkungan alam 3.2.2 Memahami keterkaitan isi kandungan Q.jika dibaca sambung ha dhamir tidak dibaca Mad (panjang) c. jika didahului dengan sukun tidak dibaca mad (panjang) b.3. Menerjemahkan makna Hadis tentang menjaga dan melestarikan lingkungan alam 3. Pengertian Shilah Thowilah Mad : Panjang Shilah : hubungan Thowilah : panjang Apabila ada Ha Dhomir diikuti dengan huruf hamzah Cara mebacanya 5 harakat / 2 setengah alif 3.4. Huruf sebelum Ha dhamir tidak berharakat sukun.STANDAR KOMPETENSI 1.S. Ha’ Dhamir tidak diikuti huruf hamzah.blogspot. Menjelaskan keterkaitan isi kandungan Hadis dalam perilaku menjaga dan melestarikan lingkungan alam dalam fenomena kehidupan dan akibatnya Cakupan Materi : Mad Shilah Mad yang terjadi karena adanya Ha dhamir (‫)ىه‬ 1.

4. Cara Membaca mad Shilah Apabila ha dhomir di dahului huruf berharakat hidup dan dibaca washal bacaannya dibaca panjang 2 harakat (1 alif) Jika didahului huruf berharakat sukun atau mad tidak dibaca panjang cukup dibaca 1 harakat. Contoh Bacaan Mad Shilah Contoh Mad Shilah Qoshiroh : Contoh Mad Shilah Thowilah : 5. Mad lazim Mukhffaf kilmi QS. Mad Lazim 1. al-Fatihah : 7 QS. Mad lazim Mutsaqqal kilmi Mad : panjang Lazim : pasti (harus dibaca panjang) Kilmi : kalimat Mutsaqqal : diberatkan Cara baca : dibaca panjang 6 harakat = 3 alif setelah itu suara di beratkan kedalam hurf bertasydid berikutnya 2. Al-Baqarah : 208 .

blogspot.com .Ringkasan Materi Al-Qur’an dan Hadits Kelas IX Publish by : http://guruonline21.

QS. QS.5 . Contoh Mad Farq 2. an-Nazi’at : 79 Mad Farq 1. Al-An’am : . Pengertian Mad Farq Mad : panjang Farq : Pembeda Dibaca panjang untuk membedakan kalimat Tanya dan bukan Cara baca : 6 harakat = 3 alif 2. ‘abasa : 33 QS.QS. Yunus 59 4.

com .blogspot. An-Naml : 59 Ringkasan Materi Al-Qur’an dan Hadits Kelas IX Publish by : http://guruonline21.6.

QS. 1. 7. 6. 10. Az-Zalzalah. 5. Pengertian al-Qoriah Secara bahasa : bahaya besar / hari kiamat 2. . tahukah kamu Apakah hari kiamat itu? 4. Al-Qari’ah Ayat 1-3 : menginformasikan adanya hari kiamat Ayat 4-5 : menjelaskan peristiwa saat terjadinya hari kiamat Ayat 6-7 : menjelaskan tentang keadaan orang yang memiliki timbangan amal kebaikan yang lebih banyak Ayat 8-11 : menjelaskan tentang orang yang timbangan amal baiknya lebih sedikit dan lebih banyak kejelekannya QS. dan gunung-gunung adalah seperti bulu yang dihambur-hamburkan. Maka tempat kembalinya adalah neraka Hawiyah. 9. 8. Apakah hari kiamat itu? 3. Maka Dia berada dalam kehidupan yang memuaskan. (yaitu) api yang sangat panas. Al-Qaari’ah 1. dan Adapun orang-orang yang berat timbangan (kebaikan)nya. tahukah kamu Apakah neraka Hawiyah itu? 11. 2. dan Adapun orang-orang yang ringan timbangan (kebaikan)nya. hari kiamat. pada hari itu manusia adalah seperti anai-anai yang bertebaran. Menyebutkan isi kandungan QS.

Ringkasan Materi Al-Qur’an dan Hadits Kelas IX Publish by : http://guruonline21.blogspot.com .

1. [1596] Maksudnya ada di antara mereka yang putih mukanya dan ada pula yang hitam dan sebagainya.(Dan bumi Telah mengeluarkan beban-beban berat (yang dikandung)nya. al-Qaari’ah dan az-Zalzalah meskipun secara bahasa memiliki arti yang berbeda secara bahasa. al-Qaari’ah dan az-Zalzalah sama-sama menjelaskan tentang fenomena hancurnya alam semesta al-Qaari’ah pada ayat ke 5 (Dan gunung-gunung adalah seperti bulu yang dihambur-hamburkan) az-Zalzalah pada ayat ke 2 dan 3 (Apabila bumi digoncangkan dengan goncangan (yang dahsyat). al-qaari’ah (mengetuk dengan keras) dan az-Zalzalah (keguncangan) namun keduanya memiliki makna dan pengertian yang sama yaitu hari kiamat 2. az-Zalzalah : 7-8 : 7. 9. 5. karena Sesungguhnya Tuhanmu telah memerintahkan (yang sedemikian itu) kepadanya. 3. 8. al-Qaari’ah dan az-Zalzalah sama-sama menjelaskan tentang kepanikan manusia pada hari kiamat al-Qaari’ah ayat ke 4 (Pada hari itu manusia adalah seperti anai-anai yang bertebaran) az-Zalzalah ayat ke 3 (Dan manusia bertanya: "Mengapa bumi (menjadi begini)?") 4. pada hari itu manusia ke luar dari kuburnya dalam Keadaan bermacam-macam. niscaya Dia akan melihat (balasan)nya. apabila bumi digoncangkan dengan goncangan (yang dahsyat). AZ-ZALZALAH DAN AL-QAARI’AH 1. supaya diperlihatkan kepada mereka (balasan) pekerjaan mereka[1596]. 3. Ringkasan Materi Al-Qur’an dan Hadits Kelas IX Publish by : http://guruonline21.blogspot. 7. Barangsiapa yang mengerjakan kebaikan seberat dzarrahpun. Dan adapun orang-orang yang ringan timbangan (kebaikan)nya. 2. dan Barangsiapa yang mengerjakan kejahatan sebesar dzarrahpun. 8. Barangsiapa yang mengerjakan kebaikan seberat dzarrahpun. Dan barangsiapa yang mengerjakan kejahatan sebesar dzarrahpun. Maka tempat kembalinya adalah neraka Hawiyah. Maka dia berada dalam kehidupan yang memuaskan. pada hari itu bumi menceritakan beritanya.com .1. niscaya Dia akan melihat (balasan)nya pula. Dan adapun orang-orang yang berat timbangan (kebaikan)nya. dan manusia bertanya: "Mengapa bumi (menjadi begini)?". al-Qaari’ah dan az-Zalzalah sama-sama menjelaskan balasan surga bagi manusia yang beramal baik dan siksa bagi yang beramal buruk al qaari’ah : 6-9 : 6. 6. 4. Menjelaskan kandungan QS. dan bumi telah mengeluarkan beban-beban berat (yang dikandung)nya. 8.az-Zalzalah Ayat 1-2 : menjelaskan keguncangan yang terjadi ketika hari kiamat Ayat 3 : menjelaskan tentang kebingungan manusia pada saat kiamat terjadi Ayat 4-5 : Allah memberikan isyarat bahwa kehidupan dunia telah berakhir Ayat 6 : menjelaskan tentang kebangkitan manusia dari kubur untuk diperlihat amalnya Ayat 7-8 : balasan yang akan diterima manusia sesuai amalnya masing-masing KETERKAITAN QS. niscaya dia akan melihat (balasan)nya. 7. niscaya dia akan melihat (balasan)nya pula.

sehingga tidak terjerumus lebih bersemangat dalam beribadah dan beramal Tahapan yang terjadi pada hari kiamat : 1. Yaumus Sa’ah : Hari Kiamat 2. AL-QAARI’AH DAN QS. 4. 2. AZ-ZALZALAH DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI      meyakini dengan sepenuh hati Allahlah yang mengatur alam semesta ini semua fenomena alam terjadi atas kuasa Allah SWT meyakini bahwa ala mini suatu saat akan mengalami kehancuran berhati-hati dalam bergaul. Yaumul jaza’ : hari pembalasan sesuai dengan amal masing masing Menjaga Kelestarian Alam 1. 3. HR.com . Yaumul Ba’as : Dibangkitkan manusia dari kubur 3.PERILAKU PENERAPAN QS.blogspot. al-Bazzar dari Ibnu Abbas Ringkasan Materi Al-Qur’an dan Hadits Kelas IX Publish by : http://guruonline21. HR. Artinya : Barang siap yang menghidupkan suatu bumi yang mati. atTirmidzi dari Jabir bin Abdullah Artinya : Barang siapa yang menggali sutu sumur. Yaumul Mahsyar : Dikumpulkannya manusia di alam mahsyar 4. Ahmad dari Ibnu Umar Artinya : Sesungguhnya Nabi SAW. HR. melarang (seseorang) mengurung setiap yang bernyawa dan mengebiri binatang-binatang dengan larangan yang keras HR. maka ia (berhak) empat puluh hasta sebagai kandang ternaknya. maka bumi itu baginya (miliknya). Ibnu Majah dari Abdullah bin Mughaffal Artinya : Rasulullah SAW melarang mengebiri kuda dan binatang-binatang.

Latihan Mufrodat : 41. agar mereka kembali (ke jalan yang benar). Dampak negative pengebirian binatang : 1. telah nampak kerusakan di darat dan di laut disebabkan karena perbuatan tangan manusi.com . supay Allah merasakan kepada mereka sebahagian dari (akibat) perbuatan mereka. 2. 3. Memutuskan perkembang biakan binatang Menimbulkan banyak kerugian Merampas hak biologis binatang yang dianegrahkan Allah pada binatang Ringkasan Materi Al-Qur’an dan Hadits Kelas IX Publish by : http://guruonline21.blogspot.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful