BAB I PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang Prakerin
Praktek Kerja Indutri (PRAKERIN) adalah suatu bentuk penyelenggaraan dari sekolah yang memadukan secara sistematik dan sinkron antara program pendidikan di sekolah dan program pengusahaan yang diperoleh melalui kegiatan bekerja langsung di dunia kerja untuk mencapai suatu tingkat keahlian profesional. Dimana keahlian profesional tersebut hanya dapat dibentuk melalui tiga unsur utama yaitu ilmu pengetahuan, teknik dan kiat. Ilmu pengetahuan dan teknik dapat dipelajari dan dikuasai kapan dan dimana saja kita berada, sedangkan kiat tidak dapat diajarkan tetapi dapat dikuasai melalui proses mengerjakan langsung pekerjaan pada bidang profesi itu sendiri. Praktek Kerja Industri dilaksanakan untuk memenuhi kebutuhan tenaga kerja yang profesional dibidangnya. Melalui Praktek Kerja Industri diharapkan dapat menciptakan tenaga kerja yang profesional tersebut. Dimana para siswa yang melaksanakan Pendidikan tersebut diharapkan dapat menerapkan ilmu yang didapat dan sekaligus mempelajari dunia industri. Tanpa diadakannya Praktek Kerja Industri ini kita tidak dapat langsung terjun ke dunia industri karena kita belum mengetahui situasi dan kondisi lingkungan kerja. Ada beberapa peraturan tentang Paktek Kerja Industri (PRAKERIN) dan putusan Menteri. Adapun peraturan Praktek Kerja Industri(PRAKERIN) adalah sebagai berikut : Tercantum pada UU. No. 2 tahun 1989 tentang Pendidikan Nasional yaitu untuk menyiapkan peseta didik melalui kegiataan bimbingan, pengajaran, dan/atau latihan bagi peranannya di masa yang akan datang. Peraturan Pemerintah No. 29 tahun 1990 tentang Pendidikan Menengah yang bertujuan meningkatkan kemampuan peserta didik sebagai anggota masyarakat dalam mengadakan hubungan timbal balik dengan lingkungan sosial, budaya, alam sekitar, dan meningkatkan pengetahuan peserta didik untuk melanjutkan pendidikan pada jenjang yang lebih tinggi dan untuk mengembangkan diri sejalan dengan perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) serta kebudayaan. Peraturan pemerintah No. 39 tahun 1992 tentang peran serta masyarakat dalam Pendidikan Nasional, serta Keputusan Menteri No. 0490/1993 tentang Kurikulum SMK yang

jenjang karir dan teknik. Menumbuhkan dan meningkatkan sikap profesional yang di perlukan siswa untuk memasuki dunia usaha. etos kerja yang sesuai dengan tuntutan lapangan pekerjaan.2 Tujuan Prakerin Tujuan Praktek Kerja Industri (PRAKERIN) adalah sebagai berikut : 1. . 1.berisi bahwa “Dalam melaksanakan pendidikan dilaksanakan melalui dua jalur yaitu Pendidikan didalam sekolah dan Pendidikan diluar sekolah” 1. Diharapkan dapat menambah wawasan dan pengetahuan yang berharga. Untuk memperkenalkan siswa pada dunia usaha. 3. Dapat mengenali suatu pekerjaan industri dilapangan sehingga setelah selesai dari Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) YPII Tg. 6. 5. 7. Untuk mencapai Visi dan Misi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Yayasan Pendidikan Islam Indonesia (YPII). Dapat menghasilkan tenaga kerja yang berkualitas. 4.PURA dan terjun kelapangan kerja industri dapat memandang suatu pekerjaan yang tidak asing lagi baginya. 3. dan memperoleh masukan serta umpan balik guna memperbaiki dan mengembangkan kesesuaian pendidikan dan kenyataan yang ada di lapangan. 4. keterampilan. Meningkatkan pengetahuan siswa pada aspek-aspek usaha yang professional dalam lapangan kerja antara lain struktur organisasi. 2. Untuk mengasah keterampilan yang telah diberikan disekolah dan juga sesuai dengan Visi dan Misi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) YPII Tg. yaitu tenaga kerja yang memiliki tingkat pengetahuan. 2.PURA.3 Manfaat Prakerin Adapun manfaat dari Praktek Kerja Industri (PRAKERIN) adalah sebagai berikut : 1. Memperkokoh link and mact antara SMK dan dunia kerja. Mengenal dunia pendidikan disekolah dan diluar sekolah. Dapat menambah keterampilan dan wawasan dalam dunia usaha yang professional dan handal.

jelas.2. Untuk kegiatan tersebut seperti yang dianjurkan pembimbing peserta Prakerin dilakukan dengan wawancara data yang dibutuhkan. dan akurat. dan laporan yang disusun ini bukanlah karangan yang bersifat imajinasi. telah mengadakan komunikasi langsung dengan pihak terkait sehingga data data yang dibutuhkan terkumpul dan terevaluasi. Dalam pelaksanaan nya sebagai peserta Prakerin. tetapi di susun sesuai dengan kenyataan yang ada di tempat Prakerin. Setelah itu penulis menyusunnya bab demi bab yang diperiksa oleh pembimbing sampai pada tahap pengesahan nya.3 Teknik Pembuatan Laporan Teknik pembuatan laporan dapat dilakukan secara langsung atau dengan mengajukan berbagai pertanyaan mengenai informasi. . sehingga peserta Prakerin harus mencari informasi dan data yang lengkap.

Nomor Akreditasi 00332/AK-V/DiplIII/P1AGBI/XII/2005 dengan nilai B. Teknik Listrik dengan jenjang pendidikan D3. Dalam melaksanakan proses belajar mengajar. melaksanakan penelitian.1 SEJARAH SINGKAT POLITEKNIK MBP MEDAN Politeknik MBP berdiri pada tahun 2002 sesuai dengan izin yang diberikan oleh Menteri Pendidikan Nasional No: 148/D/0/2002 dengan 16 program Studi.BAB II URAIAN UMUM 2. Nomor Akreditasi 00335/AkV/Dipl-III/P1AAKT/XII/2005 dengan nilai B. penelitian dan pengabdian . Nomor Akreditasi 00336/Ak-V/Dipl-III/P1AADB/XII/2005 dengan nilai C. Teknik Konstruksi Gedung dengan jenjang pendidikan D3. Sipil Bangunan Air dengan jenjang pendidikan D3. Teknik Elektronika dengan jenjang Pendidikan D3. Teknik Mesin Produksi dengan jenjang pendidikan D3. Administrasi Bisnis dengan jenjang pendidikan D3. Nomor Akreditasi 00409/Ak-V/Dipl-III013/P1ATEK/XII/2005 dengan nilai C. Nomor Akreditasi 00407/Ak/V/Dipl-III/P1AHRK/XII/2005 dengan nilai C. Keuangan & Perbankan dengan jenjang pendidikan D3 Nomor Akreditasi 00385/Ak-V/Dipl-III/P1AKPB/XII/2005 dengan nilai B. Dengan jumlah program studi sebanyak itu menjadikan Politeknik MBP sebagai Politeknik Swasta Terbesar di Sumatera Utara. Hortikultura dengan jenjang pendidikan D3. Bahasa Inggris dengan jenjang pendidikan D3. 148/D/O/2002 dengan motto “mendidik tenaga ahli untuk tingkat pelaksana atau pengelola yang benar – benar mempunyai keterampilan dalam bidangnya”. Dari mulai berdiri Politeknik MBP sudah membuka 16 Program Studi yaitu : Akutansi dengan jenjang pendidikan D3. Perawatan & Perbaikan Mesin dengan jenjang pendidikan D3. Budidaya Peternakan dengan jenjang pendidikan D3. Manajemen Hote dengan jenjang pendidikan D3. Nomor Akreditasi 00316/AkV/Dipl-III/P1ATRP/XII/2005 dengan nilai C. Agribisnis Peternakan dengan jenjang pendidikan D3. Berdasarkan izin Dirjen Pendidikan Tinggi (DIKTI) dengan SK No. Peyelenggaraan pendidikan sudah melaksanakan Tridharma perguruan Tinggi yaitu pelaksanaan proses belajar mengajar. Teknik Telekomunikasi dengan jejnjang pendidikan D3. Nomor Akreditasi 00461/Ak-V/Dipl-III/P1AAGP/X/2005 dengan nilai C. Budidaya Peternakan dengan jenjang pendidikan D3. dan melaksanakan pengabdian kepada masyarakat. dan Teknik Listrik dengan jenjang pendidikan D3.

” MISI “Mewujudkan Perguruan tinggi melalui penyelenggaraan pendidikan vokasi dengan pembelajaran modern. Semakin banyak kegiatan yang dilakukan dalam suatu organisasi maka semakin kompleks hubungan-hubungan yang ada. 2. batas-batas kekuasaan ataupun wewenang yang di terima dan kepada siapa dia harus bertanggung jawab. penelitian terapan yang menunjang pembelajaran dan pengabdian pada masyarakat sebgai bentuk kepedulian dan penerapan ilmu serta membina hubungan kerjasama guna meningkatkan mutu kopetensi lulusan”. 2. yang menjadi dasar dalam organisasi ini adalah pembagian kekuasaan (authority) dan tanggung jawab (responsibility). Bagan itu dinamakan bagan organisasi atau struktur organisasi. TUJUAN “Menghasilkan lulusan berkualitas. Dengan struktur organisasi perusahaan maka pimpinan dan bawahan yang ada dalam perusahaan dapat mengetahui dengan jelas mengenai kegiatan–kegiatan yang harus dilakukan.2 VISI MISI DAN TUJUAN POLITEKNIK MBP MEDAN VISI “Menjadi Perguruan Tinggi Unggulan dalam Peyeleggaraan Pendidikan Terapan di Sumatera Utara pada tahun 2020. . termasuk hubungan fungsi masing-masing kegiatanya. misi dan tujuan Politeknik MBP.kepada masyarakat maupun peyelenggara manajemen disesuaikan dengan peraturan – peraturan yang berlaku serta diselaraskan dengan visi. adaptif dan bermoral. mampu bersaing pada tingkat nasional maupun internasional dalam menerapkan ilmu pengetahuan dan teknologi sesuai kebutuhan masyarakat.untuk itu perlu di buat bagan yang menggambarkan hubungan tersebut.3 Struktur Organisaai Politeknik MBP Dalam organisasi terdapat hubungan yang erat diantara fungsi yang satu dengan fungsi yang lain sehingga ada keterkaitan antara kegiatan kegiatan yang dilakukan.

maka sangat perlu adanya pembagian tugas. Gambar struktur organisasi POLITEKNIK MBP dapat dilihat pada gambar berikut: PEMBANTU DIREKTUR PEMBANTU DIREKTUR II PEMBANTU DIREKTUR III MCN REPRESENTATIVE MONCV/AUDITOR STAF AHLI UPPM DOCUMENT CONTROL UPT PERPUSTAKAAN UPT PROMOSI/JASA&PROD BAGIAN ADMINISTASI AKADEMIK DAN KEMAHASISWAAN BAGIAN ADMINISTRASI UMUM KEUANGAN DAN KEPEGAWAIAN BAGIAN PUSAT SISTEM INF JURUSAN AKADEMIK URUSAN KEMAHASISWAAN URUSAN KEUANGAN URUSAN KEUANGAN URUSAN UMUM&KEPEGAWAIAN JURUSAN AK URUSAN KEUANGAN JURUSAN AB JURUSAN ME JURUSAN EE JURUSAN BI JURUSAN TS JURUSAN PERTANIAN PERTANIANIANPERTA NIAN Adm.Struktur organisasi dapat dianggap sebagai dasar menyeluruh yang mempersatukan refektif. Apabila organisasi telah berjalan dan tumbuh .tugas serta kegiatan. dimana dalam perusahaan telah di tentukan tugas.JURUSAN BEM BBBBBEM HMPS UKM .kegiatan yang harus dikerjakan oleh setip bagian.

Perpustakaan. Administrasi Jurusan. Kegiatan yang dilakukan di bidang perpustakaan yaitu. mengentry hasil TPA mahasiswa baru. menstempel KRS dan KHS. menstempel laporan PKL mahasiswa.Gambar 1. melabel buku. Serta Menshelving buku adalah menyusun buku ke setiap rak buku yang sudah diberi label dan barcode. menyusun absensi mahasiswa per jurusan. Struktur Oganisasi Politeknik MBP Medan 2. mengentry data PMB (Pembekalan Mahasiswa Baru) 2012. c. merekap absen FO setiap bulannya. Ruang Pudir III Adapun beberapa kegiatan yang sering dilakukan di ruangan tersebut adalah: Mengentry data Mahasiswa baru. menyusun KRS dan KHS yaitu dengan cara menyusunnya per semester agar mahasiswa mudah untuk mencari KRS dan KHSnya. memeriksa hasil TPA mahasiswa baru gel-I dan II. Dalam bidang administrasi jurusan peserta Prakerin melakukan berbagai pekerjaan seperti. Membarcode buku adalah menempelkan barcode dengan cara melihat nomor buku yang telah ditulis distempel inventaris. b. . adalah menempelkan call number yang telah ditetapkan dibagian punggung buku.4 Kegiatan Praktek Kerja Industri Adapun kegiatan Prakerin yang telah dilaksanakan di berbagai bidang yaitu: a. Mengentry yang dimaksud yaitu memasukkan data-data mahasiswa baru dan juga data PMB ke komputer untuk disimpan.