P. 1
Rts145 Slide Sistem Peradilan Di Indonesia

Rts145 Slide Sistem Peradilan Di Indonesia

|Views: 30|Likes:
Published by Fionna Pohan

More info:

Published by: Fionna Pohan on Dec 11, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as TXT, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

08/12/2013

pdf

text

original

Prof. dr. AMRI AMIR, Sp.

F(K), DFM, SH

K homo homini lupus . ketidakseimbangan dalam kehidupan manusia:pembunuhan, penganiayaan pemerkosaan, pencurian, dan tindak kejahatan lainnya sering terjadi Dibutuhkan ketertiban dan keteraturan

Pidana .... Perkara khusus . Perdata .Pelanggaran dan sengketa .

. tahap I : Penyidikan oleh penyidik .. dan Lembaga Pemasyarakatan . tahap III : Mengadili perkara oleh hakim . tahap II : Penuntutan oleh penuntut umum . pengadilan. Proses peradilan pidana terdiri dari 3 tahap: .EPRKRA A PIDANA ... kejaksaan. Sistem peradilan pidana terdiri dari masyarakat.. kepolisian.. Perkara yang menyangkut kepentingan dan ketentraman masyarakat . pihak yang berperkara adalah antara Jaksa Penuntut Umum (JPU) yang mewakili negara dengan tertuduh .

. 2 Tahun 2002 pasal 15 tentang kepolisian.PP HH P . Polisi punya kewenangan melakukan upaya paksa dalam bentuk penangkapan. dan siapa saja yang mengetahui bahwa ada tindak kejahatan KUHAP pasal 7 ayat (1) dan Undang-undang No. saksi. Diawali dengan adanya pelaporan atau pengaduan ke kepolisian dari korban. penggeledahan. penyitaan dan pembukaan surat . penahanan. salah satunya. polisi atau penyidik wajib menerima laporan atau pengaduan ..

Diperlukan kerjasama masyarakat (sebagai saksi) . Penyidikan : serangkaian tindakan penyidik untuk mencari serta mengumpulkan bukti untuk membuat jelas tindak pidana yang terjadi dan guna menemukan tersangkanya . Yakin adanya peristiwa pidana . Penyelidik Polri belum perlu meminta bantuan ahli untuk menentukan ada-tidaknya peristiwa pidana .. Penyelidik dapat melakukan pemeriksaan pendahuluan untuk mencari dan menemukan suatu peristiwa yang diduga sebagai tindak pidana untuk menentukan dapat atau tidak dilakukan penyidikan ... yaitu seluruh pejabat kepolisian .. membuat dan menyampaikan laporan kepada penyidik . Dimulai dari penyelidikan oleh penyelidik....

bunuh diri. sebagai ahli yang diharapkan dapat memberikan pemeriksaan dan pendapatnya .. keterangan ahli.. dokter diminta datang ke tempat kejadian perkara. Keterlibatan dokter pada kasus-kasus ini diatur oleh sistem pemeriksaan medikolegal yang digunakan di masing-masing negara . dikirim oleh yang berwenang ke rumah sakit setempat. hanya bila sangat diperlukan saja.. umumnya dokter menunggu di rumah sakit .. atau kematian yang penyebabnya mencurigakan . Bantuan ahli (dokter) untuk memeriksa korban dalam menangani korban yang meninggal akibat pembunuhan. KUHAP pasal 7 titik h. petunjuk dan keterangan terdakwa . surat. KUHAP Pasal 184. orang yang mati karena kekerasan atau mencurigakan sebabnya.. Di Indonesia.. barang bukti terdiri dari keterangan saksi.

toksikologi. Orang yang mati karena kekerasan atau sebab g kematiannya mencurigakan kematian korban.... sidik jari. Perlu-tidaknya Sistem Continental Perlu pemeriksaan .. petugas perwakilan kerajaan yang membantu Perlu pemeriksaan bedah mayat ditentukan medical examiner.. maka ia hanya meminta dokter mengeluarkan surat keterangan kematian .S P M Sistem Coroner . Sistem ini digunakan di Indonesia (warisan Belanda) g gg beberapa negara bagian Amerika atau bekas jajahan . DNA) . Pemeriksaan dilanjutkan di gedung pemeriksaan ( t i ki i f ik dikirim oleh yang berwenang ke rumah sakit setempat. Ketika ia datang ke TKP dan melihat tidak ada kecurigaan sebab dan cara . Digunakan di Inggris dan autopsi. dokter hanya Jika menunggu di rumah sakit pemeriksaan bedah mayat maka ia yang akan meminta dokter untuk melakukannya . seorang ahli patologi forensik atau deputinya Perlu pemeriksaan bedah mayat adalah penyidik (polisi) atau magistrat (pegawai mengutip pajak di umum) wilayahnya . balistik. Ia akan datang ke TKP dan pihak kepolisian hanya bertugas mengamankan daerah sekitar TKP penuntut . Sistem ini banyak digunakan di gg . Sebab dan cara kematian lebih mudah ditentukan . Perlu-tidaknya bedah mayat ditentukan oleh seorang coroner. fotografi..... Perlu-tidaknya Sistem Medical Examiner . diperlukan ... kimia forensik..

Inggris Amerika KEMBALI .

Jika syarat materil dan formil telah terpenuhi. Belum lengkap . subsider. maka jaksa akan melakukan penuntutan .. penuntut umum akan meminta penyidik untuk melakukan pemeriksaan tambahan disertai petunjuk yang diperlukan agar proses penuntutan dapat dilaksanakan . diuraikan semua unsur tindak pidana yang didakwakan.. kumulatif atau gabungan .. berupa tempat dan waktu terjadinya tindak pidana.. Syarat formil dan materil : identitas lengkap terdakwa dan penjelasan tentang tindak pidana. Sesudah bahan penyidikannya cukup. alternatif. maka penyidik akan melimpahkan berkas-berkasnya kepada penuntut umum untuk dipelajari syarat materil dan syarat formil .. baik yang berbentuk dakwaan tunggal.

. dalam surat dakwaan akan diuraikan syarat formil dan materil .. PN akan menentukan apakah perkara itu menjadi kewenangannya atau tidak . Penuntutan : tindakan penuntut umum untuk melimpahkan perkara ke Pengadilan Negeri (PN) yang berwenang . ketua pengadilan menunjuk hakim untuk menyidangkannya . JPU akan membaca dengan tekun dan teliti untuk merumuskan dokumen tuntutan. hakim majelis akan menentukan waktu sidang perkara di PN tersebut .. Kewenangannya ... jaksa akan mempertahankan tuntutannya dengan membuat surat dakwaan secepatnya. menentukan dapattidaknya melimpahkan berkas ke pengadilan yang berwenang untuk proses hukum lebih lanjut . Pada tingkat ini.. Dalam melimpahkan perkara ke sidang pengadilan.

Penasehat hukum atau terdakwa dapat mengajukan bantahan (eksepsi) atas dakwaan yang dibacakan penuntut umum . saksi ahli.. hakim akan melakukan musyawarah untuk menentukan putusannya . Jika hakim masih memerlukan keterangan lain.. dan selanjutnya JPU akan membacakan dakwaan . jujur dan tidak memihak . hakim dapat menunda sidang pada waktu berikutnya . proses pemeriksaan akan ditutup . Mengadili : serangkaian tindakan hakim untuk menerima... Dalam persidangan hakim akan mempertanyakan apakah identitas terdakwa benar atau tidak.... Jika hakim merasa cukup. Selanjutnya pemeriksaan saksi-saksi dan barang bukti. dan terakhir akan memeriksa terdakwa . memeriksa dan memutus perkara pidana berdasarkan asas bebas.

. sesuai KUHAP Pasal 183 . Sistem pembuktian yang digunakan : sistem pembuktian negatif (asas praduga tak bersalah) . Hakim berdasarkan alat-alat bukti yang sah mencari kebenaran materil atau kebenaran yang sesungguhnya agar peristiwa pidana tersebut menjadi terang dan menyakinkan atau sebaliknya. hakim berpedoman kepada alat bukti yang sah dan keyakinannya.. Kehadiran saksi ahli di sidang pengadilan mungkin diperlukan untuk memberikan penjelasan tentang pemeriksaan yang telah dilakukannya (Visum et Repertum) atau tentang pengetahuan di bidang yang dikuasainya yang diperlukan hakim . KUHAP Pasal 170 ayat (1) dan (2). Dapat atau tidak menggunakan hak tersebut ditentukan hakim ... KUHP Pasal 224. dokter dapat dikenai sanksi hukum pidana jika tidak mau memenuhi kewajibannya ... memberi peluang kepada dokter untuk tetap menjaga rahasia jabatan dan pekerjaannya melalui hak undur diri sebagai saksi ahli. Dalam memutuskan perkara.

maka bisa mengajukan banding/kasasi.. Bila salah satu pihak keberatan dengan putusan tingkat pertama. Eksekusi akan dilakukan oleh JPU .. denda dan tutupan juga pidana tambahan berupa pencabutan hak-hak tertentu.. Bila semua pihak setuju dengan putusan pengadilan. diperlukan dasar hukum dan alasan yang kuat . terpidana akan dibina di LP sampai waktu tertentu . hakim dapat menjatuhkan putusan bebas atau sebaliknya . dan disusul dengan pelaksanaan eksekusi .. Eksekusi : pelaksanaan putusan pengadilan yang sudah memiliki kekuatan hukum tetap . maka putusan akan memiliki kekuatan hukum tetap... Jika hasil pemeriksaan hakim tidak yakin atau barang bukti tidak cukup.. Bila pemidanaan berupa perampasan kemerdekaan. perampasan barang-barang tertentu dan pengumuman putusan hakim . Putusan pemidanaan dapat berupa pidana mati.. penjara. kurungan.

Tugas hakim yang pertama : menasehati kedua pihak untuk menyelesaikan perkara di luar pengadilan . Hakim berpegang kepada kebenaran formal .EPRKRA A REP DAT . antara penggugat dengan tergugat . Dapat diwakili pengacara .. Mediasi tidak berhasil ... Inisiatif berperkara dari pihak yang merasa dirugikan .. Untuk memenangkan perkara .. penyelesaian perdata di pengadilan ... dikemukakan dalil dan bukti yang diusahakannya sendiri . Perkara/persengketaan kepentingan perseorangan atau badan hukum.

pembacaan gugatan. Pendaftaran Dilakukan oleh penggugat di PN dimana tergugat bertempat tinggal . Pengajuan gugatan Diajukan ke pengadilan untuk diproses lebih lanjut Surat gugatan dilengkapi dengan salinan dokumen/bukti tertulis lainnya ... putusan sela. Eksekusi Eksekusi keputusan pengadilan yang sudah memiliki kekuatan hukum tetap dilakukan oleh PN . Persidangan Jika tidak disetujui untuk berdamai . kesimpulan dan putusan . pemeriksaan alat bukti..PP HH P . Pemeriksaan dan tawaran perdamaian Hakim akan memeriksa kasus dan menawarkan kepada tergugat dan penggugat untuk melakukan perdamaian ...

. Pasien : tidak menyadari arti kontrak terapeutik.. Beberapa kalangan dokter : kontrak terapeutik tidak dapat diganggu gugat atau dengan kata lain kebal hukum . Kontrak terapeutik merupakan suatu bentuk perjanjian/perikatan antara dokter dengan pasiennya . berlaku semua ketentuan hukum perdata . khususnya mengenai isi atau objek perjanjian tersebut .SISIESTMESTM EPREPRADADILANAN KHSU HSU DOKOKETRETR ..

.F. M. Humphrey R Djemat SH. dokter. Namun harus ada ketentuan pembatasan korban dari tindakan malpraktik. Menurut Dr. Solidaritas korps (esprit de p seprofesi besar nilai gugatan immaterial. Adalah tepat bila seorang dokter yang l k k k l h corps) dikhawatirkan akan lebih mendasari keputusan dan melakukan kesalahan dihukum.. SH..Si. tak terkecuali profesi dokter . pe a usu e gu us LLM mengatakan jika Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI) untuk membentuk peradilan i d d b i merasa dirugikan. masih tidak ada berguna bagi masyarakat seorangpun yang kebal dari hukum. Sp. masyarakat berhak independen bagi pelanggaran disiplin kedokteran. Agus Purwadianto. peradilan khusus menggugat dokter yang menanganinya ke pengadilan karena telah untuk profesi dokter menjadi tidak terpisah dari peradilan umum. Di negeri hukum ini. perihal usul Pengurus . S . Dari kalangan hukum. dr. Seburuk apapun yang dilakukan seorang dokter profesi ini mensubordinasi upaya penegakan disiplin profesi dokter.

. Hukum kedokteran : perjanjian/perikatan (kontrak terapeutik) didasarkan pada inspanning-verbintenis (perikatan berdasarkan usaha yang sebaik-baiknya). mencari kepastian yang layak melalui pemeriksaan dan penalaran hukum tentang benar tidaknya peristiwa itu terjadi. bukan sembuh atau tidaknya pasien . bukan mencari kesalahan terdakwa . sama sekali bukan resultaatverbintenis (perikatan berdasarkan hasil) Objek perjanjian : usaha/upaya maksimal oleh dokter.. Pembuktian dalam hal malpraktik .. Proses peradilan bagi kalangan dokter meliputi tahapan yang sama dengan proses peradilan yang lain . serta mengapa mengapa peristiwa itu terjadi Tujuan pembuktian : mencari dan menemukan kebenaran materil..

lebih baik apabila berkonsultasi dengan IDI ..menurut KUHAP Pasal 1 butir 27.. merupakan salah satu dari bukti dalam perkara . dan Pasal 179 ayat (1) .. ia lihat sendiri dan ia alami sendiri . Pasal 120. KUHAP Pasal 1 butir 26. Keterangan saksi ini . Untuk menggunakan keterangan saksi sebagai alat bukti diperlukan paling sedikit 2 orang saksi .Keterangan Saksi . KUHAP Pasal 1 butir 28. Seorang dokter yang sederajat keahliannya dengan dokter yang menjadi terdakwa dapat dijadikan pemberi keterangan ahli.. mengenai kluarga penderita tidak dapat dijadikan saksi karena termasuk memiliki hubungan keluarga sampai derajat ketiga dengan terdakwa yang dilarang menjadi saksi Keterangan Ahli . saksi adalah orang yang dapat memberikan keterangan tentang suatu perkara pidana yang ia dengar sendiri. Keterangan yang diberikan oleh seorang yang berkeahlian khusus tentang hal yang diperlukan untuk membuat terang suatu perkara pidana guna kepentingan pemeriksaan .... KUHAP Pasal 168 dengan pengecualian Pasal 169.

kejadian atau keadaan. Berupa perbuatan.. Rekam medik penderita selama menjalani perawatan di sarana kesehatan dapat dijadikan alat bukti surat. menandakan telah terjadi suatu tindak pidana dan siapa pelakunya Keterangan Terdakwa . yang karena persesuaiannya baik antara yang satu dengan yang lain maupun dengan tindak pidana itu sendiri...Alat Bukti Surat . Keterangan dokter yang melakukan tindakan medik dapat dijadikan alat bukti yang kebenarannya dapat disesuaikan dengan rekam medik . Pernyataan terdakwa tentang perbuatan yang ia lakukan atau yang ia ketahui sendiri atau yang ia alami sendiri .. karena rekam medik dibuat berdasarkan undang-undang (UU No.29 Tahun 2004) Alat Bukti Petunjuk .

pemeriksaan dan tawaran perdamaian. Peranan dokter : . membantu para pihak mendapatkan bukti-bukti atau dalil-dalil yang menguatkan gugatan atau mematahkan gugatan . Dokter .. yakni dalam pembuatan Visum et Repertum ...KESIESIMPULPULANAN .. dalam kasus kontrak terapeutik dengan pasien . dan eksekusi .. membantu penyidik dalam proses pemeriksaan korban. penuntutan oleh penuntut umum. pengajuan gugatan. Tahapan proses peradilan perkara perdata : pendaftaran. persidangan... dan terakhir mengadili perkara oleh hakim . Tahapan proses peradilan perkara pidana : penyidikan oleh penyidik. saksi ahli .

ETETRIMA KASIH .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->