P. 1
Modul Movie Maker WIN 7

Modul Movie Maker WIN 7

|Views: 59|Likes:
Published by Dedi Mukhlas
Modul Movie Maker WIN 7
Modul Movie Maker WIN 7

More info:

Published by: Dedi Mukhlas on Dec 11, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/11/2012

pdf

text

original

Modul Movie Maker 2012

BAB 1 PENGENALAN MOVIE MAKER

 Apa itu program Movie Maker? Program movie maker adalah program yang digunakan untuk melakukan pengeditan video secara sederhana dengan proses editing cut, copy, marge, menambahkan judul/title dan penambahan effect pada video. Tujuan modul movie maker adalah guru mampu membuat video sederhana yang memiliki konten dan sesuai dengan materi pelajaran.  Cara Menjalankan Program Movie Maker Cara untuk menjalankan program movie maker ada dua cara yaitu dengan cara sebagai berikut ini: 1. Cara Pertama bisa dijalankan dengan melakukan klik kiri 2x pada icon movie maker pada desktop, atau layar depan pada komputer Anda.

Icon Movie Maker, silahkan Klik Kiri 2x pada icon tersebut. 2. Cara Kedua bisa dijalankan dengan melakukan Klik Kiri Start  All Program  Default  Movie Maker, atau sesuai dengan gambar berikut ini:

3

2 1

 Mengenal Jendela Program Movie Maker Sebelum kita memulai membuat sebuah video pembelajaran yang sederhana, langkah pertama yang harus kita mulai adalah belajar mengenal panel atau jendela pada program movie maker. Berikut tampilan awal dari program movie maker.

Modul Movie Maker 2012

Preview Video Main Menu

Panel Editing Play /Pause

Timeline Video

1. Preview Video adalah layar yang menunjukan tampilan video yang sedang kita edit. 2. Main Menu adalah menu yang terdiri dari file, edit, tool, dan view. 3. Panel Editing adalah panel yang terdiri dari panel untuk melakukan editing, menambahkan text, audio, dan gambar. 4. Play/Pause adalah tombol yang digunakan untuk memainkan video yang sedang kita edit atau memberhentikan sementara video yang sedang kita edit. 5. Timeline Video adalah panel yang berisikan informasi waktu, jangka, perpotongan video yang sedang kita proses editing.  Panel Editing Pada Movie Maker Ada beberapa ketegori pada panel movie maker dengan penjelasan sebagai berikut: A. Panel Import
1 2 3 4

1) Menu yang digunakan untuk melakukan import video atau audio dari komputer melalui webcam/kamera pada laptop/komputer.

Modul Movie Maker 2012
2) Videos adalah menu yang digunakan untuk melakukan import video dari media penyimpanan komputer kita. 3) Pictures adalah menu yang digunakan untuk melakukan import gambar dari media penyimpanan komputer kita. 4) Audio or Music adalah menu yang digunakan untuk melakukan import audio/musik dari media penyimpanan komputer kita. B. Panel Edit
2 3 4 1

1) Imported Media adalah menu yang berisikan daftar list video, gambar, audio, dan media yang sudah kita impor kedalam program movie maker kita. 2) Effects adalah menu yang berisikan daftar efek dan dapat digunakan untuk memberikan efek pada video yang sedang kita edit. 3) Transitions adalah menu yang berisikan daftar transisi atau perpindahan dari satu video ke video selanjutnya. 4) Titles and Credits adalah menu yang bertujuan untuk memberikan judul/title pada video yang sedang kita edit. C. Panel Publish
1

2 3 4 5

1) This Computer adalah mempublish/penyimpanan video dengan media penyimpanan di komputer kita. 2) DVD adalah mempublish/penyimpanan video dengan media penyimpanan di DVD/VCD. 3) Recordable CD mempublish/penyimpanan video dengan media penyimpanan di media perekam CD. 4) E-mail adalah mempublish/penyimpanan video dengan media penyimpanan di email.

Modul Movie Maker 2012
5) Digital Video Camera mempublish/penyimpanan penyimpanan di perangkat kamera.  Panel Timeline video dengan media

2 3 4 1

1) Area Video adalah tempat untuk meletakan video yang akan kita edit. 2) Time Line adalah informasi atau durasi waktu video yang sedang kita edit. 3) Zoom Out adalah tool yang digunakan untuk mengecilkan tampilan timeline video yang sedan aktif. 4) Zoom In adalah tool yang digunakan untuk memperbesar tampilan timeline video yang sedan aktif.  Panel Video Player

1

2 4 3

1) Video Preview adalah layar digunakan untuk melihat video yang sedang kita edit. 2) Timer adalah informasi durasi dan waktu video.

Modul Movie Maker 2012
3) Split adalah tombol yang digunakan untuk melakukan perpotongan video. 4) Play/Stop adalah tombol untuk memainkan dan memberhentikan video. BAB 2 EDITING VIDEO PEMBELAJARAN  Melakukan Import Video Sebelum kita melakukan editing pada video sebaiknya kita sudah persiapkan video yang akan kita edit terlebih dahulu. Video bisa file dokumentasi dari Ponsel, Kamera, dan Handycamp yang memiliki format .WMV, .MPEG, .MPEG2. Langkah-langkah untuk melakukan import video adalah sebagai berikut: 1. Langkah pertama klik kiri video pada import panel  Pilih lokasi video Anda di komputer  Pilih video Anda  Klik Kiri Import. Perhatikan gambar berikut ini:

Tunggu proses import video sampai selesai, hingga muncul tampilan berikut ini:

Modul Movie Maker 2012
2. Na, video contoh kita sudah masuk kedalam movie maker imported media. 3. Selanjutnya silahkan geser video tersebut ke panel video editor.

Caranya, cukup Anda geser video di daftar import media, untuk masuk ke video timeline. 4. Na, video kita sudah masuk kedalam video editor dan siap untuk kita potong dan diberikan text/title.  Memberikan Judul/Title Pada Video Langkah pertama dalam memberikan judul pada video adalah Klik Kiri, pada Panel Editor.

Untuk memberikan text pada awal video

Modul Movie Maker 2012
Untuk memberikan text setelah video yang diseleksi Untuk memberikan text pada video yang diseleksi Untuk memberikan text pada akhir video

Pada contoh ini kami akan membuat judul pada video yang sudah kita import. Langkah selanjutnya klik “Title at The Beginning”.

Kemudian akan muncul form untuk dimasukan text sebagai berikut ini,

Kemudian klik Add Title. Maka hasilnya adalah sebagai berikut.

Modul Movie Maker 2012

 Melakukan Pemotongan Video Dalam melakukan pemotongan video Anda harus menggunakan, Panel Drag kemudian letakan posisi Panel Drag pada timer video yang sesuai. Kemudian Klik Split.

Selanjutnya Klik Split, maka video yang kita edit tadi terpotong menjadi dua, dengan gambar sebagai berikut.

 Memberikan Efek Transition Langkah untuk memberikan efek transisi adalah sebagai berikut, Klik penel editor. Maka akan muncul banyak jenis efek transisi sebagai berikut ini: pada

Modul Movie Maker 2012

Silahkan dipilih efek transition, yang Anda pilih sesuai dengan keinginan Anda.

Maka akan muncul batas antara potongan video 1 dan video 2 yang merupahkan hasil efek transisi yang kita masukan.

 Memberikan Efek Video Langkah untuk memberikan efek pada video movie meker tidak jauh berbeda dengan memberikan efek transisi pada video. Langkahnya adalah sebagai berikut. Pertama, silahkan klik Effect berikut. pada edit panel, sehingga muncul ragam efek sebagai

Modul Movie Maker 2012

Setelah muncul beragam jenis efek seperti disamping, silahkan pilih salah satu jenis efek yang Anda sukai, untuk dimasukan video yang sudah kita potong.

Tanda efek video kita sudah masuk adalah muncul tanda bintang pada video yang kita sudah masukan efek video. Finish, video kita sekarang sudah siap untuk kita Publish.

Modul Movie Maker 2012
BAB 3 PUBLISH HASIL VIDEO EDITING

 Tahap Persiapan Publish Sebelum kita melakukan publish video Anda harus yakin dengan editing yang sudah Anda lakukan dengan melakukan play pada preview video. Sehingga, yakin untuk mempublish video yang akan kita hasilkan. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut: 1) Klik Panel Publish To

2) Kemudian akan muncul jendela name publish, untuk pemberian nama pada projek yang akan kita publish.

3) Pada form File Name, silahkan diberikan nama sesuai dengan keinginan masingmasing. 4) Publish to adalah lokasi file yang dimana akan kita simpan video hasil projek kita. 5) Klik Next untuk melanjutkan. 6) Setelah itu akan muncul halaman/jendela baru sebagai berikut.

Modul Movie Maker 2012

7) Pilih

,

kemudian

klik

8) Maka aka nada proses, loading. Silahkan tunggu sampai selesai 100%, Finish

9) Finish

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->