P. 1
analisis

analisis

|Views: 10|Likes:
Published by Panji Jiwanto

More info:

Published by: Panji Jiwanto on Dec 10, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

10/23/2013

pdf

text

original

PANJI JIWANTO PLS.

NON REG 1515086176 TUGAS ANALISIS RT008/011 merupakan salah satu RT yang ada di RW 011 Kelurahan Rawa Buaya. Di RW 011 terdapat 18 RT, setiap masing-masing RT memiliki ketua RT. dimana dalam melakukan pemilihan ketua RT dilingkungan daerah saya dilakukan dengan cara pemilihan umum. Seluruh masyarakat yang ada di RT tersebut bebas menentukan siapa yang akan dipilih dan mereka juga bebas mencalonkan diri menjadi ketua RT atau dicalonkan oleh orang lain. Masa jabatan menjadi ketua RT tersebut selama 5 tahun. Dalam pemilihan ketua RT 008 ada 3 calon yang diwakilkan oleh masyarakat setempat. Pertama Bpk Munawar Yassin, kedua Bpak. Achmad Yassin, dan yang terakhir adalah Bpk.Tri Wibowo. Dari ketiga kandidat ternyata yang dipilih oleh warga setempat adalah Bpk Munawar Yassin. Bpk Munawar Yassin adalah ketua RT di RT008/011. Telusuk demi telusuk ternyata, beliau menjabat sebagai ketua RT sudah berpuluh-puluh tahun lamanya. Oleh karena itu,banyak warga yang masih mempercayakan Bpk Munawar Yassin untuk menjabat lagi menjadi ketua RT. Walaupun sudah diadakan pemilihan, tapi warga tetap saja memilih beliau menjadi ketua RT, karena warga sudah melihat dedikasi yang telah diberikan beliau untuk warga setempat serta mereka percaya bahwa beliau mampu menjalankan tugas dan tanggung jawabnya selama menjabat menjadi ketua RT. Selain itu, banyak factor-faktor yang mendukung lainnya yang mempengaruhi warga untuk memilih beliau. Salah satunya karena ia adalah sosok pemimpin yang bisa berbaur dengan

maka secara otomatis beliau memiliki kemampuan mengoptimalkan orang-orang disekelilingnya demi mencapi kesuksesan bersama. Berbagai kendala yang terkadang ketua RT dapatkan adalah kurangnya kerjasama antara anggota masyarakat dengan ketua RT dalam berkomunikasi. baik organisasi di lingkungan kelurahan maupun diluar lingkungan kelurahan.: 1. akan tetapi kembali lagi kepada seorang pemimpin yang demokratis dan apa adanya. atau kadang sebaliknya. Bukan hanya itu saja. Berbagai upaya untuk mencocokan. dalam masa jabatannya pun ada juga yang membuat beliau merasa bosan dalam menjabat ketua RT. Teori genetik.masyarakat setempat. beberapa komponen masyarakat yang ada dapat di kelola hingga menjadi terobosan baru untuk warganya agar menjadi lebih baik. Karena dengan beliau mengikuti organisasi-organisasi. ia juga bisa mengayomi warga dan bisa membantu warga di lingkungan RT 008/011 dalam perubahan baik di lingkungan RT. Organisasi yang dilakukan oleh ketua RT yang ada di tempat saya dapat menjadi prioritas yang dianggap sukses dalam setiap penyampaianya yang demokratis. Aktifnya beliu dalam berorganisasi juga membuat terpilihnya beliau menjadi ketua RT. Ini dikarenakan warga yang sibuk. Organisasi –organisasi banyak diikuti belilau. Sehingga seorang pemimpin RT bisa di segani warganya dan mendapat nilai baik dalam setiap program kerja yang dilakukannya. RW maupun kelurahan. KAJIAN TEORI Lahirnya seorang pemimpin Lahirnya seorang pemimpin dikarenakan ada 3 faktor. mencapai serta melihat keaktifan beliau dalam bersosialisasi . Namun.

Pemimpin tidak muncul akibat bawaannya sejak lahir. 2. 3. Teori ini mengatakan bahwa sesorang bisa menjadi pemimpin yang baik apabila dia telah memiliki bakat-bakat kepemimpinan sejak lahir dan kemudian bakat tersebut dikembangkan melalui pendidikan dan pengalaman tentang kepemimpinan. Teori Sosial Teori ini kebalikan dari teori pertama. Pemimpin dan demokratis menggunakan kekuatan jabatan kekuatan pribadi untuk menggali dan mengolah gagasan bawahan dan memotivasi mereka untuk mencapai tujuan bersama. Dengan mempertimbangkan masukan tersebut. GAYA KEPEMIMPINAN DEMOKRATIS: Gaya dimiliki kepemimpinan oleh setiap demokratis adalah gaya seorang yang pemimpin yang menghargai karakteristik dan kemampuan yang anggota organisasi. Sebab itu setiap orang bisa menjadi pemimpin bila kepadanya diberikan pengalaman dan pendidikan. pimpinan selanjutnya menetapkan keputusan final tentang apa yang harus dilakukan bawahannya untuk memecahkan masalah yang ada. Teori Ekologis Teori ini muncul sebagai respon terhadap 2 teori terdahulu. melainkan disiapkan dan dibentuk. usul dan saran bawahan. .Teori ini menyatakan bahwa seseorang pemimpin memang telah memiliki bakat-bakat kepemimpinan sejak dilahirkan. sehingga dia memang telah ditakdirkan untuk menjadi pemimpin. GAYA KEPEMIMPINAN PARTISIPATIF: Gaya kepemimpinan partisipatif adalah gabungan bersama antara gaya kepemimpinan otoriter dan demokratis dengan cara mengajukan masalah dan mengusulkan tindakan pemecahannya kemudian mengundang kritikan.

5. Pengambilan keputusan. merupakan keterampilan yang berkaitan erat dengan peningkatan prestasi dan kemampuan belajar dalam berbagai aspek kehidupan. dia telah terbiasa dengan analisa setiap kemungkinan yang terjadi akibat pengambilan keputusan tersebut. Komunikasi. merupakan suatu konsep pendidikan yang bertujuan untuk sifat-sifat kemampuan membangun positif pemahaman diri dan pengembangan 2. . Metode dan proses belajar. Pemahaman diri. pada seseorang penting terhadap potensi dirinya sendiri. 1. komunikasi sangat karena tanpa adanya komunikasi yang baik seseorang tidak akan dapat mengembangkan dirinya secara optimal. termasuk pemahaman bagaimana membina hubungan atau bergaul dengan orang lain. 4. Akhlaq. sesorang yang pandai dalam mengambil keputusan akan lebih mudah mencapai sukses karena sebelum melakukan suatu perbuatan. 3.PERANAN KEPEMIMPINAN Menjalankan berbunyi: • • peranan sesuai dengan rumusan Ki Hajar Dewantara tentang kependidikan atau kepemimpinan yang Ing Ngarso asung Tulodo (di muka memberi teladan) Ing Madyo Mangun Karso (di tengah membangunkan Tut Wuri Handayani (di belakang selalu mempengaruhi) kemauan) • Keterampilan Kepemimpinan Setidak-tidaknya ada tujuh keterampilan yang harus dimiliki dan dipelajari dalam membentuk karakter seseorang sebagai pemimpin masa depan.

sudah baik jika dikaitkan dengan kajian teori diatas. merupakan salah satu unsur pokok dalam kepemimpinan 7. jika ada masalah yang terjadi dilingkungannya beliau mengajak warganya untuk bermusyawarah agar dapat mencapai tujuan bersama. Manajemen. Ketujuh dasar keahlian kepemimpinan tersebut harus mulai diberikan sejak dini. seseorang yang memiliki keterapilan berorganisasi akan mampu bersikap mandiri dan memiliki kemampuan mengoptimalkan orang-orang disekelilingnya untuk mencapai kesuksesan bersama. Kajian teori diatas menyebutkan setidaknya ada 7 keterampilan yang harus dimiliki oles seorang pemimpin. serta sangat yaitu pemahaman Ketujuh dasar diri. . akhlaq. pengambilan keputusan. Keterampilan yang dimiliki oleh Bpk Munawar Yassin. dapat dilihat dari terpilihnya Bpk Munawar Yassin menjadi seorang pemimpin. Karena beliau melibatkan semua keputusan yang diambilnya secara bersama-sama. dipilih menjadi pemimpin karena banyaknya faktor. Jika dilihat dari analisis diatas maka dapat disimpulkan bahwa RT yang ada termasuk menggunakan gaya kepemimpinan demokratis dan partisipatif. Dedikasinya turut menjadikan beliau menjadi ketua RT.6. keterampilan manajemen tersebut organisasi. Organisasi. Analisis teori Dari kasus diatas . ia merupakan sosok yang sudah dituakan maksudnya beliau sudah sangat dipercaya karena beliau sudah hampir menjabat sebagai ketua RT selama berpuluh-puluh tahun.dapat diketahui bahwa faktor lahirnya seorang pemimpin sesuai dengan kajian teori yang ada. kepribadian dan keterampilan seseorang agara mampu menghadapai kondisi apapun dan menenangkan persaingan dalam kehidupan nyata. penting dalam membentuk karakter.komunikasi. metode dan proses belajar.

Hajar Dewantara dilakukan seorang pemimpin. maka lingkungan warga yang dipimpinnya akan lebih baik. pemimpin harus memberikan motivasi kepada warganya. Pemimpin juga harus bisa mempengaruhi warganya dengan baik. Jika ketiga peranan yang diajarakan Ki.Selain itu seorang pemimpin harus menjalankan peran sebagai pemimpin dengan mengikuti ajaran dari Ki Hajar Dewantara. Tut Wuri Handayani (di belakang selalu mempengaruhi).yaitu Ing Ngarso asung Tulodo (di muka memberi teladan). Pemimpin harus bisa memberikan contoh yang baik kepada warganya. Ing Madyo Mangun Karso juga (di tengah dapat membangunkan kemauan). .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->