Tugas ini disusun guna memenuhi tugas Sanitasi Pemukiman dan Tempat – Tempat Umum ( Pasar Jatingaleh) Dosen

Pengampu : Ibu Arum Siwiendrayanti, S. KM, M. Kes. Oleh : 1. 2. 3. 4. 5. 6. 7. 8. Lailatul Hikmah Bianka Beladina Iffa Failasufa Asmorowati N Airyta Estydyah Nurroisah Mustafidah Nourma Izul Khusna Victa Sonia Rombel 01 6411409058 6411409078 6411409079 6411409081 6411409087 6411409089 6411409090 6411409118

JURUSAN ILMU KESEHATAN MASYARAKAT FAKULTAS ILMU KEOLAHRAGAAN

ada pedagang. dan tidak ada paksaan dari pihak manapun. ada pembeli. Maka kita lihat penjabaran berikut ini: 1. B. Pasar nyata adalah pasar diman barang-barang yang akan diperjual belikan dan dapat dibeli oleh pembeli. Menurut dari bentuk kegiatannya pasar dibagi menjadi 2 yaitu pasar nyata ataupun pasar tidak nyata(abstrak).UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG 2011 BAB I PENDAHULUAN A. Contoh pasar tradisional dan pasar swalayan. Pengertian Pasar Pasar adalah tempat bertemunya calon penjual dan calon pembeli barang dan jasa. Jenis-Jenis Pasar  Jenis pasar menurut bentuk kegiatannya. Transaksi adalah kesepakatan dalam kegiatan jual-beli. ada kesepakatan harga barang. Syarat terjadinya transaksi adalah ada barang yang diperjual belikan. 2. Di pasar antara penjual dan pembeli akan melakukan transaksi. Pasar abstrak adalah pasar dimana para pedagangnya tidak menawar barangbarang yang akan dijual dan tidak membeli secara langsung tetapi hanya dengan . Pasar Nyata. Pasar Abstrak.

pasar modal dan pasar valuta asing.pasar sayur. jenis pasar dibedakan menjadi pasar tradisional dan pasar modern. misalnya pasar hewan. 1. plaza. 2.  Jenis – Jenis Pasar menurut keleluasaan distribusi. Pasar Daerah 3. dan tempat-tempat modern lainnya. Pasar Tradisional Pasar tradisional adalah pasar yang bersifat tradisional dimana para penjual dan pembeli dapat mengadakan tawar menawar secar langsung. Barang-barang yang diperjual belikan adalah barang yang berupa barang kebutuhan pokok.  Jenis – Jenis Pasar menurut jenis barangnya.  Menurut cara transaksinya. pasar saham.pasar buah. Tempat berlangsungnya pasar ini adalah di mal. Menurut keluasaan distribusinya barang yang dijual pasar dapat dibedakan menjadi: 1. Beberapa pasar hanya menjual satu jenis barang tertentu . Pasar Lokal 2. Pasar Modern Pasar modern adalah pasar yang bersifat modern dimana barang-barang diperjual belikan dengan harga pas dan denganm layanan sendiri.pasar ikan dan daging serta pasar loak.menggunakan surat dagangannya saja. Pasar Nasional dan Pasar Internasional . Contoh pasar online.

dan dirancang oleh Thomas Calton pada tahun 1938. B. Umum a.103 Semarang : UPTD Pasar Semarang  Profil Pasar Jatingaleh : 1.BAB II PEMBAHASAN  Pasar : adalah suatu tempat tertentu. 2. Letak 1. Berjarak tidak kurang dari 500 Jarak Pasar Jatingaleh tidak kurang dari 500 m m dari tempat pembuangan akhir dari tempat pembuangan akhir sampah. sampah BANGUNAN PASAR 1. Luas Bangunan 2669 m2 dan tinggi bangunan ± 4 m. Susunan sedemikian lancar (V) bangunan rupa arus diatur sehingga orang a. Pasar Jatingaleh dibangun oleh pemerintahan Belanda. bertemunya antara penjual dengan pembeli termasuk fasilitasnya dimana penjual dapat memperagakan barang dagangannya dengan membayar retribusi. ditempati pada tahun 1939. 3. Mempunyai jumlah kios 55 buah dan los 212 No Komponen A.  Nama Pasar  Alamat  Pengelola : Pasar Jatingaleh : Jalan Teuku Umar no. Sesuai dengan tata kota (V) Analisis Sudah sesuai dengan letak tata kota karena pasar ini dibangun oleh pemerintah Kota Semarang. 2. Susunan bangunan Pasar Jatingaleh sudah diatur sedemikian rupa sehingga memungkinkan arus jalan orang untuk berbelanja lancer memungkinkan .

Setiap bangunan harus cukup penghawaan dan pencahayaan 10 – 15 f. dan lain-lain mengelompok campur-campur (V) c. dll sudah dikelompokkan sesuai kebutuhan dan tidak campur-campur potong rambut. juga harus anti tikus (rat proof) d. Bangunan keperluan yang seperti digunakan tempat untuk penjualan daging. warung makan. Lantai dipasar jatingaleh terbuat dari semen yang dicor. Permukaan bangunan tempat penjualan sudah halus. kedap air. Tidak ada sudut-sudut mati yang untuk menyulitkan tikus (rat proof) pembersihannya konstruksi bangunan tetapi disediakan anti d. e. tempat potong rambut.b.c (V) c. tidak b. dan lebih tinggi dari lantai (V) g. Konstruksi bangunan tidak boleh ada sudut-sudut mati yang menyulitkan pembersihannya. f. kedap air dan tidak retak-retak. Lantai bangunan terbuat dari bahan-bahan tahan lama. Konstruksi bangunan tidak banyak tiang sehingga orang dapat leluasa berjalan dan tidak mengganggu pandangan pasar. Bangunan yang ada di pasar Jatingaleh sudah cukup penghawaan karena tidak terlalu banyak orang berlalu lalang / berdesak-desakan saat berbelanja serta . Permukaan bangunan tempat penjualan harus halus. keperluan tempat restoran. Konstruksi bangunan tidak banyak tiang sehingga orang dapat leluasa pandangannya dan tidak mengganggu pandangan pasar (V) e. sedikit miring dan lebih tinggi dari lantai g. Bangunan tertentu penjualan harus untuk seperti daging. sedikit miring. dan tidak retak-retak maupun licin (V) f.

a. Di pasar Jatingaleh terdapat ruangan khusus untuk warung makan dan pemangkas rambut. segar FASILITAS SANITASI 1. Jumlah urinoir diperhitungkan jamban yang sebagai diperhitungkan Tersedia air bersih yang cukup sesuai dengan kebutuhan yang berasal dari PAM. Khusus (V) Bila di dalam pasar terdapat ruangruang khusus untuk restoran/warung makan dan pemangkas rambut. dan disana hygiene sudah dan diberlakukan sanitasi untuk syarat minimal tempat-tempat kegiatan tersebut. tempat penjualan daging dan ikan C. Terdapat 6 jamban. tetapi jamban wanita dan pria tidak dipisahkan . Jumlah berikut: • Untuk setiap 40 pedagang wanita 1 buah jamban • Untuk setiap 60 pedagang pria diperlukan 1 buah jamban d. h. maka berlaku persyaratan minimal hygiene dan sanitasi untuk tempat-tempat demikian juga kegiatan tersebut. Jamban yang terdapat di Pasar Jatingaleh memakai type leher angsa b. Jamban pria harus terpisah dari jamban wanita. masih berupa jamban umum c. Jamban pria dan wanita tidak dipisahkan.c karena terang. Jamban dan Urinoir (V) a.h. demikian juga untuk tempat penjualan daging dan ikan segar. Jamban memakai type leher angsa b. Pada sekeliling bangunan pencahayaan sudah mencapai 10-15 f. Pada sekeliling bangunan sudah terdapat saluran pembuangan air kotor/ air hujan pencahayaannya sudah cukup dibuat saluran pembuangan air kotor/air hujan (V) 2. c. Penyediaan air bersih (V) Tersedia air bersih yang cukup sesuai dengan kebutuhan 2.

mudah diangkat. Bak penampungan sampah yang sebelum diangkut mempunyai volume yang cukup.untuk setiap 60 pengunjung pria diperlukan 1 buah urinoir (pada suatu saat) e. Pengangkutan sampah harus dilakukan tertentu 4. dan kapasitasnya sesuai dengan kebutuhan. jumlah dan kapasitasnya dengan kebutuhan b. kedap air. Tersedia kotak sampah yang tertutup. Bak yang penampungan sebelum sampah diangkut mempunyai disesuaikan d. dan lebih besar dari volume rata-rata produksi sampah setiap hari paling sedikit 1x sehari Saluran pembuangan air kotor (V) Saluran pembuangan air kotor yang menghubungkan saluransaluran air kotor dan bangunan – . maupun septic tank 3. dianjurkan a. Jamban dan urinoir dapat dihubungkan dengan saluran air kotor kota yang tertutup. tetapi dihubungkan dengan saluran umum. pada sehabis jam-jam pasaran b. mudah diangkat. Tempat sampah (V) a. sebesar dua kali lebih besar dari volume rata-rata produksi sampah setiap hari c. Jamban tidak dihubungkan dengan saluran air kota yang tertutup. kedap air. Tidak tersedia urinoir untuk pengunjung pria e. volume yang cukup. Tersedia kotak sampah dan bak penampungan sampah yang tertutup rapat.

K 1 buah dan lengkap dengan obat-obatannya Untuk P3.K 3.bangunan pasar ke saluran air kotor kota harus cukup besar dan bila tertutup harus dilengkapi dengan sampah saringan penahan c. minimal 1 buah dengan yang berisi lengkap pokok obat-obatan 1. Salurannya sudah cukup baik. Sudah tersedia peti P3. pada alat ini harus 3. tetapi belum ada cara penggunaanya. karena sudah cukup besar dan tertutup serta dilengkapi sampah dengan saringan penahan D. . Sudah terdapat APAR (17) yang mudah dijangkau. Alat Pembersih (V) 2. Kotak P3K (V) Tersedia peti P3. Pengangkutan sampah sudah dilakukan pada jam-jam tertentu. Alat Pemadam Kebakaran (V) Tersedia alat pemadam kebakaran yang dapat dilihat dan dicapai dengan mudah oleh umum. yaitu dilakukan 6 jam sekali. Sudah cukup lengkap 2. PERALATAN 1.K.

terdapat cara penggunaannya. Penanggung jawab pasar sudah berkewajiban selalu menjaga kebersihan pasar secara menyeluruh. Alat Pengeras Suara (V) Terdapat alat pengeras suara yang dapat dipergunakan untuk memberikan kebersihan/ penerangan sanitasi pada 4. Untuk karyawan yang berstatus negri sudah mempunyai sertifikat kesehatan dari DINKES. Semua karyawan sudah dilengkapi dengan pakaian kerja 2. KARYAWAN (V) 1. tetapi untuk karyawan dari swadaya masyarakat belum mempunyai sertifikat kesehatan dari DINKES 2. Semua karyawan harus sertifikat 1. Sudah untuk tertentu E. 4. pembuangan sampah setiap hari dan pendisinfeksian . pembuangan sampah setiap hari dan pendisinfeksian kebersihan pasar secara menyeluruh. Karyawan harus dilengkapi dengan pakaian kerja LAIN-LAIN (V) Penanggung berkewajiban jawab selalu pasar menjaga terdapat alat pengeras suara waktu-waktu tertentu sebanyak 2 buah dengan ukuran besar memberikan pada penerangan waktu-waktu kebersihan/sanitasi mempunyai masih berlaku kesehatan dari Dinkes yang F .

Denah Pasar Jatingaleh S A L U R A N P E M B U A N G A N T O L MCK D A G I N G SALURAN PEMBUANGAN AIR LIMBAH PASAR I K A N BAB III .

Untuk kamar mandi yang ada di Pasar Jatingaleh sebaiknya dipisahkan antara yang pria dan wanita b. Saran a. Untuk penggunaan APAR sebaiknya dilengkapi cara penggunaannya DOKUMENTASI .KESIMPULAN DAN SARAN A. Sebaiknya disediakan urinaria untuk kamar mandi pria c. dapat disimpulkan bahwa Pasir Jatingaleh sudah memenuhi syarat sanitasi pasar dengan total skor 1325 dari skor maksimal 1875. Kesimpulan Berdasarkan hasil observasi kelompok kami di Pasar Jatingaleh. B.