MANUSIA SEBAGAI INDIVIDU DAN MAKHLUK SOSIAL

BAGAIMANAKAH FUNGSI DAN PERANAN MANUSIA SEBAGAI MAKHLUK INDIVIDU DAN MAKHLUK SOSIAL? BERILAH CONTOH KONKRET UNTUK MEMBEDAKAN KEDUANYA! .

raga dan jiwa  Merupakan satu kesatuan yang tak terpisahkan  . fisik dan psikis.Individu dan Masyarakat Individu berasal dari kata individuum (Bahasa Latin)  In dan divided (Bahasa Inggris)  Unsur jasmani dan rohani.

ukuran. karakter. perangai.Setiap individu itu unik  Berbeda bentuk. sifat. selera dan lain-lain  Ciri individu : ciri fisik atau biologis  Individu: perpaduan antara faktor genotipe dan fenotipe  Kepribadian: karakteristik yang khas dari seseorang  . gaya.

masyarakat memiliki ciri/karakter yang berbeda-beda pula  . tetangga.Kepribadian adalah keseluruhan perilaku individu yang merupakan hasil interaksi antara potensi-potensi biopsikofisikal (fisik dan psikis) yang terbawa sejak lahir dengan rangkaian situasi lingkungan. yang terungkap pada tindakan dan perbuatan serta reaksi mental psikologisnya jika mendapat rangsangan dari luar  Kelompok sosial seperti keluarga.

Manusia sebagai Makhluk Sosial Adanya aturan  Rule of The Game  Manusia tidak lepas dari pengaruh masyarakat. sekolah dan lingkungan lainnya  Perilaku manusia dipengaruhi orang lain  . rumah.

Mengapa disebut Makhluk Sosial      Perilaku manusia dipengaruhi orang lain Ada dorongan untuk berinteraksi dengan orang lain Ada kebutuhan sosial (social need) untuk hidup berkelompok Kebutuhan untuk mencari teman sering didasari kesamaan ciri atau kepentingan masing-masing Tidak bisa hidup kalau tidak hidup di tengah-tengah manusia lainnya .

Cooley :looking glass self Setiap anggota masyarakat harus mempelajari peranan-peranan yang ada  Sosialisasi: proses dimana di dalamnya terjadi pengambilan peranan (role taking)  Menurut Mead: play stage. game stage dan generalized other  Orang-orang penting dalam proses sosialisasi disebut significant others   .

misalnya prasangka (prejudice) . terkadang menimbulkan hal-hal yang negatif. Interaksi terkadang tidak berjalan baik.

norma sosial  Perilaku manusia mengharapkan suatu penilaian dari orang lain  Manusia memiliki kebutuhan untuk berinteraksi dengan orang lain  Potensi manusia akan berkembang bila ia hidup di tengah-tengah manusia  .Kesimpulan Alasan manusia disebut makhluk sosial Manusia tunduk pada aturan.

Manusia sebagai Makhluk yang Berhubungan dengan Lingkungan Hidup Ratzel : populasi manusia dengan perkembangan kebudayaannya ditentukan oleh kondisi alam  Huntington: iklim sangat menentukan perkembangan kebudayaan manusia. Perkembangan seni. agama. pemerintahan dan segi-segi kebudayaan lain sangat bergantung pada iklim setempat  Keluarga merupakan wadah pembinaan individu menjadi makhluk sosial  Keluarga mempunyai fungsi majemuk  .

Masyarakat Masyarakat Desa  Masyarakat Kota  .

Interaksi Sosial dan pelapisan sosial Stratifikasi Sosial dalam Masyarakat .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful